Kamu yang merasa tertarik dalam hal menebak kepribadian seseorang atau siapa saja di sekitar. Bisa mempelajari psikologi yang membantu melakukan analisa terhadap kepribadian seseorang.

jurusan-psikologi

Mempelajari dunia psikologi bisa dengan masuk kuliah di jurusan ilmu psikologi. Berikut adalah informasi lengkap mengenai jurusan satu ini. 

Pengertian Jurusan Psikologi 

Jurusan psikologi merupakan sebuah program studi yang mempelajari mengenai mental, pikiran, dan juga perilaku manusia. Melalui pengertian tersebut maka bisa diketahui bahwa psikologi merupakan ilmu yang mempelajari alur pikiran manusia. 

Alur pikiran ini kemudian terhubung dengan perilaku, sehingga cara berpikir seseorang akan menjadi cikal bakal dari perilakunya dalam keseharian. Kemampuan dalam menganalisa pola pikiran dan perilaku membuat lulusan psikologi nantinya bisa menyelesaikan masalah aktivitas sosial masyarakat yang terbilang kompleks. 

Mata Kuliah Jurusan Psikologi

Selama masa perkuliahan, mahasiswa di jurusan psikologi akan mendapatkan beberapa mata kuliah berikut: 

  1. Statistika 

Jurusan psikologi bukanlah jurusan yang bebas dari mata kuliah hitungan, sebab tetap mendapatkan mata kuliah statistika. Yakni statistika dasar yang menuntut mahasiswanya untuk menentukan mean, median, modus, dan juga melakukan pengujian hipotesis. 

  1. Filsafat 

Filsafat dikenal sebagai dasar semua ilmu dan nyaris semua jurusan kuliah memberikan mata kuliah ini, termasuk untuk jurusan psikologi. Nantinya kamu akan mengenal para filsuf di dunia dan teori yang dikemukakan. 

Adapun hubungan antara filsafat dengan psikologi adalah sebagai persiapan untuk masuk ke dunia kerja setelah lulus. Mata kuliah filsafat yang didapat sendiri mencakup ilmu filsafat ilmu dan logika, pengantar filsafat, dan lain-lain. 

  1. Psikologi Kepribadian 

Mata kuliah berikutnya adalah psikologi kepribadian yang mempelajari mengenai sejarah dan filosofi dasar dari kepribadian manusia. Selain itu di mata kuliah ini kamu bisa mempelajari pengelompokan kepribadian manusia, dan termasuk mempelajari kepribadian diri sendiri. 

  1. Psikometri 

Mata kuliah lainnya adalah psikometri yang akan mempelajari teori mengenai pengukuran psikologi. Sehingga nantinya akan bersinggungan dengan perhitungan statistika yang bertujuan untuk mempelajari masalah pengembangan teori dan model tes serta kualitas tes tersebut. 

  1. Biopsikologi 

Biopsikologi berasal dari dua kata, yakni biologi dan juga psikologi. Sehingga mata kuliah biopsikologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku dan juga fungsi mental manusia dari sisi biologi. Melalui mata kuliah ini kamu akan akrab dengan beberapa istilah di bidang biologi dan juga kedokteran. 

  1. Konstruksi Alat Ukur Psikologi 

Mahasiswa jurusan psikologi juga akan mendapatkan mata kuliah Konstruksi Alat Ukur Psikologi atau KAUP. KAUP sendiri akan fokus mempelajari cara pembuatan, penggunaan, dan penentuan berbagai jenis alat ukur psikologi.

Kelebihan 

Masuk ke jurusan psikologi memberi banyak keuntungan, sebab jurusan satu ini punya sejumlah kelebihan berikut: 

Kekurangan 

Sebagai sebuah ilmu pengetahuan, jurusan psikologi juga punya kekurangan disamping kelebihan di atas. Kekurangan ini antara lain: 

Alasan Memilih Jurusan Psikologi 

Menurut perhitungan data jumlah pendaftar di jurusan psikologi di seluruh universitas di tanah air. DIketahui bahwa jumlahnya sangat tinggi, dan tidak hanya di tahun sekarang namun juga di tahun-tahun sebelumnya. 

Hal ini menjadi bukti bahwa psikologi merupakan jurusan kuliah yang banyak diminati. Mengapa demikian? Ternyata ada banyak alasan yang membuat psikologi menjadi jurusan impian oleh banyak orang. Beberapa diantaranya adalah: 

1. Jurusan dengan Pengetahuan yang Aplikatif 

Alasan pertama yang menjadikan jurusan psikologi menarik untuk dipilih dan selalu tinggi peminat, adalah berisi ilmu pengetahuan yang sifatnya aplikatif. Maksudnya disini adalah berisi ilmu yang mudah untuk diterapkan dalam kehidupan. 

Sehingga tidak hanya bisa dikuasai secara teori namun juga secara praktek di lapangan, sekaligus bermanfaat dalam keseharian. Adapun ilmu yang dipelajari disini memang banyak namun fokus utamanya adalah terkait kepribadian dan masalah yang menyertainya. 

Hal ini membuat mahasiswa di jurusan ini memiliki kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan. Sebab bisa menekuni banyak profesi, karena paham bagaimana menyelesaikan segala bentuk permasalahan terkait kepribadian manusia. 

2. Memiliki Prospek Kerja yang Luas 

Prospek kerja dari jurusan psikologi juga sudah menjadi rahasia umum sangat luas. Bahkan disebut sebagai jurusan dengan jaminan masa depan yang bagus. Dikatakan demikian, karena lulusannya dibutuhkan oleh semua perusahaan di berbagai bidang. 

Yakni untuk mengisi posisi staf HRD yang membantu perusahaan merekrut karyawan yang tepat untuk posisi yang dibuka. Selain bekerja ikut orang, lulusannya juga bisa menjadi pengajar seperti dosen sekaligus bisa membuka jasa konseling. 

3. Mempelajari Tentang Manusia 

Psikologi bisa dikatakan sebagai bagian dari ilmu kesehatan, karena mempelajari kesehatan manusia dari segi neurologi. Yakni saraf manusia yang nantinya berkaitan dengan pemikiran seseorang dan perilaku yang terbentuk. 

Sehingga di jurusan ini kamu bisa mempelajari manusia dengan sangat detail. Tidak hanya bisa mengandalkan hasil pemeriksaan kesehatan seperti CT Scan, Rontgen, dan lain-lain. Melainkan melalui cara berbicara, tingkah laku, tulisan tangan, dan lain-lain. 

4.Termasuk Jurusan yang Menyenangkan 

Semua orang tentu setuju bahwa psikologi merupakan ilmu yang menyenangkan untuk dipelajari. Sebab akan mempelajari kepribadian dari diri sendiri, orang sekitar,p pola pengasuhan, cara menyelesaikan masalah psikis, dan lain-lain. 

5. Bisa Membantu Permasalahan Manusia 

Sifat ilmu psikologi yang aplikatif ternyata juga menjadikannya sebagai ilmu yang solutif. Sebab bisa membantu mengatasi permasalahan manusia dari aspek psikologi, dan dimana menjadi pusat dari segala penyelesaian masalah. 

Sebab masalah apapun yang dihadapi manusia ketika dinalar dengan baik, akan menemukan jawaban terbaik. Kamu punya kemampuan untuk melakukannya dan mengajak orang sekitar untuk melakukannya juga. Sehingga menjadi jurusan yang mampu menyelesaikan permasalahan apapun yang terbilang kompleks. 

6. Mendapat Gelar yang Prestisius 

Mendapat gelar sarjana psikologi ternyata menjadi keuntungan tersendiri, karena termasuk gelar prestisius. Dikatakan demikian karena lulusan psikologi akan sangat dihargai oleh pengusaha dan perusahaan. 

Begitu juga dengan masyarakat sekitar, karena sering diberi label “pembaca pikiran”. Sehingga mendapatkan wibawa dimanapun kamu berada. Hanya saja masuk ke jurusan ini memang harus siap pusing karena dihadapkan pada beberapa mata kuliah analisis logika yang rumit. 

7. Bisa Menjadi Pribadi yang Baik 

Masuk ke jurusan psikologi juga memberi kesempatan bagi kamu untuk memperbaiki diri. Sebab bisa mengetahui ilmu tentang kepribadian dan bagaimana membentuk kepribadian yang baik. Sehingga mahasiswa dan lulusan dari jurusan ini cenderung memiliki hubungan sosial yang baik.

Prospek Kerja Jurusan Psikologi 

Penting sekali bagi kamu dan siapa saja yang memutuskan masuk kuliah di jurusan psikologi untuk mengetahui prospek kerjanya seperti apa. Sehingga sejak awal atau dari pertengahan masa kuliah bisa menentukan ingin menjadi apa setelah lulus. 

