Jurusan Pariwisata

Table of Contents

Bagikan

Tidak banyak yang menyadari peluang lulusan jurusan pariwisata yang cukup potensial. Jurusan satu ini ternyata memiliki potensi dan prospek besar loh. Mengingat beberapa tahun belakangan, banyak obyek wisata lokal yang menawarkan pemandangan alam, wisata budaya dan masih banyak lagi. 

Peminatnya pun tidak tanggung-tanggung, banyak luar daerah yang menikmati objek wisata yang ditawarkan. Barangkali kamu salah satu yang ingin membuka wisata sendiri berbasis pengetahuan tentang ilmu pariwisata. Mengingat banyak yang membuka wisata di daerah mereka.

Meskipun banyak objek wisata yang muncul, ternyata banyak juga diantara mereka yang asal. Dimana mereka tidak tahu trik, strategi, dan ilmu tentang pariwisata itu sendiri. Jadi buat kamu yang memiliki impian menciptakan pariwisata yang memiliki prospek potensial, maka tidak ada salahnya kamu mengambil jurusan ini nih. 

Jadi pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian jurusan pariwisata, alasan, keterampilan yang akan kamu dapatkan dan kelebihan dan kekurangan. Langsung, saya, yuks kita simak ulasan lengkapnya sebagai berikut. 

Apa itu Jurusan Pariwisata?

Pengertian jurusan pariwisata dapat diartikan sebagai cabang ilmu yang diajarkan secara jalur formal. Dimana jurusan pariwisata itu sendiri fokus mempelajari tentang pariwisata. Ada beberapa cabang jika kamu mengambil jurusan pariwisata, misalnya mempelajari tentang manajemen wisata, perhotelan, tour and travel, dan masih banyak lagi.

Terkait dengan prospek kerja, jurusan pariwisata ternyata tidak melulu tentang pariwisata loh. Buat kamu yang ingin bekerja di industri pun juga masih bisa kok. Misalnya industri ivent, bisnis dan masih banyak lagi. 

Secara garis besar, jurusan pariwisata tidak sekedar mempelajari tentang wisata saja loh. Termasuk mempelajari tentang sejarah, geografi, ekonomi dan budaya. Tentu saja yang disebutkan tadi memiliki benang merah sumber daya pariwisata.

Gelar Lulusan Jurusan Pariwisata

Kesadaran masyarakat akan dunia pendidikan sudah lebih maju. Dulu tidak banyak orangtua yang berfikiran ingin menyekolahkan anak mereka hingga perguruan tinggi. Sekarang, sudah banyak orangtua yang menyadari pentingnya pendidikan hingga perguruan tinggi. 

Promo Skripsian

Berbicara tentang lulusan jika belajar di jurusan pariwisata, ternyata ada banyak gelar yang bisa kamu sandang. Diantaranya sebagai berikut. 

A. Gelar Lulusan Pariwisata S1

Mengingat kesadaran tinggi akan pendidikan, tidak heran jika ada diantara kamu yang penasaran. Apabila masuk ke S1 dan lulus, kira-kira apa sih gelar lulusan jurusan pariwisata? Jadi lulusan S1 jurusan pariwisata akan mendapatkan gelar S. Par yang artinya Sarjana Pariwisata.

B. Gelar Lulusan Pariwisata D3

Lantas, apa gelar untuk program studi diploma III pariwisata atau D3? Jadi setiap mahasiswa yang mengambil program D3 akan mendapatkan gelar akademik Ahli Madya Pariwisata, jika disingkat menjadi Amd. Par.

Daftar Reseller

Untuk beberapa kasus, ada sebagian orang yang memutuskan untuk mengambil program D3, namun ada juga yang memutuskan mengambil program S1. Semua keputusan terserah pada masing-masing orang. Nah, kamu kelompok yang mana nih? Kamu bisa share di kolom komentar ya.

Alasan Penting Memilih Jurusan Pariwisata

Barangkali kamu masih belum yakin apakah ingin masuk ke jurusan pariwisata, atau jurusan lain. Nah, berikut beberapa alasan penting memilih jurusan pariwisata. 

