Bagikan

Jurusan Tata Boga

Apa itu Tata Boga?

Tata boga merupakan ilmu pengetahuan mengenai seni mengolah makanan, mulai dari persiapan, pengolahan, hingga cara menghidangkan makanan. Berbagai aspek tata boga, baik tentang tekstur makanan, mutu panganan, maupun kandungan nilai gizi dipelajari oleh ilmu Tata Boga.

Pengertian Jurusan Tata Boga

Jurusan Tata Boga merupakan jurusan yang mempelajari tentang ilmu kependidikan dan tata boga. Jurusan Tata Boga merupakan ilmu pengetahuan mengenai seni mengolah makanan. Jurusan Tata Boga merupakan jurusan yang mempelajari teknik penyajian makanan dengan memperhatikan estetika, kualitas, rasa, dan kebutuhan gizi. 

Pada jurusan Tata Boga, mahasiswanya akan mempelajari bagaimana cara mengolah berbagai hidangan makanan baik daerah maupun dari berbagai negara. Selain mempelajari tentang makanan, jurusan Tata Boga juga diajarkan bagaimana cara meracik minuman dan cara menghidangkannya.

Sama halnya seperti jurusan lain, mahasiswa jurusan Tata Boga juga mempelajari ilmu tambahan lain, seperti perencanaan, pengolahan, hingga cara mengevaluasi usaha kuliner.

Mata Kuliah Jurusan Tata Boga

  1. Etika
    Mata kuliah Etika ini tak hanya untuk jurusan Tata Boga, tetapi untuk berbagai jurusan lain. Di dalamnya, mata kuliah etika akan membahas berbagai konsep etika, khususnya etika profesi di lingkungan masyarakat dan bisnis.
    Sehingga lulusan jurusan Tata Boga tak hanya dituntut bisa memasak, tetapi juga memahami aturan dan pedoman tata cara bertindak sesuai dengan etika yang berlaku.

  2. Kimia Dasar
    Selain mahir memasak, lulusan jurusan Tata Boga juga harus memahami pentingnya mengenal dan menguasai berbagai komposisi produk, baik produk makanan maupun kandungan kimia yang terdapat di dalamnya.

    Hal ini berguna agar lulusan jurusan Tata Boga mengetahui makanan yang dibuat atau diperiksa merupakan makanan yang layak disajikan dengan kadar kandungan nutrisi dan kandungan kimianya agar tetap aman dikonsumsi.

  3. Matematika
    Mata kuliah Matematika akan selalu ada di berbagai jurusan. Pentingnya mata kuliah matematika untuk jurusan Tata Boga agar lulusan bisa berpikir lebih sistematis dan memiliki logika yang berkembang dan dapat berpikir logis.

    Dalam hal ini, mata kuliah matematika sangat penting untuk membantu seorang lulusan Tata Boga melakukan takaran-takaran terhadap bahan dan kandungan makanan.

  4. Dasar-dasar Manajemen
    Lulusan Tata Boga diharap memiliki keterampilan yang baik dan kemampuan yang sempurna di bidang kerja, meskipun mereka merupakan seorang wirausaha. Pentingnya mengetahui dasar-dasar manajemen guna agar usaha atau industri kuliner yang dijalankan penuh perhitungan dengan tepat dan tidak salah langkah dalam mengolah keuangan.

  5. Ilmu Gizi
    Lulusan jurusan Tata Boga harus memahami nilai gizi makanan yang ia sajikan. Oleh sebab itu, mata pelajaran Ilmu Gizi sangat penting sebagai bekal mahasiswa mengetahui gizi apa saja yang baik untuk makanan yang diproduksi atau gizi apa yang dibutuhkan oleh pemakai jasa atau pembelinya.

    Tentu ilmu gizi akan sangat berguna bagi mereka yang bekerja di rumah sakit karena pentingnya pengetahuan gizi disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

  6. Higiene dan Sanitasi
    Lulusan jurusan Tata Boga harus memasak dan melakukan proses produksi sesuai dengan etika, salah satunya higienis. Pada mata kuliah inilah mahasiswa diajarkan untuk memahami pengertian higiene dan cara penerapannya dalam dunia kerja.

    Setelah mengetahui tata cara dan etika kebersihan atau higienitas, mahasiswa jurusan Tata Boga juga harus mampu mengetahui pentingnya pengolahan sanitasi untuk menjaga pengelolaannya dengan baik dan benar.

    Mata kuliah ilmu sanitasi higiene makanan bahkan sudah masuk ke Peraturan menteri Kesehatan Indonesia No. 1096/MENKES/PER/VI/20-11 tentang Higiene Sanitasi Jasaboga. Mata kuliah ini berguna untuk mengendalikan faktor risiko terjadinya kontaminasi terhadap makanan yang berasal dari bahan makanan, orang, tempat, atau peralatan di sekitarnya.

  7. Kewirausahaan
    Mata kuliah ini dilakukan dengan tujuan lulusan jurusan Tata Boga harus memahami pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola usaha tata boga. Mereka harus memahami inovasi dan masalah keuangan agar risiko pada usahanya tidak menimbulkan kerugian yang besar.

  8. Dasar Boga
    Mata kuliah utama di jurusan Tata Boga ini mempelajari tentang pengetahuan di bidang seni mengolah masakan yang mencakup ruang lingkup makanan, mulai dari mengenal alat dapur, cara penggunaannya, bagaimana melakukan persiapan, menghidangkan, hingga cara-cara memasak.

    Di sini juga dikenalkan berbagai bumbu dasar masakan dan bumbu lainnya, juga berbagai jenis alat penyaji mulai dari mangkok, gelas, dan lain sebagainya. Mahasiswa diharapkan mampu memahami ilmu Tata Boga dengan baik secara menyeluruh.

  9. Dekorasi Makanan
    Di mata kuliah ini, lulusan Tata Boga diharapkan mampu menyanjikan makanan dengan baik dan mengutamakan segi estetika. Lebih jauh, ilmu mata kuliah ini nantinya akan bermanfaat untuk meningkatkan nilai jual makanan.

  10. Kudapan dan Minuman Nusantara
    Mata kuliah ini guna mengenalkan lulusan jurusan Tata Boga pada jenis-jenis kudapan dan minuman Nusantara yang bisa diolah atau bahkan dikembangkan dengan inovasi baru.

  11. Pengolahan Makanan Nusantara
    Sama halnya seperti mata kuliah Kudapan dan Minuman Nusantara, lulusan jurusan Tata Boga tak hanya bisa membuat makanan wastern, tetapi juga mengenali dan mampu mengolah berbagai makanan nusantara.

Alasan Memilih Jurusan Tata Boga

Mengapa harus memilih jurusan Tata Boga? Saat ini, jurusan Tata Boga tidak hanya identik dengan perempuan. Banyak laki-laki yang berkecimpung di dunia kuliner, bahkan banyak chef yang merupakan laki-laki.

Selain alasan itu, meningkatnya minat kuliner terutama di Indonesia jadi salah satu alasan mengapa kamu harus memilih jurusan Tata Boga. Tak hanya bisa memasak dan juga memproduksi, nantinya mahasiswanya juga diajarkan berbagai teori tambahan mulai dari pengolahan, penyajian, hingga cara menghidangkan.

Jurusan Tata Boga tak hanya cocok untuk yang memiliki minat di bagian kuliner atau masak-memasak tetapi juga cocok untuk yang memiliki minat di bidang lain. Karena adanya peningkatan minat di industri kuliner saat ini membuka banyak peluang untuk mencapai kesuksesan. Oleh sebab itu kesempatan pada jurusan Tata Boga harus dipertimbangkan.

Dari ilmu pada jurusan Tata Boga yang didapat, maka mahasiswa kelak akan berkontribusi menciptakan ketahanan pangan yang stabil untuk negara.

Promo Skripsian

Jangan berpikir bila jurusan Tata Boga nantinya hanya akan jadi tukang masak saja. Setelah lulus, nantinya berbagai profesi menjanjikan akan datang, mulai dari barista, bartender, food service manager, koki, baker, head cook, wirausahawan kuliner, dan masih banyak lagi.

Jika ingin berwirausaha, saat ini industri bisnis kuliner kaki lima juga sangat menjanjikan bila mampu mengolah usahanya menjadi hal yang baik, mulai dari hidangan yang lezat, harga yang terjangkau, dan adanya inovasi-inovasi.

 

Daftar Reseller

Hal ini karena di jurusan Tata Boga, mahasiswa tak hanya belajar memasak tetapi juga harus memenuhi 4 aspek kelengkapan di antaramya memerhatikan kebutuhan nutrisi, kecantikan penampilan, cita rasa, hingga kualitas.

Karakter Mahasiswa yang Kuliah di Tata Boga

Mahasiswa jurusan Tata Boga nantinya tidak hanya dibekali dengan skill memasak yang baik tetapi juga beberapa karakter penting untuk menunjang masa depannya. Dan berikut ini karakter yang dimiliki mahasiswa yang kuliah di jurusan Tata Boga.

Oleh sebab itu, nantinya jurusan Tata Boga akan mencetak lulusan yang memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh pencari kerja di antaranya

  1. Kreatif
  2. Tekun
  3. Detil
  4. Observan
  5. Terstruktur
  6. Independen
  7. Mampu berpikir out of the box
  8. Bisa bekerja sama dengan tim

Prospek Kerja Jurusan Tata Boga

  1. Chef/Koki
    Profesi chef biasanya jadi tujuan utama dari lulusan jurusan Tata Boga. Oleh sebab itu, jurusan Tata Boga memang mencetak lulusan yang siap menjadi chef di restoran, kafe katering, chef di hotel berbintang, chef di kapal pesiar, dan masih banyak lagi.

    Di bidang kuliner lain pun, chef juga dibutuhkan, salah satunya di rumah sakit yang membutuhkan chef untuk pemenuhan kebutuhan gizi pasien. Tugas mereka untuk menyajikan makanan dengan menyesuaikan keseimbangan gizi khusus bagi pasiennya.

    Selain bersifat korporasi, chef juga dapat bekerja secara profesional dan privat, salah satunya memiliki program televisi atau digital activity sendiri.

  2. Baker
    Tujuan lulusan jurusan Tata Boga yang kedua yakni baker untuk cake shop atau bakery shop. Saat ini profesi baker cukup menjanjikan dan menjadi prosepek baik bagi lulusan jurusan Tata Boga.
    Sama halnya seperti chef, baker juga dapat bekerja di berbagai bidang, mulai kafe, restoran, katering, hotel, kapal pesiar, hingga private baker.

  3. Barista
    Maraknya kafe dan restoran di berbagai wilayah ini juga dampak akan meningkatnya industri usaha kuliner. Salah satu yang sangat dibutuhkan saat ini adalah barista. Barista merupakan keahlian untuk menghidangkan dan mengelola minuman dan ilmunya dipelajari di jurusan Tata Boga.
    Tak hanya di coffe shop saja, barista juga dibutuhkan di restoran, kafe-kafe besar, kapal pesiar, dan masih banyak lagi.

  4. Food Vlogger
    Semakin majunya teknologi dan juga bervariasinya pekerjaan, pekerjaan sebagai vlogger sangat diminati oleh banyak orang. Salah satu yang paling ramai yakni menjadi food vlogger.
    Jika memiliki ilmu tata boga yang mumpuni, lulusan jurusan Tata Boga tentu akan lebih menguasai apabila menjadi food vlogger karena memiliki banyak bekal tentang ilmu tata boga dan ilmu pendukung lainnya.

  5. Lembaga Pemerintahan
    Lulusan tata boga juga bisa bekerja di bidang pemerintahan, seperti pengawas obat dan makanan di BPOM, Departemen Pertanian, LIPI, hingga perusahaan BUMN sekelas BULOG dan penyedia makanan.
    Untuk bisa bekerja di lingkungan tersebut, lulusan jurusan Tata Boga harus mampu melayani masyarakat dengan baik serta berwawasan luas dan tentunya bertanggung jawab.

  6. Konsultan Gizi dan Pangan
    Lulusan jurusan Tata Boga juga bisa bekerja sebagai konsultan gizi dan pangan, baik untuk individu maupun instansi. Untuk itu, lulusan Tata Boga dibekali dengan ilmu dasar seperti teknik pengolahan makanan, permasalahan konsumsi gizi, standar kelayakan pangan, dan pengetahuan lainnya yang mendukung.

  7. Tenaga Pendidikan
    Lulusan jurusan Tata Boga juga bisa mengisi prospek sebagai tenaga pendidik baik formal maupun informal. Misalnya menjadi guru pelajaran Tata Boga di sekolah, di SMK jurusan Tata Boga atau Ahli Gizi, bahkan memiliki kursus pribadi di bidang kuliner.

  8. Wirausaha
    Prospek kerja yang menjanjikan saat ini memang menjadi wirausaha. Dan ini kesempatan baik untuk lulusan Tata Boga karena sudah memahami berbagai hal tentang ilmu Tata Boga sampai manajemen-manajemennya yang tepat dan sesuai.

8 Kampus yang Ada Jurusan Tata Boga

Berikut ini adalah list universitas terbaik yang memiliki jurusan Tata Boga:

  1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  2. Universitas Negeri Malang (UNM)
  3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  5. Tristar Culinary Institute, Surabaya
  6. The Sages Institute International, Surabaya
  7. Indonesia Patisserie School, Jakarta 
  8. Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua, Yogyakarta

Rentang Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan jurusan Tata Boga memang tergantung dengan kemampuan finansial dan universitas yang dituju.

Berikut ini update beberapa universitas yang merilis biaya jurusan Tata Boga.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

UKT 1:      Rp500.000

Daftar Open Reseller

UKT 2:      Rp1.000.000

UKT 3:      Rp2.400.000

UKT 4:      Rp4.235.000

UKT 5:      Rp4.840.000

UKT 6:      Rp5.445.000

UKT 7:      Rp6.350.000

Ebook Panduan Jadi Reseller

 

Universitas Negeri Jakarta

UKT 1:      Rp4.300.000

UKT 2:      Rp4.800.000

UKT 3:      Rp5.300.000

UKT 4:      Rp5.500.000

UKT 5:      Rp6.000.000

UKT 6:      Rp6.600.000

Artikel Tentang Tata Boga

jurusan-ilmu-pangan
Ridwan Karim

Jurusan Ilmu Pangan

Bagikan

Sedang sibuk mencari jurusan kuliah yang tepat dan sesuai? Apabila tertarik dengan dunia pangan, maka bisa melirik jurusan ilmu pangan atau teknologi pangan. Berikut informasi