Jurusan Ilmu Politik

Pengertian Jurusan Ilmu Politik

Memilih jurusan kuliah tentu perlu disesuaikan dengan kemampuan maupun minat. Khusus untuk kamu yang tertarik atau berminat sekali dengan segala hal yang berbau politik. Maka bisa memperdalam ilmu politik dengan masuk ke jurusan ilmu politik. Berikut informasi detailnya.

Pengertian Jurusan Ilmu Politik

Ilmu politik merupakan salah satu jurusan atau program studi yang secara khusus membahas atau mempelajari mengenai gejala dan fenomena sosial politik. Mahasiswa di jurusan ini akan mengkaji mengenai fenomena sosial politik tersebut.

Selama masa perkuliahan, mahasiswa di jurusan ini akan menerima teori dan juga praktik politik. Sebab jurusan ini akan membahas secara mendalam mengenai segala kebijakan politik di berbagai negara di seluruh dunia.

Ilmu yang didapatkan selama perkuliahan diharapkan menjadikan mahasiswa di jurusan ini bisa menerapkan teori-teori politik. Sekaligus mampu menawarkan solusi kepada permasalahan politik yang sedang dihadapi.

Berhubung di jurusan ini akan mempelajari teori politik dan membahas berbagai masalah politik di banyak negara. Maka dipastikan masuk ke jurusan ini memberikan wawasan yang sangat luas.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Politik

Masuk ke jurusan politik memberi kamu beberapa mata kuliah yang akan mengupas tuntas segala hal dan fenomena politik. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Pengantar Ilmu Politik
    Mata kuliah pertama yang didapatkan adalah pengantar ilmu politik dan masuk ke semester pertama. Sesuai namanya mata kuliah ini memberi pengetahuan dasar terkait ilmu politik. Seperti ilmu politik sebagai pengetahuan, ruang lingkup politik, dan lain-lain.
  2. Negara dan Masyarakat
    Mata kuliah berikutnya adalah negara dan masyarakat, disini kamu akan mempelajari tentang konsep umum negara dan masyarakat sipil. Sekaligus mempelajari pentingnya konsep tersebut di dalam dunia politik baik klasik maupun modern.
  3. Teori Partai Politik dan Sistem Pemilu
    Berikutnya ada mata kuliah teori partai politik dan juga sistem pemilu. Keduanya dibahas dalam satu mata kuliah dan disini kamu akan mempelajari mengenai partai politik dan juga pemilihan umum. Detailnya adalah mempelajari pengertian partai politik, sistem kepartaian, pelaksanaan pemilu, dan lain-lain.
  4. Teori Gerakan Sosial
    Mata kuliah ilmu politik selanjutnya adalah teori gerakan sosial. Mata kuliah ini akan mempelajari mengenai teori untuk menganalisa aksi politik kolektif. Selain itu juga mempelajari mengenai teori gerakan ekstra parlementer.
  5. Pemikiran Politik Islam
    Mahasiswa jurusan ilmu politik juga akan mendapatkan mata kuliah pemikiran politik Islam. Mata kuliah ini mahasiswa diajak untuk mengenal konsep pemikiran politik Islam mulai dari zaman nabi sampai pemikir Islam klasik.

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Ilmu Politik

Jurusan ilmu politik memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menarik dan tepat untuk dipilih saat mencari jurusan yang sesuai. Beberapa kelebihan tersebut adalah :

Kelebihan

  1. Punya kesempatan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi, sebab setelah lulus biasanya terjun di dunia politik dan kerap melakukan komunikasi dengan banyak orang dan di hadapan banyak orang.
  2. Bisa berpikir secara rasional, sebab dalam pelaksanaan teori politik diperlukan berbagai pertimbangan untuk meminimalkan resiko dari setiap kebijakan yang diambil.
  3. Mengasah kemampuan negosiasi, sebab erat kaitannya dengan kegiatan negosiasi antar partai maupun antar negara ketika menjadi utusan negara.
  4. Punya kesempatan besar untuk melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana dan memperoleh berbagai beasiswa.
  5. Membuka kesempatan untuk berkarir sebagai seorang diplomat.
  6. Tidak hanya bisa berkarir di dunia politik pasca lulus namun bisa di instansi pemerintah, media, akademisi, aktivis masyarakat, dan lain-lain.

Kekurangan :

  1. Kurang cocok untuk yang tidak suka berdebat dan berdiskusi, sebab mahasiswa ilmu politik nyaris setiap hari melakukan presentasi di depan kelas, berdiskusi, dan berdebat.
  2. Masih dibayangi paradigma negatif masyarakat, sebab terjun ke dunia politik identik dengan modal besar (jika mencalonkan diri menjadi anggota DPR) dan punya profesi panen dosa karena rentan terlibat kasus korupsi.