1. Multiple Income 

Buat kamu yang suka eksplore, setidaknya kamu dapat memperoleh penghasilan di luar gaji. Terutama buat kamu yang mengambil jurusan perhotelan. Umumnya ada biaya service yang diberikan tamu kepekerja hotel. Tentu saja jumlahnya tidak seberapa, tapi lumayanlah untuk ganti uang makan atau uang transportasi. 

Bahkan ada juga loh yang sampai memperoleh multiple income di luar gaji pokok. Tentu saja, untuk bisa seperti ini, harus bekerja dengan benar dan bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan hotel. 

2. Peluang Bisa Bekerja Di Luar Negeri 

Hayo siapa nih yang mengaku ingin keluar negeri? Ternyata mengambil jurusan pariwisata membuka peluang dan prospek buat kamu bekerja di luar negeri. Tentu saja dari soal gaji yang ditawarkan akan lebih tinggi. 

Lantas apa sih peluang kerja yang paling banyak di cari di luar negeri? yang mengambil dari jurusan pariwisata? Misalnya bekerja di kapal pesiar dan bekerja di hotel berbintang. Sudah menjadi rahasia umum jika gaji bekerja di kapal pesiar tinggi. Kelebihannya, kamu secara tidak langsung sudah berkeliling dunia juga loh.

3. Persaingan Kecil 

Tahukah kamu jika jurusan pariwisata ternyata tidak banyak diburu oleh mahasiswa. Sehingga prospek dan potensi kamu mengambil peluang di jurusan pariwisata tinggi. Begitupun peluang di dunia kerja, juga terbuka buat kamu. 

Daftar Open Reseller

Terkadang profesi yang tidak banyak dilirik orang, justru lebih menarik, karena kita bisa lebih mudah memasukan lamaran. Coba bayangkan jika jurusan tersebut diburu banyak orang.

Anggap saja perusahaan A mencari 1 orang karyawan, sementara yang mendaftarkan diri ada 200 orang. Bisa dibayangkan betapa kecil probabilitas kita bisa terjaring masuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut. 

4. Tidak Akan Mati Oleh Zaman 

Alasan lain kenapa memilih jurusan pariwisata adalah tidak lekang oleh zaman. Kita tahu bahwa manusia semakin hari semakin sibuk, didukung kemajuan teknologi yang menstimulus otak dengan data yang dapat mempengaruhi persepsi.

Data-data yang masuk jika tidak mampu ditampung di kelola dengan baik, justru bisa memicu stres. Banyaknya orang stress, maka banyak pula orang yang ingin mengembalikan mood mereka. 

Misalnya dengan berlibur, wisata alam, wisata kuliner, sekedar menikmati fasilitas hotel yang ditawarkan dan masih banyak hal yang bersifat menghibur. Jadi dengan kata lain jurusan pariwisata memiliki prospek yang bagus dan menjanjikan.

Itulah beberapa alasan mengapa mengambil jurusan pariwisata. Tentu saja masih ada banyak alasan lain kenapa mengambil jurusan ini.

Ebook Panduan Jadi Reseller

Soft Skill Yang Dibutuhkan

Setelah mengintip alasan dan pengertian jurusan pariwisata, ada info lain nih. Berikut ada beberapa soft dan hard skill yang dibutuhkan jika ingin belajar di jurusan pariwisata.

Kamu tidak akan nyesel masuk jurusan pariwisata, karena kamu tidak hanya mendapatkan gelar saja. Tetapi juga mendapatkan kompetensi soft skill. Soft skill kemampuan non teknis yang dimiliki oleh seseorang yang lahir karena bakat dan bisa juga karena memang dipelajari. Berikut kompetensi soft skill yang akan kamu dapatkan. 

2. Memiliki keterampilan berkomunikasi 

Disadari atau tidak, mengambil jurusan pariwisata akan membangun keterampilan dalam berkomunikasi. Setidaknya saat mempelajari cabang ilmu pariwisata, kamu belajar bagaimana berkomunikasi secara baik. 

Apalagi jika kamu menjadi guide bagi warga Negara asing, atau menjadi guide ke Negara luar. Maka modal utama yang harus dimiliki adalah kemampuan berkomunikasi dengan baik, sopan, beretika dan apa yang kita sampaikan mudah dipahami. 

3. Memiliki kemampuan berpikir kritis 

Mengingat jurusan pariwisata memiliki cabang pekerjaan yang bisa ditekuni, misal perhotelan, restoran, pengembangan daerah tujuan wisata, fasilitas rekreasi, atraksi wisata, pelayanan perjalanan dan transportasi. Maka secara tidak langsung kamu pun akan belajar bagaimana melakukan kontrol diri. 

Misalnya dengan berpikir dua kali, sebelum membuat keputusan. Termasuk lebih analitis dan dipikirkan secara matang terhadap persoalan yang dihadapi. Sehingga menjadikan diri kamu menjadi orang yang lebih bijak dan dewasa dalam menyikapi persoalan. 

4. Keterampilan bekerja dalam tim 

Tidak semua orang memiliki keterampilan dalam bekerja tim. Nah, setidaknya setelah kamu mempelajari dan belajar jurusan pariwisata, kamu memiliki kemampuan dan modal dasar ini nih. Jadi buat kamu yang merasa kurang percaya diri, tidak ada salahnya memilih jurusan pariwisata agar kamu memiliki keberanian. 

5. Keterampilan untuk mengelola informasi dan manajemen 

Mengambil jurusan pariwisata ternyata juga memberikan wawasan dan keterampilan bagaimana mengelola informasi dan manajemen. Ini sangat membantu kamu saat lulus kuliah, dan masuk ke dunia kerja. Setidaknya kamu sudah memiliki bekal ilmu manajemen yang memang banyak dicari oleh perusahaan di luar ilmu pariwisata. 

6. Memiliki keterampilan entrepreneur skill

Sadar atau tidak sadar, secara tidak langsung kamu memiliki keterampilan sebagai entrepreneur. Dimana jiwa entrepreneur inilah yang dapat diterapkan dalam banyak hal. Misal, lulus kuliah dari pariwisata, kamu merasa tidak cocok, setidaknya kamu memiliki jiwa entrepreneur untuk membangun usaha bisnis kamus sendiri. 

Itulah beberapa soft skill yang akan kamu dapatkan ketika mengambil jurusan pariwisata. Adapun hal yang bisa kamu dapatkan, misalnya kamu memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki etika dan moral yang matang, serta memiliki profesionalisme.

Hard Skill Yang Dibutuhkan

Tidak hanya mendapatkan soft skill saja, tetapi juga hard skill. Hard skill adalah keahlian yang paling dibutuhkan dalam pekerjaan. Umumnya hard skill ini yang dijadikan sebagai spesifikasi atau syarat saat mengirimkan lowongan kerja.

Jadi hard skill itu sendiri sebenarnya berorientasi pada IQ atau intelligence quotient yang ada kaitannya dengan bidang yang dijalankan dalam hal ini pariwisata. 

Pada dasarnya hard skill dapat dipelajari oleh semua orang. Jadi bukan berbicara masalah bakat, tetapi berbicara pada kemauan. Tentu saja caranya beragam. Ada yang dilakukan dengan cara belajar secara formal seperti masuk ke universitas, mengikuti pelatihan, mengikuti magang, mengikuti training dan masih banyak lagi yang bisa diupayakan.

Baca juga: Contoh Hard skill dan Soft skill

Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Di Jurusan Pariwisata

Ada kelebihan dan kekurangan ketika kamu mengambil jurusan pariwisata. Penasaran apa saja sih? Langsung saja simak ulasannya sebagai berikut. 

A. Kelebihan Jurusan Pariwisata 

Saat kamu memutuskan mengambil jurusan pariwisata, setidaknya kamu akan merasakan kelebihan sebagai berikut. 

