Kecerdasan Spiritual yang Mengubah Kegagalan

Kecerdasan Spiritual
toko buku kuliah

Kecerdasan Spiritual yang Mengubah Kegagalan – Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan makna dan nilai, yaitu kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup kita dalam konteks makna yang lebih luas dan karya atau kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibanding yang lain (Zohar dan Marshall, 2000).

SMART IN

  • S              : SQ SEBAGAI LANDASAN PRIBADI
  • M            : Menciptakan visi dan berusaha meraihnya
  • A             : Analisis diri dan lingkungan
  • R             : Rahasia sukses pribadi unggul
  • T              : Terimalah setiap kegagalan sebagai pelajaran : 15 rahasia mengubah kegagalan menjadi kesuksesssan
  • IN           : Insyallah

Kecerdasan Spiritual Sebagai Landasan Pibadi Unggul

1. Kecerdasan Spiritual

Sementara menurut Sinetar dan Khavari, kecerdasan spiritual merupakan pikiran yang mendapat inspirasi, dorongan dan efektivitas yang terinspirasi penghayatan ketuhanan di mana kita menjadi bagian di dalamnya.

Kecerdasan spiritual yang sejati merupakan kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan makna dan nilai, tidak saja terhadap manusia, tetapi juga di hadapan Allah.

2. Kesabaran

Kesabaran adalah makanan pahit yang tidak mudah untuk dimakan. Seperti halnya menuntut ilmu, perlu waktu untuk belajar dengan memakan kesabaran, mulai dari menahan marah dengan sungguh-sungguh hingga pada akhirnya anda akan terbiasa menahan marah.

Jika menahan marah sudah menjadi kebiasaan, maka tidak akan pernah lagi kemarahan itu berkobar dan bila terlanjut marah, maka tidaklah terlalu sulit untuk memadamkannya.

3. Memberi

“Rahasia kehidupan adalah memberi,” kata Anthony Robbins dalam bukunya yang berjudul Unlimited Power. Sebagian besar orang hanya memikirkan cara untuk menjadi pemimpin yang efektif.  Kadang kala yang lebih penting, yakni proses untuk menjadi pemimpin yang efektif jutru dilewatkan. Mereka hanya memikirkan cara mendapatkan, bukan cara memberi.

Kebiasaan berpikir mendapatkan inilah yang telah mendarah daging dalam kehidupan kita. Memang kita harus mengubah pradigma berpikir dari mendapatkan menjadi memberi. Apalagi bila kita memberi dengan ikhla, maka kita akan menjadi pemimpin yang memiliki kekuatan yang luar biasa.

4. Jangan Marah

Menurut Pramod Batra dalam bukunya Born To Win, kita dianjurkan untuk belajar dari sebatang korek api yang sederhana. Korek api memiliki kepala, tapi tidak memiliki otak. Oleh karena itu, setiap ada gesekan kecil sang korek api langsung terbakar.

Kita memiliki kepala tetapi kita juga memiliki otak. Kita tidak perlu kebakaran jenggot hanya karena gesekan kecil. Dengan menggunakan otak, kita dapat mengurangi kemarahan dan bebas dari stress. Setiap 10 menit kemarahan, kita telah kehilangan 600 detik kebahagiaan.

MENCIPTAKAN VISI dan BERUSAHA MENGEJARNYA

Menciptakan Visi Pribadi Sejak Kecil

Langkah yang dilakukan Steven Spielberg untuk meraih impiannya adalah mendefinisikan yang ia inginkan. Ia mengambil tindakan yang menciptakan kemungkinan besar untuk menghailkan yang ia inginkan dengan memanfaatkan peluang yang ada meskipun bisa gagal.

Kegagalan itu dipakai untuk belajar dari pengalaman serta mengembangkan fleksibilitas untuk mengubah perilaku dengan terus beradaptasi hingga ia mendapatkan yang ia inginkan. Diiringi doa, langkah itu akan menjadi sangat luar biasa.

  • Menciptakan Visi Pribadi Mulia
  • Menetapkan Sasaran Pribadi
  • Melaksanakan Visi Dengan Menyenangkan

ANALISIS DIRI dan LINGKUNGAN

1. Kesadaran Diri Dan Pengelolaan Diri

Menurut Daniel Goleman, kecerdasan emoi meliputi kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan social. Kesadaran diri terdiri dari kesadaran emosi, penilaian diri secara akurat serta kepercayaan diri. Untuk meningkatkan kesadaran emosi, hal yang harus dilakukan adalah mengetahui lebih jauh mengenai emosi diri dan penyebab terjadinya emosi.

Selain itu anda juga harus menyadari keterkaitan antara persaan dengan yang dipikirkan, diperbuat, dan dikatakan, mengetahui bagaimana perasaan dapat memengatuhi kinerja, dan memiliki kesadaran akan nilai-nilai dan sasaran-sasaran pribadi.

2. Bertanggung Jawab Secara Pribadi

Bertanggung jawab merupakan ukuran kematangan seorang pemimpin.  Bertanggungjawab akan menimbulkan kepercayaan anak buah terhadap pemimpinnya yang dapat menimbulkan sinergi yang sangat luar biasa.

Menangkap Peluang Dengan Kekuatan Orang Tua

Misalnya mengelola usaha dengan modal yang diberikan dari orang tua.

Menangakap Peluang Dengan Kekuatan Mertua

Seperti yang dilakukan Sam Walton salah satu pendiri Walt-Mart memulai usahanya dengan modal dari mertuannya

Menangkap Peluang Dengan Kekuatan Istri

Perhiasan milik istri  dapat dijadiakan modal untuk memulai usaha. Seperti  yang dilakukan Haji Ate Tohi dari desa sukagerang yang memulai bisnisnya dari perhiasan milik istrinya dengan ijin istrinya.

Menangkap Peluang Dengan Propoal

Proposal merupakan rencana kerja yang dilakukan dalan bentuk tulisan yang terusun dengan baik dan jelas

Menangkap peluang dengan perusahaan orang lain

4. RAHASIA SUKSES PRIBADI UNGGUL

  1. Pribadi rendah hati
  2. Pribadi yang kreatif
  3. Pribadi selalu ingin berprestasi
  4. Pribadi yang berkomitmen tinggi
  5. Pribadi yang selalu mengambil inisiatif
  6. Pribadi yang elalu optimis
  7. Pribadi yang memiliki jiwa entrepreneur
  8. Pribadi yang melayani

Baca juga : Mengambil Makna dari Surah An Nahl (Lebah)

4. Terimalah Kegagalan Sebagai Pelajaran 15 Strategi Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan

Strategi Menyikapi Kegagalan

Anthony Robbins dalam bukunya Unlimited Power menyatakan bahwa kebanyakan orang dalam kebudayaan kita deprogram untuk takut gagal. Padahal kita semua pernah menginginkan sesuatu, tetapi mendapatkan yang lain.

Kita semua pernah gagal dalam tes, menderita dalam cinta yang membuat frustasi, dan menyusun rencana bisnis yang kemudian gagal. Kata “hasil” itulah yang digunakan orang sukses. Mereka tidak meilhat kegagalan. Mereka tidak percaya kepada kegagalan. Itu tidak masuk hitungan mereka.

Strategi Lain Menyikapi Kegagalan

Seungguhnya kegagalan-kegagalan di masa lalu memandu menuju cita-cita Anda, maka jangan menyerah untuk selalu bangkit dari kegagalan.

Strategi Indah Menyikapi Kegagalan

Kemampuan mengambil manfaat dari kemalangan atau kegagalan membutuhkan kekuatan karakter, tapi itu juga satu-satunya hal yang ungguh-sungguh mengembangkan karakter.

Dengan segala kepahitan masa lalu memiliki warna yang begitu indah yang membuat karakter seseorang. Dan ternyata menurut kisah pak suyanto, segala kegagalan dan kepahitan masa lalu sangat indah dan berwarna-warni.

Pondok Djawara Deepublish

Strategi Belajar Dari Kegagalan

Pengalaman dari kegagalan para eksekutif top dunia dapat dipakai sebagai pelajaran yang sangat berharga dan tidak perlu kita ulangi kembali. Hal tersebut merupakan strategi belajar dari kegagalan seseorang/perusahaan untuk meraih sukses.

Strategi Membalik Mangkok

Senjata yang paling ampuh untuk menapaki tangga-tangga bisnis adalah sikap mental positif. Ada beberapa strategi untuk tetap menjadi orang yang bersikap mental positif. Salah satu strategi itu adalah strategi membalik mangkok. Strategi membalik mangkok adalah strategi melihat kejadian negative atau kegagalan dari sisi positif.

  1. Tidak Menyalahkan Lingkungan
  2. Melakukan Koreksi dan Memperbaiki Diri
  3. Mencoba Lagi

Perbedaan orang yang sukses dan yang gagal terletak pada cara menyikapi kegagalan. Salah satu cara yang dilakukan oleh orang yang berhasil adalah berani mencoba lagi setiap kali mengalami kegagalan.

Memanfaatkan Kegagalan

Seperti kisah Abraham Lincoln dan Soichiro Hondo yang belajar dari kegagalan dan memanfaatkan serta mengubahnya menjadi kesuksesan.

Mengubah Kondisi

Kegagalan itu sesungguhnya hanyalah perasaan tertentu, emosi tertentu, dan kondisi tertentu. Demikian pula kesuksesan adalah juga hanya perasaan tertentu, emosi tertentu, dan kondisi tertentu dari apa yang anda cita-citakan yang disebut kesuksesan, sesungguhnya dapat dipandang sebagai sarana untuk mencapai peraan tertentu, emosi tertentu, atau kondisi tertentu

Tetap Gigih

Melepaskan Keterbatasan

Seperti kisah Marilyn Hamilton yang lebih melihat sisi positif daripada sisi negative dan berusaha untuk melepaskan keterbatasan-keterbatasan itu. Orang yang mampu melihat isi positif dan melepaskan dari keterbatasan tersebut yang akan meraih kesukesan.

Mengubah Kegagalan Dengan Sikap Mental Positif

Perbedaan orang yang sukses dan yang gagal terletak pada cara menyikapi kegagalan terebut. Orang yang gagal begitu jatuh, tak pernah bangun lagi. Sementar orang yang sukses, begitu jatuh ia akan bangun.

Mengubah Kegagalan Dengan Menyederhanakannya

Sikap mental positif menyebabkan kita memiliki kekuatan otak yang luar biasa. Kekuatan otak tersebut akan membantu kita jika kita melakukan tindakan yang merupakan tujuan hidup kita dengan sungguh-sungguh sehingga kita dapat meraih kesuksesan.

Insyallah  Kita Menjadi Pribadi Unggul

Sumber: Suyanto, M. 15 Rahasia Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan dengan Kecerdasan Spiritual

(Teti Sri Wahyuni)

– See more at: http://www.deepublish.co.id/penerbit/artikel-cerdas/140/Kecerdasan-Spiritual-yang-Mengubah-Kegagalan#sthash.grWVHu6n.dpuf

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang