Jurusan Kimia

Pengertian Jurusan Kimia

Pelajaran kimia tentu mulai didapatkan ketika masuk ke jenjang SMA, dan jika memiliki ketertarikan di mata pelajaran ini. Maka sangat tepat rasanya jika masuk kuliah di jurusan kimia pula. Berikut informasi detail terkait jurusan satu ini. 

Pengertian Jurusan Kimia 

Jurusan kimia adalah sebuah program studi atau jurusan yang mempelajari mengenai struktur, sifat, dan juga reaktivitas suatu zat. Sehingga di jurusan ini akan sangat akrab dengan tabel zat kimia yang umum digunakan dan ada di sekitar. 

Tidak hanya mempelajari mengenai sifat dari setiap zat kimia tersebut, namun juga mempelajari struktur kimianya seperti apa. Selain itu reaktivitasnya bagaimana, dan belajar pula menggabungkan dan memanfaatkan beberapa zat kimia tadi untuk berbagai tujuan.

Selain fokus mempelajari kimia, di jurusan kimia ini juga akan terdapat mata kuliah fisika kimia. Sehingga membantu mahasiswa untuk mempelajari sifat-sifat zat kimia langsung di lapangan. Tujuannya adalah untuk mengenal senyawa organik, senyawa anorganik, protein, termasuk pula manajemen laboratorium, dan senyawa lainnya di sekitar.

Jurusan kimia mempelajari ilmu secara spesifik, inilah yang membuatnya diminati kalangan terbatas. Apalagi kimia dikenal sebagai satu diantara beberapa pelajaran yang rumit diluar matematika, fisika, dan sejenisnya.

Lulusannya sendiri memiliki prospek besar untuk berkecimpung di dunia industri, perusahaan dan juga lembaga penelitian. Sehingga menjadi salah satu jurusan yang menarik, namun kamu perlu memastikan memiliki kemampuan yang cukup di bidang kimia.

Mata Kuliah Jurusan Kimia

Selama masa perkuliahan akan ada sejumlah mata kuliah yang didapatkan, dan jenis mata kuliah ini cukup beragam. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Kimia Dasar
    Mata kuliah pertama dan akan didapatkan di semester pertama kuliah jurusan kimia adalah kimia dasar. Sesuai dengan namanya di mata kuliah ini akan dipelajari mengenai dasar-dasar dalam ilmu kimia, sehingga sifatnya wajib.
  2. Kimia Analitik
    Berikutnya ada kimia analitik yang mempelajari mengenai identifikasi, reparasi dan kuantifikasi dari senyawa-senyawa kimia, dan juga teknik dan instrumentasi yang dikaji secara fundamental. Intinya, mata kuliah ini adalah turunan dan pengembangan dari kimia dasar.
  3. Fisika
    Mahasiswa di jurusan kimia juga akan memperoleh mata kuliah fisika yakni Fisika Dasar 1 dan 2 yang didapat di awal perkuliahan. Mata kuliah ini sendiri mempelajari mengenai termodinamika kimia, kinetika kimia, dan lain sebagainya.
  4. Matematika
    Mata kuliah berikutnya adalah matematika yakni matematika dasar dan didapatkan di awal perkuliahan.
  5. Biologi
    Selain kimia dan fisika, jurusan kimia juga mendapat mata kuliah biologi. Mata kuliah ini akan mempelajari mengenai struktur dan senyawa dari makhluk hidup.
  6. Biokimia
    Memasuki semester lanjut, mahasiswa di jurusan kimia juga akan mendapat mata kuliah biokimia. Adapun yang dipelajari disini adalah struktur dan juga fungsi komponen molekular.
  7. Filsafat IPA
    Berikutnya ada mata kuliah filsafat IPA yang bertujuan untuk membuat mahasiswa mengenal sejarah perkembangan sains, hakikat sains, penerapan pemikiran logis, dan implementasi IPA.

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Kimia

Kelebihan :

  1. Lebih sering masuk ke laboratorium untuk praktek seperti mencampur zat kimia tertentu dan sebagainya sehingga perkuliahan lebih seru dan tidak monoton. 
  2. Memiliki prospek karir yang cerah, selain luas juga bisa mengisi posisi atau jabatan bergengsi. 
  3. Merupakan jurusan yang keren, sebab untuk bisa masuk kesini perlu tingkat kecerdasan tinggi. 
  4. Lebih mudah untuk melanjutkan studi ke jenjang S2, terutama jurusan kimia murni.

Kekurangan :

  1. Merupakan jurusan kuliah dengan tingkat kesulitan yang tinggi. 
  2. Tugas sedikit namun prosesnya panjang, terutama untuk tugas menjelang kelulusan dimana diminta untuk merancang pabrik dari nol.

