17 Kata-Kata Ucapan Menyambut Bulan Ramadhan 2021

ucapan-menyambut-bulan-ramadhan
toko buku kuliah

Ucapan Menyambut Bulan Ramadhan – Marhaban Ya Ramadhan. Sebentar lagi memasuki bulan ramadhan. Sudahkah kamu siap menyambut bulan penuh rohmah?

Apakah hati menyambut dengan riang? Atau sebaliknya?

Indonesia salah satu Negara yang menganut agama Islam terbesar. Tidak heran jika di setiap awal menyambut bulan Ramadhan banyak yang mengirimkan pesan dan memberikan ucapan kepada keluarga, teman dekat ataupun sanak saudara. 

Bagi sebagian orang, mungkin sudah biasa membuat ucapan menyambut bulan ramadhan 2021. Tetapi bagi yang tidak biasa menulis, pusing tujuh keliling tiap hendak mengirimkan pesan SMS, membuat story wa, story instagram, membuat tweet dan status facebook.

Tenang, buat kamu yang tidak ada waktu membuat ucapan menyambut bulan ramadhan, berikut ada beberapa ucapan yang bisa kamu kirim di status WA, Group WA atau sekedar untuk dijadikan sebagai renungan menyambut bulan Suci Ramadhan ke 1442 Hijriah.

Ucapan Menyambut Bulan Ramadhan 1442 Hijriah

1. Setahun lalu, saat ramadhan Covid datang pertama kali memberikan rasa takut kepada manusia. Sampai tak terasa Ramadhan datang sebentar lagi. Semoga di bulan Ramadhan kali ini tetap diberikan kesehatan, panjang umur dan sisa waktu yang bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga dan orang lain. Selamat datang bulan suci Ramadhan 1442 H.

2. Setahun yang lalu, Ramadhan terlewati. Tak ingin menyia-nyiakan ramadhan tahun ini. Kami sekeluarga mengucapkan mohon maaf lahir batin. Mohon dimaafkan segala khilaf yang disengaja ataupun tidak disengaja. Semoga bulan Ramadhan kali ini lebih baik lagi. 

3. Menyambut Bulan Ramadhan 2021 tinggal menghitung hari. Rasa rindu suasana malam, tadarus bersama dikala malam sudah tidak tertahan lagi. di masa pandemi covid ini, apakah Ramadhan kali ini akan berbeda dari ramadhan-ramadhan sebelumnya? Apapun itu, mari merenung bersama, agar di Bulan Penuh Berkah ini covid segera diangkat oleh Allah SWT. 

4. Selalu sibuk dengan urusan dunia. Sampai tak terasa Ramadhan kembali datang. Ramadhan datang  padahal baru kemarin Ramadhan usai. Semoga Ramadhan 1442 H,  Tuhan bersedia mengampuni dosa kita, dan semoga Allah SWT masih sudi memberikan Rahmah Kasih agar hati selalu diingatkan padaNya. 

5. Sudah sepatutnya jika ucapan menyambut bulan ramadhan 2021 kita ekspresikan. Karena, diluar sana ada yang tidak bisa merasakan nikmat dan kehangatan berkumpul dan memanjatkan ampun pada Sang pencipta. Kita patut bersyukur karena tahun ini masih bisa bermunajat mengumpulkan pahala. Karena kematian datang tiba-tiba dan tanpa aba-aba. 

6. Dari 12 bulan, hanya satu bulan terbaik untuk mengumpulkan pahala karena dilipatgandakan. Semoga di bulan Ramadhan kali ini, kita termasuk hamba yang mendapatkan ridhoNya. 

7. Alangkah bahagianya menyambut bulan puasa. Hanya di Bulan Ramadhan kita bisa berlomba-lomba, berharap dilimpahkan pahala kita. Sepuluh hari pertama Ramadhan, Allah SWT melimpahkan rahmat ke seluruh umatNya. Hari ke sebelas hingga hari kedua puluh, Allah SWT memberikan ampunan. 10 hari terakhir bulan puasa, Allah bebaskan manusia dari api neraka. 

8. Alhamdulillah wasyukurillah. Ucapan menyambut bulan Ramadhan 2021 tidak lama lagi. Hanya di bulan Ramadhan, segala ibadah kita dilipat gandakan lebih banyak daripada hari-hari biasanya. Jika amal-amal yang kita Kumpulkan adalah milik kita. maka di amal puasa milik Allah. Allah SWT yang akan membalas langsung, dan semoga puasa Ramadhan kali ini dicatat sebagai pemberat masuk ke syurga. 

9. Tak sabar menunggu hari kemenangan bagi seluruh umat Muslim. Bahwasanya saat bulan puasa tiba, pintu-pintu surge dibuka lebar-lebar. Kemudian pintu-pintu neraka ditutup. Setan pun dibelenggu. Hanya di bulan Puasalah kita bisa menjumpai keistimewaan ini semua. 

10. Ramadhan hampir tiba, bulan yang penuh ketawadu’an bagi kita yang berlumur dosa. Gunungan dosa yang kita buat tanpa disadari bisa kita kurangi jumlahnya di bulan Ramadhan tahun ini. Dimana Ramadhan sebagai tempat untuk mengharap ampunan dosa yang terlanjur tertimbun. 

11. Rekan dan tetangga naik ke pelaminan. Entah kapan kamu temukan pasangan? Bagi Jomblowan Jomblowati, ramadhan semoga didekatkan dengan pasangan.  Ramadhan waktu yang tepat untuk bermunajat meminta permohonan, agar jodoh segera didatangkan. 

12. menyambut bulan ramadhan 2021 moment yang tepat untuk berkaca diri. Rasa lapar selama sebulan, mengajarkan kita merasakan orang yang hidup susah karena tidak bisa membeli makanan. Puasa ramadhan menyadarkan kita untuk bisa berderma kepada sesama dan mengajarkan hidup rendah hati sederhana agar tidak membuat iri orang susah di luar sana. 

13. Berbuat baik di dunia sebanyak-banyaknya. Tapi siapa yang tahu apakah amalan kita diterima? Jangan percaya diri amalan banyak, ternyata nihil tidak ada amalan. Dengan puasa, mengingat kan kita untuk bersungguh-sungguh setiap menjalankan ibadah puasa agar puasa diterima pada Sang Yang Wenang.

14. Menyambut bulan puasa, banyak persiapan mental dan finansial yang disediakan. Saat puasa datang, tidak sekedar lapar dan menahan nafsu diri. Tetapi juga menahan diri untuk berniat, berperilaku dan bersikap maksiat dan melawan hal yang bertentangan. 

15. Menyambut Ramadhan banyak keluhan bau mulut. Bau mulut karena puasa jauh lebih berharga di hadapan Allah. Karena aroma tidak sedap karena puasa lebih baik daripada minyak misik ataupun minyak wangi yang pernah ada di dunia ini. 

16. Tidak sabar menantikan kehadiran Bulan Ramadhan. Bulan yang sangat tepat untuk berinvestasi mempercantik surga masing-masing. Jika hari biasa kita sibuk mengumpulkan dosa lewat tontonan, pergaulan yang banyak ghibah. Maka di bulan Ramadhan sebenarnya hari yang pas untuk memperindah surga kita dengan amalan, ketulusan, ketawaduan dan pertobatan kita kepada Sang Pencipta. 

17. Harta dapat dicari dengan ilmu. Rasa sakit dan penyakit dapat diobati dengan obat. Segunung dosa belum tentu bisa dihapus selama 11 bulan lamanya. Tetapi dosa-dosa yang berlalu dapat dihapus hanya di Bulan Ramadhan dengan hati ketulusan.

Kata-Kata Menyambut Bulan Puasa

Itulah beberapa ucapan menyambut bulan ramadhan 2021 yang bisa kamu tambahi dan kamu kreasikan. Bisa juga dikirimkan ke sanak, saudara atau teman sebagai pengingat. Lewat berbagai perangkat dan sosial media yang ada, seperti Whatsapp, Twitter, Instagram dan Facebook.

Kreasi penambahan kata tersebut dengan menambahkan doa dan ucapatan permintaan maaf. contohnya seperti berikut :

  1. Semoga Ramadhan kali ini kita semua dapat mengalahkan hawa nafsu dan menuju kemenangan hati dalam Idul Fitri.
  2. Selamat menyambut ibadah puasa, Marhaban ya Ramadhan
  3. selamat berpuasa di bulan Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin.
  4. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga amal kita diterima Allah Taala. Amin ya rabbal alamin
  5. selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan, mohon maafkan lahir dan juga bathin.
  6. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  7. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

Itulah beberapa kata-kata doa dan ucapan selamat berpuasa yang bisa kamu tambahkan di ucapan menyambut bulan ramadhan. 

Selain itu kamu juga mengkreasikan dengan menambah nama, keluarga, atau organisasi kamu.

Mengingatkan ke sesama muslim itu wajib. Hanya saja, lakukan diwaktu dan cara yang tepat. 

Karena mengingatkan sesama saudara juga ada adab dan sopan santun yang harus tetap dijunjung tinggi. Jangan karena atas dasar ajaran islam, kita langsung mempraktekannya tanpa melihat konteks. Sehingga terkesan radikal dan tidak semua orang bisa menerima cara-cara frontal. 

Sebagai Negara yang berbudaya, tetap lihat konteks dan perhatikan cara penyampaiannya. Niat baik belum tentu bisa diterima dengan baik oleh orang lain. Kenapa? Karena manusia itu unik. Apalagi Negara kita Negara kepulauan dan yang memiliki budaya adatnya masing-masing. 

Dalam hal saling mengingatkan. Kita harus menggarisbawahi adab dan sopan santun atau akhlak. Karena ilmu yang paling tinggi selain ilmu pengetahuan adalah akhlak. Semoga sedikit ucapan menyambut bulan ramadhan 2021 ini bermanfaat. 

Pondok Djawara Deepublish

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Kami, seluruh Jajaran Tim Penerbit Buku Deepublish  juga mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa 1442 H, bagi yang menjalankan.

Semoga masih diberi kemurahan Rahmat dan Kasih Gusti Allah bertemu ramadhan-ramdhan yang akan datang. Amiin.

Kontributor : (Irukawa Elisa)

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang