Logo Baru April

7 Kegunaan Berita Bagi Pelajar [Terbaru]

Kegunaan berita
toko buku kuliah
Bagikan

Kegunaan berita bagi pelajar tidak sekedar memberikan informasi. Tetapi juga mengasah kemampuan pelajar dalam melakukan analisis, dan mengasah kemampuan berpikir logis. Apalagi di era digitalisasi seperti sekarang.

Meskipun membaca berita yang dulu dianggap sebagai informasi kebenaran dan data, sekarang ada juga berita yang bersifat hoax. Jadi, pelajar tetap harus berhati-hati dalam mengolah informasi berita. 

Kegunaan Berita Bagi Pelajar, Lengkap dan Singkat

Terlepas dari itu semua, ada tujuh kegunaan berita bagi pelajar yang perlu digarisbawahi. 

1. Meningkatkan Baca dan tulis

Kegunaan berita bagi pelajar sangat bagus untuk meningkatkan baca dan tulis. Seperti yang kita tahu, baca dan menulis adalah keterampilan dasar yang harus dikuasai. Pada nantinya, kemampuan inilah yang akan memudahkan kamu untuk membuat penelitian laporan sebagai syarat kelulusan. 

Lebih luas lagi. pelajar yang bisa membaca dan menulis juga membantu dalam memahami bacaan dan ilmu baru guna membukakan wawasan dan ilmu pengetahuan kita kepada dunia. Sayangnya, di Indonesia kesadaran akan membaca masih rendah. Tepatnya berada di urutan ke dua DARI BAWAH.

Baca juga: Keterampilan Membaca

2. Sumber Ilmu Ter-update 

Kegunaan berita bagi pelajar selain meningkatkan minat baca dan tulis, ternyata juga dapat dijadikan sebagai sumber ilmu terupdate. Pentingnya memperoleh ilmu terbaru untuk membukakan cakrawala, memberikan sudut pandang yang berbeda tentang dunia dan segala isinya. 

Setidaknya dengan ilmu-ilmu terbaru, kita jadi tahu mana ilmu yang tidak perlu digunakan, dan mana ilmu yang masih tetap bisa diterapkan.Ilmu yang terupdate yang terpercaya dan ilmiah, secara otomatis akan mengarahkan kita keluar dari zona kebodohan. 

3. Bisa Menjadi Pembicara yang Baik 

Jika kamu ingin menjadi seorang pembicara yang baik, selain karena memiliki skill dalam berbicara. Ternyata juga dapat digunakan untuk menambah kosakata, ilmu pengetahuan dan update informasi tentang berita-berita terkini. 

Daftar Open Reseller

Setidaknya data-data dari berita yang kita peroleh, tidak sekedar hipotesis, tetapi sebagai informasi berdasarkan fakta. Dimana audience cenderung percaya pada informasi yang bersifat fakta daripada yang bersifat asumsi.  

4. Tidak Mudah Tertipu HOAX 

Diera digitalisasi seperti saat ini. setiap menit bahkan setiap detik, kita bisa menerima banyak sekali informasi. Banyaknya informasi yang tersaji di dunia digital masuk begitu saja. Nah, salah satu kegunaan berita bagi pelajar adalah, melatih kemampuan berpikir analitis. 

Setidaknya setiap ada berita yang  kita dapatkan di media sosial ataupun di media apapun. Setidaknya lebih berhati-hati dan dipikir-pikir lagi. Di cari tahu apakah benar informasi tersebut benar atau hanya HOAX. 

Pentingnya mengetahui berita agar tidak kena hoax. Karena berita hoax sangat berbahaya untuk kesehatan mental dan kesehatan cara berpikir kita. Jika kita membiasakan diri mempercayakan berita hoax secara terus menerus, Maka, informasi salah yang dibiarkan masuk di kepala kita akan menjadi sebuah kebenaran. Dan ini akan sangat berbahaya sekali untuk diri kita. 

5. Menambah Wawasan 

Salah satu kegunaan berita bagi pelajar adalah menambah wawasan. Mungkin ada yang menganggap remeh pentingnya wawasan? Padahal wawasan ini sangat bermanfaat sekali dalam kehidupan sehari-hari. 

Contoh, orang yang memiliki wawasan, bisa menerima pandangan orang lain. Karena mereka percaya bahwa setiap pandangan orang lain memiliki alasan, dan dasar versi yang berbeda. Dampaknya apa? Kita pun akan memiliki banyak teman, karena wawasan kita. 

promo 8.8

Ketika kita mendapatkan banyak teman, maka peluang informasi terkait lapangan kerja, peluang kerja sama atau peluang kolaborasi lebih tinggi. Sehingga secara karir pun lebih menjanjikan. Tapi perlu diingat, tetap pilih teman yang memiliki vibes positif.

6. Melatih Baca Cepat 

Kegunaan berita bagi pelajar yang keenam adalah, melatih baca cepat. Meskipun membaca cepat untuk kehidupan secara umum tidak berpengaruh signifikan. Tetapi dalam hal-hal tertentu, membaca cepat sangat penting. 

Misalnya, kamu sedang mengikuti ajang perlombaan. Nah,dibutuhkan kemampuan membaca cepat agar cepat mengerjakan tugas tersebut sebelum waktu habis. Atau mungkin kamu mengikuti ajang kejuaraan lain, yang menuntut harus bisa membaca cepat, ini juga sangat mungkin. 

Baca juga: Cara Membaca Intensif

7. Memahami Penulisan yang Baik dan Benar

Salah satu kegunaan berita bagi pelajar ini juga sangat penting bagi kamu yang ingin menjadi seorang penulis, jurnalis atau seorang peneliti sekalipun. Karena disana kamu akan dituntut untuk memahami penulisan yang baik dan benar. 

Bagaimana bisa menjadi seorang penulis, jika tidak tahu bagaimana caranya menulis yang baik dan benar? Untuk skala latihan, mungkin bisa dimaklumi penulisan tidak baik dan banyak salah. Namun untuk skala professional, seorang penulis harus bisa menulis sebaik dan sesempurna mungkin dari segi pemahaman teknis penulis, bahkan dari segi pemahaman informasi dan data yang disuguhkan.

Baca juga: Manfaat Membaca Bagi Mahasiswa

Dari ketujuh kegunaan berita bagi pelajar di atas. Semoga kamu tahu pentingnya membaca berita. Pastikan telusuri kebenaran berita. Karena berita era digitalisasi banyak berita-berita hoax yang menjerumuskan kita. Semoga sedikit ulasan ini bermanfaat. (Irukawa Elisa)

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :