Kata Mutiara Tentang Buku

kata bijak tentang buku
toko buku kuliah

60+ Kata Mutiara Tentang Buku – Ada banyak kata mutiara tentang buku. Seperti yang diketahui, buku memiliki banyak sekali manfaat untuk kita. Tidak hanya sebagai sumber ilmu pengetahuan, namun dengan membaca  buku kita dapat membantu mengubah masa depan, serta dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita.

Namun sayangnya kegiatan membaca buku akhir-akhir ini telah banyak diabaikan berbagai kalangan dengan alasan kesibukan, maupun karena adanya media yang lebih praktis untuk mendapatkan informasi seperti televisi, radio, maupun media internet.

Untuk meningkatkan minat baca buku, coba cek dulu rangkuman manfaat membaca buku berikut ini: 

1. Meningkatkan Kecerdasan Otak 

Karena buku adalah sumber ilmu pengetahuan, wajar jika setiap orang yang membacanya maka akan bertambah ilmunya. Bertambah ilmu tentu memberikan asupan nutrisi ke otak bukan? 

Ya, membaca buku sebanyak-banyaknya dapat memperluas pengetahuan dan mendatangkan banyak pembelajaran baru dalam hidup seseorang. Selain itu, membiasakan diri untuk membaca sejak dini dapat meningkatkan kecerdasan seseorang.

2. Melatih Keterampilan untuk Berpikir dan Menganalisa

Membaca buku dapat melatih otak untuk dapat berpikir lebih kritis maupun menganalisis adanya masalah yang tersaji dalam apa yang kita baca.

Kita seperti mendapatkan akses atau jalan untuk dapat masuk ke dalam alur cerita dan membantu dalam penyelesaian cerita tersebut.

Hal tersebut dapat membantu mengembangkan karakter kita di masa mendatang.

3. Menambah Kosakata

Semakin banyak melakukan kegiatan membaca buku, maka akan semakin banyak kita mendapatkan penjelasan mengenai hal-hal yang belum kita ketahui, serta dapat menambah jumlah kosakata yang bisa kita gunakan dalam kehidupan keseharian kita.

Hal ini tentu saja dapat membantu bagi kita untuk dapat mengartikulasikan, membantu menyampaikan pendapat dengan bahasa yang lugas, serta dapat menambah rasa percaya diri pada saat berbicara dengan orang lain.

4. Melatih untuk Dapat Menulis Dengan Baik

Dengan bertambahnya kosakata yang kita miliki dari kegiatan membaca buku, otomatis dapat membantu kita untuk dapat membuat karya tulis sendiri dengan bahasa yang sebaik atau bahkan bisa lebih baik dari apa yang telah kita baca sebelumnya.

5. Dapat Mengurangi Stress

Dengan melakukan kegiatan membaca yang bisa dilakukan selama beberapa menit dapat membantu menekan perkembangan hormon stress seperti hormon kortisol. Dengan membaca dapat membuat pikiran lebih santai sehingga hal tersebut dapat membantu menurunkan tingkat stress hingga 67%.

Memunculkan minat baca buku memang tidak mudah. Apalagi sekarang zaman serba gadget yang membuat mayoritas dari kita banyak meninggalkan buku. Media sosial sepertinya lebih asyik daripada harus membaca buku.

Namun apakah akan terus seperti itu? Padahal buku adalah salah satu sumber pengetahuan yang relevan dan dapat dipertanggung jawabkan jika diterbitkan di tempat yang tepat. 

Bagi kalian yang masih belum tertarik membaca buku, saya ingin mengajak kalian untuk membaca kata mutiara tentang buku. Siapa tahu, setelah membaca kata mutiara tentang buku, kalian akan lebih semangat untuk membaca buku. 

Baca juga : Kata Kata Ibu Adalah Segalanya, Ucapan Spesial Hari Ibu

60 Kata Mutiara tentang Buku

Kata mutiara tentang buku ini saya rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat, selamat menyimak! 

1. Buku adalah sahabat paling setia. Rela mendampingi sepanjang waktu dimanapun aku berada tanpa pernah memikirkan dirinya.

