Jurusan Ilmu Komunikasi

Pendahuluan

Jurusan ilmu komunikasi – Memutuskan mengambil jurusan ilmu komunikasi di tengah pesatnya perkembangan digital adalah pilihan yang tepat. Seperti yang kamu tahu bahwa banyak peluang yang bisa dikembangkan di bidang ini. Buat kamu yang baru lulus SMA/K/MA yang ragu ingin mengambil jurusan ilmu komunikasi dengan ilmu yang lain, bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut ini. 

Pengertian Jurusan Ilmu Komunikasi

Sifat dari ilmu komunikasi itu sendiri sebagai ilmu terapan dan ilmu sosial yang bersifat multidisipliner atau interdisipliner. Realita di lapangan, ilmu komunikasi memang digunakan untuk banyak hal, kepentingan dan kegiatan. Bahkan, dalam bekerja, menjalankan perusahaan dibutuhkan ilmu komunikasi ini loh. 

Secara epistemologi, ilmu komunikasi tidak sekedar ilmu sosiologi, tetapi juga studies. Tidak heran jika ilmu komunikasi yang merupakan kegiatan profesionalisme dan menjanjikan terkait peluang kerja. Berikut awal mula ilmu komunikasi. Berikut beberapa pendapat ahli tentang komunikasi.

Pengertian Ilmu Komunikasi

  1. Carl I. Hovland
    Ilmu komunikasi sebenarnya ilmu yang tersusun secara sistematis. Ilmu komunikasi sering digunakan untuk merumuskan secara tegas asas-asas penyampaian informasi dan membentuk pendapat maupun sikap. Dengan kata lain, ilmu komunikasi tidak sekedar mempelajari interaksi komunikasi, tetapi juga mempelajari tentang public opinion dan public attitude dalam kehidupan sosial. 
    Hovland juga menyebutkan bahwasanya komunikasi sebagai proses mengubah perilaku orang lain, mengubah tentang pendapat, dan perilaku seseorang. 
  2. Lasswell

     

    Berbeda dengan Lasswell yang mengartikan bahwa ilmu komunikasi itu sendiri memiliki lima unsur, yaitu adanya komunikator, pesan, media, komunikan dan efek. Dari unsur tersebut, secara tidak langsung menunjukan bahwa komunikasi sebagai stimulus yang menimbulkan respons atau efek. 

    Ilmu komunikasi menjadi cabang ilmu yang sekarang banyak dipelajari. Lasswell setuju jika komunikasi dijadikan sebagai objek studi ilmiah dan sudah dilakukan penelitian oleh para ahli

  3. Theodore M. Newcomb
    Theodore M. Newcomb mengartikan bahwa komunikasi sebagai transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan yang diskriminatif dari sumber kepada penerima. 
  4. Theodore M. Newcomb 
    Berbeda lagi dengan Card R. Miller yang memaknai komunikasi upaya untuk menyampaikan pesan (rangsangan) yang dapat mengubah perilaku orang lain

Skill yang Dibutuhkan

Berikut ini skill dasar yang diperlukan dan akan diasah ketika kamu masuk di jurusan ilmu komunikasi lebih jauh lagi.

  1. Kemampuan berbicara di depan umum
  2. Kemampuan dasar desain
  3. Kemampuan dasar fotografi
  4. Kemampuan berpikir secara out of the box 
  5. Kemampuan menulis kreatif 
  6. Teamwork
  7. Critical Thinking

Apa yang Diajarkan?

Daftar mata kuliah yang diajarkan dalam ilmu komunikasi memiliki banyak cabang yang akan kamu pelajari di sana, diantaranya sebagai berikut. 

  1. Cabang ILmu Psikologi
    Meskipun jurusan ilmu komunikasi bukanlah ilmu psikologi, ternyata ada bagian ilmu psikologi yang masuk dalam ilmu komunikasi. Maka tidak heran jika nanti kamu juga akan mempelajari sedikit tentang psikologi.

    Cabang ilmu tersebut meliputi pengantar sosiologi dan Psikologi komunikasi. Dimana cabang ilmu ini sangat membantu melihat secara psikologis. Dijamin deh, cabang ilmu ini akan menarik dan menyenangkan. Karena kamu sebenarnya tidak hanya mempelajari tentang ilmu komunikasi saja, tetapi mempelajari ilmu yang lainnya.

  2. Komunikasi Strategis

    Cabang ilmu komunikasi strategis salah satu cabang yang tidak kalah menarik untuk dipelajari juga. Di sana kamu akan mempelajari tentang ilmu komunikasi pemasaran, public relations management, corporate social responsibility dan public relation writing. Nah, disini kamu akan fokus pada cara dan trik-triknya.

    Begitupun dengan cabang ilmu strategis lebih lanjut, kamu akan mempelajari lebih tentang EO management, public relations campaign, desain komunikasi visual dan riset komunikasi strategis. Tidak berhenti sampai disitu saja, kamu pun juga akan mempelajari yang namanya branding management, riset komunikasi strategi, ilmu fotografi kreatif dan copywriting periklanan.

  3. Jurnalistik dan Industri Media

    Pada cabang ilmu jurnalistik dan industri media ada beberapa cabang lain yang akan kamu pelajari di sana. Misalnya, teknik melakukan peliputan berita, teknik menulis berita, dan tentang produksi berita televisi dan radio. Buat kamu yang tertarik di dunia industri media dan jurnalistik, bisa juga ambil jurusan ini. 

    Nanti setelah masuk ke semester lebih lanjut, di bidang jurnalistik dan industri media, kamu juga akan diajak mendalami lebih lanjut tentang gimana sih melakukan riset media, mempelajari jurnalistik online, liputan investigasi dan bagaimana cara mengambil foto jurnalistik yang baik dan benar.

  4. Bahasa 
    Kamu juga akan mempelajari beberapa bahasa. Memang tidak akan membahas secara lengkap dan mendalam. Setidaknya disana kamu bisa tahu tentang beberapa bahasa, ada bahasa inggris, mandarin, dan masih banyak lagi. Umumnya tergantung pada kebijakan dari masing-masing universitas ingin mempelajari tentang bahasa apa.

6 Alasan Mengapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi

Alasan kenapa harus memilih ilmu komunikasi ternyata tidak sekedar agar bisa berkomunikasi secara baik dengan orang lain. Tetapi juga akan mempelajari cabang ilmu psikologi. Kok ada psikologi? Yap. Karena dari hasil komunikasi akan menimbulkan persepsi, prasangka dan akan membentuk sikap. 

Bahkan, kamu juga bisa mempelajari tentang komunikasi bahasa tubuh. Setidaknya ada banyak hal baru dan menyenangkan yang akan kamu pelajari di dalam ilmu ini. 

Oh iya, ternyata masih ada alasan lain kenapa mengambil jurusan ini. Penasaran? yuk langsung simak alasan lainnya sebagai berikut. 

  1. Kamu memiliki kemampuan berkomunikasi verbal lebih tertata, mudah dipahami oleh orang lain. 
  2. Memiliki prospek kerja yang lebih luas. Setidaknya dari ilmu yang kamu dapat, ada beberapa peluang kerja yang bisa kamu bidik. Misalnya bisa milih tentang editor, penulis, copywriter, announcers, journalist, menjadi komunikasi strategis yang meliputi labor relations specialists dan masih banyak lagi. 
  3. Memiliki jiwa jurnalis, karena kamu lebih tabayyun atau mengklarifikasi ke narasumber jika ada informasi atau data yang meragukan. 
  4. Memiliki banyak keterampilan. Yap, betul sekali, jika kamu mengambil jurusan ilmu komunikasi, kamu memiliki banyak keterampilan dan dasar ilmu. Karena disana kamu juga akan mempelajari ilmu (Public Relation (PR), jurnalistik, broadcasting, publik speaking dan masih banyak lagi. 
  5. Kamu lebih pintar beretorika yang baik dan benar.
  6. Memiliki pemikiran yang lebih terbuka terhadap sesuatu hal. Sehingga kamu terlihat lebih analitis dan kritis. Kareena kekritisan ini pulalah yang secara tidak langsung mendorong kamu lebih up to date.

Sifat Yang Cocok Masuk Di Jurusan Ini

  1. Public Speaking
    Siapa yang merasa punya bakat ngomong di depan banyak orang? atau memiliki daya tarik berbicara di depan umum? Jika iya, kamu cocok masuk jurusan ilmu komunikasi.

    Berbicara di depan umum atau public speaking salah satu kemampuan dasar yang akan dipelajari dan dikembangkan di jurusan ini nih. Kemampuan public speaking ini kelihatannya mudah, ternyata jika dipraktekan tidak semua orang bisa melakukan. Menariknya lagi, saat berbicara di depan umum sekalipun, tidak asal-asalan, perlu yang namanya memperhatikan gesture tubuh yang akan dipelajari juga di cabang ilmu ini nih.

  2. Marketing
    Dari SMA/K/MA kamu suka dengan jual beli? Atau sudah senang nawar-nawarin produk jasa atau apapun itu yang berbau dengan periklanan?

    Buat kamu yang memiliki bakat di dunia marketing, jurusan ILmu komunikasi juga pas dan cocok buat kamu. Nah, di sini kamu akan mempelajari banyak sekali trik, strategi bagaimana menjalankan marketing yang tepat sasaran.

  3. Tertarik Di Dunia Penelitian
    Barangkali ada yang suka dengan dunia penelitian dan riset? Ternyata riset juga akan diajarkan di cabang ilmu satu ini. Setidaknya di jurusan ini nanti kamu akan mempelajari antara keterampilan tentang teori riset, pengolahan data sampai dengan bagaimana cara membuat sebuah analisa.
  4. Manajemen
    Ingin menjadi seorang manajemen yang handal? Ilmu komunikasi lah jawabannya. Jika jenjang S1 dianggap kurang, kamu bisa mempelajari ilmu manajemen lebih terfokus di jenjang S2. 
  5. Jurnalistik
    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ilmu jurnalistik termasuk dalam ilmu komunikas. Setidaknya dari cabang ilmu ini kamu tidak sekedar belajar bagaimana menulis berita, tetapi juga akan mempelajari bagaimana seni memotret jurnalistik, cara melontarkan pertanyaan kepada narasumber dan mempelajari kode etik menjadi seorang wartawan yang profesional.

  6. Desain Grafis
    Nah, buat kamu yang suka dengan dunia corat-coret, apapun itu bentuk coretannya ilmu komunikasi juga akan mempelajari tentang desain grafis loh. Orang yang memiliki kemampuan desain grafis, memiliki jiwa-jiwa kreatif yang hidup bebas dan memiliki karakter yang unik daripada orang pada umumnya. Nah, apakah kamu salah satunya?

  7. Fotografi
    Siapa sih yang tidak kenal dengan fotografi? Saya yakin banyak orang yang suka memfoto. Tetapi tidak banyak orang yang tahu ilmu fotografi itu sendiri seperti apa. Buat kamu yang tertarik ingin mempelajari secara dalam, bisa nih mengambil ilmu komunikasi.

  8. Videografi
    Videografi sekarang juga banyak diminati generasi Z yang akrab dengan internet. Apalagi sekarang youtube sedang heboh. Banyak dibutuhkan tenaga editing video dan kemampuan dalam pervideoan. Maka peluang ini bisa kamu coba nih.

10 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Salah satu tujuan dari meraih gelar sarjana adalah mendapatkan karir yang lebih baik bukan? Nah buat kamu yang lulusan SMA/ SMK atau sudah bekerja, ini dia beberapa prospek karir bagi sarjana Ilmu Komunikasi :

  1. Product Manager
  2. Analis Pasar Dan Bisnis
  3. PR (Public Relation)
  4. Broadcasting
  5. Social Media Specialist
  6. Digital Marketing
  7. Brand Strategist
  8. Copywriter & Content Writer
  9. Jurnalis
  10. Editor
  11. Dosen/Pengajar

15 Kampus Pilihan Jurusan Ilmu Komunikasi

Berikut ini adalah daftar 10 kampus pilihan untuk jurusan Ilmu Komunikasi :

  1. Universitas Gadjah Mada 
  2. Universitas Indonesia 
  3. Universitas Brawijaya 
  4. Universitas Jenderal Soedirman 
  5. Universitas Pendidikan Indonesia 
  6. Universitas Riau 
  7. Universitas Hasanuddin 
  8. Universitas Lambung Mangkurat 
  9. Universitas Diponegoro 
  10. Universitas Sumatera Utara
  11. Universitas Airlangga
  12. Universitas Padjadjaran 
  13. Universitas Lampung 
  14. Univrsitas Sebelas Maret 
  15. Universitas Pasundan

Artikel Tentang Ilmu Komunikasi

makna komunikasi
admin

Apa Itu Komunikasi? Ketahui Makna Komunikasi Berikut

Apa itu Komunikasi? Makna Komunikasi – Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari Komunikator ke Komunikan melalui saluran atau media dengan harapan mendapatkan umpan balik. Kemampuan

Pondok Djawara Deepublish