perencanaan-wilayah-dan-kota

Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Bagikan

Apakah kamu pernah penasaran kenapa di area tertentu di perkotaan dibuat taman kota? Atau mungkin pernah memikirkan kenapa suatu ruas jalan sering terkena kemacetan parah sementara ruas jalan lainnya lengang? 

Semua hal tersebut jika menarik minat kamu dan memunculkan rasa penasaran, maka kamu cocok masuk ke jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. Jurusan satu ini mungkin tidak atau belum setenar jurusan teknik maupun psikologi. Namun perlu diakui jurusan satu ini menarik untuk dikenal lebih jauh dan kemudian dijadikan pilihan. 

Pengertian Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota  

Hal pertama yang perlu kamu tahu tentang jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota adalah pengertiannya, supaya bisa tahu apa yang dipelajari di jurusan satu ini. Jadi, Perencanaan Wilayah dan Kota adalah salah satu jurusan atau program studi di perguruan tinggi yang mempelajari tentang perencanaan kota dan wilayah dengan mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan politik. 

Mahasiswa di jurusan ini nantinya juga akan dibekali dengan keterampilan menyusun rencana tata ruang. Sehingga bisa membuat perencanaan tata ruang di suatu wilayah maupun di suatu kota. Supaya tidak hanya tampak indah dan menarik namun juga memiliki keseimbangan dengan alam, sehingga tidak berpotensi merusak. 

Penataan tata ruang menjadi penting untuk memastikan setiap pembangunan suatu infrastruktur, termasuk juga area pemukiman. Supaya berada di area yang terbilang aman, misalnya area yang bebas dari banjir sekaligus tidak berpotensi menjadi penyebab banjir itu sendiri. 

Keterampilan lain yang akan didapatkan di jurusan ini adalah kemampuan untuk mengevaluasi berbagai kebijakan dan program yang berhubungan dengan tata ruang tadi. Sehingga mahasiswa di jurusan ini bisa menjadi tim evaluasi atau audit untuk suatu rancangan tata ruang dan kota. 

Sekilas memang keterampilan ini mirip dengan keterampilan yang didapatkan saat masuk ke jurusan Arsitektur Lanskap. Hanya saja jurusan tersebut lebih fokus pada nilai estetika atau keindahan dari tata ruang. Sementara mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota memiliki fokus yang lebih kompleks, yakni aspek-aspek yang tadi disebutkan. 

Jurusan satu ini dikenal juga dengan istilah Planologi, sehingga tidak perlu bingung saat ada yang menyebutnya dengan nama Jurusan Planologi. Lulusannya kemudian disebut sebagai Planner yang memiliki kompetensi untuk merancang suatu kota meliputi tata guna lahan, sistem transportasi, dan aktivitas lain di dalam kota tersebut. 

Jika masih bingung, maka secara sederhana seorang mahasiswa di jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota diberi keterampilan dan ilmu untuk menata sebuah kota atau wilayah. Sehingga penempatan area-area seperti pemukiman, area perkantoran, area industri, dan sebagainya berada di titik yang tepat. 

Kemudian dengan penentuan area yang tepat bisa meminimalkan keluhan seperti kemacetan, banjir, kepadatan penduduk, dan lain sebagainya. Sehingga mahasiswa di jurusan ini dibekali kemampuan untuk mengatur aspek fisik (seperti infrastruktur) dengan aspek non fisik (seperti manusia) agar bisa berdampingan dengan masalah yang minimal. 

Mata Kuliah yang Dipelajari 

Berencana untuk masuk ke jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota setelah membaca penjelasan di atas? Maka bisa mengenal juga berbagai mata kuliah yang akan didapatkan jika masuk ke jurusan tersebut. Diantaranya adalah: 

1. Pengantar Perencanaan Wilayah dan Kota 

Mahasiswa yang masuk ke jurusan satu ini nantinya akan diberi bekal ilmu dasar melalui mata kuliah Pengantar Perencanaan Wilayah dan Kota. Mata kuliah ini nantinya akan memberikan ilmu-ilmu mendasar terkait perencanaan kota dan wilayah. Termasuk juga esensi dari ilmu tersebut kenapa perlu dipelajari. 

Memahami ilmu paling mendasar dari perencanaan kota dan wilayah adalah hal penting. Supaya bisa memiliki pengetahuan dasar yang memudahkan mahasiswa untuk masuk ke materi di tingkat selanjutnya yang lebih tinggi dan pembahasannya lebih kompleks. 

2. Proses Perencanaan 

Mata kuliah yang memberi ilmu dasar atau landasan dasar di jurusan Planologi berikutnya adalah Proses Perencanaan. Mata kuliah ini umumnya didapatkan mahasiswa Planologi di masa awal kuliah. Fokus utamanya adalah mempelajari tentang proses perencanaan susunan tatanan kota dan wilayah. 

Melalui mata kuliah ini, kamu bisa mempelajari lebih dalam mengenai perencanaan suatu tata ruang. Sehingga bisa menyusun rencana yang tepat dan kemudian memahami betul apa saja yang perlu dipertimbangkan dan diperhitungkan. Supaya tata ruang tersebut menciptakan kondisi yang menguntungkan semua pihak. 

3. Morfologi Kota 

Mahasiswa di jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota juga akan mendapatkan mata kuliah Morfologi Kota. Mata kuliah ini akan mempelajari tentang suatu kajian dalam penggambaran keruangan dari suatu kota. Sehingga mahasiswa memiliki gambaran mengenai tata ruang yang ideal seperti apa. 

Adapun unsur yang dipertimbangkan dan dipelajari di mata kuliah ini tidak hanya aspek fisik seperti gedung, perumahan, pasar, jalan raya, jembatan, taman kota, dan lain-lain. Melainkan juga mengenal aspek non fisik seperti kebudayaan, perekonomian, sosial, sejarah, dan lain sebagainya. 

4. Tata Guna Lahan 

Mata kuliah berikutnya adalah Tata Guna Lahan dan sesuai namanya di mata kuliah ini kamu akan mempelajari mengenai lahan dan penggunaannya serta perencanaan pembangunan di suatu lahan atau area. Sehingga mahasiswa memiliki keterampilan untuk menganalisis kondisi lahan agar sesuai dengan rencana pembangunan tata ruang. 

5. Perencanaan Wilayah 

Mata kuliah menarik berikutnya adalah Perencanaan Wilayah dan termasuk mata kuliah wajib untuk mahasiswa Planologi. Mata kuliah ini akan membahas lebih mendalam mengenai proses perencanaan pembangunan atau penataan suatu wilayah. 

Melalui mata kuliah ini kamu akan memiliki kemampuan lebih dalam mengoptimalkan strategi perencanaan dalam pembangunan di sebuah wilayah. Sehingga proses pembangunan infrastruktur apapun bisa diperhitungkan dengan matang untuk menghindari masalah-masalah yang bisa dan mungkin muncul di kemudian hari. 

6. Perencanaan Pedesaan 

Mata kuliah lain yang akan didapatkan mahasiswa Planologi adalah Perencanaan Pedesaan. Sesuai dengan namanya, di mata kuliah ini mahasiswa akan dibekali ilmu dan keterampilan terkait perencanaan pembangunan dan tata ruang di wilayah pedesaan. 

Sehingga dengan mata kuliah ini mahasiswa memiliki ilmu untuk paham bagaimana membangun desa dengan baik dan benar. Yakni kemajuan infrastruktur didapatkan sekaligus meminimalkan keluhan atau masalah. Jangan sampai pembangunan berjalan namun kemudian mulai ada keluhan macet, banjir, dan lain sebagainya. 

7. Perancangan Kota 

Mahasiswa Planologi juga akan mendapatkan mata kuliah Perancangan Kota yang mempelajari mengenai strategi perencanaan pembangunan kota. Sehingga mahasiswa tidak hanya paham bagaimana merencanakan pembangunan namun juga merancang pembangunan tersebut di wilayah perkotaan.

Buku Pegangan Mahasiswa

Kelebihan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota 

Sebagaimana jurusan kuliah lainnya, jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota juga memiliki beberapa kelebihan menarik yang membuatnya semakin tepat untuk dipilih. Beberapa diantaranya adalah: 

  • Solusi Masuk Teknik yang Minim Hitungan 

Jurusan Planologi juga dikenal dengan jurusan Teknik Planologi yang kini berubah nama menjadi Perencanaan Wilayah dan Kota. Jurusan ini otomatis masuk kategori jurusan teknik yang dulunya alumni bisa mendapatkan gelar Insinyur. 

Dibanding jurusan teknik lain yang penuh kegiatan berhitung, disini terbilang minim. Sehingga cocok untuk kamu yang punya keinginan besar menjadi mahasiswa teknik namun kemampuan hitung-menghitung kurang mendukung. 

  • Merupakan Cabang Ilmu yang Menarik 

Perlu diakui bahwa jurusan Planologi adalah jurusan yang menarik, karena membahas ilmu yang juga menarik. Yakni mengenai tata ruang suatu wilayah atau kota. Sehingga mahasiswa bisa mempelajari ilmu yang menarik dan hanya bisa didapatkan di jurusan satu ini. Hal ini tentu memberi pengalaman yang seru dan asyik.

  • Bisa Belajar Merancang Kota dan Wilayah

Merancang suatu wilayah maupun kota tentu tidak bisa sembarangan. Inilah alasan kenapa area gedung-gedung sering disatukan dan kemudian terpisah dengan area pemukiman penduduk. Setiap wilayah kemudian diatur penempatan pemukiman penduduk untuk mengurai kepadatan. 

Semua ada ilmu dan tekniknya, yang kemudian dikupas tuntas dan bisa didalami dengan masuk ke jurusan Planologi. Oleh sebab itu masuk ke jurusan ini memberi keuntungan untuk bisa merancang kota atau wilayah dengan sangat baik. 

  • Kemampuan Komunikasi Terasah dengan Baik 

Kelebihan berikutnya dari jurusan Planologi ini adalah membantu kamu untuk mengasah kemampuan komunikasi. Sebab kebanyakan tugas semasa kuliah dari semester awal sampai akhir adalah tugas kelompok. Terutama tugas survei ke lapangan di berbagai wilayah dan desa. 

Pondok Djawara Deepublish

Sehingga lebih sering bergaul dan berkomunikasi dengan teman sekelas, yang tentu baik untuk kemampuan komunikasi. Selain itu, saat survei di banyak wilayah dan desa maka akan berinteraksi langsung dengan masyarakat. Sehingga sejak awal kuliah memang sudah sering berkomunikasi, sehingga kemampuan komunikasi yang dimiliki mahasiswa di jurusan ini terbilang sangat baik. 

  • Memiliki Kemampuan Problem Solving yang Baik 

Mahasiswa di jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota juga dibekali dengan kemampuan problem solving atau memecahkan masalah yang baik. Sebab di jurusan ini banyak mempertimbangkan hal-hal penting dari banyak aspek terkait perencanaan dan pengembangan pembangunan. 

Sehingga terbiasa menemukan masalah kompleks dan kemudian terbiasa pula menyelesaikannya dengan berbagai keterampilan yang telah didapatkan dari para dosen. Hal ini kemudian membuat Planologi semakin menarik, karena mengasah kemampuan memecahkan masalah serumit apapun masalah tersebut. 

Kekurangan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota  

Lalu, apa saja kekurangan dari jurusan Planologi? Selain memiliki banyak kelebihan di atas. Jurusan satu ini juga memiliki beberapa kekurangan. Misalnya ada banyak kegiatan survei di lapangan yang sudah dilakukan sejak semester kedua sampai semester akhir. Tidak sedikit kunjungan ke desa-desa dan wilayah terpencil. 

Sehingga mahasiswa di jurusan ini harus siap untuk masuk ke wilayah-wilayah yang sulit dijangkau. Selain itu, jurusan ini juga dikenal memiliki beban tugas yang lumayan sehingga sejak awal harus siap untuk menerima tugas secara estafet atau kontinyu. 

Alasan Memilih Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota 

Setelah mengetahui pengertian dan detail kelebihan maupun kekurangan dari jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota tentu sudah bisa menimbang untuk memilihnya atau tidak. Supaya lebih yakin untuk masuk jurusan ini, berikut beberapa alasan yang membuatnya patut dipilih: 

1. Prospek Kerja Bagus 

Saat memilih jurusan kuliah kamu tentu akan mempertimbangkan masa depan pasca menjadi alumni atau setelah lulus. Kalau masuk ke jurusan Planologi kamu tidak perlu khawatir, karena alumni jurusan ini diketahui punya prospek kerja bagus. Keahliannya banyak dibutuhkan dan bisa bekerja di dalam maupun luar negeri. 