2. Begitu banyak buku, begitu sedikit waktu.

3. Bukan kita yang membaca buku tapi buku yang membaca kita.

4. Anda tidak bisa membeli kebahagiaan, tetapi Anda bisa membeli buku.

5. Buku adalah alat untuk menyalakan imajinasi.

6. Kamu adalah tulisan penting di buku kehidupanku.

7. Saya perlu memulai, dimana buku perlu berhenti.

8. Sebuah buku dapat merubah dari yang tidak tahu menjadi berilmu.

Pondok Djawara Deepublish

9. Buku adalah bagian dari hidup. Karena itu jangan malu disebut kutu buku!

10. Persahabatan adalah seperti buku. Butuh beberapa detik untuk membakar, tapi butuh waktu bertahun-tahun untuk menulis.

11. Buku adalah jendela dunia di mana kita bisa melihat isi dunia tanpa melakukan perjalanan, hanya cukup membaca sebuah halaman.

12. Buku adalah jendela ilmu yang akan membuka cakrawala kehidupan manusia.

13. Buku adalah sihir portable yang unik dan mungkin satu-satunya sihir sejati yang tidak langsung melepaskan semua rahasianya.

14. Buku adalah jembatan ilmu untuk menghubungkan pengetahuan dengan kehidupan nyata.

15. Buku adalah liburan termurah yang bisa kamu beli. Buku adalah pesawat, kereta api, dan jalan harapan untuk orang-orang yang ingin berada di tempat lain.

16. Buku adalah sumber ilmu terbaik bagi siapa pun yang membacanya.

17. Buku adalah sahabat paling setia rela mendampingi dimanapun dan kapanpun tanpa pernah memikirkan dirinya. Sebaik-baik teman sepanjang zaman adalah buku.

18. Buku lama adalah buku baru bagi mereka yang belum membacanya.

19. Buku adalah pertemuan dua kekuatan yang berhasil mempengaruhi pendidikan manusia yaitu seni dan sains. Keduanya bertemu dalam buku.

20. Buku adalah mercusuar yang berdiri di tepi samudra waktu yang luas.

21. Buku selalu memberi sayap-sayap baru yang akan membawa terbang ke taman-taman pengetahuan paling menawan.

22. Buku adalah bagian terpenting bagi mereka yang belajar membaca untuk membangun pengetahuan dan keterampilan.

23. Bagi seorang anak, buku lebih dari sekadar bacaan, tetapi merupakan impian, pengetahuan untuk masa depan sekaligus masa silam.

25. Sebuah ruangan tanpa buku ibarat tubuh tanpa jiwa. Hidup tanpa buku seperti ruang gelap tak berlampu.

26. Buku bagaikan cermin: jika orang bodoh melihat ke dalam, tidak dapat mengharap seorang jenius melihat keluar. Kamu hanya melihat di dalamnya apa yang sudah kamu miliki di dalam dirimu.

27. Membaca buku untuk pertama kalinya seperti berkenalan dengan seorang teman baru; membacanya untuk kedua kali seperti bertemu dengan teman lama.

28. Orang yang tidak membaca buku bagus akan melewatkan kesempatan untuk menjalani hidup tambahan.

29. Siapapun yang terhibur dengan buku-buku, kebahagiaan tak akan sirna dari dirinya.

30. Buku adalah panduan bagi orang muda dan penghibur bagi orang tua serta menolong kita di kala kesepian dan menjaga kita supaya tidak menjadi beban bagi diri sendiri.

31. Makin aku banyak membaca, semakin aku banyak berpikir; semakin aku banyak belajar, semakin aku sadar bahwa aku tak mengetahui apa pun. – Voltaire

32. Kamu calon konglomerat ya? kamu harus rajin belajar dan membaca, tapi jangan ditelan sendiri. Berbagilah dengan teman-teman yang tak dapat pendidikan. – Wiji Thukul

33. Ilmu itu ada di mana-mana, pengetahuan di mana-mana tersebar, kalau kita bersedia membaca, dan bersedia mendengar. – Felix Siauw

34. Kalau engkau hanya membaca buku yang dibaca semua orang, engkau hanya bisa berpikir sama seperti semua orang. – Haruki Murakami

35. Ada dua motif untuk membaca buku. Pertama, kau menikmatinya dan yang lain, kau bisa menyombongkannya. – Bertrand Russell

36. Saya membaca buku dan berbicara dengan orang lain. Maksud saya, itulah cara seseorang belajar sesuatu. Ada banyak buku bagus di luar sana dan ada banyak orang pintar. – Elon Musk

