Jurusan Ilmu Matematika

Pengertian Jurusan Ilmu Matematika

Suka dengan pelajaran hitungan? Jika iya, ketika memasuki jenjang perguruan tinggi mungkin akan merasa cocok masuk ke jurusan ilmu matematika. Semua orang tentu kenal betul dengan matematika.

Secara umum matematika dianggap sebagai mata pelajaran dan mata kuliah yang menakutkan. Terutama bagi mereka yang sedikit lemah dalam materi hitung-menghitung angka. Namun, jika memiliki bakat di pelajaran ini silahkan menjadikannya sebagai jurusan saat kuliah.

Pengertian Jurusan Matematika

Sebelum masuk ke jurusan ilmu matematika di universitas idaman, sebaiknya mengenal dulu jurusan ini luar dan dalam. Jadi secara definisi, matematika merupakan salah satu jenis ilmu pasti yang berhubungan dengan penalaran.

Supaya ilmu penalaran ini lebih mudah untuk dipelajari maka dibuatlah dalam bentuk materi angka, simbol, dan juga pemodelan yang diturunkan menjadi rumus matematis. Sehingga tidak mengherankan jika ilmu matematika akan banyak membahas mengenai perhitungan angka.

Baik dengan rumus yang sederhana maupun turunannya yang lebih kompleks. Banyak hal terkait penalaran akan dipelajari disini. Mulai dari geometri, komputasi, statistika, aktuaria, dan juga riset operasi.

Mahasiswa di jurusan ilmu matematika akan mempelajari perhitungan angka baik secara langsung maupun dalam bentuk ruang multidimensi. Penerapannya sendiri sangat luas, artinya ilmu dari jurusan ini akan dimanfaatkan di berbagai bidang.

Hanya saja peminat dari jurusan ini masih terbilang terbatas, karena matematika sendiri dikenal sebagai pelajaran yang rumit. Namun, dengan peminat yang terbatas justru menciptakan peluang. Yakni peluang untuk masuk universitas terbaik menjadi lebih besar.

Mata Kuliah

Hal penting berikutnya yang perlu kamu ketahui tentang jurusan ilmu matematika adalah mata kuliah yang akan didapatkan. Supaya memiliki gambaran masa perkuliahan nanti akan diisi dengan materi seperti apa. Diantaranya adalah: 

  1. MPKT (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi) sains. 
  2. MPK Bahasa Inggris. 
  3. MPK Olahraga. 
  4. MPK Seni. 
  5. Metode Statistika. 
  6. Logika dan Himpunan. 
  7. MPK Agama. 
  8. MPKT Sosial dan Humaniora. 
  9. Matematika Dasar. 
  10. Algoritma dan Pemrograman. 
  11. Aljabar. 
  12. Biologi Umum. 
  13. Metode Numerik. 
  14. Fisika Dasar. 
  15. Pengantar Teori Probabilitas. 
  16. Statistika Matematika. 
  17. Pemrograman Matematika. 
  18. Matematika Diskrit. 
  19. Teori Graf. 
  20. Metode Penelitian. 
  21. Kalkulus Vektor. 
  22. Matematika Numerik. 
  23. Komputer Saintifik. 
  24. Analisis Runtun Waktu. 
  25. Pemodelan Matematis. 
  26. dan lain sebagainya.

Mata kuliah yang disebutkan di atas nantinya akan diterima bertahap per semester, sehingga tidak dipelajari sekaligus. Kebanyakan memang berisi materi angka dan dijamin akan akrab pula dengan berbagai rumus. Jadi, jika selama ini memang sudah mencintai matematika maka cocok sekali masuk ke jurusan ini.

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Ilmu Matematika

Kelebihan 

  1. Membantu kamu yang tidak suka materi teori dan hafalan, sebab isi dari jurusan ilmu matematika adalah ilmu pasti yang dijamin berhubungan erat dengan deretan angka. 
  2. Membantu melatih kemampuan untuk berpikir kritis, analitis, dan juga disiplin. 
  3. Membantu mengambil keputusan dengan tepat lewat mata kuliah yang berhubungan dengan algoritma. 
  4. Melatih kesabaran, sebab proses memecahkan soal di jurusan ini bisa jadi memakan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari. 
  5. Memiliki sedikit kompetitor, baik ketika masuk kuliah maupun ketika mencari pekerjaan. Sebab peminatnya masih terbatas.

Kekurangan 

  1. Merupakan jurusan yang rumit, sebab segala materinya harus memakai logika dan punya kemampuan berhitung yang baik. 
  2. Masih sulit untuk mendapatkan alat bantu belajar, khususnya alat peraga. 
  3. Mudah bosan, karena selalu berhadapan dengan angka dan rumus.

7 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Matematika

Tidak semua orang menyukai pelajaran matematika, dari SD sampai ke jenjang perkuliahan. Matematika memang selama ini dikenal sebagai salah satu momok di dunia pendidikan, karena dikenal rumit lewat angka dan rumus yang banyak sekali turunannya.

Namun, meskipun menjadi pelajaran yang dikenal rumit dan sepi peminat. Prospek karir yang cerah siap menyambut lulusan dari jurusan ilmu matematika. Sehingga menjadi jurusan yang perlu dipertimbangkan untuk dipilih.

Mengapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Matematika?

Berikut adalah sejumlah alasan yang membuat jurusan ilmu matematika menjadi pilihan tepat untuk dipilih:

  1. Mata Kuliah Bervariasi
    Meskipun sebagian besar mata kuliah yang didapatkan mahasiswa di jurusan ilmu matematika adalah berupa angka dan rumus. Namun, ada lebih banyak lagi mata kuliah menarik dan bermanfaat bisa didapatkan.
    Beberapa bahkan bisa menjadi bekal untuk hidup lebih baik di masa mendatang. Misalnya mata kuliah terkait saham yang membantu kamu mengenal saham dan cara aman berinvestasi dengannya. Selain itu ada akuntansi mikro dan lain sebagainya.
  2. Membantu untuk Berpikir Logis dan Sistematis
    Hal menarik berikutnya dari jurusan ilmu matematika adalah terhindar dari mata kuliah hafalan. Jika kamu memiliki kemampuan hafalan yang minim maka bisa masuk ke jurusan satu ini.
    Sebab akan lebih banyak dituntut untuk berpikir secara logis, mempelajari angka yang nilainya sudah pasti, dan bisa dihitung. Meskipun perlu memecahkan soal dengan memakai rumus tertentu dan prosesnya bisa sangat rumit. Namun, tetap tidak perlu dihafal hanya dilogika saja.
  3. Merupakan Ilmu yang Penerapannya Luas
    Alasan berikutnya kenapa perlu memilih jurusan ilmu matematika adalah karena ilmunya bisa diterapkan di berbagai bidang. Sehingga selama kuliah dan setelah lulus akan menjadi pribadi yang serba tahu.
    Dikatakan demikian karena ilmu dari matematika ini bisa diterapkan di bidang ilmu lain. Sebut saja seperti di biologi, matematika fisika, dan lain sebagainya. Bahkan ilmu yang diperoleh di jurusan ini sangat dibutuhkan dalam keseharian, tidak peduli profesi apapun yang ditekuni. Misalnya cermat menghitung uang.
  4. Mengasah Keterampilan Menganalisis
    Masuk ke jurusan ilmu matematika juga mengajarkan kamu untuk menjadi pribadi yang sangat teliti dan analitis. Sebab setiap mata kuliahnya mengajarkan kamu untuk menganalisis soal dengan sangat teliti agar bisa diselesaikan.
    Hal ini tentunya akan terbawa sampai lulus bahkan setelah memasuki usia senja. Sebab bisa mengasah keterampilan untuk menganalisis masalah secara detail, agar bisa menyelesaikannya dengan baik dan benar.
  5. Bisa Mengatur Keuangan
    Jika masuk ke jurusan yang berkaitan dengan perhitungan angka, maka disini kamu punya kemampuan yang baik untuk mengatur keuangan. Tidak hanya di jurusan akuntansi kamu bisa mengelola keuangan dengan detail dan cermat, di jurusan ini juga bisa. Sehingga membantu sukses mengatur keuangan di masa mendatang.
  6. Punya Peluang Kerja yang Luas
    Kemampuan berhitung yang baik membantu lulusan dari ilmu matematika untuk bekerja di banyak bidang. Selain menjadi guru dan dosen juga bisa menjadi tenaga marketing, PNS, dan juga staf perusahaan lainnya.
  7. Setelah Lulus Bisa Menjadi Pengusaha
    Selain memiliki prospek karir yang luas dan cerah, lulusan dari jurusan ilmu matematika juga bisa menjadi pengusaha. Sebab setelah lulus dipastikan kamu punya kemampuan berhitung yang baik, termasuk mengatur dan menyusun laporan keuangan usaha berkat ilmu komputasi yang didapatkan.

Masuk ke jurusan ilmu matematika tentunya sangat menarik berkat beberapa alasan di atas. Sebenarnya jurusan ini tidak hanya cocok untuk yang suka berhitung, namun juga untuk kamu yang ingin lebih pandai dalam materi hitungan tersebut.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Matematika

Selama ini jurusan ilmu matematika dianggap sebagai jurusan yang hanya mempelajari dan berkutat tentang hal perhitungan. Padahal, aktualnya di jurusan ini para mahasiswa akan dibekali keahlian dan keterampilan yang kompleks. 

Ada banyak ilmu bisa didapatkan disini, seperti ilmu terkait akuntansi dan juga ilmu di bidang lainnya. Matematika yang juga dikenal sebagai ilmu yang paling sering diterapkan dalam keseharian, ternyata memiliki prospek kerja yang luas dan cerah. 

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Matematika 

Jika kamu mencari jurusan kuliah yang bebas hafalan dan lebih sering berhitung sekaligus yang prospek kerjanya sudah pasti. Maka jurusan ilmu matematika sangat tepat untuk dipilih, sebab menyediakan prospek kerja yang luas. Beberapa diantaranya adalah: 

  • Menjadi Pengajar 

Lulusan dari jurusan ilmu matematika memiliki kesempatan untuk menjadi tenaga pengajar, baik guru maupun dosen. Tentunya setelah mendapatkan sertifikasi dan juga lulus S2 jika ingin menjadi dosen. 

Apabila selama kuliah muncul keinginan untuk mengajar maka dua profesi tenaga pengajar ini bisa dipilih. Jika ditekuni dan berhasil mendapat sertifikasi profesi dan jenjang karir atau memegang jabatan akademik, maka gaji yang diterima akan sangat tinggi. 

  • Akuntan 

Profesi berikutnya yang bisa ditekuni setelah lulus dari jurusan ilmu matematika adalah menjadi seorang akuntan. Profesi ini cukup bergengsi, karena dikenal punya peran krusial di sebuah perusahaan dan menerima gaji tinggi. 

Keterampilan dan keahlian menjadi akuntan didapatkan selama masa perkuliahan. Sebab memperoleh mata kuliah yang memang berhubungan dengan perhitungan keuangan usaha, penyusunan laporan keuangan, dan sebagainya. 

  • Aktuaris 

Lulusan dari jurusan ilmu matematika juga bisa berkarir di perusahaan asuransi dan investasi. Yakni mengisi posisi sebagai aktuaris yang bertugas untuk mengatur manajemen resiko, dari dua jenis perusahaan tersebut.

  • Insinyur 

Menjadi insinyur juga merupakan pilihan yang bisa diambil setelah lulus. Jika tertarik menjadi insinyur yang sukses maka wajib menguasai mata kuliah matematika dasar. Adapun insinyur yang dimaksud disini bisa menjadi ahli mekanik, ahli teknik, dan lain sebagainya. 

  • Ekonom 

Selanjutnya, kamu juga bisa menjadi seorang ekonom di berbagai perusahaan yang bergerak di banyak bidang. Ekonom sendiri memiliki tugas untuk meneliti, menyusun laporan, dan juga membuat perencanaan terkait masalah ekonomi. 

Setiap perusahaan khususnya yang menjalankan kegiatan produksi biasanya membuka posisi ekonom ini. Jumlahnya sendiri sangat banyak, dan gaji yang ditawarkan juga sangat lumayan. 

  • Pegawai Bank  

Jika ingin berkarir di dunia perbankan dan sukses disini, maka salah satu jalan mencapainya adalah masuk ke jurusan ilmu matematika. Sebab bisa mengisi posisi sebagai Customer Service dan juga back office. 

Bekerja di sektor perbankan membantu kamu untuk menikmati pekerjaan nyaman di dalam ruangan ber-AC dan bersih. Sekaligus selalu terlihat rapi dan profesional sepanjang jam operasional. Menariknya lagi, kamu bisa menerima gaji tinggi dan berbagai tunjangan yang menarik. 

  • PNS dan Berkarir di BUMN 

Setelah lulus kamu juga bisa mengikuti CPNS untuk menjadi PNS, mengabdikan segala ilmu dan keahlian untuk kemajuan negara. Menjadi PNS bisa membuka kesempatan memperoleh gaji tinggi dan dana pensiun. 

Selain itu bisa juga berkarir di sejumlah BUMN, termasuk perbankan yang dikelola pemerintah maupun perusahaan di bidang lain. Berkarir di BUMN dikenal bisa memberi gaji tinggi dan berbagai tunjangan menarik, sehingga perlu dicoba. 

  • Pengusaha 

Pilihan berikutnya setelah lulus adalah dengan menjadi pengusaha, sebab punya keahlian yang mumpuni untuk menekuni karir sebagai pengusaha. Mulai dari kemampuan dalam mengatur modal, menganalisis masalah usaha dan memecahkannya, dan lain sebagainya. 

Prospek kerja yang luas di atas tentunya semakin membuat jurusan ilmu matematika lebih menarik untuk dipilih. Jadi, silahkan dipertimbangkan terutama jika memiliki kemampuan berhitung yang baik.

6 Fakta Jurusan Ilmu Matematika

Jika ingin masuk ke jurusan ilmu matematika, maka penting sekali untuk mengenal dulu jurusan ini secara mendalam. Sehingga mengetahui betul bagaimana kondisi ketika perkuliahan dihadapi dan bagaimana masa depan setelah lulus nanti.

Setiap jurusan kuliah tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, hal inilah yang perlu diketahui dan dipertimbangkan. Selain itu, penting pula untuk mengecek fakta terkait jurusan ilmu matematika.

Sebab jika hanya mengetahui hal-hal yang sifatnya mitos, isa jadi informasi yang didapat keliru dan melakukan kesalahan saat mempertimbangkan jurusan ini.

Beragam Fakta Ilmu Matematika

Membantu kamu dan siapa saja yang ingin lebih yakin untuk masuk ke jurusan ilmu matematika. Maka berikut adalah sejumlah fakta jurusan ini yang tentunya wajib untuk diketahui:

  1. Tidak Selalu Belajar Hitungan
    Jika kamu beranggapan bahwa di jurusan ilmu matematika hanya akan mendapat mata kuliah yang berisi angka saja. Maka kamu keliru, sebab disini mahasiswa juga mendapat mata kuliah yang berhubungan dengan non-angka atau teori.
    Selain itu juga ada mata kuliah yang tidak hanya berhitung angka namun bermain dengan logika. Misalnya mata kuliah geometri, bisa juga mata kuliah analisis, dan termasuk juga mata kuliah algoritma pemrograman.
  2. Mata Kuliah yang Beragam dan Menarik
    Selama masa perkuliahan, kamu yang masuk jurusan ilmu matematika akan mendapatkan mata kuliah yang beragam. Tidak melulu membahas mengenai matematika seperti perhitungan angka, rumus dari bangun ruang, dan semacamnya saja.
    Namun juga mendapatkan mata kuliah yang berasal dari bidang ilmu lain. Misalnya ilmu terkait akuntansi, dimana kamu akan mempelajari mengenai proses pengelolaan keuangan dan bagaimana menyusun laporan keuangan sederhana.
  3. Memiliki Prospek Kerja yang Menjanjikan
    Jurusan ilmu matematika menjadi satu diantara sekian jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja bagus. Dikatakan bagus, karena disini ada banyak pilihan prospek kerja pasca lulus.
    Kamu bisa memilih profesi yang memang disukai dan memang ahli di dalamnya. Misalnya menjadi guru dan dosen untuk yang suka mengajar dan berbagi ilmu, bisa pula menjadi aktuaris di perusahaan asuransi dan investasi, dan lain sebagainya.
  4. Merupakan Jurusan dengan Peminat Terbatas
    Meskipun jurusan ilmu matematika ini punya prospek kerja yang terbilang cerah. Namun menariknya, peminat jurusan ini bisa dikatakan minim sehingga kamu punya jumlah pesaing yang terbatas.
    Mencoba masuk ke jurusan satu ini tentu akan lebih mudah, terutama di universitas terkemuka. Selain itu ketika ingin berkarir di perusahaan besar kamu juga punya kesempatan besar untuk diterima karena persaingan tidak begitu ketat.
  5. Disediakan oleh Banyak Universitas
    Tidak akan merasa bingung dan susah saat mencari universitas yang membuka jurusan ilmu matematika. Pasalnya nyaris semua universitas di Indonesia membuka jurusan satu ini.
    Kebanyakan juga berasal dari universitas ternama seperti Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara atau BInus University, dan lain sebagainya.
  6. Tetap Bisa Aktif Berkegiatan
    Sebagai jurusan keilmuan pasti yang memakai angka dan mengandalkan logika dan kemampuan analisis. Masuk ke jurusan ilmu matematika memudahkan kamu dalam belajar, karena perlu dipahami bukan dihafal.
    Sehingga model soal seperti apapun dan sesulit apapun bisa dipecahkan dengan mudah. Kamu tidak perlu berhadapan dengan hafalan yang perlu dipelajari semalam suntuk di jurusan ini.
    Sehingga membuat kamu bisa tetap aktif berorganisasi di kampus, yang tentu bisa meningkatkan skill dan juga membangun jaringan seluas mungkin. Selain itu bisa juga memanfaatkan waktu luang untuk melakukan hal lain, misalnya mengikuti webinar, pelatihan, dan sebagainya.

Artikel Tentang Ilmu Keperawatan

rekomendasi buku matematika
Penerbit Deepublish

6 Daftar Rekomendasi Buku Matematika

Rekomendasi buku matematika – Cabang ilmu matematika salah satu ilmu yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap hari kita mempraktekan matematika. Mulai dari menghitung

rekomendasi buku statistika
admin

5 Rekomendasi Buku Statistika Terbaik

Rekomendasi buku statistika belakangan ini memang banyak diminati. Terutama untuk mereka yang mengambil beberapa jusuran. Tentu saja jurusan tersebut masih berkaitan degan statistika. Ada jurusan