Jurusan Multimedia

Table of Contents

Bagikan

Jurusan Multimedia merupakan salah satu jurusan yang terdapat di jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK) dan universitas. Banyak yang sudah mengetahui mengenai Jurusan Multimedia, akan tetapi tidak banyak yang mengetahui apa itu Jurusan Multimedia. Oleh sebab itu, di bawah ini akan dijelaskan secara lebih detail mengenai Jurusan Multimedia

Apa Itu Jurusan Multimedia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian multimedia yaitu penyediaan informasi pada komputer yang menggunakan suara, grafika, animasi, dan juga teks. Multimedia merupakan gabungan lebih dari satu media yang digunakan untuk menyampaikan atau memberikan informasi.

Untuk menguasai atau memahami mengenai multimedia, tentu dibutuhkan pengalaman dan juga pengetahuan yang mumpuni. Oleh sebab itu, ada Jurusan Multimedia yang memang ditujukan untuk memenuhi kompetensi dan mencapai tujuan dari multimedia itu sendiri. Lalu apa sebenarnya Jurusan Multimedia itu?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Jurusan Multimedia ini terdapat di sekolah menengah kejuruan (SMK). Nantinya, siswa yang mempelajari ilmu multimedia pada Jurusan Multimedia bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di universitas, baik di Program Studi Komputer, Teknik Informatika, dan lain sebagainya.

Jurusan Multimedia ini mempelajari mengenai penggunaan komputer. Selain itu, siswa yang mengambil Jurusan Multimedia ini juga belajar mengenai bagaimana cara menyajikan data dalam bentuk suara, animasi, teks, gambar, maupun video.

Ada pun materi yang diajarkan atau dipelajari siswa Jurusan Multimedia di SMK yaitu menguasai berbagai macam alat atau tools, misalnya CorelDraw, After Effect, Adobe Photoshop, Freehand, dan lain sebagainya. Dengan demikian, para siswa dituntut harus memahami berbagai tools tadi untuk menguasai bidang multimedia.

Anda juga harus mengenal berbagai mata pelajaran yang diajarkan di Jurusan Multimedia, misalnya Simulasi dan Komunikasi Digital, Sistem Komputer, Komputer dan Jaringan Dasar, Pemrograman Dasar, Dasar Desain Grafis, Desain Media Interaktif, Teknik Pengolahan Audio dan Video, Desain Grafis Percetakan, dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan Jurusan Multimedia yang ada di jenjang SMK, di jenjang perguruan tinggi, berbagai ilmu multimedia yang dipelajari tidak sama persis dengan yang dipelajari di SMK. Mahasiswa yang mengambil Jurusan Multimedia di universitas biasanya mempelajari berbagai mata kuliah yang lebih kompleks.

Promo Skripsian

Di universitas, Jurusan Multimedia ini memiliki fokus terhadap pemanfaatan teknologi dan juga memproduksi dan mendistribusikan konten multimedia. Pada dasarnya, multimedia dibagi menjadi dua jenis yaitu multimedia linear dan multimedia interaktif.

Multimedia linier artinya multimedia yang berjalan tanpa adanya alat pengontrol yang artinya bisa dioperasikan pengguna seperti halnya pada televisi dan juga film. Sementara multimedia interaktif adalah multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang bisa dioperasikan oleh pengguna sehingga terjadi interaksi pengguna, misalnya games.

Dengan mempelajari berbagai ilmu di Jurusan Multimedia, maka mahasiswa juga dituntut memiliki berbagai keahlian dalam hal penggunaan teknologi multimedia, perangkat multimedia, hingga teknologi multimedia interaktif yang sifatnya standalone atau sistem terdistribusi.

Daftar Reseller

Di dalam Jurusan Multimedia, mahasiswa juga akan diajarkan teknologi yang mana menggabungkan teknologi komputer, sistem video dan audio untuk mendapatkan kombinasi yang lebih baik dan meningkatkan interaksi antara pengguna dengan komputer. Sehingga ada dua jenis perangkat yang dipelajari, yaitu perangkat lunak atau software dan perangkat keras atau hardware.

Daftar Mata Kuliah yang Diajarkan

Untuk menguasai ilmu multimedia, mahasiswa Jurusan Multimedia akan mempelajari berbagai ilmu di bidang atau mata kuliah. Tentu saja ini akan cocok bagi mahasiswa yang memiliki minat dan bakat di bidang filmografi, fotografi, dan video karena mata kuliah di jurusan ini sangat relevan.

Berikut adalah beberapa mata kuliah yang ada di Jurusan Multimedia.

  1. Matematika Komputer
  2. Algoritma dan Pemrograman
  3. Aljabar Linear
  4. Sistem Operasi
  5. Matematika Diskrit
  6. Struktur Data
  7. Statistik
  8. Aplikasi Komputer Grafis
  9. Metode Numerik
  10. Rekayasa Perangkat Lunak
  11. Jaringan Komputer
  12. Animasi 3D
  13. Video Digital
  14. Database
  15. Matematika Teknik
  16. Pengujian Perangkat Lunak
  17. Interaksi Manusia dan Komputer
  18. Pemrograman Game
  19. Kecerdasan Buatan
  20. Pengantar Gamafikasi
  21. Pengolahan Sinyal dan Audio
  22. Manajemen Proyek Multimedia
  23. Project Multimedia
  24. Technopreneurship
  25. User Interaction Design
  26. Realitas Sistem
  27. Pengantar Cloud Computing

Dan masih banyak lagi beberapa mata kuliah tergantung bagaimana kompetensi yang dibutuhkan di universitas tertentu. Apabila kalian membutuhkan buku referensi yang terbaru, jangan risau dan bingung sebab semuanya sudah disediakan di toko buku online Deepublish. Semua buku diatas ada ya, karena fokus kami adalah mahsiswa.

Kelebihan dan Kekurangan

Dengan mengetahui apa itu Jurusan Multimedia dan apa saja mata kuliah yang dipelajari di jurusan tersebut, tentu Anda juga ingin mengetahui apa saja kelebihan dan juga kekurangan mengambil Jurusan Multimedia. Berikut ini akan dijelaskan kelebihan dan kekurangan belajar di Jurusan Multimedia

A. Kelebihan Jurusan Multimedia

Bagi Anda yang memiliki minat di bidang multimedia, tentu akan mendapatkan keuntungan belajar di Jurusan Multimedia. Berikut adalah kelebihan atau keuntungan mengambil Jurusan Multimedia.

1. Memahami Ilmu Komputer Secara Lebih Dalam

Jika belajar di Jurusan Multimedia, maka Anda akan memahami ilmu komputer lebih detail dan mendalam. Hal ini karena hampir 80 persen mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Multimedia membuat mahasiswa akan berinteraksi dengan layar komputer untuk mengerjakan segala sesuatu, baik itu tugas, proyek, dan lain sebagainya.

Daftar Open Reseller

Anda akan diajak mengenal berbagai sistem kerja komputer baik untuk pelajaran maupun untuk kehidupan sehari-hari. Sehingga Anda harus mengetahui teknologi atau melek tentang teknologi informasi dan komunikasi. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah menerima dan memahami mata kuliah yang diajarkan.

2. Lebih Mahir Mengoperasikan Software Komputer

Jika Anda memahami dan menguasai ilmu komputer lebih mendalam, maka Anda juga akan lebih mahir dalam mengoperasikan software yang terdapat di dalam komputer tersebut. Sebab tak bisa dipungkiri, saat belajar komputer maka Anda akan mempelajari berbagai hal baru di dalam komputer tersebut.

Dengan demikian, maka mahasiswa Jurusan Multimedia ini akan lebih aktif untuk mengetahui, mempelajari, dan mencari cara terbaik memecahkan masalah yang terdapat di dalam komputer, salah satunya terkait software apa yang digunakan, bagaimana cara melakukan desain, editing, dan masih banyak lagi.

3. Mampu Membuat Karya yang Profesional

Anda juga akan mampu membuat karya yang profesional dari hasil belajar di Jurusan Multimedia, misalnya Anda melakukan inovasi membuat pemrograman untuk karya yang bernilai jual dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan keuntungan materi dari keahlian yang Anda miliki tersebut.

4. Lebih Mahir Sebagai Konten Kreator

Ketika Anda memahami berbagai aspek yang ada di dalam Jurusan Multimedia yang diajarkan, mudah bagi Anda menjadi seorang konten kreator yang menguasai berbagai hal, baik dalam penyusunan konten, mendesain konten, dan lain sebagainya. Hal ini karena seorang konten kreator yang baik adalah yang menguasai berbagai hal yang diajarkan di dalam Jurusan Multimedia.

Anda bisa menjadi seorang Youtuber, Blogger, dan lain sebagainya yang sukses dengan mengembangkan dan mengaplikasikan berbagai keahlian dan kemampuan yang Anda miliki.

Ebook Panduan Jadi Reseller

5. Menghasilkan Uang

Tak hanya terjun di dunia kerja sebagai karyawan, Anda juga dapat menjual jasa kehamilan yang dimiliki kepada siapa saja yang membutuhkan. Dengan demikian maka Anda akan dengan mudah mendapat keuntungan dan penghasilan tambahan jika Anda menguasai dunia multimedia.

B. ekurangan Jurusan Multimedia

Tak hanya memiliki kelebihan, Jurusan Multimedia juga memiliki kekurangan. Berikut adalah kekurangan dalam belajar di Jurusan Multimedia.

1. Membutuhkan Peralatan dengan Biaya yang Mahal

Meski punya banyak keuntungan, perlu diperhatikan bahwa kuliah di Jurusan Multimedia membutuhkan biaya yang besar terkait peralatan yang harus digunakan dan dimiliki. Misalnya teknologi dengan spesifikasi tertentu yang bisa digunakan untuk menunjang kuliah, yaitu kamera video, komputer grafis, dan lain sebagainya.

Peralatan tersebut tentu tidak murah dan Anda harus memilikinya demi lancarnya proses belajar. Sehingga harus dipertimbangkan kemampuan Anda untuk membeli peralatan tersebut.

2. Memerlukan Perawatan Khusus

Selain biaya membeli peralatannya mahal, biaya perawatannya juga cukup besar. Peralatan yang digunakan di Jurusan Multimedia memerlukan perawatan khusus dan serius agar tetap berfungsi dengan baik. Anda harus rajin memeriksa dan melakukan servis rutin agar alat tersebut mampu digunakan atau dioperasikan dengan baik.

3. Telaten dan Sabar

Selain itu, dari user atau penggunanya juga diperlukan ketelatenan dan juga kesabaran ekstra. Anda akan mendapat banyak tugas yang cukup rumit dan butuh waktu yang cukup panjang untuk mengerjakannya. Dengan demikian, Anda harus telaten dan sabar dalam mengerjakan tugas dan proyek tersebut sampai selesai.

Tetapi santai, apabila ada kendala masalah keuangan bisa dengan mencari beasiswa juga atau dengan bisnis kecil-kecilan. Berikut rekomendasi Bisnis Online Mahasiswa yang Menjanjikan.

Prospek Kerja dan Penjelasan Singkat

Lalu apa prospek kerja yang bisa dilakukan setelah lulus dari Jurusan Multimedia? Berikut ini adalah prospek kerja atau peluang kerja yang bisa diraih oleh mahasiswa setelah lulus dari Jurusan Multimedia.

1. Graphic Designer

Setelah lulus dari Jurusan Multimedia, Anda bisa memiliki peluang kerja sebagai graphic designer baik untuk suatu perusahaan maupun membuka usaha sendiri sebagai graphic designer. Pekerjaan ini menuntut seorang desainer grafis untuk bertanggung jawab membuat desain.

Desain tersebut bisa digunakan untuk keperluan publikasi di website, media cetak, kemasan produk, poster, dan bahkan membuat identitas visual untuk keperluan branding perusahaan. Biasanya, Anda akan diarahkan mengembangkan brief dari klien dan mengembangkan konsep kreatif sesuai dengan brief yang diberikan.

2. Animator atau Ilustrator

Anda juga bisa menjadi animator atau ilustrator. Kedua pekerjaan ini membutuhkan daya imajinasi yang tinggi karena seorang ilustrator harus mampu menggabungkan seni, desain, dan juga kreaktivitas untuk mendapatkan hasil visual yang apik dan orisinil dan mampu diperjualbelikan.

Para ilustrator biasanya memiliki gaya dan ciri khas sendiri yang membedakan dengan ilustrator lainnya. Hal ini yang menjadi daya tarik apakah Anda akan dilirik oleh klien.

Sementara itu, animator akan bekerja dengan melibatkan keahlian seni dan membuat gambar gerak baik dalam bentuk 2 dimensi atau 2D, 3 dimensi atau 3D, dan lain sebagainya yang kemudian bisa dikembangkan dan digunakan untuk film, iklan, video, website, games, dan masih banyak lagi.

3. Web Designer

Seorang web designer harus mampu menggabungkan desain dan programming untuk membuat layout website dan juga melakukan coding website untuk membuat website menjadi baik dan mampu bekerja dengan maksimal.

4. Game Modeler/Designer

Anda yang memiliki passion games bisa menyalurkan minat Anda sebagai seorang game modeler atau game designer yang mencakup berbagai ruang lingkup kerja, mulai dari karakter, alur cerita, cara permainan, dan lain sebagainya.

5. Interactive Media Designer

Anda juga dapat membuat desain interaktif yang dibutuhkan untuk membuat website, game, materi pembelajaran online, dan lainnya. Interaktif desainer memiliki job desk yang hampir mirip dengan software developer, sehingga tak jarang juga mereka dibutuhkan untuk membuat produk dengan mengkoding dan mengetes keseluruhan fungsi produk yang dibuat.

Universitas yang Ada Jurusan Multimedia

Berikut ini adalah beberapa universitas yang memiliki Jurusan Multimedia.

  1. Universitas Telkom (Tel-U)
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Politeknik Negeri Jakarta
  4. Sekolah Tinggi Multi Media (MMTC) Yogyakarta

Jurusan Terkait dengan Jurusan Multimedia

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Jurusan Lainnya

jurusan multimedia

Jurusan Multimedia

Bagikan

Jurusan Multimedia merupakan salah satu jurusan yang terdapat di jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK) dan

jurusan sosiologi

Jurusan Sosiologi

Bagikan

Baru lulus SMA, tapi bingung ingin mengambil jurusan apa? Buat kamu yang masih bingung akan

Jurusan Manajemen Bisnis

Jurusan Manajemen Bisnis

Bagikan

Sering dianggap jurusan kurang populer dan kurang bergengsi, ternyata jurusan manajemen bisnis memiliki prospek peluang

apa itu jurusan sastra inggris

Jurusan Sastra Inggris

Bagikan

Apa itu sastra inggris? Yup, betul sekali sastra inggris salah satu jurusan yang direkomendasikan. Kenapa