Jurusan Kearsipan

Pengertian Jurusan Kearsipan

Jurusan kearsipan adalah jurusan yang akan mempelajari tentang kearsipan. Arsip itu sendiri memiliki cakupan yang cukup luas loh. banyak yang menganggap jurusan ini membosankan, tetapi saat kamu masuk langsung, tidak semembosankan yang dipikirkan. 

Secara umum, arsip dapat diartikan sebagai rekaman tentang banyak hal. Menurut UU Nomor 43 Tahun 2009 arsip diartikan sebagai rekaman kegiatan atau peristiwa dalam bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kelihatannya sepele, mengarsipkan salah satu hal yang penting. Adapun tujuan dari pengarsipan, yaitu menjamin keutuhan, keamanan, ketersediaan, keotentikan, dan sebagai upaya untuk menyimpan, menyelamatkan, memelihara data yang sudah ada. 

Karena proses pengarsipan ini bersifat lama, maka dibutuhkan kehati-hatian agar tidak merusak dan tidak hilang. Ada ilmu merawat, menyimpan file-file, dan ilmu inilah yang akan kamu pelajari saat kuliah di jurusan pengarsipan.

Alasan Memilih Jurusan Kearsipan

  1. Sepi Peminat
    Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Mustari Irawan menyebutkan bahwa ketersediaan tenaga arsiparis saat ini masih kecil. Hanya ada 2,5%, jika dihitung dalam jumlah angka, arsiparis hanya tercatat 3.525 orang.

    Hal ini membuktikan memang benar jurusan kearsipan sepi peminat. Meskipun sepi peminat, masih ada yang masuk ke jurusan ini loh. karena tidak banyak yang melirik, mudah masuk ke jurusan ini, karena dari segi persaingan pun hanya sedikit orang saja. 

  2. Peluang diterima kerja lebih tinggi
    Seperti yang disinggung sebelumnya, jika jurusan kearsipan sedikit pesaing. Semakin sedikit pesaing, semakin mudah kita masuk dan mudah pula menjadi role model di jurusan ini. Melihat peluang emas seperti ini, kamu yakin tidak akan mengambil peluang emas ini? Siapa tahu 10 tahun yang akan datang, jurusan kearsipan banyak diburu.
     
  3. Mendapatkan banyak tunjangan
    Sudah rahasia umum jika sedikit yang bekerja dibidang kearsipan. Maka dari itu, pihak ANRI pun terus mengevaluasi dan memberikan tawaran menarik. Fokusnya pada karyawan yang bekerja dibidang kearsipan.

    Pasalnya, ANRI memberikan tunjangan da nada jenjang karir bagi pekerja di kearsipan. Bahkan buat kamu yang bercita-cita ingin menjadi PNS, mendaftarkan diri di kearsipan juga tetap bisa jadi PNS loh.
     
  4. Bisa bekerja untuk negara
    Siapa bilang lulusan kearsipan susah mencari kerja? Dan tidak bisa bekerja ditempat yang bergengsi? Nyatanya tetap bisa kok. Kamu bisa saja bekerja arsip Negara. Dimana kamu tidak hanya mengarsipkan dokumen tingkat wilayah maupun daerah. Tetapi ini akan mengurus data penting.  

  5. Tahu Rekam Medis Pengarsipan
    Keuntungan bekerja di bidang kearsipan, kamu orang pertama yang bisa mengetahui isi atau rekam medis file data yang disimpan. Misal kamu bekerja di arsip perpustakaan nasional, kamu pun bisa melihat buku-buku yang langka. Jika kamu bekerja di arsip Negara, tentu saja kamu orang yang bisa tahu isinya. Sayangnya untuk bisa di titik ini tidak sembarang orang, karena hanya orang pilihan yang akan terpilih. 

  6. Terbuka untuk semua jurusan
    Alasan kenapa harus memilih jurusan kearsipan, karena jurusan ini bisa menerima lulusan dari berbagai jurusan. Jadi buat kamu yang lulus dari jurusan IPS dan lulusan kejuruan hingga madrasah pun juga tetap bisa masuk ke jurusan ini. setidaknya ini memberi harapan dan semangat agar bisa kuliah dan memiliki harapan bisa bekerja ditempat yang keren dan tidak kalah keren.