Alasan Memilih Jurusan Kimia

Saat memasuki jenjang perkuliahan, dijamin di masa akhir SMA sudah mulai pusing memilih jurusan kuliah dan kampusnya. Secara umum setiap jurusan di perkuliahan memang menarik dan masing-masing membekali mahasiswanya dengan banyak ilmu dan keterampilan.

Hanya saja perlu disesuaikan dengan kemampuan, baik kemampuan akademik maupun kemampuan finansial. Selain itu disesuaikan pula dengan minat, bakat, dan lain sebagainya. Tujuannya tentu saja agar sukses dengan jurusan yang diambil.

Mengapa Memilih Jurusan Kimia?

Jika masih bingung, ada salah satu rekomendasi jurusan kuliah yang menarik dan dijamin punya prospek kerja cerah. Yaitu jurusan kimia, berikut beberapa alasan kenapa jurusan ini tepat untuk dipilih:

  1. Termasuk Jurusan Prestisius
    Jika ingin masuk ke jurusan yang menciptakan perasaan bangga, maka jurusan kimia menjadi salah satunya. Mengapa? Sebab jurusan ini masuk kategori jurusan yang sulit untuk ditembus.
    Perlu kecerdasan yang maksimal untuk bisa masuk, sehingga siapa saja yang lolos di jurusan ini adalah mahasiswa pilihan. Terutama dilihat dari segi prestasi akademik. Praktis, masuk ke jurusan ini sudah membuktikan diri bahwa kamu punya otak yang cerdas.
  2. Prospek Kerjanya Bagus
    Prospek kerja tentu menjadi pertimbangan krusial pada saat memilih jurusan kuliah, sebab tidak ada yang mau menganggur lama pasca lulus. Kabar baik datang dari jurusan kimia yang memberikan prospek kerja bagus
    Sebab bisa berkarir di dunia akademis dengan menjadi dosen, bisa pula masuk ke lingkungan industri. Selain itu bisa juga berkarir di berbagai perusahaan yang akrab dengan kegiatan penelitian, selain perusahaan swasta juga berbagai BUMN.
  3. Kebutuhan Masyarakat Tinggi
    Lulus dari jurusan kimia akan memberimu label sebagai “ahli kimia” karena memang demikian adanya. Sehingga menjadi lulusan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.
    Sebab keahlian yang dimiliki oleh seorang ahli kimia membantu masyarakat untuk hidup aman, nyaman, dan berkualitas. Pasalnya di lingkungan sekitar memang ada banyak unsur dan zat kimia, beberapa bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan beberapa lagi sangat berbahaya untuk digunakan oleh orang awam.
  4. Meningkatkan Kecerdasan
    Jurusan kimia selama ini dikenal sebagai jurusan dengan mata kuliah yang rumit, sehingga seleksi di masa awal penerimaan mahasiswa sangat ketat dan kompleks. Namun kerumitan tersebut ternyata efektif meningkatkan kecerdasan dari mahasiswa di dalamnya.
    Berbeda dengan jurusan lain yang fokus mengembangkan salah satu sisi otak, apakah otak kanan atau otak kiri. Jurusan kimia akan mengembangkan keduanya sekaligus, sehingga mahasiswa di dalamnya akan memiliki kecerdasan yang terus berkembang.
  5. Sering Melakukan Eksperimen
    Alasan berikutnya yang membuat jurusan kimia menarik untuk diambil adalah karena sering melakukan eksperimen. Kamu akan lebih sering masuk ke laboratorium dan akrab dengan peralatan dan berbagai zat kimia aneka warna.
    Berhubung akan melakukan eksperimen dengan zat-zat yang warnanya sangat beragam. Kebanyakan universitas mensyaratkan calon mahasiswa baru di jurusan kimia ini tidak buta warna, agar tidak salah mencampur zat tertentu. Sebab bisa berakibat fatal.
  6. Mengenal Laboratorium dan Peralatan di Dalamnya
    Daya tarik berikutnya dari jurusan kimia adalah bisa mengenal laboratorium lengkap dengan peralatan dan berbagai kegiatan yang dilakukan di dalamnya. Sehingga bisa tahu apa saja yang bisa dilakukan di dalam laboratorium dan manfaat apa saja dari hasil eksperimen yang dilakukan, yang tentu memberi pengalaman berharga.
    Jurusan kimia dengan segala daya tariknya memang menjadi pilihan menarik untuk diambil. Terutama oleh kamu yang selama di bangku SMA sudah punya ketertarikan di pelajaran kimia, maka bisa masuk ke jurusan satu ini.

Prospek Kerja Jurusan Kimia

Jurusan kimia dikenal rumit namun punya potensi karir yang cemerlang, alasan inilah yang membuat jurusan ini memiliki peminat yang membludak setiap tahunnya. Namun, apa saja profesi atau prospek karir yang bisa dimiliki oleh lulusannya?