  1. Prospek lapangan kerja masih terbuka lebar 

Seperti yang sudah disinggung di pembahasan sebelumnya, ternyata peluang kerja di jurusan pariwisata lebih terbuka lebar dibandingkan lulusan jurusan lain. 

  1. Mempelajari mata pelajaran dari berbagai cabang ilmu lain 

Kamu tidak hanya mempelajari tentang pariwisata saja, tetapi juga mempelajari cabang lain yang masih ada kaitannya dengan cabang pariwisata. 

  1. Lebih banyak praktek daripada teori 

Tahukah kamu, saat mempelajari jurusan pariwisata, kamu akan lebih banyak praktek daripada teori. Maka tidak heran jika lulusan pariwisata menjadi pribadi yang terampil. 

  1. Mengasah kemampuan komunikasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kelebihan belajar di jurusan pariwisata kita kita lebih komunikatif terhadap siapapun. Karena memang komunikasi yang baik kunci kesuksesan di pariwisata.

Baca juga: Public Speaking: pengertian dan tips

  1. Mengasah kemampuan percaya diri

Buat kamu yang mengaku tidak percaya diri atau sulit percaya diri, nah buat kamu yang tidak memiliki kemampuan ini, bisa pilih jurusan ini untuk melawan diri sendiri 

B. Kekurangan Jurusan Pariwisata

Setelah mengetahui beberapa keuntungan mengambil jurusan pariwisata, ada beberapa kelemahan saat mengambil jurusan ini. 

  1. Biaya mahal

Pasalnya jurusan pariwisata ini salah satu jurusan yang memakan biaya pendidikan yang cukup tinggi loh. Jadi kamu bisa mempersiapkan diri uang tabungan dan agar tidak habiskan uang dengan belanja tidak jelas. 

  1. Jika belum punya tujuan, jurusan ini tidak direkomendasikan 

Buat kamu yang masih ragu dan tidak memiliki tujuan yang jelas dan pasti di bidang pariwisata, maka tidak disarankan. Karena sayang bukan jika kuliah asal masuk dan asal ambil jurusan. Tujuannya agar tidak terjadi salah jurusan dan penyesalan di belakang. 

  1. Cakupan matari lumayan sempit

Konon katanya, jurusan pariwisata cakupan materinya terbilang terbatas atau sempit. Padahal pada kenyataannya kamu akan mempelajari cabang ilmu lain. 

  1. Persaingan ketat

Mengingat peluang pariwisata beberapa tahun terakhir ketat. Maka tidak heran jika persaingan saat ini terbilang ketat. Jadi memang ingin sukses, harus siap dengan segala konsekuensinya. 

Itulah ulasan tentang jurusan pariwisata. Semoga ulasan tentang pengertian, gelar lulusan jurusan pariwisata, alasan memilih jurusan ini dan keterampilan yang kamu peroleh ini ada manfaatnya. 

Sebagai tambahan informasi, buat kamu yang ingin mengambil jurusan pariwisata, kamu bisa mengambil di masing-masing universitas di kota kalian. Umumnya setiap daerah memiliki jurusan  pariwisata. Tentu saja kamu harus spoiler terlebih dahulu, sebelum memutuskan mendaftarkan diri di kampus tersebut. Agar tidak nyesel dengan pilihan kampusnya

Rekomendasi Buku Pariwisata

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Jurusan Lainnya

jurusan multimedia

Jurusan Multimedia

Bagikan

Jurusan Multimedia merupakan salah satu jurusan yang terdapat di jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK) dan

jurusan sosiologi

Jurusan Sosiologi

Bagikan

Baru lulus SMA, tapi bingung ingin mengambil jurusan apa? Buat kamu yang masih bingung akan

Jurusan Manajemen Bisnis

Jurusan Manajemen Bisnis

Bagikan

Sering dianggap jurusan kurang populer dan kurang bergengsi, ternyata jurusan manajemen bisnis memiliki prospek peluang

apa itu jurusan sastra inggris

Jurusan Sastra Inggris

Bagikan

Apa itu sastra inggris? Yup, betul sekali sastra inggris salah satu jurusan yang direkomendasikan. Kenapa