pendidikan-agama-islam

Jurusan Pendidikan Agama Islam

Jurusan Pendidikan Agama Islam yang selama ini sering disingkat dengan istilah PAI merupakan satu diantara sekian jurusan favorit. Dilansir dari renesia.com disebutkan pada SNMPTN tahun 2019, PAI menjadi jurusan dengan persaingan paling ketat.

pendidikan-agama-islam
ilustrasi pendidik agama islam

Apakah tahun ini, kamu tertarik untuk masuk ke PAI? Jika iya, kenali dulu yuk jurusan ini dengan baik. 

Pengertian Jurusan Pendidikan Agama Islam 

PAI masuk ke dalam program studi kelompok Sosial Hukum atau Soshum yang memang sudah sejak lama menjadi jurusan favorit. 

Jurusan Pendidikan Agama Islam atau PAI sendiri merupakan salah satu program studi atau jurusan kuliah yang bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang ahli dalam bidang pendidikan dan pengajaran agama Islam. 

Sehingga mahasiswa di program studi ini akan dibekali ilmu pengetahuan mengenai materi pendidikan agama Islam sekaligus metodologi dalam pengajarannya. Program studi ini nantinya akan menghasilkan para tenaga pendidik di bidang ilmu agama Islam, yang akan mengajar di Madrasah Aliyah dan sederajat. 

Mengingat mahasiswa di program studi ini akan dipersiapkan menjadi seorang pengajar. Maka akan mendalami materi agama Islam sekaligus tata cara menjadi pengajar yang baik. Sehingga kamu memiliki dua ilmu pengetahuan sekaligus, sehingga membantumu memahami segala hukum dan aturan dalam agama Islam. 

Sekaligus paham bagaimana menyampaikan materi ilmu agama tersebut kepada siswa di MA dan sederajat. Lulus dari PAI juga bisa mengajar di jenjang Mts (Madrasah Tsanawiyah – setingkat SMP) maupun MI (Madrasah Ibtidaiyah – setingkat SD. 

Tak hanya bisa mengajar di sekolah-sekolah dan kampus berbasis ilmu Islam saja, namun juga sekolah-sekolah dan kampus umum. Sehingga bisa menjadi pengajar di berbagai tempat atau instansi pendidikan jenjang manapun. 

Mata Kuliah 

Saat masuk ke Jurusan Pendidikan Agama Islam maka akan mendapatkan sejumlah mata kuliah yang menarik. Diantaranya adalah: 

1. Sejarah Pendidikan Agama Islam

Mahasiswa PAI akan mendapatkan mata kuliah Sejarah Pendidikan Agama Islam, yang mempelajari mengenai ilmu-ilmu yang membahas komponen pendidikan yang selama ini dilakukan oleh umat Islam. 

2. Perencanaan Sistem Pendidikan Agama Islam

Mata kuliah ini akan mempelajari mengenai berbagai masalah yang dihadapi dalam sistem pendidikan agama Islam. Sekaligus mencari solusi untuk mengatasinya. 

3. Metode Pendidikan Agama Islam

Mata kuliah bertajuk Metode Pendidikan Agama Islam sebagaimana dengan namanya akan mempelajari mengenai semua metode yang digunakan para tenaga pendidik dalam menyampaikan pelajaran agama Islam. 

4. Pengembangan Kurikulum 

Mata kuliah selanjutnya adalah Pengembangan Kurikulum, yang akan mempelajari mengenai keterampilan yang diperlukan untuk membuat atau mengembangkan kurikulum. Sehingga bisa membangun dan mengembangkan kurikulum pengajaran pendidikan agama Islam ketika sudah aktif mengajar. 

5. Psikologi 

Mahasiswa PAI nantinya akan mendapatkan mata kuliah psikologi, namun secara khusus membahas psikologi dalam kegiatan mengajar. Sehingga memberi bekal secara psikologis untuk siap menjadi seorang tenaga pendidik yang handal. 

6. Sistem Evaluasi Pendidikan 

Mahasiswa PAI juga akan mendapatkan mata kuliah bertajuk Sistem Evaluasi Pendidikan. Mata kuliah ini akan mempelajari mengenai cara membuat kajian mengenai hasil pembelajaran dari para peserta didik. 

7. Masail Fiqhiyah 

Mata kuliah Masail Fiqhiyah juga akan didapatkan oleh mahasiswa PAI dan secara khusus mempelajari mengenai problem-problem dalam fiqih Islam. Sekaligus mempelajari bagaimana mengatasi problem tersebut dengan menggunakan sejumlah pendekatan.

Baca juga : Hukum Islam

8. Filsafat Pendidikan Islam 

Mata kuliah berikutnya adalah Filsafat Pendidikan Islam yang akan mempelajari mengenai konsep kajian filsafat dalam pendidikan agama Islam. Selain itu juga akan mempelajari tentang aliran-aliran filsafat pendidikan dan teori pengembangan filsafat pendidikan. 

9. Strategi Belajar Mengajar 

Tidak hanya mempelajari mata kuliah berbasis agama Islam saja, mahasiswa PAI juga mendapat mata kuliah mengenai kegiatan mengajar. Salah satunya Strategi Belajar Mengajar. 

Lewat mata kuliah ini, mahasiswa PAI akan dibekali ilmu mengenai teknik, strategi, dan siasat yang digunakan dalam pola mengajar. Sehingga bisa mencapai tujuan dari kegiatan pendidikan. 

10. Qira’atul Kutub 

Mata kuliah berikutnya yang akan didapatkan adalah Qira’atul Kutub yang akan mengkaji dan mempelajari berbagai jenis kitab agama Islam. Yakni kitab-kitab yang sering dipelajari oleh santri yang mondok di pesantren. Sehingga bisa mengetahui atau mempelajari mengenai materi kajian di lingkungan pondok pesantren. 

Selain itu, mata kuliah ini juga akan mempelajari atau menjelaskan mengenai empat madzhab. Sehingga mahasiswa bisa memahami empat madzhab sekaligus yang menjadi pedoman penting dalam kegiatan agama secara pribadi dan ketika menyampaikan materi di kelas di hadapan siswa dan mahasiswa. 

Kelebihan 

Jurusan PAI memiliki sejumlah kelemahan yang membuatnya tepat untuk dijadikan pilihan, yaitu: 

  • Merupakan jurusan yang mudah untuk ditemukan, sebab mulai dari perguruan tinggi negeri sampai swasta banyak yang sudah membuka jurusan satu ini. Sebut saja seperti STAN, IAIN, UIN, dan lain-lain
  • Merupakan jurusan dengan prospek kerja menjanjikan, sebab kebutuhan pengajar cukup tinggi di Indonesia. 
  • Jurusan yang akan membantu memperdalam pemahaman agama Islam. 
  • Membuka kesempatan menjadi pendakwah dan pengajar yang merupakan media untuk investasi pahala. 

Kekurangan 

Selain memiliki banyak kelebihan, Jurusan Pendidikan Agama Islam juga memiliki sejumlah kekurangan. Misalnya tujuan dari jurusan ini sendiri adalah menghasilkan seorang pengajar yang notabenenya merupakan seorang pengabdi. 

Sehingga tidak memberi jaminan lulusan dari PAI bisa mendapatkan pundi-pundi (gaji) yang besar. Apalagi jika meniti karir sebagai guru dan dosen honorer. Selain itu, tidak semua lulusan PAI bisa menjadi pengajar yang kemudian banyak diantaranya memilih banting setir.  

Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam  

Ada banyak alasan yang membuat jurusan PAI ini tepat untuk dipilih, diantaranya adalah: 

1. Mudah Ditemukan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jurusan PAI adalah jurusan yang tersedia di banyak perguruan tinggi. Sehingga bukan jurusan yang sulit dicari, dan kamu pun tidak harus menjadi mahasiswa perantauan. 

2. Bisa Menjadi Pengajar 

Ingin menjadi guru atau mungkin dosen? Membantu mewujudkan impian tersebut bisa masuk ke jurusan PAI. Sebab lulusannya memang dipersiapkan sejak awal menjadi pendidik. 

Setelah lulus kamu berkesempatan besar untuk langsung menjadi guru, dan melanjutkan pendidikan untuk bisa menjadi dosen. Sehingga bisa mengamalkan ilmu di bidang pendidikan yang telah didapatkan selama masa perkuliahan. 

3. Mendalami Ilmu Agama

Selama kuliah kamu akan mendapatkan berbagai ilmu agama Islam, sehingga selain mendapat gelar pendidikan. Kamu di jurusan ini juga bisa memperdalam ilmu agama yang diperlukan dalam keseharian dan kelak di akhirat.

Baca juga : Ijma’ dan Qiyas

4. Mengantar Diri Menjadi PNS 

Sebagai calon tenaga pendidik baik dosen maupun guru, maka lulusan dari PAI berkesempatan besar menjadi PNS. Yakni untuk mengisi formasi kebutuhan guru maupun dosen PNS. 

5. Merupakan Lulusan dan Profesi yang Selalu Dibutuhkan

Lulusan dari PAI memiliki ilmu yang abadi dan akan dibutuhkan oleh banyak orang di sekitarnya. Sebab selain menjadi guru juga bisa menjadi pendakwah, sehingga nantinya akan menekuni profesi yang selalu dibutuhkan. Tidak salah jika jurusan ini dikenal punya prospek yang jelas. 

