Jurusan Ilmu Perpustakaan

Table of Contents

Bagikan

Prospek Kerja Jurusan ilmu perpustakaan tidak begitu diminati bagi sebagian besar orang. Padahal ya, jurusan ilmu perpustakaan selain memiliki prospek cerah, juga memiliki peran yang cukup penting di dunia perbukuan loh. Masuk jurusannya juga gak terlalu ketat dibandingkan dengan jurusan hits lainnya. Peluang? jelas.

Maju tidaknya perpustakan dan bergantung pada kualitas dan etos kerja pustakawan. Salah satu manfaat yang akan kita rasakan jika pustakawan bekerja dengan baik, maka kita akan merasa nyaman membaca buku di perpustakaan. Kita bisa dengan mudah mengambil koleksi buku yang ada di rak dan tentu saja masih banyak lagi.

Baca juga: Pengadaan Bahan Pustaka Perpustakaan

Sementara bagi mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan juga bisa mendapatkan jabatan dan gaji yang menjanjikan juga loh. Jadi buat kamu yang ingin mendapatkan kemapanan dalam pekerjaan, jurusan ilmu perpustakaan memiliki prospek bagus buat kamu loh. 

Jadi pada kesempatan kali ini kita akan intip beberapa hal penting yang wajib kamu ketahui tentang jurusan ilmu perpustakaan. Supaya tidak menyesal, yuk langsung saja simak ulasannya berikut.

Pengertian Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jika kita intip pengertian jurusan ilmu perpustakaan, secara umum dapat kita artikan sebagai cabang ilmu yang mempelajari bidang interdisipliner. Kenapa interdisipliner (lintas bidang)? karena disana nanti kita akan mempelajari sub cabang ilmu seperti ilmu hukum, ilmu terapan tentang perpustakaan dan ilmu sosial

Sesuai dengan namanya, jurusan ilmu perpustakaan memiliki tujuan hasil yaitu mencetak pustakawan profesional, berkarakter dan memiliki keahlian.

Setidaknya setiap lulusan dari jurusan ilmu perpustakaan melahirkan calon pustakawan yang mengerti tentang sistem pengarsipan, penyimpanan buku, dokumen dan bagaimana cara mengelola informasi yang baik bagi pengunjung perpustakaan. 

Promo Skripsian

Saat kamu memutuskan belajar jurusan ilmu perpustakaan kamu pun akan dibekali oleh keahlian dan pengetahuan tentang manajerial, berpikir sistematis, melatih problem solving, memiliki keterampilan dasar teknologi informasi dan komputer dan bonus memiliki sikap teliti, detail dan tekun.

Alasan Penting Memilih Jurusan Ilmu Perpustakaan

Adapun alasan kenapa jurusan ilmu perpustakaan menjadi pilihan kamu saat mengambil sekolah di perguruan tinggi. Diantaranya sebagai berikut. 

1. Peluang Kerja Lebih Lebar 

Tahukah kamu jika jurusan ilmu perpustakaan adalah jurusan yang kurang disukai oleh kebanyakan orang. Padahal peluang kerja lulusan jurusan ilmu perpustakaan terbuka lebar. Karena sedikit peminatnya, maka peluang kerja dan mendapatkan bergengsi di dunia perpustakaan pun juga semakin menjanjikan buat kamu. 

2. Memiliki Jenjang Karir 

Daftar Reseller

Ternyata tidak banyak orang yang tahu jika lulusan jurusan ilmu perpustakaan memiliki jenjang karir yang menjanjikan masa depan kamu. Jadi buat kamu yang bercita-cita ingin memiliki jabatan di dunia kerja dan bergengsi, maka menjadi pustakawan bisa kamu jadikan pilihan. Ingat, peluang ini masih terbuka lebar karena banyak orang yang minat. 

3. Memiliki keterampilan dalam Perencanaan 

Adapun alasan kenapa kamu harus memilih jurusan ilmu perpustakaan, kamu tidak hanya akan mendapatkan gelar tetapi juga memiliki keterampilan dibidang perencanaan. Termasuk keterampilan dalam mengembangan sistem jasa informasi dan melakukan desain. 

Jadi, semisal kamu tidak ingin menjadi seorang pustakawan, kamu tetap bisa bekerja dibidang lain yang selaras. Mengingat sekarang banyak lapangan kerja yang mencari lulusan yang memiliki keterampilan perencanaan, pengembangan, desain dan sistem jasa informasi. 

4. Potensi Menjadi Peneliti 

Buat kamu yang memiliki passion di bidang penelitian, nah jurusan ilmu perpustakaan juga dapat dijadikan pilihan jurusan. Pasalnya kamu tidak sekedar mempelajari tentang keterampilan yang sudah disebutkan di poin 3 di atas. Tetapi kamu juga memiliki kemampuan menganalisis dan kemampuan mencari informasi. DImana dua modal tersebut sangat dibutuhkan bagi seorang peneliti. 

5. Dipandang Orang Intelektual 

Karena mengambil jurusan ilmu perpustakaan, maka memunculkan stereotip di dalam masyarakat bahwa kamu orang yang intelektual dan pintar. Karena kamu dianggap orang yang selalu bergumul dan berkecimpung di dunia perbukuan. Sehingga bisa membaca seperti perpustakaan berjalan. Meskipun hanya stereotip, setidaknya kamu dipandang lebih positif sebagai orang yang pintar

Itulah lima alasan penting memilih jurusan ilmu perpustakaan. Dari kelima alasan tersebut, masih ada banyak alasan yang akan kamu temukan. Tentu saja alasan satu orang dengan orang lain akan berbeda-beda.

Soft dan Hard Skill yang Dibutuhkan

Salah satu alasan kenapa wajib setiap warga negara Indonesia belajar dan kuliah, agar mereka memiliki kemampuan soft skill dan hard skill. Memang ada banyak cara untuk memperoleh dua skill tersebut. Salah satunya adalah masuk ke jurusan ilmu perpustakaan. 

Daftar Open Reseller

Pertanyaannya adalah, jika kita ingin masuk ke jurusan ilmu perpustakaan, apakah ada soft skill dan hard skill yang harus dipersiapkan? Atau apa yang akan diperoleh saat belajar di jurusan ini? Langsung saja, kita simak ulasannya sebagai berikut. 

A. Soft skill Jurusan Ilmu Perpustakaan

Ketika kamu mengambil jurusan ilmu perpustakaan, kamu akan memiliki beberapa soft skill seperti kemampuan untuk

  1. Pengelolaan dan pelayanan perpustakaan 
  2. Pengembangan sistem kepustakawanan 
  3. Keterampilan organisasi dan manajerial 
  4. Menguasai teknologi dan informasi 
  5. Kemampuan sosial 
  6. Keterampilan berkomunikasi

B. Hard Skill Jurusan Perpustakaan

Sementara hard skill yang akan kamu dapatkan setelah menempuh jurusan ilmu perpustakaan, kamu akan memperoleh kemampuan seperti berikut. 

  1. Memiliki kemampuan untuk memahami dan menguasai model literasi informasi
  2. Mampu mengakses sumber informasi terupdate 
  3. Menguasai perangkat komputerisasi dan digitalisasi 
  4. Mampu mengklasifikasikan ilmu perpustakaan 
  5. Memiliki kemampuan mengelola data base literasi 
  6. Memiliki kemampuan bahasa lebih lancar
  7. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik (komunikatif).

Itulah hanya beberapa soft skill dan hard skill yang akan kamu peroleh ketika mengambil jurusan ilmu perpustakaan. Jika ditulis semuanya, tentu ada banyak sekali soft dan hard skill yang dibutuhkan dan yang akan kamu peroleh setelah mempelajari cabang ilmu ini.

Mata Kuliah Yang Diajarkan

Buat kamu calon mahasiswa yang masih penasaran, apa saja sih yang akan dipelajari jika mengambil jurusan ini? Berikut beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari saat masuk jurusan ilmu perpustakaan. 

1. Administrasi Arsip

Penting banget seorang pustakawan mempelajari tentang administrasi arsip. Oh iya, sebenarnya administrasi arsip tidak melulu diterapkan dalam dunia perpustakaan saja loh ternyata. Tetapi juga untuk penataan administrasi perkantoran pun juga bisa.

Ebook Panduan Jadi Reseller

Baca juga: Jurusan Kearsipan dan Prospek Kerjanya

2. Bibliografi

Wajib banget seorang calon pustakawan tahu tentang bibliografi itu apa. Sebenarnya selain ada istilah bibliografi ada juga istilah biografi. Nah, setidaknya dengan mempelajari tentang bibliografi akan memudahkan kamu dalam melakukan administrasi arsip perpustakaan. 

3. Pengkatalogan

Kamu pernah mendengar istilah pengkatalogan? Yap, di sini kamu akan belajar mengelompokan buku. Ternyata saat kita mendalami ilmu pengatalogan ada banyak ilmu baru yang belum banyak diketahui oleh orang pada umumnya. 

4. Manajemen Perpustakaan

Agar pustakawan tertarik, senang dan betah berlama-lama membaca buku di perpustakaan, tentu saja butuh triknya. Salah satunya adalah seni dalam memanajemen perpustakaan yang benar dan baik itu seperti apa. Nah, di mata kuliah manajemen perpustakaan inilah kamu akan tahu ilmunya secara mendalam. 

5. Manajemen Digital Library

Bisa dibilang, saat mengambil jurusan ilmu perpustakaan kamu akan mempelajari ilmu manajemen. Salah satunya manajemen digital library. Dimana ilmu ini tidak mungkin diajarkan di cabang ilmu lain seperti jurusan psikologi, matematika ataupun bahasa. 

6. Aplikasi Teknologi Pengelolaan Informasi

Jurusan ilmu perpustakaan yang akan kamu pelajari lainnya adalah aplikasi teknologi pengelolaan informasi. Penting sekali nih mengelola informasi agar tetap terorganisasi, dan rapi. Sehingga ketika ada panggilan koleksi, akan mudah ditemukan. 

Sebenarnya di mata kuliah ini kamu juga akan mempelajari tentang teknologi komputerisasi dalam mengelola data-data yang akan diinput melalui komputer. Setidaknya di sini, kamu akan memperoleh ilmu baru tentang digital dan pengelolaan informasi yang tidak semua orang bisa mempelajarinya. 

Itulah beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari. Tentu saja tidak hanya itu saja, masih banyak lagi yang akan kamu dalami jika mengambil jenjang S1.

Kelebihan Dan Kekurangan

Jurusan ilmu perpustakaan hadir memberikan dua perspektif sisi, yaitu sisi kekurangan dan sisi kelebihan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan kuliah di jurusan ilmu perpustakaan yang wajib kamu tahu.

A. Kelebihan Jurusan Ilmu Perpustakaan

  • Banyak perpustakaan yang membuka lowongan kerja dalam jumlah banyak
  • Memiliki tunjangan fungsional
  • memiliki jenjang karir menjanjikan Pustakawan
  • Memiliki tujuan mulia yaitu menumbuhkan sadar membaca
  • Berperan strategi memanusiakan manusia

B. Kekurangan Jurusan Ilmu Perpustakaan

  • Sepi peminat
  • Dianggap kurang menjanjikan
  • Banyak yang mengira jika lulusan perpustakaan hanya bekerja di perpustakaan saja
  • Dianggap tidak memiliki jenjang karir
  • Dianggap lulusan jurusan ilmu perpustakaan akan berkecimpung dengan dunia perbukuan saja, padahal banyak alternatif pekerjaan lain 

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan dari jurusan ilmu perpustakaan. Buat kamu yang sudah alumni lulusan ilmu perpustakaan atau yang sekarang sedang menempuh pendidikan ilmu perpustakaan, bisa bagikan pengalaman kalian di kolom komentar, apa kelebihan dan kelemahan yang kalian rasakan.

Prospek Kerja

Tidak dapat dipungkiri jika selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa lulusan jurusan ilmu perpustakaan tidak ada peluang kerja yang menjanjikan. Anggapan ini salah besar. Sebaliknya, justru prospek kerja lulusan jurusan ilmu perpustakaan ada banyak. Dari sekian banyak pilihan karir, berikut beberapa prospek kerja yang bisa kamu pilih dan relevan dengan lulusan jurusan ilmu perpustakaan. 

1. PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Orangtua selalu menginginkan anaknya memiliki pekerjaan yang mapan sampai tiba di akhir tua nanti. Salah satunya mendapatkan pesangon atau mendapatkan pensiunan. Tidak heran jika banyak orang yang menginginkan lulusan jurusan ilmu perpustakaan juga bisa menjadi seorang Pegawai negeri Sipil (PNS). 

Tenang, karena sekarang lulusan jurusan perpustakaan sekalipun juga ada peluang PNS juga loh. Jadi buat kamu yang se”iya” sekata dengan harapan orangtua, tidak perlu khawatir lagi masalah prospek kerja jurusan ilmu perpustakaan satu ini. 

2. TU (Tata Usaha)

Prospek kerja lulusan ilmu perpustakaan yang lain adalah bekerja menjadi bagian tata usaha (TU). Nah, kita tahu bahwa ada banyak sekali jenjang pendidikan yang membutuhkan tenaga TU. Mulai dari Taman Kanank-kanak (TK), SD, SMP, SMA/K/MA hingga Perguruan Tinggi (PT) pasti membutuhkan tenaga TU untuk mengorganisasi segala sesuatu di lembaga pendidikan itu sendiri. 

Bahkan, TU tidak melulu untuk lembaga pendidikan saja loh. Tetapi instansi lain juga membutuhkan tenaga TU. Bahkan perusahaan sekalipun juga butuh TU, hanya saja beda istilah saja jika konteksnya untuk perusahaan. 

3. Peneliti

Sudah disebutkan di alasan penting memilih jurusan ilmu perpustakaan, jika menjadi peneliti dapat dijadikan prospek kerja juga loh. Kita tahu bahwa di Indonesia jumlah dan minat menjadi peneliti masih sangat kecil.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu menjadi salah satu bagian dari market researcher atau peneliti untuk Indonesia lebih maju lagi. 

4. Pustakawan

Prospek kerja menjadi pustakawan juga bisa kamu coba. Prospek menjadi pustakawan yang memiliki jenjang karir pun bisa kamu kejar. Mumpung profesi ini belum heboh, kamu bisa mempersiapkan mulai sekarang. Siapa tahu 10 tahun yang akan datang, lulusan jurusan ilmu perpustakaan menjadi bidikan bagi maba.

Baca juga: Pekerjaan Pustakawan

5. Data scientist (Ilmuwan)

Ilmuwan juga salah satu prospek kerja yang potensial. Bisa dibilang, tidak mudah menjadi seorang data scientist (Ilmuwan) loh. Butuh pengetahuan dan bakat. Tentu saja butuh yang nama nya ketekunan, kepandaian, kecerdasan. Siapa tahu kamu salah satu ilmuwan asal Indonesia yang mampu go internasional. 

6. Penulis (Content Writer)

Lulusan jurusan ilmu perpustakaan ternyata juga cocok menjadi seorang penulis. Pasalnya lulusan ilmu perpustakaan banyak akses untuk mendapatkan ilmu-ilmu terupdate dari literasi yang ada. Kekayaan literasi inilah yang dapat dijadikan sebagai bekal untuk menulis dan mengkritisi sesuatu.

Cocok buat kamu yang memang memiliki bakat di dunia tulis menulis. Itulah enam prospek kerja yang bisa kamu lirik. Nah, buat kamu yang memiliki bakat di bidang seni, ternyata lulusan jurusan ilmu perpustakaan juga bisa menjadi seorang kurator loh.

Bisa juga, mungkin kamu tertarik di bidang lain seperti Research and Development (RnD) dan System analyst (Analis Sistem) juga bisa menjadi pilihan kamu. Termasuk prospek di bidang Konsultan jasa dan informasi perpustakaan.

Kampus Yang Terdapat Jurusan Ilmu Perpustakaan

Setelah mengetahui tentang kelebihan, kelemahan, prospek kerja dan alasan memilih jurusan ilmu perpustakaan. Barangkali kamu mulai tertarik dan ingin mengambil jurusan ini. Sayangnya, kamu tidak mengetahui Perguruan Tinggi mana saja yang membuka jurusan ilmu perpustakaan? 

Tenang, hampir di setiap daerah atau kota memiliki Perguruan Tinggi yang menawarkan jurusan ini kok. Diantaranya sebagai berikut. 

  1. Universitas Padjajaran 
  2. Universitas Sebelas Maret 
  3. Universitas Brawijaya 
  4. Universitas Indonesia 
  5. Universitas Diponegoro 
  6. Universitas Airlangga 
  7. Universitas Sumatera Utara 

Adapun universitas lain yang banyak kurang diketahui yang menyediakan jurusan ilmu perpustakaan yang tidak bisa disebutkan satu persatu. 

  1. Universitas Negeri malang 
  2. UIN Sunan Kalijaga
  3. Universitas YARSI
  4. Universitas Sam Ratulangi Universitas Negeri Padang 
  5. Universitas Terbuka (UT)
  6. Universitas Sebelas Maret (UNS)
  7. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  8. Universitas Halu Oleo (UHO) 
  9. Universitas Islam negeri Imam Bonjol (UIN IB)
  10. Universtias Islam Negeri Alauddin Makassar 
  11. Universitas Sumatera Utara (USU) 
  12. Universitas Bengkulu 
  13. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha
  14. Universitas Cenderawasih (Uncen) 
  15. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  16. dan lainnya.

Itulah ulasan tentang jurusan ilmu perpustakaan, semoga dari ulasan yang cukup panjang ini ada manfaatnya. (Irukawa Elisa)

Buku Terkait Perpustakaan

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Jurusan Lainnya

jurusan multimedia

Jurusan Multimedia

Bagikan

Jurusan Multimedia merupakan salah satu jurusan yang terdapat di jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK) dan

jurusan sosiologi

Jurusan Sosiologi

Bagikan

Baru lulus SMA, tapi bingung ingin mengambil jurusan apa? Buat kamu yang masih bingung akan

Jurusan Manajemen Bisnis

Jurusan Manajemen Bisnis

Bagikan

Sering dianggap jurusan kurang populer dan kurang bergengsi, ternyata jurusan manajemen bisnis memiliki prospek peluang

apa itu jurusan sastra inggris

Jurusan Sastra Inggris

Bagikan

Apa itu sastra inggris? Yup, betul sekali sastra inggris salah satu jurusan yang direkomendasikan. Kenapa