Jurusan Jurnalistik

Pengertian Jurusan Jurnalistik

Sering membaca atau mendengarkan berita terkini? Setiap berita yang dimuat di media massa, baik dalam bentuk tulisan seperti di koran dan dalam bentuk video seperti siaran berita di televisi tentunya tidak langsung berbentuk berita seperti yang dibaca dan didengar.

Proses untuk menyusun sebuah berita cukup panjang, sehingga melibatkan sejumlah orang untuk menghimpun informasi yang bisa dan memang masuk kategori berita. Selanjutnya dikemas untuk bisa disampaikan dengan baik dan menarik kepada publik.

Jika kamu tertarik dengan seluk-beluk berita tersebut, maka saat kuliah bisa masuk ke jurusan jurnalistik. Berikut informasi detail mengenai jurusan satu ini.

Apa itu Jurusan Jurnalistik?

Jurusan jurnalistik merupakan sebuah jurusan yang mempelajari mengenai kegiatan mencari, mengolah, dan menyebarluaskan suatu informasi atau berita kepada khalayak. Informasi yang sudah dicari dan disusun tersebut kemudian dipublikasikan melalui media massa.

Melalui jurusan atau program studi ini, kamu akan memahami bagaimana proses mencari bahan berita. Kemudian menulis dan menyunting berita yang didapat tersebut agar tidak hanya menarik dan mudah dipahami, namun menyampaikan informasi sesuai fakta di lapangan.

Berhubung media massa yang digunakan untuk mempublikasikan berita yang didapat dan disusun cukup banyak. Maka kamu yang masuk jurusan ini juga akan mempelajari jenis-jenis dan karakter dari masing-masing media massa tersebut.

Mahasiswa di jurusan ini pada semester tertentu oleh pihak kampus diberi kebebasan untuk memilih konsentrasi. Bisa berhubungan dengan media massa yang akan ditekuni, apakah media massa elektronik, digital, maupun media cetak

Mata Kuliah Jurusan Jurnalistik

Kamu yang pada akhirnya memutuskan untuk masuk ke jurusan jurnalistik nantinya akan menerima beberapa mata kuliah menarik berikut ini: 

  1. Bahasa Jurnalistik
    Mata kuliah yang pertama adalah bahasa jurnalistik, yakni mata kuliah yang fokus mempelajari gaya bahasa yang digunakan dalam menyusun sebuah berita atau informasi.
    Bahasa inilah yang umum digunakan oleh wartawan dalam menyusun berita, dan terdapat aturan tersendiri. Aturan dan cara menyusun bahasa dalam berita inilah yang akan dipelajari disini.
  2. Penulisan Berita
    Berikutnya ada mata kuliah penulisan berita dan termasuk ke dalam mata kuliah wajib bagi mahasiswa di jurusan jurnalistik. Mata kuliah ini mempelajari mengenai teknik penulisan suatu berita. Sehingga mahasiswa disini bisa terampil dan handal dalam menulis berita yang menarik, mudah dipahami, sekaligus tetap sesuai fakta.
  3. Broadcasting
    Mahasiswa yang masuk ke jurusan jurnalistik juga perlu memiliki keterampilan dalam membacakan berita. Sehingga mendapatkan mata kuliah broadcasting yang mengasah keterampilan dalam membaca berita dengan baik dan benar.
  4. Pengantar Ilmu Jurnalistik
    Mata kuliah wajib berikutnya adalah pengantar ilmu jurnalistik, dimana menjadi dasar dalam memahami dunia jurnalistik. Mata kuliah ini akan didapat di semester awal dan menjadi pondasi untuk masuk ke semester berikutnya.

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Jurnalistik

Kelebihan

Jurusan jurnalistik dikenal memiliki sejumlah kelebihan, beberapa diantaranya adalah:

  1. Lapangan kerja setelah lulus sangat luas, tidak hanya di bidang jurnalistik namun juga di bidang lain. Salah satunya di bidang perfilman atau hiburan.
  2. Memiliki keterampilan yang beragam mulai dari keterampilan berkomunikasi, membaca berita, menulis, melakukan wawancara, dan sebagainya.
  3. Punya wawasan luas karena terus mengikuti perkembangan berita.
    Punya kemampuan ejaan yang baik.
  4. Menjadi pribadi yang tangguh, sebab mencari berita dan mengolahnya menjadi berita yang enak dibaca butuh perjuangan panjang.

Kekurangan

Selain punya banyak kelebihan, jurusan jurnalistik juga punya kekurangan. Misalnya:

  1. Kurang cocok untuk yang sulit beradaptasi dengan lingkungan baru, karena seorang calon jurnalis dituntut untuk mudah beradaptasi dalam upaya mencari berita.
  2. Kurang cocok untuk yang suka bekerja di depan layar komputer, karena jurusan ini lebih sosok untuk yang suka kerja di lapangan.

7 Alasan Memilih Jurusan Jurnalistik

Jurusan kuliah memang sangat banyak, dan kamu perlu memilih yang benar-benar sesuai keinginan. Apabila selama ini memiliki ketertarikan dengan dunia jurnalistik seperti wartawan, penulis berita di koran, pembaca berita di televisi, dan sebagainya.

Maka kamu perlu masuk kuliah di jurusan jurnalistik, dimana termasuk jurusan yang sangat populer. Ada banyak alasan yang membuat jurnalistik sebagai jurusan terbaik untuk dipilih, seperi yang dikutp dari laman Luther.edu, diantaranya adalah:

  1. Masa Kuliah yang Menyenangkan
    Alasan pertama yang membuat jurusan jurnalistik tepat untuk dipilih adalah karena memberi masa kuliah yang menyenangkan. Sebab akan benar-benar belajar hal baru dimana belum didapatkan di bangku SMA maupun SMK.
    Selain itu jurusan ini juga minim mata kuliah hitungan, sehingga fokus menjadi calon jurnalis yang profesional dan paham kode etik. Kamu akan lebih sering mencari berita, menulis berita, dan membaca literatur yang berhubungan dengan dunia berita dan komunikasi.
  2. Prospek Kerja yang Terbuka Lebar
    Alasan berikutnya adalah berhubungan dengan prospek kerja, khusus untuk lulusan di jurusan jurnalis memang kebanyakan bekerja di bidang jurnalis. Misalnya menjadi wartawan, pembaca berita, editor, penulis berita, dan sebagainya.
    Namun, kebutuhan dari setiap profesi yang cocok diisi oleh lulusan jurusan ini sangat tinggi. Apalagi tidak ada yang namanya bisnis di lini informasi yang redup sekalipun di tengah pandemi seperti sekarang.
    Sehingga lulusannya tidak akan sulit mendapat pekerjaan, apalagi media massa terus berkembang. Khususnya setelah era digital merambah proses publikasi berita menjadi online. Situs berita online pun seolah menjamur, dan tentunya membutuhkan banyak lulusan jurnalistik.
  3. Punya Banyak Keahlian atau Keterampilan
    Masuk ke jurusan jurnalistik akan membuat kamu menjadi seseorang dengan banyak keterampilan. Sebab di jurusan ini kamu akan diasah kemampuannya dalam berkomunikasi, membaca, menulis, melakukan editing, dan lain sebagainya. Sehingga kamu bisa menjadi lulusan multi skill.
  4. Punya Kesempatan untuk Traveling
    Bekerja di bidang jurnalis adalah masa depan bagi lulusan jurusan jurnalistik. Pekerjaan yang ditekuni sebagian besar akan membawa kamu untuk berkeliling banyak tempat bahkan dunia, sehingga cocok untuk yang hobi traveling.
    Sebab meliputi berita biasanya tidak hanya di satu lokasi dan daerah, sekaligus tidak hanya di satu negara. Jadi, kamu yang hobi traveling dan tidak ingin memakai uang sendiri bisa masuk ke jurusan jurnalistik.
  5. Bisa Menyalurkan Hobi Menulis
    Punya hobi menulis? Maka kamu cocok sekali untuk masuk ke jurusan jurnalistik, sebab disini kemampuan menulis benar-benar diasah. Yakni untuk menjadi penulis berita yang handal dan kemampuan menulis dengan ejaan yang benar akan didapatkan.
  6. Cocok untuk yang Suka Kegiatan Lapangan
    Jurusan jurnalistik disebut sebagai jurusan ideal untuk yang suka terjun langsung di lapangan, atau menyukai kegiatan lapangan. Sebab selama kuliah sampai setelah lulus, dijamin akan lebih banyak beraktivitas di luar ruangan.
  7. Mengenal Kode Etik di Dunia Jurnalistik
    Alasan berikutnya mengapa masuk ke jurusan jurnalistik adalah bisa belajar dan memahami kode etik di bidang jurnalistik. Pasalnya untuk menjadi seorang wartawan, tidak bisa asal memuat berita.
    Melainkan juga menyusun berita yang memenuhi standar dan disampaikan dengan menarik namun bukan dengan model clickbait. Semua ini akan memberi wawasan luas bahwa menjadi wartawan profesional juga butuh kode etik, dan bisa membuka kesempatan untuk sukses dengan profesi satu ini.

Melalui pemaparan diatas maka bisa disimpulkan bahwa jurusan jurnalistik adalah jurusan yang menarik. Sangat cocok untuk kamu yang suka dengan kegiatan di lapangan, menulis, melakukan wawancara, dan sejenisnya.

8 Prospek Kerja Jurusan Jurnalistik

Bagi yang masih bingung memilih jurusan kuliah dan kemudian mencoba mempertimbangkan jurusan jurnalistik. Tentunya perlu mengecek beberapa hal sebelum memutuskan mengambil jurusan ini.

Salah satu pertimbangannya adalah melihat prospek kerjanya, sebab tidak ada calon mahasiswa yang ingin menganggur lama dan sampai bertahun-tahun setelah lulus. Maka memilih jurusan dengan prospek kerja luas dan menjanjikan selalu menjadi prioritas.

Jika kamu menimbang masalah ini, maka tidak perlu ragu masuk ke jurusan jurnalistik. Sebab ada banyak profesi bisa ditekuni pasca lulus, diantaranya adalah:

  1. Dosen Jurnalistik
    Profesi pertama yang bisa ditekuni setelah lulus dari jurusan jurnalistik adalah menjadi dosen. Tentunya menjadi dosen di bidang ilmu yang sama, yakni di jurnalistik atau jurusan lain di dalam fakultas komunikasi.
    Jika kamu tertarik menjadi dosen, maka perlu melanjutkan studi sampai ke jenjang S2 dan merupakan syarat minimal. Jadi, selama masa kuliah S1 usahakan sudah mempersiapkan diri melanjutkan ke jenjang magister tersebut.
  2. Public Relation
    Lulusan dari jurnalistik juga bisa menekuni profesi sebagai PR atau Public Relation. Tugas utama dari PR adalah menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan pihak eksternal perusahaan. Nyaris semua perusahaan memiliki PR, oleh sebab itu kesempatan menjadi PR sangat tinggi.
  3. Web Content Editor
    Saat ini semakin banyak perusahaan dan lembaga membuka lowongan Web Content Editor. Yakni bertugas untuk mengedit dan bahkan menulis artikel dan informasi apapun di website perusahaan dan lembaga.
    Semakin kesini, lembaga pemerintahan baik itu di tingkat kelurahan sampai di tingkat departemen mendirikan website lembaga yang dikenal juga dengan istilah website corporate. Sehingga membuka lowongan web content editor yang bisa diisi oleh lulusan jurnalistik.
  4. Inhouse Magazine Editor
    Kini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan ahli inhouse magazine editor untuk menyajikan informasi atau berita untuk dinikmati oleh kalangan internal. Kamu yang lulus dari jurusan jurnalistik bisa menekuni profesi in house magazine editor, dimana akan mengelola majalah in house tersebut.
  5. Corporate Journalist
    Perusahaan di masa sekarang juga berupaya untuk mendirikan website khusus berita atau media berita yang dibuat terpisah dengan website utama. Pembuatan website berita ini sendiri bertujuan untuk memaksimalkan kegiatan pemasaran dan juga branding.
    Sehingga membutuhkan corporate journalist yang idealnya diisi oleh lulusan dari jurusan jurnalistik. Tugasnya tentu saja mengelola website berita tersebut dengan mencari, menulis, dan mempublikasikan berita yang sesuai dengan produk dan jasa dari perusahaan.
  6. Penulis Profesional
    Selama masa perkuliahan, mahasiswa jurnalistik akan sangat akrab dengan kegiatan menulis sehingga punya kemampuan yang baik dalam hal ini. Setelah lulus, selain bisa menjadi wartawan dan pembawa berita kamu juga bisa menjadi penulis profesional.
  7. Mendirikan Media
    Jika lebih tertarik untuk menjadi seorang pengusaha, maka setelah lulus kamu bisa mendirikan perusahaan media sendiri. Baik itu media cetak, media elektronik, maupun media digital.
    Kamu punya bekal ilmu yang cukup untuk mengelola sebuah perusahaan berita. Sehingga bisa menjadi bos setelah lulus, dan prospek ini cocok untuk kamu yang memang punya minat maupun bakat menjadi pengusaha.
  8. Trainer di Bidang Jurnalistik
    Menekuni profesi di bidang jurnalistik membuat kamu paham seluk beluk dunia jurnalis. Sehingga bisa menjadi trainer atau pembicara di acara seminar maupun di acara motivasi.
    Pendapatannya lumayan, dan masa pandemi seperti sekarang acara webinar dengan tema tertentu sering diadakan. Jika mengangkat tema jurnalis, kamu punya kesempatan besar menjadi pembicara di dalam webinar tersebut.

Masuk ke jurusan jurnalistik bukanlah keputusan yang keliru, sebab jurusan ini menyajikan prospek kerja yang luas. Kamu pun bisa bernafas lega, karena kemungkinan mendapat kerja pasca lulus cukup tinggi.

8 Fakta Jurusan Jurnalistik

Punya keinginan untuk masuk ke jurusan jurnalistik? Maka wajib sekali untuk mengetahui informasi detail mengenai jurusan satu ini. Sehingga memiliki gambaran yang lengkap dan jelas untuk membantu mempersiapkan diri masuk ke jurusan ini dan berprestasi.

Hal penting yang perlu kamu ketahui tentang jurusan jurnalistik adalah berbagai fakta di bawah ini:

  1. Merupakan Jurusan dengan Ilmu yang Abadi
    Jurusan jurnalistik termasuk ke dalam jurusan yang berisi ilmu pengetahuan abadi. Sebab akan dipelajari dan diterapkan sekaligus dibutuhkan oleh dunia sampai kapanpun.
    Sebab yang namanya informasi atau berita tentunya akan menjadi santapan sehari-hari. Ibarat nasi yang menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat di Indonesia. Sehingga eksistensi jurusan ini dijamin tetap terjaga.
  2. Prospek Kerjanya Juga Abadi
    Mengingat ilmu pengetahuan di bidang jurnalistik sifatnya abadi, maka profesi yang berhubungan dengannya juga abadi. Jadi, kamu yang selama ini ingin tetap produktif sampai usia pensiun bisa berlega hati.
    Pasalnya kecil kemungkinan industri media tutup, meskipun ada beberapa yang mengalaminya. Namun kamu bisa dengan mudah pindah ke perusahaan media yang lebih sehat dan lebih besar. Sehingga prospek kerjanya tidak mengenal kata mati.
  3. Belajar Banyak Hal
    Fakta berikutnya adalah bahwa masuk ke jurusan jurnalistik bisa membekali kamu dengan banyak keterampilan dan pengetahuan. Sebab di jurusan inilah kamu bisa mengasah banyak keterampilan.
    Sebab menjadi seorang jurnalis sepertinya memang dituntut untuk punya banyak keahlian. Mulai dari mencari berita, meliputnya, menyusun berita, melakukan editing, dan kemudian mempublikasikannya. Kemampuan menulis dan komunikasi maupun yang lainnya benar-benar terasah disini.
  4. Lebih Banyak Terjun di Lapangan
    Jika kamu bukan tipikal orang yang nyaman duduk lama di depan komputer, maka kamu cocok memilih jurusan yang banyak beraktivitas di lapangan. Jurusan jurnalistik menjadi salah satunya.
    Sebab selama perkuliahan biasanya akan sering praktek bahkan magang di perusahan media. Sehingga sering langsung terjun untuk meliput berita dan mengikuti alur penyajian berita sebelum sampai ke telinga publik.
  5. Berkesempatan Besar Keliling Dunia
    Berita atau informasi tentunya tidak hanya bisa didapatkan dari satu lokasi, satu negara, dan sebagainya. Melainkan dicari dan ditemukan di banyak tempat dan negara, sehingga mahasiswa jurnalistik punya kesempatan besar keliling dunia gratis di masa mendatang.
  6. Menjadi Pribadi yang Selalu Update
    Sejak kali pertama masuk kuliah kamu akan diajak untuk mencari informasi terkini dan mengikuti perkembangannya. Hal ini membuat kamu menjadi pribadi yang selalu up to date. Sehingga bisa diajak membahas banyak hal oleh siapa saja, karena tahu apa saja yang terjadi di Indonesia bahkan di dunia.
  7. Punya Banyak Relasi Sejak Kuliah
    Selama masa kuliah kamu juga akan sering melakukan wawancara, tidak hanya di satu orang dan di satu kelas. Melainkan dengan banyak orang dari berbagai bidang, sehingga sejak kuliah pun kamu sudah punya relasi yang luas.
    Relasi ini akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu, sebab setelah masuk ke dunia kerja pun dijamin akan sering melakukan wawancara. Oleh sebab itu jurusan ini akan membantu kamu menjadi pribadi dengan relasi seluas samudra.
  8. Dilatih untuk Disiplin
    Umumnya mahasiswa di jurusan jurnalistik sangat disiplin dan bisa mengatur waktu dengan sangat baik. Mengapa bisa demikian? Sebab mereka akan dihadapkan pada deadline tugas yang mepet dan seolah sudah menjadi makanan sehari-hari.

Sehingga setiap hari pula mahasiswa di jurusan ini akan berusaha mengatur waktu dengan baik agar tidak keteteran dan nilai IPK memuaskan. Selalu selalu berhasil mengumpulkan tugas tepat waktu.

Artikel Tentang Jurnalistik

dasar jurnalistik televisi
admin

Review Buku Dasar Jurnalistik Televisi

Review Buku Dasar Jurnalistik Televisi – Barangkali kamu salah satu orang yang tertarik ingin bekerja di jurnalistik? Jika iya, maka kamu perlu dan wajib mengetahui

Pondok Djawara Deepublish