2. Lulusannya Selalu Dibutuhkan 

Selama manusia masih ada di muka bumi maka dijamin lulusan dari Planologi keahlian dan keterampilannya akan selalu dibutuhkan dan dicari. Sebab, manusia memerlukan tata ruang yang baik untuk bisa hidup dengan nyaman dan sehat. Maka mahasiswa dari jurusan Planologi ini bisa menjawab kebutuhan tersebut. 

Praktis keahlian yang dimiliki akan menjadi kebutuhan abadi oleh masyarakat, tidak hanya masyarakat di perkotaan namun juga pedesaan di semua wilayah. Selain itu tidak hanya masyarakat di Indonesia namun juga masyarakat dunia. 

3. Bisa Memberi Kontribusi Besar pada Negara 

Ilmu yang dimiliki di jurusan Planologi akan membantu pemerintah atau negara dalam mengurus tata ruang dan tata kota. Sehingga suatu kota dan wilayah bisa memiliki tatanan yang baik, dan layak untuk dijadikan tempat manusia tinggal dan berkarya. Sehingga keahlian yang didapatkan memberi kontribusi besar pada negara. 

4. Berpeluang Menerima Gaji Besar 

Alasan lain yang membuat jurusan Planologi tepat untuk diambil adalah membuka peluang untuk menerima gaji besar. Sebab kontribusi besar yang diberikan dalam menata suatu kota dan wilayah. Maka diberikan gaji yang memang tidak bisa disebut kecil. 

5. Berkesempatan Punya Profesi Ganda 

Lulus dari Planologi kamu tidak hanya bisa bekerja di kantoran baik di kantor pemerintahan maupun perusahaan swasta. Namun bisa juga menjadi freelancer untuk menyediakan jasa konsultasi terkait properti dan pengembangannya. Sehingga kamu berkesempatan untuk memiliki profesi ganda.

Prospek Kerja Lulusan Perencanaan Wilayah dan Kota 

Setelah lulus, kira-kira bisa menekuni profesi apa saja? Kamu bisa mengisi beberapa profesi menarik berikut ini: 

1. Pegawai Bank 

Prospek pertama datang dari dunia perbankan, dimana lulusan Planologi berkesempatan untuk menjadi pegawai bank. Sebab perbankan juga membutuhkan staff yang ahli dalam hal perencanaan wilayah. Supaya bisa membantu menyusun strategi pemasaran jasa perbankan di berbagai wilayah di Indonesia. 

2. Penilai Real Estate 

Prospek berikutnya adalah menjadi agen Penilia Real Estate yang akan mendampingi klien untuk menilai suatu properti atau real estate. Sehingga bisa membantu mereka memilih real estate terbaik dilihat dari segi lokasi, perekonomian di sekitarnya maupun si klien, dan lain sebagainya. 

3. Konsultan Properti 

Opsional menarik lainnya adalah menekuni profesi sebagai Konsultan Properti. Sesuai namanya, jasa satu ini menawarkan jasa konsultasi terkait segala hal tentang properti. Misalnya membantu para klien dalam memilih properti yang ideal untuk investasi. 

Melihat masyarakat masa sekarang yang semakin melek pentingnya kegiatan investasi untuk masa depan lebih baik. Maka banyak diantaranya yang tidak ingin beresiko memilih properti dengan ilmu terbatas yang dimiliki. Sehingga banyak yang memilih memakai jasa profesional, yakni jasa Konsultan Properti tadi. 

4. Arsitek 

Prospek juga datang dari profesi arsitektur, sehingga kamu bisa menjadi seorang arsitektur setelah lulus. Profesi ini bisa ditekuni tidak hanya lulusan Arsitektur saja melainkan juga oleh lulusan Planologi. Sebab di dalam Planologi juga dipelajari mengenai rancang bangun suatu bangunan, sehingga punya ilmu merancang bangunan. 

5. Kontraktor 

Opsional berikutnya adalah menekuni profesi sebagai kontraktor, yang juga menjadi profesi basic yang sangat tepat diambil oleh lulusan Planologi. Sebab kontraktor membutuhkan semua keterampilan yang dipelajari mahasiswa di jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota tersebut. 

Kamu bisa mencoba mendirikan perusahaan kontraktor, dan kemudian mengikuti berbagai lelang proyek. Bisnis di bidang properti terbilang menarik dengan prospek yang cerah. Sehingga bisa ditekuni, apalagi kamu punya basic sebagai kontraktor yang sukses.

Pondok Djawara Deepublish

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn