Jurusan Manajemen

Pengertian Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen tentu tidak asing lagi ditelinga, umumnya jurusan ini menjadi destinasi bagi mahasiswa baru di tanah air, termasuk juga di sejumlah negara di dunia. Sebagai jurusan yang terbilang populer mungkin kamu juga tertarik untuk masuk ke dalamnya.

Apalagi jurusan manajemen sendiri terbuka untuk lulusan SMA dari jurusan IPA maupun IPS. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk masuk ke jurusan ini. Sebaiknya mengenalnya lebih dalam, mulai dari pengertian sampai jenis mata kuliah yang akan didapatkan.

Apa Itu Jurusan Manajemen?

Hal pertama yang perlu kamu ketahui mengenai jurusan manajemen tentu saja mengenai definisi. Jadi, jurusan manajemen sendiri adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari mengenai kegiatan perusahaan atau sebuah korporasi.

Hal-hal yang dipelajari mahasiswa di jurusan ini adalah yang masih berhubungan dengan ilmu ekonomi dan juga bisnis. Mahasiswa di jurusan ini nantinya juga akan mempelajari mengenai tata cara dalam mengelola, merencanakan, dan juga mengatur semua proses di dalam tubuh perusahaan dengan tujuan utama meraih tujuan yang ingin dicapai perusahaan tersebut.

Melansir dari situs campus.quipper.com dijelaskan bahwa mahasiswa yang mengambil jurusan ini nantinya akan mendalami ilmu menjadi seorang “pengendali”. Dikatakan demikian karena setelah lulus dan bekerja di sebuah perusahaan, maka akan mengendalikan roda perusahaan tersebut.

Meliputi manajemen perusahaan, organisasi, strategi bisnis, masalah kepegawaian, produksi, pemasaran, administrasi, dan lain sebagainya. Sehingga setelah lulus sudah banyak perusahaan yang dengan tangan terbuka merekrut kamu, karena ilmu yang dimiliki dibutuhkan oleh mereka.

Macam-macam Jurusan Manajemen

Berikut ini adalah macam-macam jurusan manajemen :

  1. Manajemen Pemasaran
  2. Manajemen SDM
  3. Manajemen Keuangan
  4. Manajemen Strategi
  5. Manajemen Produksi
  6. Manajemen Informasi
  7. Manajemen Pendidikan
  8. Manajemen Proyek
  9. Manajemen Operasional
  10. dll

Apa yang dipelajari di Jurusan Manajemen?

  1. Pengantar Ekonomi Makro.
  2. Matematika Bisnis.
  3. Akuntansi Keuangan Dasar.
  4. Manajemen Sumber Daya Manusia.
  5. Pengantar Bisnis.
  6. Statistika Bisnis.
  7. Manajemen Keuangan.
  8. Manajemen Pemasaran.
  9. Analis Optimasi.
  10. Statistik Multivariat.
  11. Perilaku Organisasi.
  12. Akuntansi Manajemen.
  13. Akuntansi Biaya.
  14. Penganggaran Bisnis.
  15. Manajemen Operasional.
  16. Ekonomi Manajerial.
  17. Komunikasi Bisnis.
  18. Sistem Informasi Manajemen.
  19. Manajemen Strategik.
  20. Kepemimpinan.
  21. Manajemen Ritel.
  22. Ekonomi Manajerial.
  23. Manajemen Database.
  24. Studi Kelayakan Bisnis.
  25. Bisnis Internasional.
  26. Perilaku Konsumen.
  27. Manajemen Resiko.
  28. Hubungan Industrial.
  29. Pemasaran Jasa.
  30. Manajemen Investasi.
  31. Rencana Bisnis.
  32. Teknik Negosiasi Bisnis. Manajemen Keuangan Internasional.
  33. Teknik Proyeksi Bisnis.
  34. Pemasaran Jasa.
  35. Budaya Organisasi.
  36. Manajemen Perubahan dan Pengembangan Organisasi.

10 Alasan Mengapa Harus Memilih Jurusan Manajemen?

Bagi kamu yang saat ini sedang menggali informasi di banyak jurusan kuliah demi mendapatkan beberapa pilihan terbaik. Ada baiknya mempertimbangkan jurusan manajemen, berikut beberapa alasan yang membuat jurusan ini tepat untuk diambil: 

  1. Peluang Karirnya Cerah
    Alasan pertama yang membuat jurusan manajemen sangat layak untuk dipertimbangkan adalah karena prospek karirnya yang cerah. Ilmu dan kemampuan yang dipelajari di jurusan ini akan dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

    Kamu memiliki peluang besar untuk bekerja di banyak perusahaan setelah lulus, baik di dalam maupun luar negeri. Selain banyak jenis profesi atau jabatan yang bisa ditempati oleh lulusan manajemen. Misalnya menjadi sales atau bagian pemasaran, pegawai bank, pegawai asuransi, dan lain sebagainya.

  2. Belajar Bertanggung Jawab
    Ada banyak hal positif bisa didapatkan saat mengambil jurusan manajemen selama kuliah, salah satunya belajar untuk bertanggung jawab.

    Sebab lulusannya akan belajar bagaimana menjadi pemimpin dan pemilik jabatan penting di sebuah perusahaan.

    Sehingga membuatnya menyadari posisi penting dan efek dari setiap keputusan yang akan dikeluarkan. Kondisi ini akan meningkatkan rasa tanggung jawab, menanggung penuh resiko dari keputusan yang meleset.

  3. Mengasah Kemampuan Berorganisasi
    Mahasiswa yang mengambil jurusan manajemen kebanyakan juga karena di jurusan ini bisa mengasah kemampuan organisasi yang baik. Sebab selain mempelajari bagaimana menjadi pemimpin juga menjadi koordinator yang baik.

    Kemampuan ini akan sangat bermanfaat ketika berorganisasi di masyarakat, instansi, mendirikan perusahaan, maupun ketika berkarir di perusahaan.

  4. Sesuai untuk Pemilik Cita-Cita Menjadi Pengusahan
    Jurusan manajemen memang memfokuskan pemberian materi yang sangat penting untuk calon pengusaha.

    Sehingga jurusan ini menjadi pilihan ideal untuk kamu yang punya cita-cita menjadi pengusaha atau wirausaha.

    Sebab ada banyak ilmu berkaitan dengan pengelolaan perusahaan bisa didapatkan di jurusan ini.

  5. Menjadi Pribadi yang Disiplin
    Ilmu yang dipelajari di jurusan manajemen akan lebih mengedepankan keahlian dalam mengatur hal apapun, termasuk mengenai waktu. Sehingga jurusan ini tepat untuk diambil oleh siapa saja yang butuh suntikan semangat untuk disiplin dan menghargai waktu dengan sangat baik.

  6. Esensi yang Tinggi
    Ilmu yang diperoleh dari jurusan manajemen juga diketahui memiliki esensi yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh manfaat ilmunya yang sangat luas dan menyentuh semua bidang perusahaan.

    Sehingga sampai kapanpun ilmu dari jurusan ini akan sangat dibutuhkan. Selain itu menjadi jenis ilmu yang selalu mengikuti perkembangan zaman, sebab mengatur segala hal terkait perekonomian yang dari masa ke masa akan terus berkembang.

  7. Cocok untuk Lulusan IPS
    Lulusan dari IPS semasa di bangku SMA memang memiliki pilihan jurusan perkuliahan yang lebih terbatas dibanding IPA. Jurusan manajemen menjadi salah satu jurusan yang ideal diambil lulusan IPA, sebab berkelanjutan dengan mata pelajaran ekonomi di bangku SMA.

  8. Mengasah Kreatifitas
    Mengambil jurusan manajemen bisa membantu kamu menjadi pribadi yang kreatif dan berpikir cerdas. Sebab selama kuliah akan diajari bagaimana menyelesaikan masalah terkait bidang ekonomi dengan cepat, cerdas, dan tepat.

    Jurusan manajemen memang akan selalu menjadi jurusan yang banyak diminati, sebab ada banyak alasan yang membuatnya tepat untuk dipilih. Kamu yang saat ini sedang menentukan jurusan kuliah bisa ikut mempertimbangkan jurusan ini. 

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Manajemen

Kelebihan

Jurusan manajemen memiliki sejumlah kelebihan, diantaranya adalah:

  1. Lulus dari jurusan manajemen memberikan lapangan pekerjaan yang luas, karena nyaris semua perusahaan membutuhkan lulusan dari jurusan satu ini.
  2. Materi perkuliahan sangat mudah untuk didapatkan karena memang jurusan manajemen sendiri sangat populer.
  3. Ilmu yang didapatkan sangat fleksibel untuk diterapkan, karena memang sangat memungkinkan untuk diterapkan di berbagai perusahaan di berbagai bidang.
  4. Kuliah di jurusan manajemen ramah untuk siapa saja termasuk lulusan SMA di jurusan IPA karena mudah untuk dipelajari dan diikuti.

Kekurangan

Meskipun jurusan manajemen memiliki banyak kelebihan, namun tidak ada gading yang tak retak. Jurusan populer satu ini juga memiliki sejumlah kekurangan, seperti:

  1. Persaingan ketat dan sering diberi label “pasaran”, sebab ada banyak sekali mahasiswa di jurusan ini dan dari berbagai perguruan tinggi. Setelah lulus, kamu akan memiliki pesaing sekitar ratusan sampai ribuan. Sehingga perlu usaha ekstra untuk memiliki ciri khas jika ingin mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan.
  2. Lebih cocok untuk pelaku usaha atau wirausaha dibanding karyawan, jadi untuk kamu yang bercita-cita meniti karir di sebuah perusahaan sepertinya kurang cocok dengan jurusan ini. Sebab ilmu yang dipelajari di jurusan manajemen lebih mengarahkan kamu untuk menjadi wirausaha maupun investor.

10 Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Berikut adalah sejumlah prospek kerja atau profesi yang bisa dicoba ditekuni setelah lulus dari jurusan manajemen:

  1. Menjadi Tenaga Pendidik
    Prospek kerja yang pertama setelah lulus dari jurusan manajemen adalah bisa menjadi tenaga pendidik, yakni dosen. Profesi ini bisa sangat mudah kamu tekuni apabila memiliki kualifikasi yang sesuai, misalnya sudah menyelesaikan S2 di jurusan manajemen atau yang berhubungan dengan jurusan ini.

    Selain menjadi dosen juga bisa menjadi guru, namun prosedurnya akan sedikit berbeda. Yakni perlu mengikuti Pendidikan Profesi Guru terlebih dahulu sebelum bisa mengajar di sejumlah sekolah.
  2. Jasa Konsultan Bisnis
    Lulusan dari manajemen biasanya akan berkarir menjadi konsultan, dan konsultan ini bisa apa saja yang masih berhubungan dengan bidang ekonomi. Salah satunya adalah konsultan bisnis, yang membantu pebisnis untuk mengelola dan mengembangkan perusahaannya dengan baik.

  3. Menjadi Konsultan Perbankan
    Selain menjadi konsultan bisnis, lulusan dari manajemen juga bisa menjadi konsultan perbankan. Peluang ini terbilang sangat besar, selain menjadikan perbankan sebagai klien juga masyarakat umum yang kebetulan ingin memilih bank dan produk perbankan terbaik untuk tujuan tertentu.

  4. Manajer SDM
    Ilmu yang didapatkan oleh mahasiswa jurusan manajemen juga sangat berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia atau SDM.

    Sehingga setelah lulus kamu berpeluang menjadi manajer SDM di sejumlah perusahaan, khususnya perusahaan besar. Gaji yang diterima juga terbilang besar jika mendapatkan posisi satu ini.

  5. Manajer Keuangan
    Prospek karir berikutnya yang cocok dipilih oleh lulusan jurusan manajemen yang ingin menerima gaji tinggi, adalah menjadi manajer keuangan. Manajer keuangan dibutuhkan oleh semua perusahaan di semua bidang.

    Gaji yang diberikan bisa puluhan juta per bulan, sebab mengendalikan segala keputusan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan.

  6. Manajer Pemasaran
    Jika setelah kuliah di jurusan manajemen kamu memiliki kemampuan yang baik untuk mengajak atau mempengaruhi orang membeli sebuah produk atau jasa. Maka setelah lulus bisa menekuni profesi sebagai manajer pemasaran.

    Yakni sebuah profesi yang bertanggung jawab terhadap penentuan strategi pemasaran sebuah perusahaan.

    Sehingga fokus utamanya adalah mendongkrak penjualan produk atau jasa di perusahaan tersebut.

  7. Akuntan
    Jurusan manajemen secara umum berada dibawah Fakultas Ekonomi, dan sebagian besar lulusan dari fakultas ini menjadi akuntan. Termasuk untuk kamu yang lulus dari jurusan manajemen.

    Khusus untuk kamu yang memiliki kemampuan bagus dalam menyusun laporan keuangan dan segala hal yang berkaitan dengan laporan tersebut.

    Gaji yangg diterima juga rata-rata sangat besar di berbagai perusahaan, sehingga tepat untuk dicoba.

  8. Manajer Trainee
    Apabila ingin menjadi karyawan elit di sebuah perusahaan, maka kamu juga bisa menjadi seorang manajer trainee.

    Yakni seorang manajer yang membantu mengatur pemberian pelatihan khusus pada karyawan di sebuah perusahaan. Gaji yang diterima besar dan rata-rata jabatan ini disediakan perusahaan besar, termasuk perusahaan multinasional.

  9. Pengusaha
    Prospek karir berikutnya adalah dengan menjadi pengusaha, sebab keahlian yang didapatkan di jurusan manajemen memang sangat berkaitan dengan keahlian seorang pemimpin. Lulus dari jurusan ini kamu sudah memiliki bekal ilmu yang cukup untuk merintis bisnis dengan perencanaan yang matang.

  10. Analis Keuangan
    Lulusan dari manajemen juga berkesempatan berkarir menjadi analis keuangan yang dibutuhkan banyak perusahaan. Seperti industri, perusahaan keuangan seperti perbankan, dan lain sebagainya.

    Ada banyak sekali profesi yang bisa ditekuni setelah lulus dari jurusan manajemen. Kamu yang sedang mencari jurusan dengan prospek karir yang cerah dan luas bisa menjadikan jurusan ini sebagai pertimbangan. 

10 Kampus Pilihan Jurusan Manajemen

Berikut ini adalah daftar 10 kampus pilihan untuk jurusan akuntansi :

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Indonesia
  3. STIE YKPN
  4. Universitas Negeri Yogyakarta
  5. Universitas Brawijaya
  6. Universitas Diponegoro
  7. Universitas Sebelas Maret
  8. Universitas Negeri Semarang
  9. Universitas Airlangga
  10. Universitas Padjadjaran

Artikel Tentang Manajemen

referensi buku manajemen pemasaran
Penerbit Deepublish

Referensi Buku Manajemen Pemasaran

15 Referensi Buku Manajemen Pemasaran – Apakah kamu seorang mahasiswa manajemen? Tahukah kamu bahwa jurusan ini merupakan alah satu jurusan favorit dari rumpun ekonomi dan

buku kuliah manajemen
admin

22 Daftar Buku Kuliah Manajemen Terpopuler

Daftar Buku Kuliah Manajemen Terpopuler – Setiap mahasiswa membutuhkan buku pegangan kuliah, selain sebagai sumber referensi dalam belajar buku kuliah juga dapat dijadikan sebagai koleksi

Pondok Djawara Deepublish