jurusan-ilmu-pangan

Jurusan Ilmu Pangan

Sedang sibuk mencari jurusan kuliah yang tepat dan sesuai? Apabila tertarik dengan dunia pangan, maka bisa melirik jurusan ilmu pangan atau teknologi pangan. Berikut informasi lengkap mengenai jurusan satu ini.

Pengertian Jurusan Ilmu Pangan

Jurusan ilmu pangan merupakan jurusan atau program studi yang mempelajari mengenai bagaimana sebuah makanan bisa dibuat dan dampak yang ditimbulkan dalam kehidupan. Sebab seperti yang sudah diketahui, manusia dan makhluk hidup lainnya bisa bertahan hidup dengan makan teratur dan mengandung nutrisi sesuai kebutuhan tubuh.

Artinya ilmu terkait bahan pangan adalah ilmu yang sudah ada sejak dulu dan dipraktekan langsung, bahkan sejak manusia lahir ke dunia. Hanya saja selama beberapa dekade ilmu ini kemudian baru diangkat menjadi bidang akademis.

Pada masa lampau, ilmu tentang pangan ini hanya diberikan kepada wanita karena menjadi sosok yang bertugas di dapur. Namun seiring berjalannya waktu, ilmu pangan kemudian diberikan kepada siapa saja baik wanita maupun pria. Sebab semua orang memiliki tanggung jawab untuk menjaga kualitas makanan dan nutrisi di dalamnya.

Ilmu pangan tidak hanya mempelajari mengenai proses pengadaan dan pengolahan bahan makanan saja. Melainkan juga mempelajari efek sosial, ilmu gizi, ekonomi, bahkan psikologi dan kebudayaan dari bahan pangan yang tersedia.

Teknologi yang berkembang kemudian dimanfaatkan untuk memaksimalkan kualitas dan kuantitas bahan pangan. Teknologi ini pula yang nantinya dipelajari oleh mahasiswa di jurusan ilmu pangan.

Mata Kuliah

Masuk ke jurusan ilmu pangan memberi sejumlah mata kuliah menarik dan sifatnya penting, beberapa diantaranya adalah:

Pangan dan Gizi

Makanan apapun yang dikonsumsi tentunya akan mengandung sejumlah nutrisi, antara satu bahan pangan dengan yang lainnya akan memiliki kandungan berbeda. Itulah mengapa mahasiswa ilmu pangan mendapat mata kuliah pangan dan gizi, yang mempelajari jenis bahan pangan lengkap dengan kandungan gizinya.

Teknologi Fermentasi

Beberapa bahan pangan baik makanan maupun minuman diproses dengan cara difermentasikan. Mahasiswa di jurusan ilmu pangan akan memperoleh mata kuliah teknologi fermentasi, yang mempelajari proses fermentasi dari awal sampai akhir.

Mikrobiologi dan Keamanan Pangan

Mata kuliah berikutnya adalah mikrobiologi dan keamanan pangan yang mempelajari kandungan mikroba pada bahan pangan. Sekaligus menentukan atau mengetahui apakah produk pangan aman atau sebaliknya.

Rekayasa Proses Pangan

Berikutnya ada mata kuliah rekayasa proses pangan yang mempelajari proses pembuatan bahan pangan.

Pengemasan Pangan

Mata kuliah berikutnya adalah pengemasan pangan, mempelajari mengenai standar dalam mengemas bahan pangan agar nutrisi terjaga dan tetap aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Ilmu Pangan

Jurusan ilmu pangan memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menarik untuk dipilih. Beberapa diantaranya adalah:

Kelebihan

  1. Ahli ilmu pangan dibutuhkan di industri pangan, karena banyak sekali perusahaan pangan yang tumbuh di tengah masyarakat.
  2. Mempelajari ilmu yang berkaitan dengan kesehatan tubuh, yakni makanan dan menjadi sumber dari kesehatan dan penyakit. Sehingga mempelajarinya akan memberi ilmu yang bermanfaat dalam keseharian.
  3. Cocok untuk yang suka bereksperimen, namun berkaitan dengan bahan pangan termasuk proses dan meneliti bahan pangan baru yang potensial karena kandungan gizinya.
  4. Dunia kuliner terus berkembang dan tidak ada matinya, sebagai lulusan ilmu gizi maka kamu akan paham bagaimana berkreasi dalam membuat resep yang tidak hanya enak namun juga sehat.

Mahasiswa dari jurusan ilmu pangan akan selalu dibutuhkan, sebab selama manusia membutuhkan makanan maka lulusannya memiliki peran penting dalam kehidupan banyak orang. Oleh sebab jurusan ini tepat untuk dipilih karena memberi masa depan yang terjamin.

Alasan Memilih Jurusan Ilmu Pangan

Teknologi memang terus berkembang dan menyentuh semua bidang. Sehingga tidak hanya teknologi informasi dan komunikasi saja yang berkembang pesat. Namun juga teknologi di bidang lainnya, termasuk teknologi di bidang pangan.

Apabila memiliki ketertarikan di dunia pangan dan pengembangannya maka saat kuliah bisa masuk ke jurusan ilmu pangan. Apabila masih ragu, berikut informasi mengenai alasan yang membuat jurusan ini tepat untuk dipilih.

1. Pilihan Setelah Lulus Beragam

Beberapa jurusan kuliah mencetak lulusan yang siap berkarir di berbagai perusahaan, beberapa lagi yang lainnya mencetak calon entrepreneur. Namun di jurusan ilmu pangan kedua pilihan tersebut ada di tangan.

Sebab setelah lulus kamu bisa memilih berkarir di berbagai perusahaan besar bisa pula memilih menjadi pengusaha. Terutama di industri pangan dan kuliner, baik itu mendirikan pabrik bahan pangan maupun menekuni bisnis kuliner seperti mendirikan restoran.

2. Lulusannya Dibutuhkan Sepanjang Zaman

Jika mencari jurusan kuliah yang lulusannya selalu dibutuhkan di dunia kerja maupun di tengah masyarakat. Maka jurusan ilmu pangan adalah jawabannya, sebab yang namanya makanan menjadi kebutuhan pokok dan utama diantara kebutuhan pokok lainnya.

Sebab makanan menjadi kunci bagi manusia untuk bertahan hidup, sehingga lulusannya selalu mampu memenuhi kebutuhan pokok tersebut. Selain itu teknologi di bidang pangan terus berkembang sehingga lulusannya akan selalu terlibat di dalam perkembangan tersebut.

3. Sering Melakukan Riset Pengembangan Makanan

Jurusan ilmu pangan berbeda dengan jurusan pertanian maupun jurusan tata boga. Jurusan ilmu pangan akanmengembangkan bahan pangan termasuk proses pengolahan bahan pangan.

Berbeda dengan tata boga yang mempelajari menu-menu yang sudah ada, lulusan ilmu pangan justru bereksperimen dengan menu-menu baru. Sehingga jurusan ini cocok untuk yang suka kegiatan eksperimen.

4. Prospek Kerja Luas Sampai Lintas Negara

Lulusan dari jurusan ilmu pangan sepertinya tidak perlu mengkhawatirkan masa depan setelah lulus. Sebab termasuk jurusan dengan prospek kerja yang sangat luas. Kamu bisa menekuni banyak profesi di industri pangan baik itu supervisor, quality control, audit, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi karir yang dimiliki juga bisa berkembang di negara lain, terutama di negara-negara dengan kemakmuran di bidang pangan. Negara seperti ini akan membutuhkan banyak ahli pangan, termasuk lulusan ilmu pangan. Salah satu contoh negara yang bidang pangannya makmur adalah Jepang yang sering merekrut ahli pangan dari Indonesia.

5. Melakukan Pengabdian Besar kepada Negara

Masuk ke jurusan ilmu pangan memberi kesempatan untuk memberi pengabdian yang besar kepada negara, sebagaimana yang dilakukan para TNI dan Polri. Sebab akan sering melakukan penelitian untuk mengembangkan bahan pangan.

Sehingga didapatkan bahan pangan yang mudah didapat, mudah diolah, sekaligus mampu memenuhi kebutuhan gizi. Inovasi dan hasil penelitian pun akan bermanfaat dalam menjaga kesehatan masyarakat yang tentu meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.

6. Merupakan Jurusan Berstandar Internasional

Universitas yang membuka jurusan ilmu pangan tentunya akan mengikuti standar internasional. Sehingga berbagai ilmu sekaligus peralatan yang digunakan dalam proses perkuliahan akan sesuai standar internasional tersebut.

Lulusannya pun memiliki keahlian di bidang pangan yang bisa diterapkan di seluruh dunia. Tidak salah rasanya jika jurusan ilmu pangan disebut sebagai salah satu jurusan bergengsi.

7. Mendukung Gaya Hidup Sehat

Ilmu yang didapatkan di jurusan ilmu pangan akan berhubungan dengan pola makan sehat. Mulai dari pemahaman jenis makanan apa saja yang mengandung gizi sesuai kebutuhan tubuh sampai proses pengolahan yang dipastikan menjaga nutrisi tersebut. Sehingga lulusannya memiliki ilmu yang bermanfaat untuk mendukung gaya hidup sehat.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Pangan

Mencari jurusan kuliah memang tidak cukup hanya berdasarkan minat maupun bakat, namun juga harus melihat prospek kerjanya seperti apa. Sebab kuliah itu sulit dan mahal sehingga menjadi sia-sia perjuangan selama empat tahun kuliah jika sulit mencari kerja.

Meskipun ilmu tetap didapatkan, namun harus realistis karena ilmu yang dimiliki tidak bisa menjadi makanan untuk bertahan hidup. Oleh sebab itu, penting untuk memilih jurusan dengan prospek kerja yang bagus. Salah satunya adalah jurusan ilmu pangan.

Berikut adalah sejumlah profesi yang bisa ditekuni setelah lulus dari jurusan ilmu pangan tersebut:

Menjadi PNS

Peluang karir yang pertama adalah di pemerintahan, karena ada banyak lembaga pemerintah yang membutuhkan ahli pangan. Sehingga setiap kali ada pembukaan CPNS ada banyak formasi untuk diisi oleh lulusan dari ilmu pangan.

Mulai dari BPOM, Departemen Pertanian, LIPI, Balitbang, dan lain sebagainya. Berbagai profesi atau jabatan yang diisi di lembaga pemerintahan tersebut akan bertanggung jawab dalam menjaga kualitas makanan yang beredar di pasaran.

Meskipun untuk bisa lolos dari seleksi CPNS tidak mudah karena persaingannya ketat dan di seluruh Indonesia. Namun dengan kemampuan yang dimiliki dna keyakinan besar, kesempatan untuk lolos menjadi PNS sangat ada.

Berkarir di Perusahaan Farmasi

Opsional berikutnya adalah berkarir di industri atau perusahaan di bidang farmasi. Sebab lulusan ilmu pangan memiliki ilmu dalam pengemasan bahan pangan, dimana obat-obatan juga perlu dikemas sesuai standar bahan pangan tersebut.

Bekerja di Supermarket

Supermarket menyediakan berbagai produk kebutuhan pokok, terutama kebutuhan pangan. Mulai dari sayur mayur yang umumnya sayuran hidroponik sampai makanan dalam kemasan.

Supermarket akan membutuhkan ahli pangan dari jurusan ilmu pangan untuk mengecek kualitas produk yang dijual. Sehingga bisa memastikan kualitas dan keamanannya sebelum dibeli oleh masyarakat.

Konsultan Pangan dan Gizi

Profesi berikutnya adalah menjadi konsultan pangan dan gizi, profesi ini terbilang langka dan memang peluangnya terbatas. Namun seiring berjalannya waktu kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga pola makan membuka peluang lebih besar bagi profesi ini untuk berkembang.

Kamu bisa menekuninya, dan dimulai dengan rutin memberi edukasi mengenai pola makan sehat, pemilihan bahan pangan, dan sebagainya. Selanjutnya bisa menjadi narasumber untuk seminar dan workshop yang membahas masalah gizi dan pangan.

Pengembang Produk

Dalam dunia bahan pangan, menjadi pengembang produk adalah profesi favorit dan dikenal sebagai posisi tertinggi dalam sebuah industri bahan pangan. Tugas utama dari pemilik profesi ini adalah mengembangkan atau menciptakan resep baru di perusahaan.

Sehingga memiliki peran vital dalam menjaga keberlangsungan perusahaan tersebut lewat resep-resep yang yang diciptakan dan menjaga kerahasiaan resep tersebut.

Quality Control

Lulusan dari jurusan ilmu pangan juga bisa mengisi jabatan Quality Control di perusahaan pangan. Khususnya yang memproduksi makanan maupun minuman. Sebab ilmu yang dimiliki dari perkuliahan bermanfaat untuk membantu menentukan kelayakan produk yang dibuat.

Sehingga sebelum dipasarkan produk tersebut akan diuji dan diteliti keamanannya. Apabila sudah memenuhi standar dan terbukti aman maka perusahaan baru bisa mendistribusikannya ke pasaran.

Wirausaha

Selain berkarir di berbagai perusahaan, lulusan dari ilmu pangan juga bisa mendirikan bisnis pangan sendiri. Baik itu mendirikan pabrik yang memproduksi makanan maupun minuman.

Bisa juga mendirikan bisnis kuliner seperti cafe, restoran, dan sejenisnya. Bisnis kuliner dan industri pangan adalah jenis bisnis yang abadi, karena menyediakan kebutuhan pokok yang tentu dicari oleh banyak orang.

Fakta Jurusan Ilmu Pangan

Masuk ke jurusan ilmu pangan akan membantu mendapatkan segala pengetahuan tentang bahan pangan. Yakni pada proses pengolahan bahan pangan dan mengembangkan bahan pangan tersebut.

Jika tertarik dengan dunia pangan dan segala hal yang berhubungan dengan dunia pangan tersebut. Maka menjadikan jurusan ilmu pangan sebagai pilihan saat masuk kuliah adalah langkah tepat.

Namun, untuk bisa memastikan jurusan ini tepat dan sesuai penting sekali untuk mengetahui seluk beluknya. Termasuk sejumlah fakta berikut ini:

1. Jurusan dengan Mahasiswa Mayoritas Perempuan

Fakta pertama yang berhubungan dengan jurusan ilmu pangan adalah peminatnya sebagian besar berasal dari kaum Hawa. Tidak mengherankan memang karena jika membahas dunia makanan maka perempuan punya ketertarikan lebih tinggi.

Namun bukan berarti jurusan ini hanya terbuka bagi perempuan saja, laki-laki pun sangat tepat masuk kesini. Sebab ilmu mengenai bahan pangan sangat penting dikuasai oleh siapa saja lantaran berhubungan erat dengan hajat hidup orang banyak.

Bagi laki-laki yang masuk ke jurusan ini tentunya perlu mempersiapkan diri menjadi sosok paling tampan. Sekaligus punya keuntungan bisa cuci mata setiap saat, apalagi mahasiswi di jurusan ini dijamin pintar masak dan menjadi calon pasangan idaman.

2. Lulusannya Adalah Calon Pasangan Idaman

Selama ini jurusan ilmu pangan dikenal mencetak calon pasangan idaman, baik itu mahasiswa maupun mahasiswi. Sebab memiliki pengetahuan lebih terkait dunia makanan, sehingga dijamin pintar memasak. Tidak hanya enak namun juga sehat.

Sehingga bisa menjadi calon pasangan ideal untuk memastikan isi piring makan selama menjalani biduk rumah tangga punya standar tinggi. Yakni enak dan mengandung gizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh.

Selain itu, pasangan dari jurusan ini juga memiliki kondisi perekonomian yang bagus. Sebab setelah lulus bisa mengisi jabatan penting di berbagai perusahaan pangan dan farmasi, yang bisa dipastikan menerima gaji tinggi. Masa depan keluarga pun lebih terjamin.

3. Punya Peluang Kerja Menggiurkan

Ilmu yang dipelajari di jurusan ilmu pangan mengantarkan lulusannya untuk punya karir cemerlang. Sebab ada banyak perusahaan di industri pangan dan farmasi yang membuka lowongan untuk diisi oleh mereka, bahkan tidak segan memberi gaji tinggi.

Selain bisa berkarir di perusahaan besar dan menjabat posisi penting. Lulusannya juga berkesempatan besar untuk sukses menekuni bisnis sendiri di bidang pangan dan kuliner. Sebab memiliki ilmu yang cukup untuk memastikan mampu menyediakan makanan dan minuman enak, sehat, dan berstandar tinggi.

4. Lebih Sering Praktek

Jurusan ilmu pangan biasanya akan mendapatkan kegiatan praktek lebih sering selama masa perkuliahan. Namun kegiatan praktikum yang dilakukan cenderung seru dan menyenangkan, sebab tidak ada beban laporan.

Pasalnya selama praktek akan diminta untuk mengembangkan sebuah resep atau menu. Sehingga yang tadinya klasik menjadi lebih modern dan kekinian, tanpa mengesampingkan kandungan gizinya. Selepas praktek masih bisa membawa pulang menu-menu yang dibuat.

5. Mengenal Makanan dan Minuman dengan Lebih Baik

Melalui jurusan ilmu pangan kamu akan lebih mengenal makanan dan minuman secara detail. Sebab mengetahui asal muasal dari makanan dan minuman siap santap, sehingga tahu betul manfaat dan efek buruk dari apa yang dimakan tersebut.

Ilmu ini tentunya bermanfaat seumur hidup, karena selama masih bernafas kegiatan makan dan minum adalah keharusan dan kebutuhan. Selama kuliah sampai setelah lulus dijamin lebih bijak dalam memilih maupun mengolah makanan dan minuman.

6. Mempelajari Efek Sosial dari Makanan

Selain mempelajari mengenai makanan dari proses awal sampai siap disantap dan efeknya bagi tubuh. Kuliah di jurusan ilmu pangan juga akan mempelajari efek makanan tersebut terhadap aspek kehidupan. Baik itu dari aspek sosial, ekonomi, dan budaya.

Buku Pegangan Jurusan Ilmu Pangan

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn