fbpx

Tempat Cari Informasi Dan Inspirasi Bagi Pustakawan

Kegiatan Menarik di Perpustakaan Yang Buat Siapapun Betah

kegiatan menarik di perpustakaan

Kegiatan Menarik di Perpustakaan Yang Buat Siapapun Betah – Apa yang terlintas di pikiran kalian pertama kali saat memikirkan tentang perpustakaan? Membicarakan perpustakaan tidak akan jauh-jauh dari kumpulan buku dan kegiatan membaca.

Perpustakaan memang dirancang sebagai tempat yang menyimpan koleksi buku. Makanya perpustakaan disebut gudang ilmu karena mempunyai banyak buku yang bisa dijadikan sumber pengetahuan dan referensi. 

Namun pernahkah kalian berpikir kegiatan menarik apa saja yang bisa dilakukan di perpustakaan selain membaca buku? Seiring munculnya ide baru dan kemajuan teknologi, semakin banyak kegiatan menarik dan menyenangkan di perpustakaan.

Tak sekadar membaca, pengunjung perpustakaan bisa menikmati kegiatan lain agar tak bosan dan kian betah. Berikut ini kegiatan-kegiatan menarik yang bisa kalian coba.

Kegiatan Menarik di Perpustakaan Yang Buat Siapapun Betah

1. Baca Buku Sambil Ngopi, Perpustakaan Modern

Perpustakaan ada beragam jenisnya mulai dari perpustakaan sekolah, perpustakaan kampus, perpustakaan kota, dan perpustakaan lainnya dengan konsep menarik. Saat ini, tak sulit menemukan konsep perpustakaan yang segar dan unik. Bahkan tak sedikit toko buku atau kafe yang menyediakan perpustakaan atau ruang baca untuk pengunjungnya.

Biasanya perpustakaan semacam ini memperbolehkan pengunjung membaca buku sambil ngopi. Sekali mendayung dua pulau terlampaui, pengunjung bisa membaca buku dengan tenang sekaligus nongkrong dan minum kopi. Suasana yang tercipta pun cenderung santai.

Pembaca buku tidak akan bosan berlama-lama di perpustakaan. Apalagi desain ruangan perpustakaan semakin hari semakin bervariasi dan apik. Menimbulkan kesan laiknya di rumah sendiri. Kalian yang ingin menikmati baca buku sambil ngopi bisa mencari tahu tempat yang menawarkan konsep serupa. Misalnya kafe dengan ruang baca atau perpustakaan di dalamnya.

Untuk mahasiswa perpustakaan ini juga bisa menjadi alternatif. Mahasiswa dapat mengerjakan tugas atau kerja kelompok di perpustakaan dengan nyaman dan rileks. Apalagi konsep perpustakaan ini sangat sesuai dengan selera anak muda.

Tapi yakin perpustakaan dengan konsep informal akan lebih dibutuhkan saat ini.

Baca juga : 6 Kriteria Perpustakaan Desa Berstandar Nasional

2. Nikmati Suasana Pinggir Jalan

Pernah mendengar perpusjal alias perpustakaan jalanan? Satu lagi konsep perpustakaan baru yang masih awam untuk sebagian orang. Umumnya ruang perpustakaan berbentuk gedung. Namun tak sedikit perpustakaan yang menawarkan konsep ruang terbuka atau dekat dengan alam. Nah, perpusjal ini mengusung perpustakaan dengan ruang terbuka.

Perpusjal dibangun oleh komunitas dan hampir ada di setiap kota. Misal di Yogyakarta, Namanya Perpustakaan Jalanan DIY yang biasanya membuka lapak buku di area Tugu Yogyakarta. Jenis perpustakaan ini tentunya menarik untuk disinggahi. Pengunjung bisa membaca buku sambil menikmati keramaian kota. Nuansa yang dibangun pun tidak sekaku perpustakaan dengan ruang tertutup.

Sesuai namanya, perpustakaan ini sering diadakan di pinggir jalan atau tempat publik lain seperti alun-alun kota. Perpustakaan ini dibuka secara rutin pada hari tertentu dan biasanya di malam hari. Siapa pun bisa datang untuk membaca buku. Menyenangkan bukan? Membaca buku sambil menikmati pemandangan kota nan indah di malam hari. Perpustakaan ini cocok untuk para pecinta buku yang ingin merasakan suasana perpustakaan yang berbeda.

Selain membaca buku, pengunjung bisa berkenalan dengan pengunjung lain dari berbagai kalangan. Tidak jarang pengunjung juga membuat diskusi kecil-kecilan di sini. Menarik `kan? Kegiatan di perpustakaan yang bisa dilakukan semakin beragam. Namun perlu dicatat, untuk pembaca buku yang kurang suka suasana ramai maka perpustakaan ini kurang sesuai.

Baca juga : 5 Cara Membuat Perpustakaan Ramai Dikunjungi

3. Membuat Karya Seni

Satu lagi kegiatan yang identik dengan perpustakaan. Baik perpustakaan dengan konsep konvensional maupun konsep baru, kegiatan yang berkaitan dengan seni hampir selalu ada. Terdapat satu ruang untuk kegiatan seni contohnya melukis, menggambar, dan mewarnai, Apakah perpustakaan kampus kalian menyediakan ruang seni ini? Jika tidak, kalian perlu mencari tahu perpustakaan mana saja di daerah kalian yang menyediakannya.

Adanya ruang seni membuat perpustakaan nyaman untuk dikunjungi. Pengunjung, terutama yang memiliki bakat seni, akan senang berada di perpustakaan. Ketika pengunjung jenuh karena berlama-lama membaca buku atau suntuk saat berdiskusi dengan teman kelompoknya, mereka bisa mendatangi ruang seni untuk menyegarkan pikiran sebentar. Sebelum nantinya melanjutkan membaca buku atau mengerjakan tugas kelompok.

Dalam artikel yang tayang di huffpost.com, membuat ruang seni termasuk ke dalam salah satu cara agar perpustakaan menjadi tempat  belajar yang menyenangkan. Seperti yang dilakukan oleh Cleveland Public Library. Perpustakaan ini membuka ruang bernama ArtLab dan Studio 470. Ruangan ini memungkinkan pengunjung mencoba kegiatan menarik lain di perpustakaan seperti menggambar, sesi bercerita (storytelling), hingga bermain video game

Baca juga : Contoh Notice Di Perpustakaan Beserta Penjelasannya

4. Adakan Tur Sejarah dan Pameran

Perpustakaan dengan layanan tur sejarah memang belum banyak ditemukan di Indonesia. Begitu pun dalam menyelenggarakan pameran. Sejauh ini, Perpustakaan Nasional (perpusnas) beberapa kali mengadakan pameran. Namun belum diikuti dengan perpustakaan-perpustakaan lain di daerah.

Dua kegiatan menarik ini akan membuat siapapun betah di perpustakaan. Kalangan masyarakat pun akan menyukai kegiatan ini. Tak hanya anak-anak dan remaja tapi juga orang dewasa. Pengunjung bisa mendapatkan pengetahuan tidak hanya dari buku. Melalui tur tersebut, mereka bisa belajar sejarah. Contoh perpustakaan yang memiliki tur sejarah adalah The Library of Congress.

Apakah kalian tertarik mengunjungi perpustakaan? Kalian bisa mencoba kegiatan-kegiatan menarik di atas.

Terlihat aneh? Ya.. Suatu saat akan ada konsep baru perpustakaan, yang mungkin saat ini masih dibilang aneh. Bukan ngga masuk akal, tapi akal kita yang belum masuk.

5. Seminar / Live Streaming

contoh event perpustakaan

Kegiatan menarik di perpustakaan selanjutnya adalah seminar / live streaming dengan mengundang berbagai narasumber terkenal. Apalagi di era sekarang yang kegiatan kumpul-kumpulnya di alihkan ke online.

Anda bisa mengambil tag video di dalam Perpustakaan dan mengambil backgroun disana. Jika memungkinkan, undang juga beberapa orang untuk menjadi peserta yang hadir secara langsung di sana. Biar terlihat lebih ramai, he he.

Kurang lebih itu adalah 5 kegiatan menarik di perpustakaan yang membuat siapapun betah di sana. Semoga bermanfaat !

Baca juga : 7 Contoh Event Perpustakaan Menarik Untuk Meningkatkan Kunjungan

Kontributor : Ana Widiawati

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

butuh bahan pustaka?

mari kerjasama bersama kami, pengadaan mudah tanpa ribet !

teknik pengadaan buku perpustakaan