37. Seseorang yang banyak bertindak dan membaca, akan banyak melihat dan mengetahui.

38. Kalau engkau ingin menjadi penulis, ada dua hal yang harus kau lakukan, banyak membaca dan menulis. Setahuku, tidak ada jalan lain selain dua hal ini. Dan tidak ada jalan pintas. – Stephen King

39. Dua pendidikan yang mempengaruhi pendidikan manusia: seni dan sains. Keduanya bertemu dalam buku.

40. Membaca adalah nafas hidup dan jembatan emas ke masa depan.

41. Buku adalah warisan berharga yang di tinggalkan oleh kaum genius kepada kemanusiaan dan diberikan turun temurun kepada anak cucu.

42. Buku yang baik adalah buku yang selalu membaca pikiran pembacanya.

43. Buku perlu mempunyai salah satu daripada empat tujuan, iaitu kebijaksanaan, kesalahan, kesenangan, dan kegunaan hidup.

45. Buku dapat membantu mengubah masa depan serta menambah kecerdasan akal dan pikiran seseorang.

46. Buku yang isinya tanpa pengetahuan kehidupan, sama sekali tidak berguna.

47. Buku adalah kekasih setia yang tidak cemburu apabila dimahukan.

48. Buku-buku dapat mengembang kan kecerdasan, membina watak, dan bahkan mengubah dunia, tetapi tanpa dibaca, buku itu tiada artinya.

49. “Dunia ini bagaikan sebuah buku yang bagus sekali, tetapi tidak ada gunanya bagi mereka yang tidak tahu membacanya.

50. Buku adalah pembawa peradaban. Tanpa buku, sejarah itu sunyi, sastra itu bodoh, sains lumpuh, pemikiran dan spekulasi terhenti. Buku adalah mesin perubahan, jendela di dunia, mercusuar yang didirikan di lautan waktu. – Barbara W. Tuchman

51. Kisah hidup manusia memiliki banyak bab. Satu bab yang buruk tidak berarti itu adalah akhir dari buku kehidupan.

52. Hidup itu seperti sebuah buku. Jika kita tidak pernah membalik halaman, maka kita tidak akan pernah tahu cerita apa di bab selanjutnya.

53. Jika ada buku yang ingin kamu baca, tetapi belum ditulis, maka kamu harus menulisnya.

54. Apabila seseorang tidak membaca buku, maka bagaimana dia dapat membuka otaknya dari pemikiran yang sempit?

55. Teruslah membaca buku, tetapi ingatlah bahwa buku hanyalah sebuah buku, dan Anda harus belajar berpikir untuk diri sendiri.

56. Untuk yang terjebak di masa lalu, untuk yang sedang melangkah ragu, buku ini akan membantumu beranjak dari kata yang lalu, ke kata yang baru.

57. Jika kamu hanya membaca buku yang dibaca orang lain, kamu hanya bisa memikirkan apa yang dipikirkan orang lain.

58. Anggaplah hidup sebagai buku yang bagus. Semakin jauh Anda masuk ke dalamnya, semakin mulai masuk akal.

59. Buku berfungsi untuk menunjukkan kepada seorang bahwa pemikiran orisinal tentang dirinya bukanlah hal yang baru.

60. Buku itu seperti cermin. Jika yang berkaca padanya adalah seorang yang bodoh, kau tak bisa berharap yang terpantul adalah seorang yang jenius.

61. Kadang ketika membaca buku, aku kagum pada penulisnya. Bisa-bisanya dia menulis sesuai dengan perasaanku tanpa bertanya terlebih dahulu.

62. Mungkin ada benarnya juga buku-buku itu. Orang-orang yang jatuh cinta terkadang terbelenggu oleh ilusi yang diciptakan oleh hatinya sendiri.

63. Buku yang baik adalah buku yang selalu membaca pikiran pembacanya.

64. Hari ini Anda adalah orang yang sama dengan Anda di lima tahun mendatang, kecuali dua hal: orang-orang di sekeliling Anda dan buku-buku yang Anda baca.

65. Buku adalah cara terbaik untuk merefleksikan diri tanpa harus jadi orang lain. 

Ketika kamu membaca buku, jangan hanya membaca beberapa lembar saja. Tetapi bacalah sampai lembar terakhirnya. Karena kamu akan tau alur dan makna dari sebuah buku itu.

Kata Bijak dan Kata Mutiara yang Lain :

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang