Jurusan Sistem Informasi

Table of Contents

Bagikan

Jurusan sistem informasi – Sebelum membahas Jurusan Sistem Informasi, ada baiknya jika mengetahui lebih dulu apa itu sistem informasi. Sistem informasi merupakan studi tentang mengumpulkan, menyaring, dan mendistribusikan data.

Sistem informasi merupakan studi yang menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Sistem informasi bermanfaat untuk menggali informasi dan pengetahuan yang dilakukan setelah lulus sekolah menengah atas.

Karena mempelajari ilmu sistem informasi, nantinya mahasiswa akan belajar bagaimana mengidentifikasi kebutuhan, melangsungkan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki perusahaan, hingga bagaimana cara merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Sehingga tak hanya belajar mengenai teknik pemrograman saja, tetapi mahasiswa juga dibekali proses bisnis yang menjanjikan yang ada di suatu perusahaan.

Pengertian Jurusan Sistem Informasi

Sementara itu, Jurusan Sistem Informasi merupakan studi ilmu yang mempelajari tentang sistem informasi. Jurusan ini merupakan sebuah bidang studi yang menggabungkan ilmu komputer dengan ilmu lain. Ilmu yang digabungkan dalam jurusan ini beragam, mulai dari ekonomi, manajemen, dan bisnis.

Melalui jurusan sistem informasi ini, nantinya mahasiswa akan belajar lebih mendalam mengenai cara melakukan identifikasi dan proses sebuah bisnis di perusahaan berlangsung, mulai dari data-data atau profil bisnis, hingga merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Ketika menempuh studi di dalam jurusan ini, mahasiswa akan diberikan bekal ilmu mengenai mengelola software, hardware, melakukan perancangan sistem, menjalankan ilmu manajemen, hingga bisnis.

Mahasiswa Jurusan ini juga akan diarahkan untuk mampu mengembangkan, memanfaatkan, serta mengelola suatu software atau hardware yang ada di dalam dunia bisnis, maupun milik perseorangan. Sehingga Jurusan Sistem Informasi menjadi aspek penting untuk merancang proses pengelolaan dan keberhasilan di lapangan.

Promo Skripsian

Selain itu, mahasiswa juga akan belajar dan diarahkan untuk mempelajari, memahami, serta menguasai sebuah sistem yang sesuai dengan tujuan suatu organisasi atau kebutuhan perusahaan.

Dalam artian, mahasiswa yang menempuh studi di jurusan ini kelak diarahkan untuk mempelajari ilmu manajemen dan bisnis yang diharapkan akan menjadi bekal bagi lulusan ketika bekerja di perusahaan.

Dengan masuk ke Jurusan Sistem Informasi, mahasiswa akan memperoleh dan menambah keahlian baru sehingga mampu melakukan proyeksi atau rekayasa sistem jaringan melalui komputer. Mahasiswa nantinya juga dibimbing agar mampu mencari problem solving dan berpikir sistematis.

Daftar Reseller

Selain itu, lulusan jurusan ini juga akan dibekali ilmu agar dapat menganalisis sebuah tujuan atau kebutuhan berdasarkan identifikasi profil serta tinjauan sederhana terhadap suatu perusahaan. Sehingga, tak hanya menguasai ilmu tentang sistem informasi, lulusan juga memiliki keahlian di bidang manajerial data.

Lulusan Jurusan Sistem Informasi juga akan dibekali dengan kemampuan untuk mengolah data dari sebuah perusahaan yang kemudian dapat dijadikan sumber perancangan sistem informasi bagi suatu perusahaan.

Alasan Memilih Jurusan Sistem Informasi

Mengapa harus memilih Jurusan Sistem Informasi? Ternyata banyak keuntungan yang akan didapat oleh lulusan sistem informasi yang tak dimiliki jurusan yang lain. Berikut ini, alasan yang sangat pas mengapa harus memilih jurusan ini.

1. Prospek Karier yang Baik

Prospek karier lulusan sistem informasi saat ini sangat menjanjikan. Semakin berkembang pesatnya teknologi, maka semua hal banyak yang membutuhkan kerja sistem yang menghubungkan satu urusan ke urusan yang lain. Oleh sebab itu, lulusan jurusan sistem informasi sangat dibutuhkan saat ini dan bahkan di masa mendatang.

2. Banyak Dibutuhkan Berbagai Perusahaan

Tak hanya perusahaan yang fokusnya tentang informasi dan komunikasi saja, lulusan sistem informasi juga dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Hal ini karena lulusan sistem informasi nantinya akan menjadi jembatan antara programmer dan user dalam membangun sebuah sistem.

Selain di perusahaan, lulusan sistem informasi juga sangat dibutuhkan oleh institusi pemerintah untuk mengerjakan berbagai sistem atau pemrograman yang dibutuhkan di suatu institusi.

3. Ilmu yang Dipelajari Sangat Aplikatif

Ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa sistem informasi sangat aplikatif. Artinya mahasiswa nantinya akan lebih dimudahkan untuk beradaptasi di berbagai lingkungan pekerjaan yang ia pilih.

Daftar Open Reseller

4. Keterampilan Khusus Mendesain Web

Selain menguasai berbagai ilmu atau studi sistem informasi, lulusan jurusan sistem informasi juga lebih terampil dalam mendesain web. Keahlian ini membuat mahasiswa banyak dilirik oleh berbagai perusahaan atau institusi agar bergabung dengan mereka.

Tak hanya bekerja di suatu perusahaan atau institusi, karena keahlian mendesain web tadi, lulusan sistem informasi juga bisa membuka sendiri lapangan pekerjaan dengan mendirikan usaha pengembangan web.

5. Melanjutkan Studi Pascasarjana

Selain mempermudah peluang pekerjaan, lulusan sistem informasi juga memiliki banyak peluang untuk melanjutkan studi yang lebih tinggi yakni ke pascasarjana. Lulusan juga berhak mendapatkan beasiswa karena banyak beasiswa sistem informasi yang terbuka lebar untuk lulusan.

Daftar Mata Kuliah

Setelah mengetahui apa saja yang akan didapatkan ketika menjadi mahasiswa jurusan sistem informasi, kini perlu diketahui apa saja yang dipelajari di Jurusan Sistem Informasi. Mengingat banyaknya keahlian dan kemampuan yang didapatkan oleh lulusan. Berikut ini, mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa sistem informasi.

1. Matematika dan Statistika

Mata kuliah matematika dan statistika memang selalu menjadi mata kuliah wajib untuk seluruh jurusan, apalagi untuk jurusan yang berbau teknik. Jika belajar mengenai sistem informasi, nantinya mahasiswa akan kembali mengulik tentang angka-angka, bahkan mulai semester awal.

Tak hanya itu, mata kuliah statistika merupakan mata kuliah wajib yang dipelajari oleh mahasiswa sistem informasi. Meski demikian, bagi yang memiliki kemampuan dan minat pada mata kuliah atau mata pelajaran matematika, tentu hal ini jadi hal yang menarik dan menyenangkan karena belajar di tempat yang tepat.

Ebook Panduan Jadi Reseller

2. Ekonomi

Mata kuliah kedua yang dipelajari di Jurusan Sistem Informasi adalah ilmu ekonomi, Ilmu ekonomi yang dipelajari pada jurusan ini akan mempelajari berbagai bidang sekaligus, yakni mengenai ilmu manajemen dan ilmu akuntansi.

Meski awalnya terasa kaget dan berat mengingat jurusan ini berseberangan dengan ilmu sistem informasi, namun ilmu ekonomi sangat dibutuhkan untuk dipahami dan dikuasai oleh mahasiswa di kemudian hari.

Selain ilmu manajemen dan ilmu akuntansi, mahasiswa juga dituntut dapat mendalami berbagai peraturan serta undang-undang yang sudah diatur oleh pemerintah mengenai segala hal yang berhubungan dengan Jurusan ini.

3. Kepemimpinan

Mahasiswa sistem informasi juga akan mendapatkan mata kuliah kepemimpinan. Banyak yang menganggap mata kuliah kepemimpinan ini adalah mata kuliah sepele. Akan tetapi siapa sangka, di dalamnya terkandung banyak nilai yang jadi bekal untuk mahasiswa di masa depan.

Memiliki ilmu mengenai kepemimpinan jadi bekal yang sangat kuat untuk mahasiswa, karena saat bekerja di dunia pekerjaan, banyak proyek dan pekerjaan yang akan dikerjakan. Dengan memiliki ilmu kepemimpinan, maka mahasiswa kelak akan lebih memahami dan memiliki kemampuan yang cakap mulai dari melakukan presentasi hingga memimpin proyek besar sekalipun.

4. Dasar-dasar Pemrograman

Mata kuliah dasar-dasar pemrograman ini adalah mata kuliah dasar yang harus dipelajari dan dikuasai oleh seluruh mahasiswa yang mengambil Jurusan Sistem Informasi. Hal ini karena di mata kuliah ini menjadi kemampuan dasar untuk mahasiswa sebelum mempelajari berbagai bidang pemrograman lainnya.

Di mata kuliah dasar pemrograman ini, dibutuhkan logika berpikir dan cara penyelesaian masalah yang tepat, sehingga mahasiswa membutuhkan kreativitas yang tinggi, kemampuan berhitung, dan logika yang baik.

5. Analisis

Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi akan dibekali dengan ilmu analisis yang dipelajari di mata kuliah analisis. Di mata kuliah ini, mahasiswa akan diajarkan cara melakukan analisis, mulai dari cara mencari sumber masalah, menemukan solusi, hingga proses pemecahan solusi baik di pemrograman maupun hal lain.

Hal ini akan sangat berguna ketika mahasiswa terjun ke lapangan kerja. Ketika membuat sebuah sistem, maka akan dibutuhkan kepiawaian untuk membuat sistem mulai dari nol. Kemudian, mereka dituntut mampu membuat sistem dapat berjalan hingga berfungsi dan bermanfaat untuk banyak orang.

Oleh sebab itu, penting dipelajari mengenai ilmu analisis, terlebih bagi mahasiswa sistem informasi. Baik analisis terkait peralatan yang digunakan, biaya yang dibutuhkan, maupun cara menganalisis suatu masalah.

6. Sistem dan Data

Mahasiswa sistem informasi juga dituntut untuk mempelajari sistem dan data yang jadi hal mendasar di jurusan ini. Data akan menjadi makanan sehari-hari mahasiswa sistem informasi. Oleh sebab itu, mahasiswa wajib menguasai mengenai sebuah sistem dan data.

Sistem dan data yang dipelajari bisa berupa data, proses, output, dan banyak hal tentang pemrograman yang saling berhubungan. Mahasiswa juga lebih dulu harus diminta untuk memahami seluk beluk sistem dan data karena nantinya ketika terjun di dunia kerja, diharap mampu menyelesaikan berbagai hal mengenai sistem dan data.

Pada mata kuliah sistem dan data, akan dipelajari pula cara mengolah sejumlah data dengan memproses data dan output agar kelak mampu menyelesaikan berbagai soal masalah data di lapangan.

Selain 6 mata kuliah di atas, ada lagi beberapa mata kuliah yang ada di Jurusan Sistem Informasi dan akan dipelajari oleh mahasiswa, di antaranya berikut ini.

7. Kalkulus

8. Komunikasi Bisnis dan Teknis

9. Prinsip Sistem Informasi

10. Dasar Arsitektur Komputer

11. Pemrograman Berbasis Platform

12. Struktur Data & Algoritma

13. Metodologi Penelitian & Penulisan Ilmiah

14. Sistem Operasi untuk Sistem Informasi

15. Sistem Interaksi

16. Basis Data

17. Sistem Informasi Perusahaan dan Akuntansi

18. Manajemen Proyek Teknologi Informasi

19. Kecerdasan Artifisial & Sains Data Dasar

20. Jaringan Komunikasi Data

21. Komputer & Masyarakat

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Sistem Informasi

Ketika akan memilih jurusan yang diambil saat menempuh pendidikan di perguruan tinggi, pasti calon mahasiswa menimang-nimang kira-kira apa kelebihan dan kekurangan masuk di jurusan tersebut.

Jika sudah mulai mantap memilih Jurusan Sistem Informasi, ketahui dulu kelebihan dan kekurangan jika menempuh studi sistem informasi.

Kelebihan Jurusan Sistem Informasi

1. Semua Lulusan IPA atau IPS Bisa Masuk

Berbeda dengan jurusan yang lain, Jurusan Sistem Informasi ini memungkinkan didaftar oleh calon mahasiswa lulusan IPA atau IPS. Lulusan IPA atau IPS bisa belajar menjadi mahasiswa sistem informasi. Hal ini karena dalam sistem informasi tidak hanya dipelajari ilmu sains tetapi juga ilmu ekonomi dan sosial seperti manajemen, akuntansi, dan lainnya.

Biasanya, lulusan IPA akan memilih masuk ke Jurusan Teknik Informatika yang lebih mendasar mempelajari mengenai ilmu teknik dan sains, tetapi jika lulusan IPS ingin mempelajari mengenai sistem informasi dan pemrograman, maka sistem informasi bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Lebih Fokus pada Pemahaman dan Pengembangan Sistem Informasi

Ilmu sistem informasi ini akan lebih banyak mempelajari berbagai kemampuan yang tidak dipelajari di jurusan lain. Salah satunya adalah kemampuan mengartikan hingga menganalisis kebutuhan dari sistem informasi pada suatu perusahaan atau organisasi. 

Agar dapat memiliki kemampuan ini, mahasiswa akan diajarkan mengembangkan sistem informasi untuk membuat teori yang dipelajari menjadi lebih luas, berparadigma, dan mempelajari berbagai teori yang sudah adal.

Selanjutnya, mahasiswa akan diajarkan untuk merencanakan proyek pengembangan dari sebuah sistem informasi di sebuah perusahaan atau organisasi agar mampu mengelola sistem dan dapat memelihara sistem tersebut, sampai mengelola teknologi manajemen sistem informasi seperti halnya support atau dukungan, maintenance, layanan, hingga melakukan service.

3. Menganalisis Program

Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi juga akan diberikan materi mengenai analisis kebutuhan dari sistem perusahaan. Manfaatnya, mahasiswa mampu merancang materi bahkan sistem yang sudah disesuaikan dengan tujuan serta kebutuhan suatu perusahaan.

Artinya, selain belajar teknik programming, mahasiswa juga akan menguasai proses yang ada di sebuah perusahaan.

4. Tidak Terlibat dengan hardware

Jangan khawatir jika takut terlibat dengan masalah hardware, karena jurusan ini lebih mengarah bagaimana cara mengembangkan sistem informasi. Oleh sebab itu, mahasiswa Jurusan Sistem Informasi tidak harus terlibat langsung dengan perangkat keras atau hardware.

Meski demikian, mahasiswa tetap harus memahami ilmu dasar tentang perangkat keras dan menguasai hardware yang mungkin di kemudian hari digunakan untuk membuat sistem yang akan diterapkan.

5. Mengetahui Masalah Bisnis

Selain bisa mempelajari tentang sistem informasi, mahasiswa juga akan mengetahui mengenai masalah bisnis dan bisa menguasainya. Hal ini karena kuliah di sistem informasi memang difokuskan untuk menerapkan sistem dengan basis komputer yang kemudian diterapkan di dunia manajemen dan bisnis.

Manfaatnya, nantinya saat terjun ke lapangan kerja, mahasiswa bisa menjadi penengah dan penghubung antara masalah teknis dan juga memahami mengenai bisnis ekonomi dan manajemen sehingga lebih mahir mengatasi masalahnya.

6. Prospek Karier yang Baik

Karena berbagai ilmu bisa dipelajari di sistem informasi, maka mahasiswa Jurusan Sistem Informasi akan memiliki berbagai peluang lebih luas di bidang kariernya. Terlebih karena saat ini perkembangan teknologi dan zaman semakin maju, akan banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan yang lebih memahami banyak hal agar lebih efisien dan efektif.

Lulusan Jurusan Sistem Informasi dapat bekerja mulai dari menjadi system analyst, CEO, bekerja di instansi pemerintahan, bahkan menjadi IT Manager, atau developer. Lulusan yang memahami banyak aspek terkait sistem pengembangan, maintenance sistem informasi, dan implementasi sistem informasi dirasa akan lebih mahir dan mempermudah pekerjaan.

Kekurangan Jurusan Informasi

Setelah membahas mengenai kelebihannya, berikut ini adalah kekurangan Jurusan Sistem Informasi yang juga perlu diketahui.

1. Ilmu Teknik Tidak Mendalam

Berbeda dengan Jurusan Teknik Informatika, jurusan ini tidak fokus terhadap ilmu teknik tetapi lebih berfokus pada pengembangan dan berbagai hal terkait sistem informasi. Oleh sebab itu, teknik mengenai pemrograman dan perangkat lunak tidak lebih menjadi fokus di sini.

2. Kurang Direkomendasikan Bagi yang Ingin Jadi Programmer

Karena ilmu teknik tidak terlalu menjadi fokus di sistem informasi, maka jurusan ini kurang direkomendasikan bagi yang bercita-cita menjadi seorang programmer. Jika ingin menjadi seorang programmer, maka Jurusan Teknik Informatika lebih cocok dibandingkan dengan Jurusan Sistem Informasi.

Hal ini karena jelas, sistem informasi tidak selalu berkaitan dengan programming, melainkan penerapan dan juga cara untuk mengatasi berbagai masalah mengenai sistem informasi dan penerapannya.

Peluang Kerja atau Prospek Kerja

Karena banyaknya konsentrasi ilmu yang dipelajari pada Jurusan Sistem Informasi, maka akan banyak pula prospek kerja yang mungkin didapatkan oleh lulusan. Berikut ini beberapa prospek kerja yang bisa didapatkan oleh lulusan sistem informasi.

1. Application Developer (Android/iOS)

Perkembangan smartphone kini semakin pesat, termasuk di Indonesia. Sehingga nantinya, lulusan Jurusan Sistem Informasi akan lebih dibutuhkan untuk membuat berbagai aplikasi. Contohnya saja, kini banyak layanan jasa maupun jual beli yang dipasang sebagai aplikasi melalui perusahaan startup.

Sebut saja Gojek, Grab, Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain sebagainya. Startup tersebut pastinya sangat membutuhkan lulusan sistem informasi sebagai application developer karena dirasa lebih menguasai mengenai sistem aplikasi.

Gajinya pun tak main-main, jika ingin jadi application developer, lulusan bisa meraih gaji di angka Rp5.400.000 untuk staf, dan gaji mencapai Rp9.500.000 untuk posisi manajer.

2. Computer Engineering

Sama halnya seperti application developer, posisi computer engineering juga sangat membutuhkan lulusan Jurusan Sistem Informasi. Para lulusan akan lebih dicari karena lebih mahir mengembangkan teknik-teknik tentang komputer, mobile, dan lain sebagainya.

Selain itu, lulusan sistem informasi juga memiliki keahlian lain seperti keahlian menganalisis, menemukan, dan memecahkan masalah pada perangkat keras maupun lunak. Kisaran gaji staf jika menjadi computer engineering mencapai Rp3.900.000, sementara untuk posisi manajer bisa mencapai Rp8.200.000.

3. Data Analyst

Lulusan Jurusan Sistem Informasi juga berkesempatan bekerja menjadi seorang data analyst atau business data analyst. Pekerjaan tersebut sangat membutuhkan lulusan sistem informasi karena lebih memahami metode pengumpulan data dan cara mengolah data serta melakukan analisis lebih baik.

Kisaran gaji yang diperoleh untuk staf data analyst kira-kira Rp4.900.000, sementara posisi manajer bisa mendapat gaji mencapai Rp7.400.000.

4. UI/UC Developer

User Interface (UI) Developer merupakan pekerjaan yang hampir mirip dengan web designer. Bedanya, web designer hanya bisa mendesain web saja, sementara UI developer akan mampu mendesain aplikasi baik desktop, mobile, atau web.

Sementara itu, User Experience (UX) adalah profesi yang bertanggung jawab terhadap pengalaman pengguna mengakses sistem, baik aplikasi web, desktop, maupun mobile. Kemampuan lulusan sistem informasi dirasa lebih mahir dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Kisaran gaji yang mungkin diterima untuk staf mencapai Rp6.500.000, sementara untuk posisi manajer mencapai Rp11.700.000. Fantastis bukan?

5. Software Engineer

Lulusan Jurusan Sistem Informasi juga akan lebih disukai di posisi pekerjaan software engineer atau rekayasa perangkat lunak. Hal ini karena lulusan sistem informasi memiliki kemampuan mengembangkan software, maintenance software, hingga manajemen organisasi.

Gaji yang didapatkan untuk posisi staf sekitar Rp4.200.000 dan untuk manajer mencapai Rp7.200.000.

Rata-rata Biaya Pendidikan

Karena prospek kerja yang menjanjikan, tentu banyak yang bertanya-tanya mengenai biaya pendidikan Jurusan Sistem Informasi. Berikut ini, beberapa referensi perkiraan biaya pendidikan Jurusan Sistem Informasi.

Berbeda universitas tentunya akan berbeda juga biaya pendidikannya. Akan tetapi, sebagai gambaran, untuk jenjang pendidikan S1, diperkiraan harus mempersiapkan biaya semester (UKT) sekitar Rp4.000.000 hingga Rp6.000.000. Biaya ini bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung kebijakan universitas masing-masing.

Tentu saja biaya di atas belum termasuk biaya operasional tambahan meliputi biaya membeli buku, mengerjakan tugas kelompok, magang, KKN, bahkan membuat skripsi.

Daftar Universitas yang Memiliki Jurusan Sistem Informasi

Jika masih bingung kira-kira universitas mana saja yang memiliki Jurusan Sistem Informasi, maka berikut ini akan disajikan referensi perguruan tinggi yang memiliki Jurusan Sistem Informasi.

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

2. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

3. Universitas Indonesia

4. Universitas Bina Nusantara

5. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

6. Telkom University Bandung

7. Universitas Mercu Buana

8. UPN Veteran Jakarta

9. Universitas Airlangga

10. Universitas Brawijaya

Rekomendasi Buku Sistem Informasi

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Jurusan Lainnya

jurusan multimedia

Jurusan Multimedia

Bagikan

Jurusan Multimedia merupakan salah satu jurusan yang terdapat di jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK) dan

jurusan sosiologi

Jurusan Sosiologi

Bagikan

Baru lulus SMA, tapi bingung ingin mengambil jurusan apa? Buat kamu yang masih bingung akan

Jurusan Manajemen Bisnis

Jurusan Manajemen Bisnis

Bagikan

Sering dianggap jurusan kurang populer dan kurang bergengsi, ternyata jurusan manajemen bisnis memiliki prospek peluang

apa itu jurusan sastra inggris

Jurusan Sastra Inggris

Bagikan

Apa itu sastra inggris? Yup, betul sekali sastra inggris salah satu jurusan yang direkomendasikan. Kenapa