7 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Politik

Jurusan ilmu politik ternyata menjadi salah satu jurusan populer dengan jumlah peminat yang tinggi. Tidak mengherankan, karena jurusan ini terbilang unik dan memberikan ilmu yang berguna untuk memajukan negara.

Jika masih bingung memilih jurusan kuliah yang mana, mungkin kamu bisa menimbang jurusan ilmu politik. Berikut beberapa alasan yang membuat jurusan ini tepat untuk dipilih:

  1. Terus Berkembang Sesuai Zaman
    Ilmu politik dikenal sebagai ilmu tertua di dunia dan sudah diterapkan sejak zaman dahulu sampai sekarang. Namun apa yang dipelajari semasa kuliah di era sekarang tidak melulu mengikuti pakem ilmu politik klasik di masa lalu.
    Justru akan belajar hal baru karena ilmu politik termasuk ilmu pengetahuan yang terus berkembang sesuai zaman. Hal ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang siap berlaga di dunia politik untuk kemajuan negara di era masa kini.
  2. Mengenal dan Mempelajari Pemikiran Filsuf
    Hal menarik dari masuk ke jurusan ilmu politik adalah bisa mengenal dan mempelajari pemikiran para filsuf dunia. Sebab ilmu tentang bernegara sudah diterapkan sejak 450 tahun sebelum masehi.
    Sehingga penggunaan pemikiran para filsuf dilakukan untuk menjalankan sebuah negara yang maju dan berkembang. Pada akhirnya kamu akan mengenal filsuf tersebut seperti Aristoteles, Socrates, Plato, dan lain sebagainya.
  3. Lebih Peka Terhadap Kondisi Negara
    Mahasiswa di jurusan ilmu politik juga dikenal lebih peka terhadap kondisi negara. Sebab mempelajari berbagai ilmu kenegaraan dan membuat mereka berpikir idealis. Sehingga ingin ikut terlibat memberi kontribusi untuk mengembangkan negara dan membuat negara lebih melek terhadap keadilan.
  4. Tidak Mencemaskan Karir Setelah Lulus
    Masuk ke jurusan ilmu politik juga membuat kamu tidak pernah khawatir mengenai masalah karir. Sebab lulusannya punya prospek karir cerah dan luas, selain terjun di partai politik juga bisa menjadi jurnalis. Salah satu tokoh panutan adalah Najwa Shihab.
  5. Berkesempatan Menjadi Pejabat
    Idealis yang dimiliki oleh mahasiswa ilmu politik akan mengantarkan mereka menjadi pejabat penting, agar bisa ikut terlibat dalam mendorong kemajuan bangsa.
    Lulusannya bisa menjadi anggota partai politik termasuk juga ketua dan wakil ketua partai. Selain itu juga bisa mencalonkan diri menjadi pejabat daerah dan berkembang menjadi pejabat negara.
  6. Bisa Bertemu dengan Petinggi Partai Politik
    Mahasiswa di jurusan ilmu politik dikenal tidak hanya belajar di dalam kelas namun juga terjun langsung di lapangan. Salah satunya adalah bertemu dengan para pengelola partai politik, termasuk petinggi dari partai tersebut.
    Dosen di jurusan ini biasanya secara berkala akan mengajak mahasiswa melakukan kunjungan ke sejumlah partai politik. Sehingga masuk ke jurusan ini membuat kamu bisa bertatap muka langsung dengan para petinggi partai.
  7. Perkuliahan yang Mengasyikan
    Jika mencari jurusan kuliah dengan masa perkuliahan yang tidak memberi banyak tekanan, maka bisa masuk ke jurusan ilmu politik. Sebab di jurusan ini kamu bisa mendapatkan mata kuliah yang memberi pembelajaran secara menarik dan mengasyikan.
    Dimulai dari kegiatan diskusi dan berdebat yang dipastikan akan dilakukan setiap hari. Sehingga tidak melulu harus menghafal dan mendengarkan dosen menyampaikan materi. Namun bisa aktif menyampaikan pemikiran dan idealisme yang dimiliki di hadapan dosen dan teman sekelas.

Menariknya lagi, kamu juga sering keluar kelas yakni seperti penjelasan sebelumnya bahwa akan rutin melakukan kunjungan ke partai politik. Sehingga bisa punya kesempatan belajar sambil jalan-jalan dan mengenal para petinggi partai bahkan pejabat daerah.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik

Ilmu politik menjadi jurusan yang cukup populer, dan dikenal sebagai jurusan yang mencetak politisi. Namun, tahukah kamu bahwa lulus dari jurusan ini juga punya peluang berkarir di banyak bidang?

Berikut adalah sejumlah prospek kerja untuk lulusan ilmu politik yang bisa dikatakan luas sekaligus menjanjikan:

  1. Anggota Legislatif
    Prospek kerja yang pertama dari lulusan ilmu politik adalah menjadi anggota legislatif. Meskipun untuk mengikuti pencalonan anggota legislatif bisa dari jurusan kuliah mana saja.
    Namun dengan latar belakang pendidikan ilmu politik akan memberi kemudahan tersendiri. Misalnya paham strategi terbaik untuk memenangkan pencalonan dan bagaimana menentukan kebijakan yang tepat dan menguntungkan semua pihak.
  2. Aparat Pemerintah
    Pilihan karir berikutnya adalah menjadi aparat pemerintah atau menjadi pegawai di pemerintahan. Bisa di pemerintah tingkat daerah dan bisa pula di pemerintah pusat yakni di Ibukota, Jakarta.
    Melalui ilmu politik yang didapatkan selama kuliah maka kamu memang cocok menjadi aparat pemerintah. Sehingga bisa fokus dan punya kompeten yang memadai untuk mengurus segala hal di pemerintahan. Karir satu ini tentu prestisius dan juga memberi gaji yang tinggi.
  3. Anggota Partai Politik
    Mahasiswa di jurusan ilmu politik memang identik memegang profesi sebagai aparat di bidang pemerintahan. Selain menjadi pegawai di pemerintahan, setelah lulus kamu juga bisa menjadi anggota partai politik.
    Kamu bisa memilih partai politik yang sejalan dengan idealisme yang dimiliki. Sebab partai politik atau parpol sendiri memang menjadi wadah untuk menampung aspirasi dari anggota dan masyarakat luas.
  4. Aktivis di LSM
    Prospek karir berikutnya datang dari LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) yakni menjadi aktivis di dalamnya. Ilmu politik yang dimiliki tidak hanya fokus di bidang politik namun juga di bidang sosial.
    Sehingga ilmu selama perkuliahan sangat membantu kamu dalam meningkatkan pelayanan sosial kepada masyarakat. Menjadi aktivis di LSM atau NGO juga memberi gaji yang tinggi, terutama jika sudah senior dan berpengalaman.
  5. Jurnalis di Bidang Politik
    Selain berkarir di bidang politik kamu juga bisa mejajal bidang lain, dan salah satunya di bidang jurnalis. Lulusan ilmu politik bisa menjadi jurnalis ahli di bidang politik, yang akan menulis berita atau informasi terkait kondisi politik.
    Bisa juga menjadi pembawa acara berbasis politik, seperti yang dilakukan oleh Najwa Shihab yang sukses menjadi presenter acara politik. Menjadi jurnalis adalah pilihan ideal, karena selama kuliah diberi bekal kemampuan komunikasi atau public speaking yang baik.
  6. Tenaga Pengajar
    Jika ingin memiliki karir yang bebas dari unsur politik yang cenderung tidak menentu. Maka bisa memilih profesi lain yang lebih pasti dan salah satunya adalah menjadi tenaga pengajar, baik guru maupun dosen.
    Tentunya kamu bisa menjadi guru dan dosen untuk pelajaran politik. Khusus untuk dosen, kamu perlu melanjutkan pendidikan minimal ke jenjang S2. Jadi, persiapkan diri untuk melanjutkan kuliah agar mendapat kemudahan menjadi dosen.
  7. Publik Relation
    Lulusan ilmu politik juga bisa berkarir di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang apapun. Salah satunya untuk mengisi posisi sebagai PR atau public relation yang juga dikenal dengan istilah Hubungan Masyarakat.
    Melalui profesi ini kamu akan aktif mensosialisasikan dan memperkenalkan kegiatan perusahaan kepada pihak luar. Baik kepada masyarakat awam maupun kepada partner bisnis perusahaan tempat kamu bekerja.
  8. Peneliti atau Pengamat Politik
    Berikutnya adalah menjadi peneliti atau pengamat politik, yang nantinya akan berbagi informasi mengenai perkembangan politik di tanah air. Selain itu juga menyampaikan segala hal atau ilmu yang berhubungan dengan kebijakan politik.
    Sehingga informasi yang disajikan akan sangat dibutuhkan oleh para pemangku kepentingan. Misalnya para pejabat dalam menentukan kebijakan terbaik sesuai dengan pandangan politik masa kini.

7 Fakta Jurusan Ilmu Politik

Tertarik dengan hal-hal berbau politik? Maka bisa masuk ke jurusan ilmu politik ketika memasuki jenjang perkuliahan. Namun, sebelum benar-benar masuk ke jurusan ini. Penting untuk mengenalnya secara mendalam sehingga semakin yakin bahwa jurusan ini adalah jurusan yang paling tepat untuk diambil.

Berikut merupakan fakta-fakta terkait jurusan ilmu politik yang wajib diketahui oleh calon mahasiswa baru untuk mempertimbangkan jurusan ini:

  1. Merupakan Jurusan yang Kaya Warna
    Jurusan ilmu politik adalah jurusan yang sangat populer dan meskipun masih minim peminat namun prospek kerjanya bagus. Sekaligus memberi kesempatan menikmati masa perkuliahan dengan maksimal.
    Sehingga jurusan ini tidak hanya berisi mahasiswa dengan impian menjadi ahli politik maupun yang bercita-cita menjadi pejabat. Melainkan diisi oleh mahasiswa dengan berbagai tujuan.
    Sehingga jurusan ilmu politik masuk ke dalam jenis jurusan yang penuh warna. Sebab banyak karakter bisa ditemukan disini mulai dari karakter kutu buku, penyuka seni, penyuka olahraga, dan lain sebagainya.
  2. Bebas dalam Berpakaian dan Bergaya
    Jika selama ini anak kuliah selalu terlihat memakai baju formal saat mengikuti kelas. Maka berbeda dengan mahasiswa di fakultas ilmu sosial dan politik, termasuk di jurusan ilmu politik.
    Mahasiswa di jurusan ini memiliki kebebasan untuk berpenampilan sehingga banyak yang memakai baju casual di perkuliahan. Bahkan tidak sedikit mahasiswa yang memanjangkan rambutnya atau tampil gondrong.
  3. Santai Namun Tetap Berprestasi
    Meskipun mahasiswa di jurusan ilmu politik dan jurusan lain di fakultas ilmu sosial dan politik dikenal punya pembawaan santai. Namun mereka tidak bisa disepelekan, sebab tetap berprestasi. terbukti dari banyaknya mahasiswa di jurusan ini yang memenangkan lomba seni, olahraga, olimpiade ilmiade, dan lain sebagainya.
  4. Punya Kebebasan Berpikir
    Sebagai mahasiswa di jurusan politik maka akan sangat akrab dengan berbagai aliran atau paham. Baik itu paham liberalisme, komunis, borjuis, dan juga kapitalis. Mahasiswa disini diajak untuk berpikiran terbuka dan memandang sesuatu dari banyak sisi.
    Sehingga memiliki kebebasan dalam berpikir, sekaligus mengembangkan dan menjaga idealisme yang dirasa paling sesuai dengan jati diri. Tidak heran jika mahasiswa di jurusan ini cenderung lebih menikmati perkuliahan.
  5. Terbiasa Membahas Hal Besar
    Jurusan ilmu politik menjadi salah satu jurusan yang memberikan materi yang berhubungan dengan hal-hal besar. Yakni ilmu politik di sebuah negara dan bagaimana menjalin hubungan politik yang baik antar negara.
    Sehingga mahasiswa di jurusan ini dikenal terbiasa dengan hal-hal besar. Mahasiswa di dalamnya pun cenderung memiliki pola pikir dan cara pandang yang juga besar.
  6. Terbiasa Bertemu Orang Besar
    Fakta menarik berikutnya dari jurusan ilmu politik adalah, kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang besar. Mulai dari pejabat atau petinggi partai politik dan juga pejabat di daerah maupun pusat.
    Ketika kuliah di kampus yang berada di wilayah ibu kota, maka akan lebih mudah bertemu dengan para pejabat di pemerintah pusat. Sehingga bisa mengenal sosok mereka dan juga cara berpikir mereka yang dijamin memikirkan hal-hal besar.
  7. Tidak Hanya Bisa Demo dan Mengkritik
    Selama ini mahasiswa di jurusan ilmu politik dan jurusan lain di fakultas ilmu sosial dan politik dikenal gencar terlibat dalam berbagai aksi demo. Sehingga terkesan suka demo dan suka mengkritik pemerintah.

Ternyata hal tersebut tidaklah benar, karena demo dan kritik disampaikan dengan cara yang benar tanpa unsur kekerasan. Setelahnya akan meminta pejabat setempat untuk berunding dan sama-sama mencari solusi. Sehingga tidak hanya ikut demo dan mengkritik namun juga ikut mencari solusi terbaik.

Artikel Tentang Ilmu Politik

Pondok Djawara Deepublish