Jurusan Ilmu Keperawatan

Pengertian Jurusan Ilmu Keperawatan

Jurusan pendidikan di bidang kesehatan cukup banyak, selain jurusan kedokteran juga ada jurusan keperawatan. Jika kamu memiliki cita-cita menjadi perawat maka cocok sekali untuk mengambil jurusan ini. Berikut informasi lengkap tentang jurusan keperawatan tersebut.

Pengertian Jurusan Ilmu Keperawatan

Jurusan keperawatan sesuai dengan namanya adalah sebuah jurusan pendidikan yang bertujuan untuk mencetak tenaga perawat. Melalui jurusan ini kamu akan mempelajari mengenai ilmu sains yang dipadukan dengan ilmu sosial.

Jurusan ini memberikan materi mengenai bagaimana cara memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien. Sehingga nantinya akan mempelajari mengenai segala jenis teori dan teknologi baru yang membantu proses pemulihan fisik dan mental pasien tersebut.

Jurusan di ilmu keperawatan sendiri tersedia dalam dua jenjang, yakni D3 dan juga S1. Khusus untuk D3 nantinya akan menekankan pada kegiatan praktek mengenai keperawatan. Sedangkan untuk S1 fokus utamanya adalah menyeimbangkan antara teori dan praktek.

Sehingga ketika menempuh jenjang S1 keperawatan maka selain mendapat materi teoritis di dalam kelas. Nantinya juga akan praktek langsung di lapangan baik itu di rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan, dan sejenisnya.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Keperawatan

  1. Ilmu Dasar Keperawatan
    Mata kuliah ini disebut juga dengan istilah konsep dasar keperawatan dan akan membahas dunia keperawatan secara teori. Mulai dari teori yang mendasari ilmu keperawatan dan tokoh yang melahirkan teori tersebut.
    Mata kuliah ini juga mempelajari mengenai etika dan norma di dalam praktek kegiatan keperawatan. Sehingga calon perawat di jurusan ini paham bagaimana menjaga nama baik profesinya dan bagaimana menjalankan tugasnya.
  2. Asuhan Keperawatan
    Asuhan keperawatan menjadi mata kuliah yang wajib dikuasai oleh mahasiswa di jurusan keperawatan. Melalui mata kuliah ini mahasiswa akan belajar bagaimana memberikan asuhan atau pelayanan keperawatan secara lengkap kepada pasien. Baik itu pelayanan kebutuhan biologis, psikologis, sosial, dan juga spiritual.
  3. Psikologi Dasar
    Jurusan ilmu keperawatan akan mempelajari ilmu diluar dunia medis, salah satunya psikologis. Jadi ada mata kuliah psikologi dasar dan menjadi bekal penting bagi calon perawat.
    Sebab mahasiswa di jurusan ini nantinya akan berhadapan dengan banyak pasien dengan karakter masing-masing. Perawat juga perlu bisa menenangkan pasien yang dibuat stres, marah, dan sebagainya atas penyakit yang diderita.
  4. Anatomi dan Fisiologi Manusia
    Selanjutnya ada mata kuliah anatomi dan fisiologi manusia dan merupakan pendalaman dari ilmu biologi yang didapat selama di bangku SMA. Mata kuliah ini akan menjelaskan mengenai nama dan fungsi dari berbagai bagian dan organ di dalam tubuh manusia. Calon perawat wajib menghafal semuanya di luar kepala.
  5. Komunikasi Tarapeutik
    Selain dibekali ilmu psikologi calon perawat di jurusan ilmu keperawatan juga akan belajar mengenai ilmu komunikasi. Sebab seorang perawat akan lebih banyak melakukan komunikasi dengan pasien dan keluarganya.
    Menyampaikan saran perawatan, sifat penyakit, melakukan penyuluhan kesehatan, dan sebagainya. Sehingga seorang perawat membutuhkan kecakapan dalam komunikasi.

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Ilmu Keperawatan

Kelebihan

  1. Mempelajari banyak ilmu dan keterampilan, sebab seorang perawat dituntut untuk serba bisa saat memberikan pelayanan kepada pasien.
  2. Memiliki profesi dan karir yang jelas, ditambah kebutuhan tenaga perawat selalu tinggi setiap tahunnya.
    Bisa belajar mengenai ilmu kesehatan sehingga paham bagaimana menjaga kesehatan tubuh dengan baik.
  3. Membantu membangun jiwa sosial yang tinggi.

Kekurangan

  1. Kurang cocok untuk yang tidak suka darah dan jarum karena ilmu keperawatan akan sangat familiar dengan keduanya.
  2. Bekerja shift ketika sudah lulus.
  3. Persaingan ketat di dunia kerja.
  4. Siap dengan gaji yang minim, meskipun setiap instansi kesehatan punya kebijakan tersendiri terkait gaji karyawannya.

7 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Keperawatan

Jika kamu saat ini berada di kelas XII tentunya sudah mulai mencari jurusan kuliah yang sesuai. Selama dalam proses pencarian kamu perlu mengenal beberapa jurusan yang menarik, terutama dilihat dari keunggulan dan prospek kerja jurusan tersebut.

Alasan Memilih Ilmu Keperawatan

Salah satu jurusan kuliah yang menarik dengan banyak keunggulan adalah jurusan ilmu keperawatan. Ada banyak alasan kenapa jurusan satu ini tepat untuk kamu pilih, diantaranya adalah:

  1. Paham Ilmu Kesehatan
    Alasan pertama yang membuat jurusan ilmu keperawatan tepat untuk dipilih saat masuk kuliah adalah bisa mempelajari ilmu kesehatan. Meskipun bukan dokter, namun kamu juga akan mempelajari hal-hal yang dipelajari calon dokter.
    Sebab tugas seorang perawat sangat kompleks dan akan melakukan tindakan langsung kepada pasien. Misalnya bagaimana memasang dan melepas selang infus, selang kateter, memberi suntikan, melakukan jahitan pada luka, dan sebagainya.
    Sehingga ketika dibutuhkan kamu bisa melakukan pertolongan pertama dengan tepat, misalnya pada korban kecelakaan. Sekaligus bisa merawat keluarga sendiri yang tengah sakit, termasuk memberikan obat yang tepat.
  2. Biaya Kuliah Tidak Sebesar Jurusan Kesehatan Lain
    Dibandingkan dengan jurusan di bidang kesehatan lainnya, ilmu keperawatan bisa dikatakan membutuhkan biaya yang lebih terjangkau. Jenjang D3 bahkan bisa diselesaikan dengan dana kurang dari Rp 100 juta.
    Namun mengenai biaya kuliah memang sangat bergantung dari universitas mana yang dituju. Secara umum universitas negeri tentu lebih murah dibanding biaya kuliah di universitas swasta. Selain Universitas Negeri Indonesia yang memiliki Akreditasi A untuk ilmu keperawatan juga cukup banyak, seperti Universitas Airlangga dan Universitas Diponegoro
  3. Merupakan Profesi yang Mulia
    Sama halnya dengan dokter dan pemilik profesi kesehatan lainnya, menjadi perawat adalah memiliki profesi yang mulia. Sebab kamu bisa membantu menyelamatkan nyawa banyak orang setelah lulus kuliah.
    Tidak tertutup kemungkinan bisa menyelamatkan nyawa keluarga sendiri karena bisa memberikan pertolongan dan perawatan kesehatan yang tepat. Sehingga jika ingin menekuni profesi yang bisa membantu banyak orang, perawat bisa dijadikan pilihan.
  4. Memiliki Prospek Kerja yang Jelas
    Sebagaimana kuliah di bidang kesehatan, masalah prospek kerja tentu tidak perlu dipusingkan sebab sudah jelas. Jurusan ilmu keperawatan pun demikian karena bisa dipastikan setelah lulus menjadi perawat. Perawat banyak dibutuhkan di rumah sakit, klinik, dan puskesmas. Dimana satu tempat membutuhkan puluhan bahkan ratusan perawat.
  5. Prospek Kerja Luas
    Jika kamu menganggap lulus dari jurusan ilmu keperawatan hanya bisa menjadi perawat, maka kamu sudah keliru. Prospek kerja yang dimiliki lulusannya tidak sesempit itu.
    Lulusan ilmu keperawatan juga bisa menekuni bidang lain di dunia kerja. Misalnya membuka praktek sendiri seperti praktek pelayanan khitan, bisa juga bekerja di bidang akademik dengan menjadi dosen profesional.
  6. Bisa Membuka Praktek Sendiri Seperti Dokter dan Bidan
    Alasan menarik berikutnya mengapa perlu mempertimbangkan jurusan ilmu keperawatan adalah bisa membuka praktek sendiri di rumah. Jadi sama halnya dengan dokter dan bidan, kamu juga bisa bekerja di rumah sendiri.
    Misalnya menempuh pendidikan Doktor keperawatan, selain menjadi dosen juga bisa membuka pelayanan kesehatan di rumah. Mulai dari pelayanan suntik KB, pelayanan khitan, dan lain sebagainya.
  7. Jam Kerja Fleksibel
    Salah satu resiko menjadi perawat adalah bekerja secara shift dan biasanya ada 3 shift, ada kalanya berangkat pagi pulang sore. Namun ada kalanya berangkat siang pulang malam atau berangkat malam pulang pagi. Namun dari kebijakan tersebut, seorang perawat punya jam kerja fleksibel. Bahkan bisa saling bertukar shift dengan perawat lain jika ada keperluan. Sehingga bisa mengatur waktu sesuai kebutuhan setelah berkarir di dunia kerja.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Keperawatan

Diploma maupun sarjana dari ilmu keperawatan tidak hanya berpeluang untuk menjadi perawat di rumah sakit. Prospek kerjanya sendiri ternyata sangat luas dan pilihan profesinya pun cukup beragam.

Pilihan Prospek Kerja Lulusan Ilmu Keperawatan

Berikut adalah beberapa pilihan prospek kerja bagi lulusan ilmu keperawatan di jenjang pendidikan tinggi:

  1. Perawat di Klinik Kecantikan
    Prospek kerja yang pertama bagi lulusan ilmu keperawatan adalah bekerja di klinik kecantikan. Tempat kerja satu ini sangat sesuai untuk kamu yang sangat memperhatikan penampilan dan kesehatan kulit.
    Saat ini pertumbuhan klinik kecantikan sangat cepat dan melibatkan banyak mesin canggih. Sehingga tenaga perawat di klinik kecantikan sangat dibutuhkan dan bisa menjadi destinasi kamu saat lulus nanti.
  2. Perawat Homecare
    Jika merasa khawatir tersiksa dengan jam kerja yang dibuat shift di rumah sakit dan klinik kesehatan. Maka bisa beralih menjadi perawat homecare, yakni perawat pribadi yang bekerja ke rumah orang yang memakai jasa perawat.
    Kamu bisa merawat bayi, lansia, maupun anggota keluarga dari pengguna jasa yang kebetulans akit dan butuh perawat di dekatnya. Jam kerja dari perawat homecare ini lebih fleksibel dan gajinya juga lebih tinggi.
  3. Manajer Data Klinis
    Profesi menarik berikutnya yang bisa ditekuni oleh lulusan ilmu keperawatan adalah manajer data klinis. Tugasnya tidak jauh dari pengolahan dan pengelolaan data klinis di sebuah rumah sakit dan instansi kesehatan lainnya.
    Ilmu kesehatan sangat diperlukan untuk mengolah database yang sifatnya klinis tersebut. Sehingga profesi ini akan membuat kamu dekat dengan data dan perangkat komputer alih-alih menangani pasien secara langsung.
  4. Asisten Dokter
    Berikutnya adalah menjadi asisten dokter yang akan membantu tugas-tugas dokter dalam menangani pasien yang sakit. Misalnya memberikan perawatan dan tindakan yang diperlukan sesuai arahan dari dokter ke pasien.
  5. Penulis
    Setelah lulus dari ilmu keperawatan kamu juga bisa menekuni profesi sebagai seorang penulis. Tentunya penulis buku kesehatan agar ilmu yang didapat selama kuliah tetap terpakai dan bermanfaat secara luas.
    Buku yang berhasil kamu susun bisa dicoba diterbitkan dan akan memperoleh penghasilan tinggi jika sukses menjadi best seller. Jadi, untuk kamu yang pintar dan hobi menulis bisa mencoba profesi menarik satu ini.
  6. Medical Representative
    Opsional profesi setelah lulus berikutnya adalah menjadi MR atau medical representative. Profesi ini akan membuat kamu sering berkeliling dari satu instansi kesehatan ke instansi lainnya.
    Jam kerjanya fleksibel dan tugas utamanya adalah mempromosikan produk baik obat maupun alat kesehatan ke rumah sakit, klinik, maupun puskesmas. Apabila memiliki kemampuan marketing dan komunikasi yang baik maka profesi ini cocok untuk ditekuni.
  7. Paramedis
    Perawat juga bisa menjadi tenaga paramedis yang menangani pasien secara langsung, misal di unit UGD (Unit Gawat Darurat) di sejumlah puskesmas dan rumah sakit. Sehingga bisa mendapatkan pekerjaan yang aktif dan menuntut kamu untuk memperdalam ilmu medis.
    Manajer Pelayanan Medis dan Kesehatan
    Berikutnya adalah menjadi manajer pelayanan medis dan kesehatan. Sehingga tugas utama yang kamu miliki adalah mengatur personil tenaga medis di tempat kamu bekerja. Jadi, nantinya akan mengatur siapa saja yang ada di unit pendaftaran, di UGD, dan sebagainya.
  8. Epidemiolog
    Menjadi epidemiolog atau ahli epidemi juga bisa kamu tekuni setelah lulus. Profesi ini sendiri bertugas untuk mendeteksi masalah kesehatan yang akan atau sangat mungkin terjadi. Setiap negara dijamin memerlukan seorang epidemiolog ini dan memberikan gaji tinggi.

Itulah beberapa prospek kerja atau profesi yang bisa kamu tekuni setelah lulus dari ilmu keperawatan. Sehingga pilihannya sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kemampuan dan ketertarikan kamu sendiri.

7 Fakta Jurusan Ilmu Keperawatan

Sebelum masuk ke jurusan ilmu keperawatan maka kamu wajib sekali mengenal jurusan satu ini. Misalnya mengenai apa itu perawat dan tugas-tugasnya nanti? Hal ini penting untuk memastikan bahwa jurusan satu ini memang cocok dengan kemampuan, maupun passion dan impian kamu.

Fakta Menarik dari Jurusan Ilmu Keperawatan

Sebelum memutuskan untuk masuk ke jurusan ilmu keperawatan maka penting sekali untuk mengenal sejumlah fakta terkait jurusan ini. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Tidak Hanya untuk Wanita
    Selama ini masyarakat menilai bahwa mahasiswa yang bisa kuliah di jurusan keperawatan adalah perempuan. Namun, ternyata tidak demikian karena laki-laki pun bisa masuk jurusan ini. Ketika di rumah sakit dipastikan ada beberapa perawat laki-laki, meskipun jumlahnya kalah jauh dengan perempuan.
  2. Punya Keterampilan Kompleks
    Jika kamu beranggapan bahwa tugas dari seorang perawat hanya memasang dan melepas selang infus ke tubuh pasien. Maka kamu keliru, justru tugas dari perawat ini sangat kompleks. Sehingga selama kuliah akan diajari banyak sekali keterampilan.
    Mulai dari mengenai psikologi pasien, belajar mengenai cara berkomunikasi, selain itu juga terjun langsung memberi tindakan pada pasien. Misalnya menjahit luka pasien, menangani luka bakar, memberi pertolongan di UGD langsung, dan sebagainya.
  3. Bukan Pembantu atau Asisten Dokter
    Perawat selama ini terkesan menjadi pembantu atau asisten seorang dokter, namun istilah ini tidak tepat. Paling tepat adalah menjadi partner bagi dokter untuk memberikan pelayanan kesehatan maksimal pada pasien.
    Dokter tidak bisa berada 24 jam di samping pasien, namun berbeda dengan perawat. Setiap beberapa jam sekali akan melakukan pengecekan dan datanya diserahkan kepada dokter.
  4. Biaya Kuliah Sekitar Puluhan Juta
    Sudah menjadi rahasia umum bahwa kuliah di jurusan kesehatan selalu menelan biaya tinggi. Hal ini juga bisa dikatakan berlaku untuk jurusan ilmu keperawatan, rentan biaya di bawah Rp 100 juta untuk jenjang D3 dan beda tipis dengan jenjang S1 yang sedikit lebih mahal.
  5. Peluang Kerja Luas
    Bicara mengenai pemilihan jurusan kuliah dijamin akan mempertimbangkan prospek kerjanya seperti apa pasca lulus. Masuk ke jurusan di bidang kesehatan memang bisa berlega hati.
    Sebab memiliki prospek kerja yang luas termasuk pula untuk jurusan ilmu keperawatan. Selain bisa bekerja di berbagai instansi kesehatan di dalam negeri juga bisa sampai keluar negeri.
    Selain itu seorang perawat juga bisa memungkinkan untuk melanjutkan studi dan berkesempatan membuka praktek di rumah. Sebab perawat juga dibekali ilmu untuk memberi tindakan medis pada pasien.
  6. Jenjang Pendidikan Keperawatan
    Jenjang pendidikan untuk jurusan ilmu keperawatan ternyata tidak hanya sampai S1 saja, melainkan sampai S3. Jadi jenjang pertama adalah diploma III dan disebut dengan vokasi.
    Sedangkan di jenjang S2 adalah untuk spesialis, S3 untuk doktor keperawatan, dan ada pula Ners untuk jenjang profesi dan mendapatkan gelar Ns. Sehingga selain bisa menempuh Sarjana Keperawatan juga bisa menempuh sampai Doktor Keperawatan (S3).
  7. Calon Pasukan Tidak Kenal Tanggal Merah
    Sebelum memutuskan untuk masuk ke jurusan ilmu keperawatan kamu harus tahu bahwa setelah lulus akan menjadi pegawai yang tidak mengenal tanggal merah. Sebab pelayanan kesehatan tidak bisa dihentikan begitu saja, rumah sakit tidak akan bisa tutup saat hari raya, tahun baru, dan sebagainya.
    Sehingga setelah menjadi perawat di klinik, rumah sakit, dan sebagainya harus siap tetap aktif bekerja di tanggal merah. Ada kemungkinan kamu akan tetap di perantauan saat bulan puasa dan masih bertugas di perayaan lebaran.

Artikel Tentang Ilmu Keperawatan

buku keperawatan untuk mahasiswa
admin

10 Rekomendasi Buku Keperawatan Untuk Mahasiswa

10 Rekomendasi Buku Untuk Mahasiswa Keperawatan – Menjadi mahasiswa tentu harus banyak-banyak membaca agar pengetahuannya semakin luas, begitu juga dengan mahasiswa keperawatan dan kedokteran. Harus