fbpx
Tempat Para Reseller Belajar Jualan buku

6 Ide Kegiatan Produktif Untuk Pengangguran Yang Menghasilkan Duit

kegiatan produktif untuk pengangguran

6 Ide Kegiatan Produktif Untuk Pengangguran Yang Menghasilkan Duit – Kegiatan produktif untuk pengangguran sebenarnya ada banyak loh. Permasalahannya adalah, apakah sesuai dengan passion kamu atau tidak. Membicarakan kata pengangguran, terutama yang tinggal di pedesaan, teruma untuk orang-orang yang seusia orangtua kita. Mereka menganggap bahwa pengangguran itu tidak baik. Karen kerjaan seorang pengangguran di rumah saja.

Ironisnya, orang yang kerja di rumah pun masih dianggap mereka sebagai pengangguran. padahal, era sekarang banyak sekali pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah. Dari segi pemasukan pun juga bahkan lebih banyak dibandignkan mereka yang kerja kantoran. Nah, barangkali kamu salah satu yang ingin memiliki kegiatan produktif untuk pengangguran yang memiliki penghasilan?

Nah, pada kesempatan kali ini akan saya paparkan kegiatan produktif untuk pengangguran. semoga dari beberapa kegiatan di bawah ini ada yang sesuai dengan passion kamu. Adapun kegiatan di bawah hanya contohnya saja. Jika tidak ada yang sesuai passion kamu, kamu tetap bisa menciptakannya sendiri. Langsung saja, berikut ulasannya.

6 Ide Kegiatan Produktif Untuk Pengangguran Yang Menghasilkan Duit

1. Menjadi Penulis

Kegiatan produktif - jadi penulis

Kegiatan produktif untuk pengangguran yang pertama, kamu bisa menjadi penulis. karena profesi penulis bisa dikerjakan di rumah. Jika orangtua atau tetangga kita melihat kamu sering di rumah, bisa-bisa kamu pun akan dikatain seorang pengangguran. padahal profesi kamu seorang penulis.

Tentu saja kegiatan ini cocok buat kamu yang memiliki bakat dan keinginan menjadi penulis. menjadi penulis itu sendiri ada banyak sekali jalan. Bisa menulis artikel, penulis kolom, penulis buku atau penulis novel dan masih banyak lagi pastinya.

Memang untuk mewujudkan menjadi penulis tidak semudah membalikan telapak tangan. Butuh proses panjang. Butuh latihan panjang dan butuh pengorbanan. Namun jika semua seleksi alam sudah dilewati, maka kedepannya enak. Job akan datang sendiri, dan menulis bukan menjadi hambatan yang berarti. tentu saja, dengan sendirinya uang pun akan mengikuti.

2. Menjadi Reseller Buku

Jadi reseller - kegiatan produktif
Jadi reseller

Jika kamu merasa tidak memiliki keterampilan dan kemampuan yang saa sebutkan di atas. Kamu bisa mencoba kegiatan produktif untuk penganggarusan satu ini nih. yap, kamu bisa menjadi reseller. sekarang ada banyak sekali reseller bertebaran dimana-mana. Kamu bisa memanfaatkan salah satu tawaran reseller yang bertebaran tersebut. Salah satu ya yang ada di Deepublish.

Baca juga : 5 Langkah Daftar Reseller di Deepublish

Lumayan loh hasil dari perolehan menjadi reseller. daripada waktu di rumah tidak menghasilkan uang sama sekali. dengan menjadi reseller kamu bisa mendapatkan fulus tanpa harus mengeluh ke orangtua meminta uang. Kan bangga jika apa-apa bisa menggunakan uang sendiri.

Apalagi menjadi reseller modalnya pun tidaklah terlalu besar. Ya setidaknya tidak sebesar jika kamu membuat ruko dan toko di pinggir-pinggir jalan. Hanya bermodal 100.000 an kamu bisa menjadi reseller dan bisa memiliki usaha dan memiliki kegiatan produktif untuk pengangguran. biar jadi pengangguran kece dan berduit lah. Setidaknya, tidak miskin-miskin banget, tidak ada pemasukan sama sekali. sedih saya tuh.

3. Menjadi Content Creator

Kegiatan produktif - jadi content creator
Kegiatan produktif – jadi content creator

Menjadi desainer juga salah satu bentuk kegiatan produktif untuk pengangguran loh. Oh iya bentuk kegiatan desain pun beramacam-macam. Ada yang menjadi desainer baju, ada juga yang membuat desain karikatur, logo dan macem-macam.

Masak sih hobi desain bisa dijadikan kegiatan produktif untuk pengangguran yang menghasilkan? Jawabannya bisa. Selama kamu tahu jalan menyalurkannya, segala apapun bisa dijadikan uang. Sebagai bocoran nih. kamu bisa mengajukan hasil desain kamu ke perusahaan yang memang membutuhkan desain. Atau kamu menawarkan ke perusahan animasi yang memang akrab dengan dunia desain.

