Bagikan

Jurusan Manajemen Pemasaran

Pengertian Jurusan Manajemen Pemasaran

Mencari jurusan terbaik menjadi PT utama bagi calon mahasiswa baru, banyaknya pilihan bisa membuat penentuan menjadi lebih sulit. Namun, kamu bisa mencoba mempertimbangkan jurusan populer yang biasanya punya prospek kerja yang menarik. 

Salah satunya adalah jurusan manajemen pemasaran. Apa itu jurusan manajemen pemasaran dan mata kuliah yang akan didapatkan? Simak informasi lengkapnya di bawah ini: 

Apa Itu Jurusan Manajemen Pemasaran? 

Jurusan manajemen pemasaran merupakan sebuah program studi yang secara khusus mempelajari mengenai perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari kegiatan pemasaran. Baik itu pemasaran untuk barang maupun jasa. 

Sehingga melalui jurusan ini mahasiswa akan dibekali ilmu dan keahlian dalam mengatur kegiatan pemasaran. Mulai dari perencanaan strategi, pelaksanaan, dna terakhir adalah evaluasi. Strategi yang efektif akan dipertahankan dan yang sebaliknya akan dilakukan perbaikan atau dihapus sama sekali. 

Semua keputusan dalam kegiatan pemasaran pada akhirnya berada di tangan lulusan dari jurusan satu ini. Jadi, jika memiliki jiwa dan ketertarikan di dunia pemasaran atau marketing bisa masuk ke program studi manajemen pemasaran.

 

Mata Kuliah yang Dipelajari

Mahasiswa yang masuk ke jurusan manajemen pemasaran nantinya akan mendapatkan sejumlah mata kuliah di bidang ekonomi khususnya pemasaran. Diantaranya adalah:

  1. Manajemen pemasaran.
  2. Manajemen bisnis.
  3. Perilaku konsumen.
  4. Akuntansi.
  5. Manajemen produk.
  6. Pemasaran digital.
  7. Pemasaran jasa.
  8. Manajemen hubungan pelanggan.
  9. Perencanaan pemasaran.
  10. Komunikasi bisnis.
  11. Manajemen pemasaran wisata.
  12. Pemasaran informasi.
  13. Perpajakan.
  14. Manajemen sumber daya manusia.
  15. Statistik bisnis.
  16. Matematika bisnis.
  17. Manajemen operasi.
  18. Periklanan dan promosi penjualan.
  19. Manajemen retail.
  20. Riset pemasaran.
  21. Etika dan hukum bisnis.
  22. Pemasaran usaha kecil dan menengah.
  23. Sistem informasi manajemen.
  24. E-commerce.

Alasan Memilih Jurusan Manajemen Pemasaran

Bagi calon mahasiswa baru pemilihan jurusan atau program studi di jenjang perguruan tinggi tentu sudah dilakukan jauh-jauh hari. Sebab menentukannya memang tidak mudah, mengingat pilihan yang sangat beragam.

Khusus untuk kamu yang memang memiliki minat atau mungkin bakat di bidang pemasaran maupun manajemen. Maka bisa mempertimbangkan jurusan manajemen pemasaran. Ada banyak alasan yang membuat jurusan ini sangat tepat untuk diambil.

Alasan Memilih Jurusan Manajemen Pemasaran?

Supaya lebih yakin dalam memilih jurusan manajemen pemasaran saat memasuki perkuliahan. Berikut alasan yang membuat jurusan ini tepat untuk dipilih:

  • Tempat Mendalami Ilmu Marketing

Bagi yang selama ini memang memiliki bakat dan ketertarikan dalam hal memasarkan produk dan jasa. Maka tidak ada jurusan lain yang tepat untuk dituju saat kuliah selain manajemen pemasaran.

Sebab hanya di jurusan inilah kamu bisa mendalami ilmu pemasaran, nantinya akan mendapat bekal kemampuan persuasif dalam memasarkan produk. Sekaligus dijadikan sebagai ahli di bidang pemasaran.

Apapun produk dan jasa yang diserahkan kepadamu untuk dipasarkan, maka dijamin laku keras. Sebab di jurusan ini kamu mendapat ilmu yang cukup dan tepat untuk memaksimalkan pemasaran dengan teknik yang kreatif.

  • Peluang Kerja yang Luas

Saat memilih jurusan dijamin kamu akan mempertimbangkan masalah prospek kerja. Prospek kerja yang terbatas bisa membuat masa depan suram setelah lulus. Namun di jurusan manajemen pemasaran kamu tidak akan mengalaminya.

Sebab lulusan dari jurusan ini memiliki prospek kerja yang luas, bisa diterima di semua bidang perusahaan. Baik itu industri, perusahaan jasa seperti perbankan, maupun perusahaan asuransi.

Hal ini dapat terjadi karena perusahaan yang bergerak di bidang apapun tetap akan membutuhkan tenaga pemasaran handal. Kamu adalah kandidat yang tepat untuk memajukan perusahaan tersebut.

  • Karir yang Panjang

Pernahkah menjumpai sebuah jabatan atau profesi yang kemudian tergerus zaman? Yakni, sebuah profesi yang dulunya ada menjadi tidak ada. Dijamin pernah, karena kemajuan teknologi kemudian memangkas sejumlah profesi.

Saat kuliah mungkin kamu khawatir akan mengalaminya, menepisnya bisa memilih kuliah di jurusan manajemen pemasaran. Sebab menjadi jurusan yang prospek karirnya tidak hanya luas namun juga panjang.

Dikatakan demikian, karena tidak peduli secanggih apapun teknologi semua perusahaan tetap membutuhkan tenaga pemasaran. Jika pemasaran konvensional sudah ditinggalkan, maka beralih ke pemasaran digital. Keahlian ini juga kamu dapatkan selama kuliah.

  • Membantu Mengasah Kemampuan Berkomunikasi

Meskipuns Setelah lulus kuliah bisa langsung menempati posisi manajer pemasaran dan tinggal membagi tugas para bawahan. Namun, harus diakui sebagai manajer wajib sekali punya kemampuan komunikasi yang baik.

Jika tidak, bagaimana manajer tersebut mengatur bawahannya dan menyampaikan semua ide dan keputusan agar mudah diterima? Keahlian komunikasi dipastikan akan kamu kuasai setelah lulus dari manajemen pemasaran.

Sebab akan dibeli ilmu dan keahlian dalam memasarkan produk secara langsung maupun secara online. Kemampuan komunikasi sangat penting sebab menjadi media untuk meyainkan konsumen. Jadi, jangan ragu memilih jurusan satu ini.

  • Melatih Kepercayaan Diri

Keahlian dalam memasarkan produk yang diajarkan di jurusan manajemen pemasaran. Secara praktis juga akan melatih kepercayaan diri semua mahasiswanya, sebab akan sering mempresentasikan produk dan jasa termasuk strategi pemasaran.

  • Relasi Menjadi Luas

Ditunjang dengan kemampuan komunikasi yang baik dan terus bertemu banyak orang baru yang merupakan target pemasaran. Membantu mahasiswa dan lulusan dari manajemen pemasaran punya relasi yang luas.

Sehingga bisa menunjang karir sekaligus memiliki banyak kemudahan dari bantuan relasi-relasi tersebut ketika masih kuliah.

