Jurusan Teknik Kimia

Table of Contents

Bagikan

Jurusan teknik kimia salah satu jurusan yang cukup menarik perhatian calon mahasiswa. Tidak terkecuali, mungkin kamu salah satunya. Namun, tidak semua calon mahasiswa yakin dengan pilihan jurusan mereka. 

Alasannya, karena ada banyak pertimbangan, dan melihat prospek lulusan. Apakah banyak lapangan kerja yang menerima mahasiswa lulusan jurusan teknik kimia, atau tidak. Nah, buat kamu yang sedang mengalami keraguan dan dilema. Wajib membaca artikel ini sampai selesai, agar tidak lagi ragu. 

Pengertian Teknik Kimia 

Teknik kimia adalah cabang ilmu yang mempelajari teknologi perancangan pabrik. Baik itu berupa pabrik makanan, pabrik kimia, pabrik bioproses dan masih banyak lagi. Jika diperhatikan secara lebih mendalam, sebagian besar pabrik berdiri karena ada tim perancang dari lulusan sarjana teknik kimia. 

Tidak hanya di dunia industri pabrik saja. Tetapi juga di bidang lain seperti bisnis pertanian yang memproduksi pupuk pun juga membutuhkan tenaga lulusan kimia. Karena pekerjaan mereka akan merancang zat kimia yang dapat dimanfaatkan untuk pupuk atau untuk pengembangan di dunia pertanian agar lebih menghasilkan. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa, teknik kimia adalah cabang ilmu rekayasa yang khusus mempelajari pemprosesan. Dimana mempelajari bahan mentah, dan tidak berguna menjadi barang jadi dan dapat dimanfaatkan lebih bermanfaat. 

Mata Kuliah Teknik Kimia

Saat kamu nanti masuk ke perguruan tinggi. Kamu akan menemukan istilah baru yang disebut mata kuliah. Jika jurusan yang diambil adalah teknik kimia, maka sudah barang tentu kamu pun akan mempelajari mata kuliah teknik kimia. 

Lantas, apa sih yang disebut dengan mata kuliah teknik kimia? Jadi istilah mata kuliah diperuntukan untuk merujuk satuan pembelajaran yang akan kamu pelajari selama kamu menjadi mahasiswa. Mata kuliah ini dibuat sebagai bentuk alat ukur mengetahui capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada mahasiswa. 

Karena sebagai alat ukur penilaian. Maka dibuatlah mata kuliah yang sudah ditentukan bobot minimal satu satuan kredit semester, yang nantinya akan familiar disebut dengan SKS. Sementara menurut Kamus Besar Online, mata kuliah adalah satuan pelajaran yang diajarkan di tingkat perguruan tinggi. 

Jadi, jika disimpulkan mata kuliah teknik kimia adalah satuan pelajaran yang khusus mempelajari cabang ilmu teknik kimia.

Baca juga: Jurusan Teknologi Industri Pertanian

Daftar Open Reseller

Alasan Memilih Kuliah Di Jurusan Teknik Kimia 

Pada dasarnya, setiap orang berhak mengambil jurusan teknik kimia berdasarkan alasan personal masing-masing. Apapun alasannya boleh-boleh saja. Permasalahannya adalah, tidak semua calon mahasiswa tahu alasan mengapa mengambil jurusan teknik kimia

Maka dari itu, wajar jika mereka pun mencari tahu alasan memilih kuliah di jurusan ini, sekedar untuk memantapkan hati dalam memilih jurusan. Berikut adalah beberapa alasannya. 

1. Memiliki peluang kerja sesuai dengan tempat yang kamu inginkan 

Peluang lapangan kerja lulusan teknik kimia ternyata cukup luas. Kamu bisa bekerja di bidang industri kimia, industri perancangan alat, industri obat, industri agrobisnis, tenaga pengajar, pengelolaan limbah, laboratorium dan masih banyak peluang kerja lain yang sangat menjanjikan. 

2. Memiliki Kelebihan Mengetahui Ilmu Kimia Bumi 

Salah satu alasan mengambil jurusan teknik kimia, kamu memiliki kelebihan dalam hal penguasaan ilmu pengetahuan tentang unsur kimia di bumi. Dimana, tidak semua orang tahu akan hal ini. Dan, tentu saja jika ilmu teori yang didapatkan di bangku kuliah, dapat dipraktekan dalam dunia nyata, kamu bisa menjadi orang hebat seperti para peneliti dan para penemu-penemu. 

3. Memiliki Keterampilan Berhitung 

Buat kamu yang suka dengan berhitung dan bermain angka, maka jurusan teknik kimia salah satu pilihan yang pas. Karena di sini kamu akan bersinggungan dengan hitung menghitung. Menariknya, tidak menghitung uang, tetapi menghitung neraca energi, neraca massa atau efisiensi suatu alat. 

4. Gaji Besar 

Nah, alasan kenapa mengambil jurusan teknik kimia adalah, setelah lulus, dan bekerja sesuai bidangnya. Maka kamu akan mendapatkan tawaran gaji lebih besar. Mengingat pekerjaan yang akan kamu tekuni di sana juga tidaklah mudah dan super menantang. Jadi, ada harga ada rupa. 

promo 8.8

5. Banyak Dibutuhkan 

Lulusan teknik kimia ternyata tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan, tetapi juga dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satunya, hal yang sudah disinggung sebelumnya. Ilmu dan skill keterampilan dapat melahirkan penemuan dan mengembangkan di bidang industri pangan, agrobisnis dan pengelolaan limbah untuk agrobisnis sehingga meningkatkan produktivitas para petani. 

Ketika hasil pertanian melimpah, masyarakat secara keseluruhan pun akan merasakan keuntungan yaitu makan hasil panen dan makan sayur mayur yang bergizi. Sehingga secara tidak langsung, kamu pun ikut berperan aktif untuk meningkatkan kualitas kehidupan. 

6. Mengenal Banyak Jenis Alat 

Setidaknya saat kamu belajar, dan bekerja di bidang yang sesuai dengan jurusan. Maka kamu akan bersinggungan dengan banyak alat-alat yang berhubungan dengan reaksi kimia. Dimana, tidak sembarang orang yang bisa memiliki kesempatan ini. Karena untuk menggunakan alat, dibutuhkan ilmu pengetahuan yang mumpuni.

7. Menjadi Seorang Wirausaha 

Teruntuk kamu yang tidak suka dengan dunia kantoran atau bekerja dengan orang lain, dan suka dengan kebebasan. Atau ingin mengembangkan bakat dan potensi diri, dan tertarik ingin menjalankan usahakan. Kamu pun juga punya peluang besar. 

Kamu bisa menjalankan usaha dengan menjual produk yang sudah kamu buat sendiri dengan ilmu-ilmu kimia atau semacamnya. Contoh sederhana, jualan kosmetik yang dibutuhkan lulusan kimia. Dimana kosmetik beberapa tahun terakhir sangat dicari oleh banyak orang. 

Atau bisa juga menjual pupuk dari hasil rekayasa yang kamu lakukan untuk membantu mengoptimalkan hasil panen para petani di luar sana. Setidaknya dengan menjual produk dari hasil rekayasa buatan kamu, kamu akan mendapatkan keuntungan yang tidak kalah menjanjikan. 

Itulah beberapa alasan memilih kuliah jurusan teknik kimia. Mungkin tidak banyak orang yang tahu, jika ada banyak alasan menguntungkan yang akan kamu rasakan saat belajar di jurusan ini.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kimia Murni

Kelebihan Jurusan Teknik Kimia 

Mengetahui alasan kuliah teknik kimia saja ternyata tidak cukup. Kamu masih butuh kemantapan agar semakin yakin memilih jurusan ini? Nah, kamu mungkin perlu mengetahui kelebihan mengambil jurusan ini. Penasaran? Langsung saja simak ulasan berikut. 

1. Sering masuk Ke Laboratorium 

Salah satu kelebihan masuk jurusan kimia, maka kamu akan sering masuk ke laboratorium. Tentu saja ini keren. Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk masuk di laboratorium dan melakukan sebuah uji coba. 

Bagi kamu yang tidak suka kelas yang teoritis, setidaknya di sini kamu tidak akan merasa bosan. Karena teori dan praktek akan imbang. Kecuali, buat kamu yang tidak suka praktek dan tidak suka dengan hal-hal yang baru, mungkin bisa memilih jurusan yang sesuai dengan karakter kamu. 

2. Tahu Hal Baru 

Adapun kelebihan yang akan kamu pelajari saat mengambil jurusan ini. Kamu akan mengetahui ilmu reaksi kimia secara langsung. Dan kamu mempraktekkannya secara langsung. Tentu kamu akan merasakan adrenalin tersendiri. Karena ketika salah, bisa menimbulkan sesuatu hal yang berbahaya, jadi kamu harus hati-hati. 

3. Teknik Kimia Sebagai Jurusan Keren 

Kenapa jurusan teknik kimia sebagai jurusan keren? Jawabannya sederhana. Karena jurusan hanya khusus calon mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Nah, buat kamu yang merasa punya tingkat kecerdasan di atas rata-rata, bisa masuk ke sini. Jika merasa pas-pasan, mending cari jurusan yang pas, karena jika tetap memaksakan masuk, akan kesulitan selama belajar di sana. Namun, selama kamu punya keinginan, tetap boleh banget masuk di sini. Karena keinginan dan motivasi diatas segala-galanya. 

4. Mudah Melanjutkan Jenjang S2 

Buat kamu yang dari awal memang ingin bekerja di ilmu kimia, dan ingin lanjut kuliah S2 jurusan kimia murni, maka jurusan teknik kimia ini pilihan yang tepat. Setidaknya, lulusan teknik kimia memudahkan kamu untuk melanjutkan jurusan tersebut.

Dari beberapa daftar jurusan teknik kimia di atas, mungkin ada yang belum disebutkan? Atau mungkin kamu merasakan manfaat lain yang kamu rasakan? Kamu boleh tuliskan di kolom komentar ya. Berbicara masalah keuntungan mengambil jurusan satu ini, setiap orang pasti memiliki penilaian dan kesannya masing-masing.

Kekurangan Jurusan Teknik Kimia

Kurang afdol rasanya, jika hanya mengulas kelebihannya saja. Pasti ada sisi kekurangan dari jurusan teknik kimia. Kamu pun juga perlu mengetahui kekurangan ini, untuk menjadi bahan pertimbangan. Apa sih kekurangannya? Berikut ulasannya. 

1. Jurusan Yang Sulit Dimasuki 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa jurusan teknik kimia salah satu jurusan yang tidak mudah dimasuki. Spesifikasi dan syarat bisa masuk ke jurusan ini pun cukup berat, dibandingkan dengan jurusan-jurusan yang lain. Alasannya sederhana, karena memang selama proses pembelajaran, kamu akan mendapatkan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

2. Proses Kuliah Lama

Sebenarnya tugas di akhir lulusan, tidak terlalu banyak tugas. Meskipun hanya sedikit tugas, proses pengerjaannya panjang. Tidak seperti tugas dari jurusan lain. Namun, dari proses yang panjang inilah, kamu akan temukan banyak hal dan belajar banyak hal. 

3. Merancang Pabrik 

Meskipun tidak semua perguruan tinggi di akhir kelulusan memberikan tugas yang sama. Namun, ada beberapa perguruan tinggi yang memberikan tugas kepada mahasiswa akhir semester untuk merancang pabrik dari nol. Tentu saja ini perlu keseriusan dan mempelajari teori. Jadi, buat kamu yang baru mau masuk, sejak awal harus serius belajar. Agar paham betul teori. Ketika sudah paham, dan mendapatkan tugas, kamu tidak kesulitan, karena sudah mengetahui dasari dan ilmunya.  

Itulah sisi kekurangan dari jurusan teknik kimia. Barangkali selama masuk jurusan ini, kamu akan menemukan hal-hal yang tidak menyenangkan yang lain? Itu wajar. Karena nama nya belajar, pasti ada rasa tidak senang. Itulah proses kehidupan. 

Tidak ada proses belajar yang kita tempuh dengan lancar jaya. Pasti ada hal-hal yang tidak enak. Agar kita belajar dari proses dan bisa menghargai arti kerja keras. 

Prospek Kerja Teknik Kimia

Prospek kerja lulusan jurusan teknik kimia memang ada banyak pilihan. Banyak pula lembaga pemerintahan dan swasta yang menawarkan peluang kerja bersama mereka. Tentu saja menawarkan gaji yang cukup mengiurkan. Penasaran, prospek kerja lulusan teknik kimia apa saja sih? Sebagai berikut. 

1. Analis Laboratorium 

Prospek kerja yang bisa kamu sasar, yaitu menjadi analis laboratorium. Kerja analis laboratorium akan banyak berkutat di dalam laboratorium melakukan eksperimen dan melakukan uji penelitian. Memang tidak semua orang suka dengan pekerjaan ini. 

Rata-rata orang-orang yang memiliki kepribadian introvert lebih suka bekerja seperti ini. Namun, tidak menutup kemungkinan, buat kamu yang memang suka suka hal-hal baru seperti ini, tetap bisa masuk kok. 

2. Quality Control 

Atau mungkin kamu tertarik bekerja di perusahaan negeri maupun swasta? Nah, kamu bisa menjadi bagian dari hrd. Di sana kamu bisa mendaftarkan diri sebagai quality control, yang melakukan pengecekan bahan baku, mengecek kualitas dan proses produksi agar tetap menghasilkan sebuah produk yang berkualitas dan terjaga. 

3. Peneliti 

Jika kamu suka dengan hal-hal baru, dan ingin memberikan solusi kebermanfaatan bagi orang lain. Maka, kamu bisa menjadi seorang peneliti. Ketika kamu menjadi seorang peneliti, kamu tidak hanya memberi solusi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat. Tetapi juga membantu program pemerintah dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam negeri. Tentu, ini profesi dan pekerjaan mulia. 

4. Menjadi Penulis atau Editor

Prospek kerja lulusan teknik kimia juga ternyata banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang menjalankan bisnisnya di bidang literasi. Misalnya, kamu bisa menjadi seorang penulis atau bisa juga menjadi editor buku di sebuah penerbit. 

Terutama yang fokus menulis dan mengedit tema-tema tentang karya sains. Dimana memang dibutuhkan orang-orang yang menguasai bidang tersebut, dan salah satunya adalah kamu.

5. Menjadi Developer di Sebuah Perusahaan 

Prospek kerja yang tidak kalah keren dari lulusan jurusan teknik kimia adalah menjadi developer di sebuah perusahaan. Dimana kamu akan bekerja untuk sebuah perusahaan untuk mengembangkan sebuah teknologi yang sedang mereka kembangknya. 

Misalnya, di dunia pertanian atau agribisnis, kamu bisa menjadi tim pengembang teknologi pertanian. Misalnya membuat sistem instalasi penyiraman berbasis teknologi. Misalnya, menyiram tanaman tidak perlu lagi dilakukan secara manual. 

Tetapi bisa dilakukan secara otomatis  hanya lewat smartphone. Sehingga, ketika kita sedang keluar kota  berhari-hari. Tidak takut lagi tanaman mati karena kekeringan. Karena bisa dikontrol secara jarak jauh. Dan masih ada banyak lagi spesifikasi developer yang dapat dikembangkan di banyak bidang. 

Itulah beberapa prospek kerja teknik kimia yang ternyata ada banyak sekali peluang kerja. Beberapa prospek di atas pun belum semuanya tersebut satu-satu. Masih ada banyak peluang lain yang bisa kamu jajal. 

Jadi buat kamu yang masih ragu memilih jurusan karena takut tingkat serapan kerja. Tidak perlu khawatir. Karena banyak peluang kerja yang bisa kamu bidik, dengan gaji yang tidak kalah saing dari jurusan lainnya.

Daftar Jurusan Teknik Kimia Terbaik Di Indonesia

Setelah membaca prospek, dan kelebihan jurusan teknik kimia di atas, kamu semakin yakin ingin mengambil jurusan ini. Namun bingung universitas mana yang ada jurusan teknik kimia? Langsung saja, berikut daftar perguruan tinggi yang bisa kamu pilih.

  • Universitas Indonesia 
  • Institut Teknologi Bandung 
  • Universitas Pendidikan Indonesia 
  • Universitas Brawijaya 
  • Universitas Diponegoro 
  • Universitas Gadjah Mada
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember 
  • Uniersitas Sebelas Maret
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Sumatera Utara
  • Universitas Sriwijaya
  • Universitas Surabaya 
  • Universitas Syiah Kuala
  • Upn Veteran Jawa Timur
  • Universitas Aktaolik Parahyangan
  • Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Rekomendasi Buku Teknik Kimia

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Jurusan Lainnya

jurusan ilmu pemerintahan

Jurusan Ilmu Pemerintahan

Bagikan

Jurusan ilmu pemerintahan memiliki prospek pekerjaan yang luas dan gaji yang sangat menjanjikan. Meskipun demikian,

jurusan teknik kimia

Jurusan Teknik Kimia

Bagikan

Jurusan teknik kimia salah satu jurusan yang cukup menarik perhatian calon mahasiswa. Tidak terkecuali, mungkin

jurusan teknik lingkungan

Jurusan Teknik Lingkungan

Bagikan

Bingung akan memilih jurusan teknik lingkungan? Atau memilih jurusan lain? Bagi calon mahasiswa, pasti sedang

Download Katalog

Ingin Kerja Sampingan dan Dapat Pendapatan Hingga Puluhan Juta per Bulan? Gabung Reseller Buku Deepublish Solusinya

hanya s.d. 17 Agustus 2022