Atau jika ingin cara mandiri, kamu bisa menjual  hasil desian tersebut loh. Jika desain itu laku, kamu bisa mendapatkan royalty dari hasil penjualaln kara kamu. Kan lumayan, Cuma di rumah, corat-coret, kamu bisa mendapatkan uang. Siapa sih yang tidak mau, pasti banyak yang mau.

4. Menjadi Fotografer – Kegiatan Produktif Untuk Pengangguran

jadi fotografer - fotografer
Jadi fotografer

Kegiatan produktif untuk pengangguran yang tidak kalah kece dan menyenangkan adalah menjadi seorang fotografer. Menjadi seorang fotografer ternyata tidak hanya bisa dijadikan sebuah hobi, tetapi juga bisa dijadikan kegiatan yang menjanjikan loh.

Apalagi saat ini fotografi sedang banyak diminati. Banyak loh yang awalnya iseng-iseng motret pakai ponsel, hasilnya bagus dan akhirnya bisa berkembang bisa membeli kamera dsrl atau mirorles. Kemudian dimanfaatkan lagi untuk eksplorasi kemampuan. Akhirnya banyak dari mereka yang dipanggil untuk memotret ke sebuah acara.

Dari hasil motret tersebut akhirnya mendapatkan penghasilan. Jika kamu tidak ada yang memanggil, kamu juga bisa kok mengikutkan hasil foto kamu dalam ajang perlombaan fotografi. Biasannya hadianya juga wow gila deh.

5. Menjadi Pengusaha

Kegiatan produktif saat jadi pengangguran - pengusaha

Buat kamu yang memiliki jiwa entrepreneur tidak ada salahna jika kamu membuka usaha kecil-kecilan di rumah. Membuka usaha tidak selalu dalam bentuk membuka warung kelontong loh ya. lebih banyak peluang dari sekedar buka warung kelontong.

Misalnya nih, kamu hobi masak kue, kamu bisa menjual hasil masakan kue kamu. Atau kamu suka menjahit, kamu juga bisa menjual hasil jahitan kamu. Siapa tahu jadi calon desainer baju beken kan? Amiin. Atau mungkin kamu memiliki hobi dalam bercocok tanam, kamu juga bisa menjual hasilnya.

Jadi, sebenarnya ada banyak kok kegiatan produktif untuk pengangguran. permasalahannya sekarang adalah, banyak yang tidak mengambil peluang hobi mereka untuk di uangkan. Dengan kata lain, salah satu penyumbang pengangguran dan menjadi beban pemerintah itu bukan karena penganggurannya. Tetapi karena kualitas individunya yang belum mampu melihat peluang, potensi dan bagaimana cara memanfaat kompetensi mereka.

6. Menjadi Youtuber – Kegiatan Produktif Untuk Pengangguran

jadi youtuber

Kegiatan produktif untuk pengangguran yang terakhir adalah youtuber. Kok youtuber? Dari beberapa kegiatan produktif untuk pengangguran di atas barangkali tidak sesuai kompetensi yang kamu miliki. Maka kamu bisa menggali dan mengekplorasi kemampuan kamu. Jika kemampuan atau hobi kamu benar-benar tidak bisa diuangkan. Minimal kamu bisa jadikan hobi kamu sebagai konten youtube, karean dari situ kamu bisa menguangkan hobi kamu.

Seperti channel youtube saya “irukawa elisa” saya awali karena saya memiliki hobi berkebun. Dari awal memang berkebun sebagai media refreshing, bukan saya orientasikan untuk dijual biar jadi uang. Tetapi saya berfikir, sayang jika hobi saya tidak saya uangkan. Akhirnya, saya pun kepikiran untuk ngeshare aktivitas dan ilmu dunia berkebun yang saya temukan dilapangan.

Meskipun saya bukan lulusan pertanian, bukan berarti menghambat kamu tidak “do it”. Kamu tetap bisa melakukan sesuatu. Dari keinginan sederhana tersebut, ternyata antusiasme yang tertarik dengan dunia berkebun saya pun lumayan banyak. Kegiatan-kegiatan produktif yang sifatnya positif, apapun itu bentuknya, jika kita share  dan jika memang bermanfaat, saya yakin juga akan memberikan pengaruh dan manfaat pula bagi orang lain.

Nah, itulah beberapa kegiatan produktif untuk pengangguran. dari ulasan ini semoga kamu pun mulai merumuskan dan memiliki kegiatan yang menarik lagi. Yakinlah, selama kegiatan kamu positif, ke depannya pun hasilnya juga positif.

Kamu bisa baca-baca artikel lainnya sebagai berikut :

1. Nganggur Setahun? Jadi Reseller Aja, Ini Keuntungannya
2. Ini 5 Alasan Mengapa Peluang Bisnis Buku Islam Sangat Menjanjikan
3. Bongkar 5 Cara Sukses Menjadi Reseller dan Dropshipper

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

belum Menjadi Reseller Deepublish?

ambil peluang besarmu sekarang

daftar reseller