6. Ladang Investasi Pahala 

Baik menjadi guru maupun menjadi pendakwah setelah lulus dari PAI, keduanya memberi media untuk investasi pahala. Sebab bisa membagikan ilmu kepada banyak siswa dan mahasiswa sekaligus kepada masyarakat. 

Prospek Kerja Lulusan Pendidikan Agama Islam 

Jurusan Pendidikan Agama Islam dikenal sebagai jurusan favorit yang kemudian memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Diantaranya adalah: 

Pondok Djawara Deepublish

1. Guru dan Dosen 

Prospek pertama yang tentu sudah jelas adalah menjadi tenaga pengajar, baik itu guru maupun dosen. Jika ingin menjadi guru maka bisa langsung melamar menjadi guru di sekolah-sekolah. Jika ingin menjadi dosen maka wajib melanjutkan pendidikan dulu ke jenjang S2 (Magister). 

2. Pegawai di Kementerian 

Lulusan PAI memiliki kesempatan emas untuk bekerja di kementerian pemerintah. Misalnya di Kementerian Agama sebab memiliki ilmu yang memadai untuk menjadi pegawai di kementerian tersebut. Pilihan lainnya adalah berkarir di Kementerian Pendidikan, karena memang memiliki ilmu terkait bidang pendidikan. 

3. Guru Mengaji 

Lulus dari PAI juga membuka peluang bagi kamu untuk menjadi seorang guru ngaji. Bisa ditekuni secara konvensional dengan mengajar anak-anak di sekitar tempat tinggal. Opsional lain adalah mengajar ngaji secara online yang bisa mengajari anak-anak sampai orang dewasa. 

4. Peneliti 

Prospek berikutnya adalah dengan menjadi seorang peneliti di bidang pendidikan agama Islam. Sehingga ikut berkontribusi dalam mengembangkan ilmu pendidikan agama Islam dan juga untuk perkembangan teknologi untuk dimanfaatkan di bidang pendidikan agama Islam. 

5. Penulis Buku Agama Islam 

Lulus dari Jurusan Pendidikan Agama Islam atau PAI tentu memberikan ilmu yang cukup untuk menjadi seorang penulis. Kamu bisa mencoba menulis buku-buku terkait dunia pendidikan agama Islam. 

Bisa juga menulis buku mengenal ilmu agama Islam secara umum untuk dimanfaatkan oleh masyarakat luas yang ingin mendalami ilmu agama yang dimiliki. Sehingga kamu bisa tetap mengamalkan ilmu selama kuliah dan bahkan berkesempatan untuk mengabadikan ilmu tersebut ke dalam buku yang merupakan jendela dunia. 

6. Pemuka Agama 

Selama kuliah memang akan dibekali ilmu-ilmu agama Islam, baik terkait Al Quran, Hadis, fiqih, dan sebagainya. Sehingga setelah lulus kamu juga memiliki kesempatan untuk menjadi pemuka agama, katakanlah sebagai seorang pendakwah. 

Sehingga bisa berbagi ilmu agama kepada masyarakat luas yang tentu menjadi media untuk mengantongi pahala sebanyak mungkin. Meskipun menjadi pemuka agama memiliki penghasilan tidak pasti. Namun sudah banyak pemuka agama yang bisa melebarkan dakwahnya sampai ke televisi. 

Bisa juga sampai ke ranah internasional berkat pemanfaatan Yiutube maupun media sosial populer. Tujuan utamanya memang tetap berbagi dan mengabdikan diri untuk mencerdaskan umat Islam agar lebih paham agama. Namun setali tiga uang juga bisa populer dan mendapatkan penghasilan lebih layak. 

7. Pengusaha 

Opsional lain, lulusan PAI juga bisa menjadi seorang pengusaha atau wirausaha yang sukses. Biasanya akan mengutamakan usaha yang memakai konsep syariah, dan bidang usahanya bisa disesuaikan dengan minat maupun bakat. 

Selama ditekuni dan terus belajar sekaligus semangat untuk membuka usaha berbasis syariah. Maka dijamin akan mudah untuk sukses. Jika ingin tetap mengamalkan ilmu yang didapat selama kuliah di PAI. 

Maka bisa mendirikan usaha yang masih berhubungan dengan ilmu-ilmu di masa perkuliahan tersebut. Misalnya mendirikan MI, Mts, maupun perguruan tinggi berbasis Islam. Bisa juga mendirikan lembaga dakwah, sehingga ilmu selama kuliah bisa diterapkan sepenuhnya dalam keseharian.

Baca : Jurusan Ekonomi Syariah

Pondok Djawara Deepublish

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn