Jurusan Ilmu Pemerintahan

Table of Contents

Bagikan

Jurusan ilmu pemerintahan memiliki prospek pekerjaan yang luas dan gaji yang sangat menjanjikan. Meskipun demikian, ternyata banyak calon mahasiswa yang masih dilema memilih jurusan ini loh. Kenapa bisa begitu? Yuk perhatikan sampai selesai pembahasan lengkap ini.

Memang untuk memilih sebuah jurusan tidak boleh dilakukan secara gegabah. Kamu bisa memantapkan hati untuk memilih dengan cara mencari tahu baik secara langsung ke sekolah, kakak kelas atau online seperti saat ini membaca artikel penting ini.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan mengenal lebih dekat tentang jurusan ilmu pemerintahan. Tujuannya agar kamu tidak lagi bimbang dalam memilih. Biasanya kebimbangan itu muncul karena tidak mengenal dengan baik dan karena ketidaktahuan. 

Jadi, langsung saja kita mulai dengan mempelajari tentang apa itu jurusan ilmu pemerintahan. 

Apa Itu Jurusan Ilmu Pemerintahan

Jurusan ilmu pemerintahan merupakan adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang seputar administrasi, kepemimpinan, organisasi dan administrasi, terkait penyelenggaraan organisasi. 

Tidak berhenti sampai disitu saja. Ketika Kamu mengambil jurusan pemerintahan ini, kamu juga akan mempelajari tentang negosiasi, pengetahuan politik dan skill public speaking

Ilmu public speaking ini menjadi unsur yang penting jika ingin masuk di dunia pemerintahan. Atau mungkin kamu tertarik ingin masuk ke dunia politik? Maka kamu bisa sejak sekarang mempersiapkan bekal pengetahuan tentang ilmu pemerintahan. Salah satunya mengambil kuliah di jurusan ini. 

Mata Kuliah

Sementara yang disebut dengan mata kuliah adalah mata pelajaran mengupas tuntas seputar cabang ilmu pemerintahan. Sebagai mata kuliah yang diajarkan untuk mahasiswa di perguruan tinggi, maka kehadiran mata kuliah ini penting. 

Mata kuliah adalah alat ukur bagi dosen untuk mengetahui batas mana mahasiswa selama belajar di kelas. Mata kuliah yang disampaikan selama kelas berlangsung, nada pengujian. Pengujian inilah sebagai alat ukur. 

Agar memudahkan dosen mengukur kemampuan kamu selama kuliah. Maka dibuatlah istilah SKS. Dimana setiap SKS memiliki bobot nilai sendiri dan berbeda-beda. Karena mata kuliah sebagai alat ukur penilaian mahasiswa. Nilai yang diperoleh mahasiswa nantinya, disebut dengan IP atau IPK. 

Daftar Open Reseller

Alasan Memilih Jurusan Ilmu Pemerintahan

Tidak dapat dipungkiri, bahwasanya setiap calon mahasiswa memiliki alasan mengambil jurusan ilmu pemerintahan yang berbeda-beda. Saya pun yakin, alasan setiap orang pasti berbeda-beda. 

Nah, barangkali kamu masih bingung. Tidak tahu alasan mengambil jurusan ilmu pemerintahan itu apa. Agar kamu yakin mengambil jurusan ini, berikut beberapa alasan klise bagi calon mahasiswa maupun yang sudah menjadi mahasiswa. 

1. Prospek Kerja Besar 

Salah satu alasan kenapa banyak yang mengambil jurusan ilmu pemerintahan karena memiliki prospek kerja besar. Peluang yang bisa kamu bidik bisa berbagai lini. Mulai dari lini pemerintahan, swasta maupun tenaga ahli. 

2. Menawarkan Gaji Besar 

Pasalnya, lulusan ilmu pemerintahan yang diterima ditempat kerja yang bergengsi, akan ditawarkan dengan gaji yang tinggi. Apalagi jika bisa menembus masuk sebagai pegawai negeri sipil. Meskipun susah, kita tidak tahu takdir dan nasib kita bukan? Siapa tahu kamu salah satunya. 

Bahkan, saat bekerja di swasta sekalipun, lulusan ilmu pemerintahan tetap akan mendaptkan bayaran yang mengiurkan. Apalagi jika kamu memiliki pengalaman. 

3. Mengerti Kondisi Pemerintah dan Negara 

Alasan klise lain, kenapa mengambil jurusan ilmu pemerintahan adalah, kamu lebih melek tentang permasalahan dan kasus pemerintahan dan negara. Sudah sewajarnya jika mahasiswa jurusan ilmu pemerintahan tahu betul kondisi yang terjadi di dalam negeri maupun luar negeri, karena setiap hari kamu mempelajari teori dan kajian dari berbagai literatur. 

promo merdeka belanja

Bagi mahasiswa jurusan ilmu pemerintahan mungkin menganggap biasa saja. Padahal, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk memahami apa yang terjadi di pemerintahan dalam negeri maupun luar negeri. Karena memang tidak memiliki dasar ilmunya. Kritis Terhadap Kebijakan Publik 

Jika diperhatikan. Beberapa tahun terakhir, banyak netizen yang mulai kritis terhadap segala hal yang terjadi di media sosial. Salah satunya masalah kebijakan publik. Bentuk kekritisan inilah salah satu manfaat pentingnya mengkritisi pegawai pemerintahan yang bekerja curang. 

Kita harus ingat, masyarakat adalah pengawas. Jika sampai ditemukan aparat yang memang bekerja untuk rakyat, namun di salah artikan, maka sudah sepantasnya rakyat berbicara. Agar mereka kembali ke jalan yang benar. 

4. Aktif Mengikuti Kegiatan Sosial 

Buat kamu yang tidak suka dengan teori. Maka, kamu tidak perlu khawatir. Karena di jurusan ilmu pemerintahan secara tidak langsung menuntut kamu untuk terjun  langsung ke berbagai kegiatan sosial untuk membantu masyarakat. 

Salah satu kelebihan dari jurusan ini, semakin banyak bertemu dengan orang, semakin banyak pelajaran yang bisa kita temukan. Sehingga, secara tidak langsung, kamu pun juga akan memiliki ilmu dibidang sosial juga. 

5. Diharapkan Oleh Masyarakat 

Alasan mengambil jurusan ilmu pemerintahan adalah, banyak masyarakat yang berharap kepada kita untuk melanjutkan estafet kepemimpinan yang amanah, jujur dan adil. Tentu saja yang menyuarakan untuk rakyat dan mensejahterakan rakyat. 

Bagaimanapun juga, di dalam pemerintahan butuh pemuda pengganti yang masih full energi, memiliki semangat membaca dan memiliki banyak ide kreativitas yang tidak dapat dibendung oleh apapun. Sehingga, kamu bisa menjadi pemimpin di masa depan.

Kelebihan 

Kelebihan dan kekurangan mengambil jurusan ilmu pemerintahan sebenarnya ada banyak. Setiap orang pun memiliki pengalaman nya sendiri-sendiri. Penasaran, apa sih kelebihan jika mengambil jurusan ilmu pemerintahan? Sebagai berikut. 

1. Pelajaran lebih Mudah 

Salah satu keuntungan mengambil jurusan ilmu pemerintahan masalah mata kuliah yang dipelajari. Bisa dibilang, mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini lebih mudah dibandingkan jurusan lain. Apalagi jurusan kimia atau jurusan teknik. Wah, sudah pusing tujuh keliling. 

Jadi, buat kamu yang tidak suka angka dan tidak suka dengan dunia teknik. Maka bisa mengambil ilmu sosial, salah satunya jurusan ilmu pemerintahan. Setidaknya disini kamu tidak dominan melakukan hitung menghitung. 

2. Peminatnya Relatif 

Jurusan ilmu pemerintahan peminatnya relatif. Ada perguruan tinggi yang memiliki peminat yang besar. Sebaliknya, ada juga yang hanya diminati oleh sedikit orang. 

Khusus yang jurusan ilmu pemerintahan yang sedikit peminatnya, sebenarnya ini masuk dalam kelebihan. Kenapa? Karena ini kesempatan buat kamu untuk menjadi mahasiswa yang menonjol, dan berprestasi. 

Minimal persaingan lebih kecil. Sehingga mudah menjadi orang yang berprestasi di tempat itu. Saat proses pembelajaran pun juga lebih efektif, karena tidak terlalu rame dan sumpek. 

3. Menguasai Tentang Aparat Pemerintahan Daerah hingga Pusat 

Setidaknya, ketika mengambil jurusan ilmu pemerintahan kamu akan mempelajari tentang pemerintahan daerah hingga pusat. Jika kamu salah satu mahasiswa aktif dan berprestasi di kampus, kamu bisa menjadi asisten dosen. DImana kamu tidak hanya berkesempatan untuk menjadi pengajar.

Tetapi kamu juga berkesempatan bertemu dengan pejabat, ataupun aparat pemerintah daerah hingga aparat pemerintah pusat. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang membanggakan untuk kamu. 

4. Bisa Menjadi Anggota Legislatif Daerah maupun Pusat 

Jika kamu salah satu yang ingin menjadi anggota aparat pemerintahan, maka mengambil jurusan ilmu pemerintahan ini jalan yang tepat. Setidaknya lulus kuliah, kamu bisa menjadi staf atau anggota legislatif daerah maupun pusat. Ketika kamu bergabung di sini, kamu bisa menjadi pahlawan rakyat. Karena kamu bisa memperjuangkan suara rakyat.

Kekurangan Jurusan Ilmu Pemerintahan 

Jika di paragraf sebelumnya sudah mengulas kelebihan mengambil jurusan ilmu pemerintahan, maka kali ini kita perlu mengulas sisi kekurangannya, agar tidak berat sebelah. Langsung saja, simak berikut ini. 

1. Dianggap paham segala hal yang terjadi pemerintahan negara 

Meskipun mengambil jurusan ilmu pemerintahan menjadikan kamu mengerti dan memahami persoalan pemerintah. Ternyata tidak semua mahasiswa paham akan hal ini. 

Sebenarnya wajar-wajar saja seorang mahasiswa tidak mengetahui permasalahan yang terjadi di dalam pemerintahan kita, karena memang masih status mahasiswa. Namanya juga belajar, kuliah tidak mengharuskan dan mewajibkan kamu menguasai semuanya bukan? 

2. Sering ditunjuk menjadi anggota diskusi tentang pemerintahan 

Salah satu kelemahan mengambil jurusan ilmu pemerintahan, sering ditunjuk untuk mengikuti diskusi permasalahan pemerintahan. Padahal, tidak semua mahasiswa juga memiliki penguasaan yang baik akan hal ini. 

Di sisi yang lain, saat belajar di ilmu pemerintahan, kita pun tidak hanya mempelajari tentang masalah pemerintahan saja, tetapi juga mempelajari cabang ilmu lain seperti budaya, politik ekonomi dan sosial yang sifatnya lebih kompleks lagi. 

3. Dianggap Pintar melobi 

Kelemahan mengambil jurusan ilmu pemerintahan, saat mengikuti KKN atau sedang mengikuti acara lain, yang melibatkan jurusan lain. Maka, sering ditunjuk menjadi ketua. 

Alasannya pun sederhana, karena dianggap pintar dalam melobi pemerintah setempat. Ketika kemampuan melobi mulus, artinya kegiatan KKN pun juga ikut mulus. Padahal, tidak begitu juga.

Prospek Kerja

Jika dilihat dari prospek lulusan ilmu pemerintahan ada banyak. Dimana prospek yang ditawarkan pun cukup menjanjikan. Penasaran? Langsung saja simak ulasan berikut. 

1. Konsultan Pemerintahan 

Salah satu prospek yang bisa kamu sasar saat lulus kuliah. Maka kamu bisa bekerja sebagai konsultan pemerintahan. Menjadi seorang konsultan tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Karena pekerjaan ini juga cukup bergengsi. 

Bagaimana dengan besaran gajinya? Jangan di tanya. Prospek gaji menjadi konsultan pemerintahan perbulan bisa mencapai 10 juta lebih. Tentu ini angka yang cukup tinggi. 

2. Aktivis LSM 

Prospek lulusan jurusan ilmu pemerintahan yang lain, kamu bisa menjadi aktivis LSM. Kegiatan ini lebih pas dan lebih cocok buat kamu yang memang suka dengan sosialisasi dan kemanusiaan. DI sini kamu akan banyak membantu banyak orang. 

Meskipun menjadi aktivis LSM, kamu tidak perlu khawatir masalah prospek gaji. Kamu bisa tetap mendapatkan gaji yang cukup tinggi setiap bulan. Sekitar 10 jutaan. 

3. Wartawan 

Memang bisa bekerja di beberapa jurusan di atas tidaklah mudah. Banyak pesaing yang mumpuni. Nah, jika kamu ingin mencari pekerjaan yang persaingannya tidak seketat di atas. Maka kamu bisa mendaftarkan sebagai wartawan. 

Eit, jangan anggap sepele profesi wartawan. Menjadi wartawan itu memungkin kamu bertemu pejabat dan orang-orang penting. Bagaimana dengan prospek gaji menjadi wartawan? Dari segi gaji, untuk fresh graduate per bulan mulai dari 2,5 juta hingga 7 juta. Itupun perlu dilihat lagi besar UMR. Karena setiap daerah memiliki UMR yang berbeda-beda. 

4. Menjadi Anggota Legislatif 

Jika kamu ingin mengejar prospek lulusan ilmu pemerintahan dengan harga tinggi. Maka kamu bisa mencoba menjadi anggota legislatif. Jika kamu berhasil menjadi bagian didalamnya, maka jangan kaget dengan gaji perbulannya. Bisa mencapai  empat puluh juta rupiah. 

Hanya saja, untuk pekerjaan sebagai anggota legislatif tidaklah mudah. Banyak tantangan dan lingkungan yang kurang sehat. Karena banyak intrik dan banyak sandungan. Pastikan kamu tetap amanah yang tetap membela rakyat bawah.

5. Menjadi Dosen atau Pendidik 

Jika kamu punya passion menjadi tenaga pengajar, maka kamu bisa menjadi seorang dosen atau tenaga pendidik. Syarat agar bisa menjaga dosen atau tenaga pendidikan pun sederhana. 

Jadi kamu cukup melanjutkan S2 terlebih dahulu agar bisa menjadi dosen. Untuk masalah gaji perbulan, seorang dosen bisa mendapatkan gaji mulai dari empat juta hingga enam juta perbulan. 

6. Pengusaha 

Jika dari prospek yang disebutkan tidak ada yang menarik buat kamu. Maka, kamu bisa juga menjadi seorang pengusaha. Atau menjadi apapun yang memang kamu sukai. 

Akan lebih baik jika lulusan perguruan tinggi tidak berorientasi pada “melamar kerja”. Akan tetapi, akan menjadi luar biasa, ketika tujuan kamu adalah “menciptakan lapangan pekerjaan”. Ini nilai plus. 

bagaimana untuk masalah gaji tiap bulan? Sudah pasti, kamu akan mendapatkan gaji berlipat-lipat ketika omset sedang tinggi.

Kampus Yang Ada Jurusan Ilmu Pemerintahan

Setelah mengintip banyak hal tentang jurusan ilmu pemerintahan di atas, apakah kamu sudah punya kemantapan dan keputusan? Buat kamu yang semakin mantap dan yakin akan mengambil jurusan ilmu pemerintahan. Berikut beberapa daftar Perguruan TInggi yang memiliki jurusan ini.

  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Islam Riau
  • ST Pembangunan Masyarakat Desa
  • Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
  • Universitas Langlang Buana (Unla)
  • Universitas Diponegoro (Undip)
  • Universitas Padjadjaran (Unpad)
  • Universitas Mulawarman (Unmul)
  • Unbbara ogan komering ulu 
  • UDA Medan 
  • Undar Jombang
  • Universitas Ekasakti Padang 
  • Unigal Ciamis 
  • Uniera Halmahera Utara 
  • Uigm Palembang 
  • Unisma Bekasi 
  • UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi 
  • Unjani Cimahi 
  • Universitas Kristen Palangka Raya Palangka Raya 
  • Universitas Muara Bungo Jambi 
  • Umpo Ponorogo 
  • Unmura Musi Rawas 
  • Unrika Batam 
  • Unsrat Manado 
  • Unitas Palembang
  • Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak 
  • ST Ilmu Sosial dan Ilmu Politik BIna Putera Banjar 
  • Univrab RIau 
  • UB Malang 
  • Unigo Gorontalo 
  • Unwira Kupang 
  • Ummat mataram 
  • Universitas Muhammadiyah Sorong 
  • Unpacti Makassar 
  • Unpatti Ambon 
  • Untag Jakarta 
  • Unila Bandar Lampung 
  • Uma medan 
  • Universitas Warmadewa Denpasar 
  • Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor
  • ST Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Syamsul Ulum Sukabumi 
  • Unicen Jayapura 
  • Unisan Gorontalo 
  • Unim Mojokerto 
  • Unikom Bandung 
  • Umrah Tanjung Pinang 
  • Universitas Muhammadiyah BUton 
  • Umt Tangerang 
  • Ustj Jayapura 
  • Uswim Papua 
  • Universitas Satyagama Jakarta 
  • Unsultra Sulawesi Tenggara 
  • UT Jakarta
  • Unwir Indramayu 
  • Uniyap Jayapura 

Itulah beberapa daftar perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Kamu bisa kuliah di Perguruan Tinggi terdekat di tempat tinggal kamu. Semoga sedikit ulasan tentang jurusan ilmu pemerintahan ini bermanfaat. (Irukawa Elisa)

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Jurusan Lainnya

prospek kerja jurusan statistika

Jurusan Statistika

Bagikan

Jurusan Statistika merupakan jurusan yang mempelajari proses pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan juga menganalisis data agar

jurusan ilmu pemerintahan

Jurusan Ilmu Pemerintahan

Bagikan

Jurusan ilmu pemerintahan memiliki prospek pekerjaan yang luas dan gaji yang sangat menjanjikan. Meskipun demikian,

jurusan teknik kimia

Jurusan Teknik Kimia

Bagikan

Jurusan teknik kimia salah satu jurusan yang cukup menarik perhatian calon mahasiswa. Tidak terkecuali, mungkin

jurusan teknik lingkungan

Jurusan Teknik Lingkungan

Bagikan

Bingung akan memilih jurusan teknik lingkungan? Atau memilih jurusan lain? Bagi calon mahasiswa, pasti sedang

Promo Merdeka Reseller
Gratis Biaya Pendaftaran

Kerja sampingan mudah dan tidak memotong waktu, omset jutaan per bulan

hanya s.d. 17 Agustus 2022