Jurusan Teknik Lingkungan

Table of Contents

Bagikan

Bingung akan memilih jurusan teknik lingkungan? Atau memilih jurusan lain? Bagi calon mahasiswa, pasti sedang bingung memilih jurusan. Buat kamu yang bingung memilih jurusan teknik lingkungan atau jurusan lain, berikut ada beberapa alasan, kelebihan, prospek kenapa kamu harus mengambil jurusan ini. 

Namun sebelumnya, intip apa itu jurusan teknik lingkungan dan mata kuliah teknik lingkungan. Untuk ulasan lengkapnya, kita simak berikut ini.

Apa Itu Jurusan Teknik Lingkungan

Jurusan teknik lingkungan merupakan jurusan yang memiliki cabang ilmu yang mempelajari seputar ilmu kesehatan. Dimana ruang lingkup yang dipelajari tentang bagaimana menciptakan lingkungan bebas penyakit, hidup sehat dan bagaimana teknik dan teknologi yang dikembangkan di lingkungan kesehataan saat ini. 

Jurusan teknik lingkungan tidak hanya memiliki ruang lingkup itu saja. Masih banyak lagi, misalnya tentang pengelolaan kesehatan lingkungan, cara mengendalikan pencemaran, konservasi sumber daya air, mempelajari sistem drainase dan pencemaran udara. serta masih ada banyak lagi. 

Jadi, jurusan teknik lingkungan dapat disimpulkan sebagai jurusan yang akan mempelajari tidak hanya tentang kesehatan. Tetapi juga mempelajari pengelolaan lingkungan, ekowisata, mitigasi hingga kawasan wisata yang memiliki potensi bencana.

Mata Kuliah Teknik Lingkungan

Nah, buat Kamu yang tertarik ingin mempelajari jurusan teknik lingkungan, nantinya juga akan mempelajari mata kuliah ini. Buat yang masih kepo dan ingin tau lebih tentang dunia di perguruan tinggi. Apa sih yang dimaksud dengan mata kuliah teknik lingkungan. 

Istilah mata kuliah dapat diartikan sebagai satuan pelajaran yang akan kamu pelajari selama menjadi mahasiswa. Kehadiran mata pelajaran sebagai upaya agar mahasiswa mampu mencapai pembelajaran lulusan. Sementara teknik lingkungan adalah cabang ilmu yang akan kamu pelajari selama di bangku perguruan tinggi.

Mata kuliah memiliki tiga unsur yaitu unsur pengetahuan, unsur sikap dan unsur keterampilan. Baik keterampilan khusus maupun keterampilan umum. Diharapkan mahasiswa yang mempelajari mata kuliah memiliki kemampuan dan keterampilan tiga unsur tersebut.

Umumnya pembentukan mata kuliah pun dibuat berdasarkan bahan kajian, yang diharapkan bisa dikuasai oleh calon lulusan dengan cara sistem sks.

Daftar Mata Kuliah Teknik Lingkungan

Daftar Open Reseller
  • Matematika I
  • Fisika Dasar I
  • Kimia Dasar I
  • Pengantar Rekayasa & Desain I
  • Tata Tulis Karya Ilmiah
  • Olah Raga
  • Mekanika Fluida I
  • Statistika Lingkungan
  • Matematika Rekayasa
  • Pengantar Teknik Lingkungan
  • Kesehatan Lingkungan
  • Pengetahuan Struktur
  • Pengantar Sistem Informasi Geografis
  • Mekanika Fluida II
  • Kimia Lingkungan
  • Mikrobiologi Lingkungan
  • Hidrologi dan Hidrogeologi
  • Epidemiologi Lingkungan
  • Peng. Mek. Tanah
  • Pengelolaan Kualitas Air

Alasan Memilih Kuliah Di Jurusan Teknik Lingkungan

Menjadi calon mahasiswa baru itu memang bersemangat. Namun, satu sisi juga dilanda kebingungan terkait memilih jurusan yang sesuai dan tepat. Dari sekian banyak jurusan kuliah, hanya beberapa jurusan yang kamu minati saja. 

Terutama buat kamu yang masih ragu, apakah akan mengambil jurusan teknik lingkungan? Atau akan mengambil jurusan lain? Nah buat kamu yang masih ragu, berikut beberapa alasan kamu harus memilih jurusan teknik lingkungan. 

1. Ilmu Yang banyak Dibutuhkan Dalam Kehidupan 

Salah satu alasan kenapa kamu harus memilih jurusan teknik lingkungan, karena jurusan ini sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Apalagi sekarang banyak manusia yang semakin tidak peduli dengan kekayaan hayati lingkungan, ceroboh membuang sampah karena tidak tahu bagaimana cara mengolah sampah dan masih banyak lagi. 

Sehingga, lulusan jurusan teknik lingkungan pasti sangat dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat. Karena butuh tangan-tangan berpendidikan, yang tahu bagaimana cara mengolah dan mengurus dengan benar dan baik. 

2. Memiliki Kemanfaatan Untuk Umat 

Banyak sektor yang dapat dikembangkan dan dipelajari di jurusan teknik lingkungan. Dimana sektor tersebut memiliki tingkat kemanfaatan bagi banyak orang di sekeliling kita.

Sehingga, para lulusan jurusan teknik lingkungan tidak hanya memiliki peluang yang lebih besar, tetapi juga memiliki peluang mendapatkan amal jariah untuk lingkungan dan masyarakat juga lebih besar. 

promo 8.8

3. Mengedukasi Masyarakat Agar Hidup Lebih Sehat 

Salah satu permasalahan negara berkembang adalah, banyak masyarakat yang kurang melek tentang keberhasilan. Dampaknya, banyak masyarakat yang sakit yang diakibatkan oleh kerusakan dan kehidupan yang kotor.

Nah, para lulusan teknik lingkungan mampu mentransformasikan ilmu ini agar masyarakat teredukasi. Sehingga mereka pun perlahan bisa hidup dengan bersih, sehingga kehidupannya menjadi lebih sehat.

4. Berpeluang Menjadi Pebisnis 

Sementara buat kamu yang memiliki jiwa kebebasan, dan tertantang dengan risiko besar. Bisa menjadi seorang pebisnis. Menariknya, lulusan teknik lingkungan juga berpeluang. 

Sebagai contoh kamu bisa menjalankan bisnis makanan dari hasil perkebunan. Misal di daerah kamu banyak budidaya salak pondoh. Kamu bisa menjalankan bisnis salak pondoh menggunakan olahan lain. 

Bisnis ini tidak hanya memberikan keuntungan buat kamu, tetapi juga mengangkat petani lokal, serta tetap melestarikan lingkungan tanpa merusak atau menggunduli lahan. Inilah bisnis yang menguntungkan, tidak hanya menguntungkan bagi manusia, tetapi juga bagi alam.

Itulah beberapa alasan memilih jurusan teknik lingkungan. Ternyata banyak peluang dan manfaat mulia yang bisa berikan kepada kanan kiri kita.

Kelebihan Jurusan Teknik Lingkungan

Keunggulan mengambil jurusan teknik lingkungan, tidak hanya menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat saja loh. Terutama buat kamu yang ingin memiliki pekerjaan yang lebih, tidak hanya sekedar peduli pada lingkungan dan kesehatan. 

Melainkan, Kamu bisa melakukan pekerjaan yang orang lain tidak bisa lakukan. Karena jurusan teknik lingkungan ini membutuhkan keterampilan dan ilmu khusus, yang hanya bisa dilakukan oleh mereka yang benar-benar mengetahui ilmunya. Penasaran? Apa saja sih kelebihan jurusan teknik lingkungan? Langsung simak ulasan sebagai berikut. 

1. Mengembangkan Energi Baru 

Kelebihan mengambil jurusan teknik lingkungan, kamu bisa mengembangkan energi baru.  Potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) Di Indonesia sangat potensial. Ada banyak kontribusi Energi Baru Terbarukan dalam bauran energi primer nasional. Diantaranya ada panas bumi, biomasa, air, nuklir, angin, surya, batubara dan masih banyak lagi.

Sampai di sini, sudah dapat dilihat kelebihan jurusan teknik lingkungan bisa bekerja di bidang pekerjaan yang sudah disebutkan di paragraf di atas. Tentu saja, untuk masalah besar gaji, sudah tidak diragukan lagi. 

2. Bisa Bekerja di Dunia Perminyakan dan Gas Bumi 

Sudah menjadi rahasia umum, jika kekayaan alam Indonesia sangat potensial. Selain memiliki bentang alam dan menghasilkan panen bumi yang melimpah. Indonesia juga memiliki potensi gas bumi dan perminyakan. 

Maka tidak heran, jika peluang kerja di perminyakan di dari lulusan jurusan teknik lingkungan juga banyak dilirik. Biasanya, pekerjaan di bidang perminyakan dan gas bumi paling dicari. Karena gaji juga besar, namun risiko keamanan selama bekerja juga tinggi. 

3. Memperbaiki Lingkungan Rusak

Banyak yang tidak menyadari bahwasanya lulusan jurusan teknik lingkungan memiliki peluang yang sangat mulia. Salah satunya adalah mampu memperbaiki lingkungan rusak akibat tangan manusia yang serakah pada alam. 

Misalnya pencemaran lingkungan di perairan sungai. Nah, dengan ide, dan ilmu yang kamu miliki tentang teknik lingkungan, setidaknya kamu bisa mengubah sungai yang kotor menjadi sungai yang bersih. 

4. Gaji Besar 

Siapa sih yang tidak ingin punya gaji besar? Hampir sebagian besar orang pasti senang jika bekerja mendapatkan upah yang besar. Nah, salah satunya adalah pekerjaan lulusan teknik lingkungan. 

5. Peluang Kerja Terbuka Luas 

Seperti disinggung sebelum-sebelumnya. Jika jurusan teknik lingkungan memiliki peluang kerja luas. Jika kamu ingin menjadi seorang PNS, atau pekerja swasta, juga banyak yang mengambil lulusan teknik lingkungan. 

Tentu saja ada banyak kelebihan jurusan teknik lingkungan yang akan kamu rasakan. Mungkin ada diantara kamu yang merasakan kelebihan dari jurusan teknik lingkungan? Kamu boleh menuliskan keuntungan yang kamu rasakan di kolom komentar.

Kekurangan Jurusan Teknik Lingkungan

Jika di atas sudah menyinggung tentang kelebihan mengambil jurusan teknik lingkungan. Pastinya kamu bertanya-tanya kekurangan jurusan teknik lingkungan itu apa. Nah, berikut adalah beberapa kekurangannya. 

1. Susah Mencari Pekerjaan 

Meskipun prospek kerja lulusan teknik lingkungan terbuka dan potensial. Ternyata banyak juga lulusan yang susah mendapatkan pekerjaan loh. Nah, selama kamu sudah berusaha dan mencari kesana kemari. Mungkin itu jawaban bahwa takdirmu bukan mencari kerja, tetapi menciptakan lapangan kerja, minimal berdiri sendiri dari ilmu yang dimiliki. 

2. Materi Susah 

Bagi yang salah jurusan, salah satu kekurangan mengambil jurusan teknik lingkungan akan merasa susah mengikuti pelajaran. Sebenarnya kesulitan ini disebabkan karena tidak ada dorongan dari dalam diri sendiri. 

3. Risiko Kerja Tinggi 

Jika kamu menyasar ingin kerja di pertambangan, perminyakan atau pengeboran. Maka risiko kecelakaan kerja lebih tinggi. Risiko kerja tidak hanya cidera, tetapi nyawa adalah taruhannya. Belum lagi yang bekerja di tengah laut. Maka rela tidak bertemu keluarga selama beberapa bulan. 

Itulah sedikit kekurangan dari jurusan teknik lingkungan. Sebenarnya setiap pekerjaan ada kelebihan dan kelemahannya. Semua tergantung dari masing-masing kita menyikapinya.

Prospek Kerja Teknik Lingkungan

Prospek kerja teknik lingkungan saat ini semakin banyak di cari. Tidak hanya untuk sektor pemerintahan ataupun swasta. Semakin hari, jurusan ini pun masih saja selalu diminati, karena menawarkan iming-iming lulusan teknik lingkungan memiliki prospek kerja yang menggiurkan. 

Gaji yang ditawarkan pun bisa dua digit per bulan, bahkan lebih. Namun, untuk bisa di titik itu, butuh kerja keras dan jam kerja menentukan. Jadi bagi fresh graduate, juga harus tahu diri. Jangan mentang-mentang lulusan teknik lingkungan yang masih minim pengalaman, ingin gaji langsung tinggi. 

Setidaknya lulusan teknik lingkungan ini memiliki prospek kerja yang lebih menjanjikan, dibandingkan lulusan lain. Penasaran? langsung intip prospek kerja lulusan teknik lingkungan berikut ini. 

1. Aparatur Sipil Negara 

Buat kamu yang ingin bekerja di aparatur sipil negara, atau bekerja di kementerian, juga banyak dicari lulusan teknik lingkungan. Untuk gaji, tidak perlu khawatir, karena gaji juga menjanjikan. Tapi, beban kerja juga mengikuti. 

2. Konsultan Lingkungan 

Jika kamu tipe orang yang tidak suka dengan pekerjaan yang terdekat dengan aturan ataupun perintah atas. kamu bisa juga bekerja menjadi konsultan lingkungan. Nah, ini cocok banget buat kamu yang memiliki kesenangan di bidang penelitian seputar lingkungan. 

Di sini kamu bisa melakukan pekerjaan yang menantang, dan tidak selalu di kantor. Sesekali kamu akan keluar ke lapangan mengambil sampel atau meneliti lingkungan yang mengalami kontaminasi, mengalami kerusakan atau masalah lingkungan lain. 

Salah satu kelebihan bekerja menjadi seorang konsultan lingkungan. Kamu tidak hanya berhubungan dengan penelitian saja. Tetapi membuka peluang untuk bekerjasama dengan lembaga pemerintah dan perusahaan swasta yang memang membutuhkan jasa kamu. 

3. Entrepreneur 

Lulus kuliah hanya berorientasi dan bangga mencari pekerjaan. Buat kamu yang tidak ingin menjadi beban negara dengan bergantung dengan peluang kerja yang diberikan pemerintah, serta mengurangi angka pengangguran. Maka kamu juga sangat mungkin menjadi seorang entrepreneur. 

Lulusan teknik lingkungan memiliki skill yang super banyak yang cukup dijadikan menjadi seorang pebisnis. Menciptakan usaha dan akhirnya membuka lapangan pekerjaan. Tentu ini akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri, karena menjadi seorang entrepreneur tidak hanya membantu pemerintah, tetapi juga membantu  mereka yang mencari pekerjaan. 

Usaha yang kamu tekuni pun bisa beragam, sesuai dengan jurusan yang sudah kamu pelajari. Misalnya bisa menjalankan usaha dibidang pengelolaan limbah, atau pertambangan. Atau jika kamu ingin membuka usaha dalam bentuk yang ramah lingkungan, kamu bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk dijadikan bahan komoditas utamanya.

Misalnya, menjalankan bisnis kopi, salak pondoh, dan masih banyak lagi yang bisa dikembangkan. Itulah beberapa prospek kerja teknik lingkungan. Pastinya, masih ada prospek kerja lain yang tidak bisa dijelaskan satu persatu.

Misalnya menjadi environmental engineer (perekayasa lingkungan), manajer lingkungan, ahli ekologi dan konservasi alam, pejabat penyusun kebijakan HSE dan Lingkungan, dan masih banyak lagi.

Perbedaan Teknik Lingkungan Dan Ilmu Lingkungan

Bingung membedakan antara jurusan ilmu lingkungan dengan teknik lingkungan? Sekilas seperti sama, ternyata keduanya dua hal yang berbeda. Nah, untuk mengetahui perbedaan diantara keduanya, kamu bisa simak perbedaan berikut ini. 

AspekIlmu LingkunganTeknik lingkungan
Dasar IlmuIlmu lingkungan adalah ilmu yang mendasari dari teknik lingkungan.  Teknik lingkungan lebih fokus pada cara.
Porsi Teori dan PraktikIlmu lingkungan berisi teori dan dasar-dasar keilmuan. Lebih menitikberatkan pada praktek atau kerja di lapangan
Ilmu yang DipelajariIlmu lingkungan berisi solusi terkait permasalahan lingkungan.Teknik lingkungan adalah profesi yang menerapkan ilmu yang memberikan solusi terhadap masalah seperti perairan, limbah, sampah, polisi, kesehatan masyarakat dan masih banyak lagi.

Itulah perbedaan teknik lingkungan dan teknik ilmu lingkungan. Pada dasarnya keduanya dikategorisasikan dalam ilmu yang serumpun, yang masih satu batang ilmu dan teknologi (sainstek). Dimana teknik lingkungan dan ilmu lingkungan saling mempengaruhi dan saling melengkapi saat terjun di lapangan. Keduanya berjalan dan seiring sehaluan.

Daftar Kampus Yang Ada Jurusan Teknik Lingkungan

Setelah mengetahui banyak hal tentang jurusan teknik lingkungan di atas. Barangkali kamu sekarang sudah yakin akan memilih jurusan apa? Nah, berikut beberapa Perguruan Tinggi yang membuka jurusan teknik lingkungan.

  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember 
  • Universitas Trisakti 
  • Universitas Brawijaya 
  • Universitas Diponegoro 
  • Universitas Islam Indonesia 
  • Institut Teknologi Bandung 
  • Universitas Andalas 
  • Universitas Sahid
  • Universitas Sumatera Utara 
  • Universitas Indonesia 
  • Universitas Airlangga 
  • Universitas Teknologi Sulawesi Utara 
  • Universitas Batanghari Jambi 
  • Universitas Kebangsaan Republik Indonesia
  • Universitas Udayana 
  • Institut Teknologi Telkom Purwokerto 
  • Universitas Pendidikan Indonesia 
  • Universitas Balikpapan 
  • Universitas Tadulako 
  • Universitas Binawan 
  • Universitas Teknologi Sulawesi Utara 
  • Universitas Kristen Surakarta 
  • Universitas PGRI Argopuro Jember 
  • Universitas Teknologi Sumbawa 
  • Universitas Telkom 
  • Universitas Jember 
  • Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat

Dari daftar Perguruan tinggi di atas. Apakah ada yang di dekat kamu tinggal? Daftar di atas hanya beberapa saja. masih ada banyak perguruan tinggi yang belum dimasukan. Jadi, tidak ada salahnya menanyakan jurusan di perguruan tinggi terdekat tempat kamu tinggal. 

Semoga sedikit ulasan tentang jurusan teknik lingkungan memberikan gambaran, wawasan dan memberi keyakinan untuk memilih. Semoga masa depan kamu gemilang sesuai yang kamu impikan. (Irukawa Elisa)

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Jurusan Lainnya

jurusan ilmu pemerintahan

Jurusan Ilmu Pemerintahan

Bagikan

Jurusan ilmu pemerintahan memiliki prospek pekerjaan yang luas dan gaji yang sangat menjanjikan. Meskipun demikian,

jurusan teknik kimia

Jurusan Teknik Kimia

Bagikan

Jurusan teknik kimia salah satu jurusan yang cukup menarik perhatian calon mahasiswa. Tidak terkecuali, mungkin

jurusan teknik lingkungan

Jurusan Teknik Lingkungan

Bagikan

Bingung akan memilih jurusan teknik lingkungan? Atau memilih jurusan lain? Bagi calon mahasiswa, pasti sedang

Download Katalog

Ingin Kerja Sampingan dan Dapat Pendapatan Hingga Puluhan Juta per Bulan? Gabung Reseller Buku Deepublish Solusinya

hanya s.d. 17 Agustus 2022