Prospek Kerja yang Dimiliki

Pada saat memilih jurusan, dijamin akan mempertimbangkan prospek karir setelah lulus seperti apa. Hal ini lumrah karena kuliah itu susah dan biayanya mahal, jika setelah lulus susah mencari kerja maka perjuangan akan terasa sia-sia.

Namun, masuk ke jurusan kimia akan memberi kepastian pada prospek karir di masa mendatang. Sebab jurusan ini dikenal punya prospek karir luas dan menjanjikan, beberapa pilihannya adalah:

  1. Analis Laboratorium
    Masuk ke jurusan kimia memang dikenal sebagai mahasiswa cerdas dan cenderung introvert. Sehingga cocok masuk ke jurusan ini karena akan lebih sering berkutat di laboratorium.
    Setelah lulus pun akan menekuni profesi yang berhubungan dengan kegiatan di dalam laboratorium. Salah satunya adalah analis laboratorium di sejumlah instansi dan perusahaan. Sehingga kamu merasa nyaman dengan profesi yang ditekuni karena tidak menuntut untuk bertemu banyak orang.
  2. Research and Development
    Lulus dari jurusan kimia juga memiliki kesempatan besar untuk mengisi posisi Research and Development atau yang disingkat RnD. Posisi ini bertugas untuk melakukan penelitian dan pengembangan sebuah produk.
    Sehingga mendukung perkembangan perusahaan dan industri untuk tetap memiliki daya saing yang tinggi. Kebutuhan RnD sangat tinggi dan biasanya perusahaan akan memberikan gaji yang tinggi.
  3. Quality Control
    Selain menjadi RnD, perusahaan juga akan membuka peluang bagi lulusan jurusan kimia untuk mengisi posisi sebagai QC atau Quality Control. Sehingga tugas utama adalah melakukan pengecekan kualitas baik untuk bahan baku, selama proses produksi, dan produk yang sudah jadi agar sesuai standar mutu yang berlaku.
  4. Quality Assurance
    Selain mengisi posisi QC, lulusan jurusan kimia juga bisa masuk ke posisi QA atau Quality Assurance. Posisi ini setingkat lebih tinggi dibanding QC dan bertugas mengecek produk yang sudah dicek oleh QC dan mengawasi keseluruhan proses produksi. Praktis gaji yang diterima juga beberapa tingkat lebih tinggi dibanding QC.
  5. Peneliti
    Lulus dari jurusan kimia juga berpeluang untuk menjadi seorang peneliti. Sehingga membantu program pemerintah dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu puncak prestasi dari profesi ini adalah mempublikasikan jurnal ilmiah, dan untuk urusan gaji sepertinya tidak perlu diragukan nilainya.
  6. Analis Kredit
    Siapa sangka jika jurusan dari kimia bisa masuk ke dunia perbankan dan lembaga keuangan sejenis untuk mengisi posisi analis kredit. Sehingga sarjana kimia akan bekerja sama dengan sarjana ekonomi.
    Keahlian sarjana kimia dalam menganalisa kebutuhan alat dan mengupayakan efisiensi produk. Sangat dibutuhkan oleh perusahaan, sehingga bisa mengisi posisi analis kredit.
    Tenaga Pendidik
    Jika kamu menyukai kegiatan mengajar dan berbagi ilmu, maka bisa menekuni profesi dosen maupun guru setelah lulus dari jurusan kimia. Supaya bisa diterima menjadi dosen maka wajib melanjutkan ke jenjang S2, dan mengikuti sertifikasi untuk menjadi guru.
  7. Pengusaha
    Ilmu dan keterampilan yang dimiliki selama kuliah bisa menjadi modal untuk lulusan kimia mendirikan usaha sendiri. Misalnya saja mendirikan perusahaan yang memproduksi produk inovatif yang aman dan bermanfaat besar bagi masyarakat.
  8. Menjadi Penulis dan Editor
    Kamu juga bisa menjadi penulis dan editor di sebuah penerbit, sebab penerbit membutuhkan editor untuk mengevaluasi karya sains yang akan dicetak dan diterbitkan. Selain itu, kamu juga bisa menjadi penulis untuk karya sains yang tentunya dibutuhkan masyarakat luas, termasuk mahasiswa dan dosen jurusan kimia.

Masuk ke jurusan kimia memberikan prospek kerja yang luas dan menjanjikan, sehingga semakin membuat jurusan ini menarik untuk dipilih. Silahkan dipertimbangkan, karena bisa jadi salah satu profesi di atas adalah profesi impian kamu.

6 Fakta Jurusan Kimia

Kimia menjadi salah satu pelajaran yang dijauhi para siswa di jenjang SMA, sebab terbilang rumit atau sangat sulit. Meskipun begitu ada beberapa yang justru menyukai dan bahkan sangat pintar di dalam pelajaran ini.

Jika kamu masuk ke golongan yang kedua maka ketika masuk ke perguruan tinggi bisa memilih jurusan kimia. Baik itu pendidikan kimia, kimia murni, dan sejenisnya untuk memperdalam ilmu kimia yang dimiliki.

Fakta dari Jurusan Kimia

Namun, sebelum benar-benar memutuskan masuk di jurusan MIPA ini, pastikan mengenalnya secara mendetail. Misalnya dari segala fakta yang berhubungan dengan jurusan kimia. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Punya Tingkat Kesulitan Tinggi
    Semua jurusan kuliah memang memiliki tingkat kesulitan, namun dengan kadar yang berbeda-beda. Menariknya, jurusan kimia masuk ke dalam kadar tinggi karena memang sangat rumit atau sangat sulit.
    Inilah alasan kenapa proses seleksi untuk penerimaan mahasiswa baru di jurusan ini sangat ketat. Hanya menyaring calon mahasiswa yang memang memiliki prestasi akademik yang bagus, baik dalam berhitung dan menghafal.
    Apalagi sebagian besar mata kuliah di jurusan ini akan mengasah kemampuan otak kanan dan otak kiri sekaligus. Sehingga tantangan terberat adalah mengatasi kesulitan di setiap mata kuliahnya, dan banyaknya kemampuan yang harus dikuasai.
    Misalnya menghafal berbagai simbol, sifat zat kimia, reaksi dari perpaduan dua atau lebih zat kimia, paham ilmu termodinamika, kimia fisik, dan lain sebagainya. Sehingga harus menyiapkan mental untuk berkutat dengan buku-buku sains yang tebal.
  2. Menuntut Waktu dan Konsentrasi Tinggi
    Masuk ke jurusan kimia juga harus siap dengan fakta bahwa mayoritas waktu yang dimiliki selama kuliah habis untuk belajar. Sebab semua mata kuliah di jurusan ini menuntut konsentrasi tinggi.
    Proses untuk menguasai dan memahami suatu materi bisa sangat panjang dan butuh perjuangan ekstra. Oleh sebab itu jarang sekali dan bahkan nyaris tidak ada mahasiswa di jurusan ini yang aktif berorganisasi di kampus.
  3. Punya Tugas yang Pengerjaannya Panjang
    Jurusan kimia juga diketahui memiliki tugas yang terbilang sedikit, hanya saja proses pengerjaannya sangat lama. Tugas ini biasanya berhubungan dengan kegiatan di laboratorium seperti eksperimen dan sejenisnya.
    Hal ini juga berlaku untuk tugas akhir menjelang kelulusan, umumnya proses pengerjaanya anjang. Sebab mahasiswa dituntut untuk merancang sebuah pabrik, lengkap dengan pengelolaannya seperti tata letak peralatan pabrik yang digunakan.
  4. Jurusan Kimia Dicintai Banyak Perusahaan
    Lulusan dari jurusan kimia perlu diakui memiliki masa depan cerah, sebab lowongan untuk lulusannya berasal dari perusahaan manufaktur besar. Sehingga memberikan gaji yang sangat tinggi dan posisi yang terbilang prestisius.
    Tidak heran jika lulusan dari jurusan ini disukai atau dicintai oleh perusahaan. Apalagi akan mengemban tugas yang sangat krusial, misalnya Research and Development yang membantu perusahaan mengembangkan produk agar daya saingnya tetap tinggi.
  5. Jurusan Prestisius
    Bisa masuk dan lulus dari jurusan kimia memang akan disegani oleh masyarakat. Sebab dikenal sebagai salah satu jurusan yang sulit untuk dimasuki kecuali punya kecerdasan tinggi.
    Selain itu lulusannya dikenal sebagai calon orang-orang sukses dan jenius, sehingga menjadi salah satu jurusan dengan tingkat prestisius yang tinggi.
  6. Memberi Pengalaman Kuliah yang Menarik
    Selama masa perkuliahan kamu akan memperoleh banyak pengalaman menarik. Mulai dari mata kuliah yang beragam dan pengalaman masuk ke laboratorium sesering mungkin. Selain itu juga memberi kesempatan untuk melakukan berbagai eksperimen, yang tentu tidak akan didapatkan di jurusan lain.

Fakta dibalik jurusan kimia memang sangat menarik, berbagai kesulitan untuk masuk jurusan ini akan terbayar impas saat sudah lulus dan berkarir. Jadi, untuk kamu yang punya ketertarikan di bidang kimia dan juga ingin menjadi alumni di jurusan yang membanggakan, bisa masuk kesini.

Artikel Tentang Kimia

Pondok Djawara Deepublish