Keuntungan dan Kekurangan

A. Keuntungan 

Saat kamu mengambil kuliah di jurusan, ada beberapa keuntungan yang akan kamu rasakan, diantaranya sebagai berikut. 

  • Sistem kearsipan yang dilakukan elektronik komputer dipercaya lebih efektif dan efisien.
  • Kamu akan memiliki kemampuan dalam mengkoordinasi atau pengelompokan barang berdasarkan jenis, tipe dan lain sebagainya 
  • Memiliki keterampilan beberes atau menata, dan lebih mudah dalam melakukan penataan 
  • Berkat penataan yang rapi, memudahkan dalam pengecekan 
  • Penataan yang sudah disesuaikan dengan abjad atau berdasarkan warna lebih menghemat waktu selama proses pencarian
  • Memudahkan dalam melakukan pengkodean, sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan penempatan berkas.

B. Kekurangan

Ada kelebihan, maka ada juga kelemahannya. Berikut adalah kelemahan dari jurusan kearsipan. Yuks, intip apa saja kelemahannya. 

  • Jika tidak menyusun sesuai ketentuan, akan mengalami kesulitan dan kesalahan penempatan berkas
  • Berkas yang memiliki kesamaan warna dan judul yang mirip memiliki kekeliruan lebih tinggi jika tidak ditata sesuai ketentuan.
  • Karena mudah mengubah-ubah alphabet dalam surat, kelemahannya menyebabkan tidak sesuai dengan aturan awal 
  • Jika sistem kearsipan menggunakan sistem manual, tentu saja akan memakan waktu lebih lama
  • sistem kearsipan yang dilakukan secara manual juga kurang akurat, banyak membutuhkan tenaga dan membutuhkan tempat yang lebih besar.

Jika menggunakan sistem elektronik dan sistem modern, tentu saja kelemahan dalam pengarsipan dapat ditekan. Sebaliknya, jika masih menggunakan cara-cara lama dan manual, tentu saja semakin banyak sisi kekurangannya. 

Daftar Mata Kuliah Yang Diajarkan di Jurusan Kearsipan

Berbicara tentang mata kuliah, setiap Perguruan Tinggi memiliki jadwal mata kuliahnya sendiri-sendiri.  Berikut beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari selama belajar di jurusan kearsipan.

  1. Pengantar kearsipan 
  2. Praktikum Pengamanan dan Perlindungan arsip dan informasi 
  3. Standarisasi dan kebijakan kearsipan 
  4. Manajemen korespondensi 
  5. Praktikum pengelolaan arsip korespondensi 
  6. Perilaku dan literasi informasi 
  7. Manajemen pemberkasan 
  8. Praktikum skema klasifikasi dan pemberkasan 
  9. Sistem informasi dan jaringan 
  10. Praktikum sistem informasi dan jaringan 
  11. Manajemen informasi personal 
  12. Praktikum pengelolaan arsip vital dan penanganan arsip pasca bencana 
  13. Praktikum pengolahan arsip dinamis inaktif 
  14. Manajemen record center dan pusat data 
  15. Praktikum pengolahan data 
  16. Manajemen arsip elektronik 
  17. Eksibisi arsip 
  18. Manajemen kearsipan lembaga bisnis 
  19. Manajemen kearsipan perguruan tinggi 
  20. Archival content writer 
  21. Perencanaan dan evaluasi program manajemen rekod 
  22. Praktikum perencanaan, monitoring dan evaluasi program manajemen rekod 
  23. Penilaian dan penyusutan arsip 
  24. Praktikum penilaian dan penyusutan arsip 
  25. Manajemen akuisisi dan accessioning arsip 
  26. Manajemen arsip audio visual 
  27. Program digitalisasi arsip 
  28. Indigenouse study 
  29. Arsip karya seni, ephemera dan warisan budaya 
  30. Preservasi dan konservasi arsip

Sifat Mahasiswa Kerasipan

  1. Teliti
    Memiliki sifat teliti tidaklah mudah, tidak semua orang bisa memiliki skill ini. buat kamu yang punya hal ini, jangan sia-siakan ya.
     
  2. Detil
    Disebut-sebut juga sifat detail dalam melihat segala sesuatu itu hal penting. karena pekerjaan di dunia pengarsipan dibutuhkan kedetailan dalam banyak hal, maka tidak heran jika detail menjadi hal terpenting dalam bekerja di pengarsipan. 

  3. Terstruktur
    Pastinya sifat terstruktur cocok buat ditempatkan sebagai pustakawan atau pekerja arsip. Karena di sana dituntun apa-apa harus rapi dan terstruktur. 

  4. Senang Menganalisis Siapa yang mengaku senang menganalisa seperti detektif? Jika kamu ada sifat ini, cocok masuk jurusan kearsipan. Setidaknya di sini kamu bisa mengasah daya analisis kamu loh.  

  5. Keterampilan Interpersonal
    Ternyata penting juga memiliki keterampilan interpersonal jika ingin sukses meniti karir di dunia pengarsipan. Jadi tetap bangun pribadi yang baik jangan. 

  6. Tekun
    Tekun juga poin penting nih bagi pustakawan. Karena di sana kamu tidak hanya dihadapkan pada ratusan buku, dokumen atau manuscript. 

  7. Rasional
    Rasional sudah pasti masuk dalam list sifat yang cocok masuk jurusan kearsipan juga loh. tidak semua orang memiliki sifat rasional, jadi beruntunglah buat kamu yang memiliki sifat ini. 

  8. Berwawasan Luas
    Memiliki wawasan luas juga menjadi sifat yang tidak boleh dilewatkan. Umumnya yang suka dengan kearsipan adalah orang-orang yang suka membaca. Orang yang suka membaca pasti memiliki wawasan luas, nah apakah kamu salah satunya?

  9. Keterampilan Komunikasi
    Saat terjun di dunia kerja, keterampilan komunikasi ternyata juga dibutuhkan dalam pengarsipan loh. Jadi tetap jangan abaikan hal ini ya. 

  10. Bisa Bekerjasama Dengan Tim
    Sifat yang terakhir adalah memiliki loyalitas dalam bekerjasama dengan tim, agar tercipta koordinasi kerja yang selaras.

10 Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Prospek kerja jurusan kearsipan sebenarnya sangat terbuka besar. Hal ini dapat dilihat dari semua organisasi dan perusahaan besar, pasti butuh yang nama nya arsip. Tentu saja mereka akan mencari orang-orang yang memiliki ilmu di bidang pengarsipan.

Selama ini prospek kerja jurusan kearsipan selalu diidentikan bekerja sebagai pustakawan. Padahal bisa juga perusahaan diluar literasi, tetapi pekerjaan yang berjalan di dunia swasta, BUMN hingga lembaga pemerintahan pun sudah ada dan terbuka lebar loh.

  1. Pustakawan
  2. Arsiparis
  3. Pegawai Swasta
  4. PNS
  5. Staf Legal
  6. Pengurus Database

10 Kampus Pilihan Jurusan Kearsipan

Berikut ini adalah daftar 10 kampus pilihan untuk jurusan akuntansi :

  1. Universitas Diponegoro
  2. Universitas Gadjah Mada 
  3. Universitas Indonesia 
  4. Universitas Terbuka 
  5. Universitas YARSI
  6.  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 
  7. Universitas Bengkulu 
  8. Universitas Islam negeri 
  9. Sumatera Utara 
  10. Universitas Negeri malang (UM) 
  11. Universitas Sebelas Maret (UNS) 
  12. Universitas Negeri Padang 
  13. Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS) 
  14. Universitas Kristen Maranatha Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) 
  15. Sampoerna University 

Artikel Tentang Lainnya

manfaat pengadaan bahan pustaka
admin

Kenali 9 Manfaat Pengadaan Bahan Pustaka

Manfaat pengadaan bahan pustaka ternyata memiliki pengaruh yang menguntungkan. Dimana manfaat ini tidak semua orang biasa bisa merasakannya. Buat pustakawan atau karyawan yang berkecimpung di

Pondok Djawara Deepublish