Melalui berbagai alasan di atas, tentu kamu perlu mempetimbangkan jurusan manajemen pemasaran. Tidak hanya punya bekal ilmu memasarkan produk dan jasa orang lain namun juga milik sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Manajemen Pemasaran

Kelebihan

Mengambil jurusan manajemen pemasaran membantu kamu mendapatkan sejumlah kelebihan berikut ini:

  1. Bisa belajar menjadi pribadi yang ulet dan teliti, sebab sebagian besar mata kuliahnya adalah menuntut untuk diteliti dan dikelola atau dikoordinasi. Sehingga untuk menjadi manajer yang baik, ketelitian dan keuletan ini sudah diasah sejak masih kuliah.
  2. Bisa memiliki kemampuan komunikasi yang baik, karena selain menyusun strategi pemasaran juga harus bisa terjun ke lapangan untuk meyakinkan orang mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
  3. Memiliki sikap dan jiwa pemimpin, sebab mahasiswa di jurusan manajemen pemasaran dirancang untuk menjadi manajer di perusahaan besar atau menjadi wirausaha.
    Memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola keuangan, sebab mahasiswa di jurusan ini diajarkan keahlian untuk memanfaatkan dana dengan maksimal dan efisien.
  4. Peluang karir luas, tidak hanya bekerja di berbagai perusahaan namun juga bisa menjadi dosen maupun seorang wirausaha.
  5. Materi perkuliahan mudah dipahami dan mudah dicari sumber referensi belajarnya, karena jurusan ini sangat populer dan banyak buku maupun sumber belajar diluar kelas yang bisa digunakan.
  6. Ilmu dan keahlian yang didapatkan selama kuliah mudah untuk diaplikasikan di dunia kerja, karena akan langsung mengurus kegiatan pemasaran yang menjadi sumbu dari pemasukan perusahaan.
  7. Mudah diadaptasi, sehingga siswa dari SMK, SMA jurusan IPA, dan sebagainya sangat bisa masuk ke jurusan manajemen.

Kekurangan

Selain memiliki banyak sekali kelebihan, jurusan manajemen pemasaran juga diketahui punya beberapa kekurangan. Misalnya:

Pondok Djawara Deepublish
  1. Peminatnya terlalu banyak, sehingga persaingan ketat saat seleksi penerimaan mahasiswa baru. Demikian juga ketika sudah lulus, perlu usaha ekstra untuk bisa memenangkan hati HRD untuk bisa diterima bekerja.
  2. Sama seperti jurusan manajemen pada umumnya, di jurusan manajemen pemasaran memang lebih fokus mencetak generasi yang berjiwa wirausaha atau pengusaha dibanding karyawan.

9 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Pemasaran

Jurusan manajemen pemasaran merupakan sebuah jurusan yang mempelajari segala teknik pemasaran dan kegiatan yang berhubungan di dalamnya. Misalnya penyusunan strategi, pengelolaan sumber daya manusia untuk pemasaran, dan sebagainya.

Melalui jurusan ini kamu memiliki kemampuan manajemen dan pemasaran produk maupun jasa yang baik. Sehingga setelah lulus bisa mencoba banyak sekali profesi, sebab dikenal sebagai salah satu jurusan dengan prospek kerja yang luas dan menjanjikan.

Prospek Kerja Lulusan Manajemen Pemasaran

Mahasiswa di jurusan manajemen pemasaran setelah lulus memiliki prospek kerja menarik berikut ini:

  1. Sales Executive
    Prospek kerja pertama dari lulusan manajemen pemasaran adalah menjadi Sales Executive. Profesi ini perlu diakui menjadi pilihan yang banyak diambil oleh lulusan program studi ini. Sangat cocok ditekuni oleh kamu yang memang suka memasarkan produk dan tidak terbiasa dengan kegiatan administrasi. Sebab tugas utama dari profesi ini adalah memasarkan produk dan jasa perusahaan, selebihnya diserahkan kepada Admin.
  2. Marketing Analyst
    Perusahaan yang bergerak di bidang konsultan biasanya akan membutuhkan tenaga marketing analyst. Kamu bisa mengisi posisi ini, karena memiliki kemampuan yang sesuai. Marketing analyst sendiri dituntut untuk bisa mengolah, menganalisis, dan juga menyajikan data yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran. Data-data ini nantinya akan diperlukan oleh klien atau perusahaan untuk menentukan strategi maupun target pemasaran.
  3. Staff Digital Marketing
    Selain menjadi tenaga pemasaran konvensional. lulusan dari manajemen pemasaran juga ahli di bidang pemasaran digital. Sehingga kamu bisa menempati posisi sebagai staff digital marketing di berbagai perusahaan yang memakai teknik pemasaran online. Sebagai staff digital marketing maka kamu akan mengatur kegiatan pemasaran menggunakan berbagai media pemasaran online. Baik itu Google Ads, Sosial Media, dan lain sebagainya.
  4. Staff Social Media Marketing
    Jika menjadi staff digital marketing kurang sesuai, mungkin karena kamu merasa kurang ahli di Google Ads atau mungkin di platform pemasaran digital lainnya. Maka kamu bisa menekuni profesi digital marketing yang lebih spesifik. Salah satu contohnya adalah menjadi staff social media marketing yang fokus memasarkan produk dan jasa di sosial media pilihan perusahaan. Kamu akan bertanggung jawab dalam membuat konten, menaikan iklan, dan sebagainya di akun sosial media perusahaan.
  5. Event Planner
    Seorang lulusan manajemen pemasaran juga bisa bekerja di sebuah EO atau event organizer. yakni menjadi event planner yang membantu merencanakan kegiatan promosi dari perusahaan EO tersebut.
  6. Supervisor Pemasaran
    Profesi berikutnya adalah menjadi supervisor pemasaran di sejumlah perusahaan. Tuga sutama dari posisi ini adalah mengidentifikasi, mengembangkan, dan menerapkan strategi pemasaran baru. Sehingga profesi ini cocok untuk ditekuni oleh lulusan manajemen pemasaran.
  7. Public Relation
    Bidang yang cocok untuk lulusan manajemen pemasaran lainnya adalah menjadi PR atau public relation, disebut pula dengan istilah humas. PR bertugas untuk menjalin hubungan dan komunikasi antara perusahaan tempatnya bekerja dengan pihak luar.
  8. Staff Advertising
    Profesi ideal berikutnya adalah menjadi staf advertising di berbagai perusahaan. Staff ini bertugas untuk merancang dan mengelola kampanye iklan, sehingga keahlian selama kuliah sangat tepat diaplikasikan di profesi satu ini.
  9. Wirausaha
    Lulus dari manajemen pemasaran tidak melulu harus bekerja di perusahaan orang dan menjadi tenaga pemasaran. Kamu juga bisa menekuni bisnis sendiri, sebab lulusannya bisa berwirausaha. Bahkan sangat ideal mengambil keputusan ini karena sudah memiliki ilmu dan keahlian yang cukup untuk mendirikan perusahaan sendiri. Lewat kemampuan pemasaran yang dimiliki.

Fakta Jurusan Manajemen Pemasaran

Jurusan kuliah manajemen pemasaran merupakan salah satu konsentrasi di dalam jurusan manajemen. Hal inilah yang mungkin menjadikannya sebagai jurusan yang belum begitu familiar. Apalagi, lulusan manajemen pemasaran memiliki prospek kerja nyaris sama dengan lulusan manajemen lainnya.

Namun, yang perlu kamu tahu di jurusan ini kamu akan lebih mendalami bagaimana menjadi tenaga pemasaran yang baik. Mulai dari perusahaan orang dimana kamu bekerja setelah lulus sampai ke perusahaan rintisan sendiri.

Sebab yang namanya memasarkan produk tidak cukup hanya asal suka dan jago jualan. Ada banyak teknik yang perlu dipelajari secara teori dan praktek, untuk sukses memasarkan produk dan jasa. Apalagi zaman terus berubah. Dimana ikut merubah pula teknik dalam pemasaran, misalnya dari konvensional ke pemasaran digital seperti sekarang.

Seluk Beluk Jurusan Manajemen Pemasaran

Lulusan dari manajemen pemasaran biasanya menjadi ahli di bidang pemasaran dan bisa berkarir di berbagai perusahaan. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk kuliah di jurusan ini kenali dulu fakta-faktanya:

  1. Belum Ada Jenjang S1
    Fakta pertama terkait jurusan manajemen pemasaran adalah belum ada jenjang S1 untuk jurusan ini. Jadi, sampai saat ini memang belum ada perguruan tinggi di Indonesia yang membuka jenjang S1 manajemen pemasaran. Jurusan ini ada di jenjang Diploma 3 dan 4, yang tentu disesuaikan dengan materi dari perkuliahannya. Fakta ini merujuk pada BAN-PT dan Forlap Dikti dimana disebutkan hingga tahun 2019 belum ada jenjang S1. Meskipun begitu, di jurusan ini kamu sudah bisa mendapatkan ilmu yang mumpuni untuk menjadi ahlinya di bidang pemasaran. Apalagi untuk jenjang diploma sendiri memang memperbanyak praktek dibanding teori.
  2. Beda Diploma dan S1 Manajemen Pemasaran
    Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa dengan hanya adanya jenjang diploma di manajemen pemasaran, memang sudah terbilang cukup. Namun akan lebih baik lagi jika di masa mendatang sudah ada jenjang S1. Secara umum jenjang diploma dan Strata akan berbeda, sebab di S1 biasanya akan memperbanyak pemberian materi. Salah satunya mengenai keahlian untuk memanajemen sebuah kegiatan pemasaran. Sementara di jenjang diploma menekankan pada pemberian materi melalui keahlian praktis melalui sejumlah praktek.
  3. Mata Kuliah yang Variatif
    Meskipun dilihat dari segi nama mengusung “manajemen pemasaran”, namun mata kuliah yang didapatkan ternyata tidak hanya di bidang pemasaran saja. Mahasiswa di jurusan ini bisa mendapatkan mata kuliah yang variatif dan seru. Misalnya saja mata kuliah mengenai manajemen dan juga psikologi. Semua mata kuliahnya akan memberikan banyak keahlian dan ilmu, dan berhubungan dengan bidang yang luas.
  4. Bisa Bekerja di Berbagai Sektor Industri
    Fakta menarik berikutnya dari jurusan manajemen pemasaran adalah kesempatan kerja sangat luas. Sebab lulusannya diterima dan dibutuhkan di berbagai sektor industri. Hal ini dapat terjadi karena nyaris tidak ada perusahaan yang tidak membutuhkan tenaga pemasaran. Bergerak di bidang apapun, kegiatan pemasaran akan tetap dilakukan termasuk untuk perusahaan nirlaba. 
  5. Bisa Berkarir dan Melanjutkan Pendidikan ke Luar Negeri
    Fakta berikutnya adalah dilihat dari kesempatan lulusannya untuk melanjutkan studi keluar negeri, misalnya mencari jenjang S1 untuk manajemen pemasaran. Selain itu lulusannya juga memiliki kesempatan besar berkarir di perusahaan luar negeri. Sehingga menjadi jurusan yang membuka peluang untuk bisa menjelajah ke berbagai negara. Sehingga menjadikannya sangat menarik untuk dipilih, apalagi kamu juga bisa berkenalan dengan lebih banyak orang dan budaya di negara lain.

Artikel Tentang Manajemen Pemasaran

referensi buku manajemen pemasaran
Penerbit Deepublish

Referensi Buku Manajemen Pemasaran

Bagikan

15 Referensi Buku Manajemen Pemasaran – Apakah kamu seorang mahasiswa manajemen? Tahukah kamu bahwa jurusan ini merupakan alah satu jurusan favorit dari rumpun ekonomi dan

ruang lingkup manajemen personalia
Penerbit Deepublish

Ruang Lingkup Manajemen Personalia

Bagikan

Ruang lingkup manajemen personalia mungkin kamu sudah sering mendengarnya. Diantaranya bertugas untuk merekrutmen, melakukan pelatihan dan pengembangan, pemberian upah dan melaksanakan promosi, mutasi dan pemberhentian

Pondok Djawara Deepublish