Jurusan psikologi masuk ke dalam jajaran jurusan favorit di Indonesia dan dikenal punya prospek kerja cerah dan luas. Berikut beberapa prospek kerja tersebut: 

1. Konselor 

Prospek kerja yang pertama adalah menjadi konselor, yakni orang yang bertugas untuk memberi konseling. Konselor ini bisa membantu memberi bimbingan dan dampingan kepada siapa saja yang punya masalah. Baik masalah sosial, maupun masalah lainnya. 

Ada banyak lembaga yang membuka posisi konselor, misalnya di LSM yang membantu menangani masalah kenakalan remaja, anak, dan lain sebagainya. Selain itu bisa juga bekerja di perusahaan konseling, misalnya memberi konseling karir kepada klien yang membutuhkan. 

2. Human Resource Development (HRD)

Prospek kerja berikutnya yang banyak dipilih oleh lulusan dari jurusan psikologi adalah menjadi staf HRD (Human Resource Development). HRD memiliki tugas pokok menyeleksi pelamar di perusahaan, dan memilih yang terbaik dilihat dari banyak aspek. 

3. Guru Konseling 

Tertarik menjadi guru? Lulusan jurusan psikologi bisa menekuni profesi sebagai guru konseling. Akrab juga disebut sebagai guru BK (Bimbingan Konseling) di lingkungan sekolah. Dimana sering menangani kenakalan siswa di sekolah tempatnya bekerja. 

4. Psikolog 

Lulusan S1 Psikologi bisa melanjutkan ke jenjang magister atau S2 Psikologi Klinis untuk mendapat gelar psikolog. Sehingga setelah lulus bisa menekuni profesi sebagai psikolog. 

Sehingga tidak hanya menjadi penguji atau pemberi ujian psikologi bagi calon karyawan sebuah perusahaan. Namun bisa memberi bimbingan psikologi langsung kepada karyawan. 

Selain itu bisa berkecimpung di rumah sakit dan membantu memberi bimbingan psikologi bagi pasien yang mengalami tekanan mental atau mungkin gangguan kejiwaan. 

5. Peneliti 

Lulus dari jurusan psikologi juga bisa menjadi seorang peneliti, khususnya untuk kamu yang menyukai dunia penelitian. Selama kuliah S1 maupun S2 dijamin akrab dengan kegiatan penelitian, jika merasa tertarik bisa menekuni profesi yang akrab dengan kegiatan penelitian. Misalnya melamar pekerjaan sebagai peneliti di LIPI. 

6. Dosen Psikologi 

Ingin menjadi tenaga pendidik? Selain menjadi guru konseling, lulusan psikologi juga bisa menjadi dosen psikologi. Tentunya setelah menyelesaikan kuliah magister atau mendapat gelar S2. 

7. Guru di Sekolah Kepribadian 

Sekolah kepribadian saat ini banyak diminati untuk membantu menata dan memperbaiki kepribadian diri sendiri maupun buah hati. Kamu setelah lulus juga bisa menjadi guru di sekolah kepribadian tersebut. 

Nantinya akan memberi pembelajaran mengenai cara berpilaku yang baik di tempat umum, cara berpakaian yang sopan, cara berbicara, dan lain sebagainya. Sehingga lulusan dari sekolah kepribadian memiliki kepribadian yang baik dan mudah diterima masyarakat.  

8. Research and Development (RnD) 

Lulus dari jurusan psikologi juga bisa mengisi posisi sebagai RnD atau Research and Development. Tugas utamanya adalah mengadakan penelitian dalammengembangkan produk sebuah perusahaan. Jurusan ini bisa masuk ke RnD karena punya ilmu dalam melakukan analisis perilaku penggunaan konsumen terhadap suatu produk. 

9. Terapis untuk Anak Berkebutuhan Khusus 

Setelah lulus kamu juga bisa menjadi terapis untuk anak berkebutuhan khusus. Sehingga bisa mengendalikan perilakunya dan menjadi pribadi yang lebih baik sekaligus berprestasi meskipun punya keterbatasan. 

10. Konsultan SDM 

Kamu juga bisa menjadi konsultan SDM di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang management trainee. Sehingga bisa memberi konsultasi kepada karyawan perusahaan lain untuk menjadi lebih produktif, loyal, dan cerdas mengaplikasikan kemampuan kerja.

Buku pegangan jurusan psikologi

Baca juga : 10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik Untuk Mahasiswa

Fakta Jurusan Psikologi 

Siapa yang selama ini mengira bahwa ilmu psikologi merupakan ilmu yang mudah? Pada kenyataannya, psikologi justru mempelajari suatu hal yang tingkat kerumitannya tinggi dan sangat kompleks. 

Maka untuk kamu yang memang punya mimpi menjadi mahasiswa psikologi, sebaiknya mengenal jurusan ini dengan sangat detail. Sehingga sudah siap mental menjadi mahasiswa psikologi yang siap menghadapi semua mata kuliahnya. 

Membantu mengenal jurusan psikologi secara detail, berikut sejumlah fakta terkait jurusan favorit satu ini: 

1. Matematika Merupakan Dasar Ilmu Psikologi

Orang awam menilai bahwa psikologi merupakan ilmu sosial dan tidak ada hitungan di dalamnya. Ternyata ini keliru, sebab psikologi membutuhkan logika yang baik dan analisa yang teliti sehingga matematika justru menjadi dasar yang harus dikuasai. 

Sejak awal perkuliahan akan menerima mata kuliah statistika, yang menjadi ilmu dasar untuk berpikir analisis, kritis, dan logis. Sehingga nantinya bisa menjadi psikolog yang baik sebab punya logika yang matang dan mampu memberi tes psikologi atau psikotes. 

2. Bukan Cenayang yang Asal Tebak 

Lulusan dan mahasiswa di jurusan psikologi bukanlah peramal atau cenayang yang bisa langsung atau asal tebak kepribadian seseorang. Psikologi mempelajari proses analisa kepribadian seseorang. 

Sehingga mahasiswa psikologi baru bisa menilai kepribadian seseorang setelah memberikan serangkaian tes. Meskipun mahasiswa jurusan ini juga punya kemampuan membaca perilaku seseorang dari ekspresi non-verbal. 

3. Mayoritas Mahasiswanya Adalah Perempuan 

Beberapa jurusan sifatnya netral dengan komposisi mahasiswa laki-laki dan perempuan yang setara. Namun beberapa lagi tidak imbang, ada yang jumlah laki-lakinya paling banyak ada yang sebaliknya. 

Khusus untuk jurusan psikologi, memang dikenal sebagai jurusan kaum Hawa. Sebab jumlah mahasiswa perempuan jauh lebih banyak, inilah alasan kenapa kebanyakan tim HRD di perusahaan diisi oleh para perempuan. 

4. Belajar dari Diri Sendiri 

Psikologi sering disebut jurusan kuliah yang santai, benarkah demikian? Justru tidak santai sama sekali, karena mahasiswa di jurusan ini dituntut untuk bisa mengaplikasikan segala ilmu yang didapatkan. 

Ketika mempelajari tentang perilaku manusia, maka mahasiswanya dituntut untuk menunjukan perilaku positif. Mulai dari gaya berpakaian yang harus sangat sopan dan sesuai kebudayaan masyarakat. Selain itu dituntut untuk supel dan semacamnya, sehingga aplikasi ilmunya dimulai dari diri sendiri dan tentu memberi tekanan tersendiri. 

5. Perlu Melanjutkan Sekolah

Masih banyak yang mengira bahwa lulus S1 psikologi dianggap cukup dan kemudian bisa sukses menekuni semua profesi untuk lulusan psikologi. Aktualnya tidak demikian, mahasiswa jurusan ini perlu melanjutkan ke jenjang minimal S2 untuk bisa mengisi lebih banyak profesi khas alumni psikologi. 

Salah satunya adalah menjadi psikolog, rupanya agar bisa mendapat gelar psikolog dan menjadi psikolog profesional. Perlu melanjutkan studi S2 di jurusan psikologi klinis. 

6. Tidak Mudah untuk Lulus 

Pandangan keliru lainnya terkait jurusan psikologi adalah jurusan kuliah yang mudah dan menyenangkan. Memang tetap menyenangkan, namun jika dikatakan mudah sepertinya kurang tepat. Terbukti dari jumlah lulusan per tahun yang minim, dan diberi label sebagai jurusan yang susah untuk lulus. 

7. Jurusan yang Memberi Banyak Pengalaman

Psikologi adalah jurusan yang tepat untuk kamu ambil jika mencari banyak pengalaman. Sebab sejak kuliah sampai lulus kamu akan berhadapan dengan banyak orang dengan masing-masing karakter. 

Tidak jarang kamu akan bertemu banyak orang penting, dan mengikuti banyak psikotes di banyak perusahaan. Sehingga memberi pengalaman yang banyak dan tanpa batas. 

8. Pilihan Profesinya Banyak 

Fakta menarik lainnya adalah prospek kerja yang luas, sebab lulusannya bisa memilih lebih banyak profesi. Mulai dari guru konseling, dosen psikologi, sampai menjadi konselor dan HRD maupun RnD.

Bacaan untuk mahasiswa psikologi: