Bagikan

Jurusan Ilmu Keolahragaan

Pengertian Jurusan Ilmu Keolahragaan

Bagi kamu yang sedang bingung menentukan jurusan kuliah, tidak ada salahnya mempertimbangkan beberapa jurusan yang menarik. Salah satunya adalah jurusan ilmu keolahragaan.

Pengertian Jurusan Ilmu Keolahragaan

Di fakultas ilmu olahraga terdapat program studi atau jurusan ilmu keolahragaan. Ilmu keolahragaan sendiri merupakan jurusan yang mempelajari olahraga kesehatan. Sehingga mahasiswa di jurusan ini mempelajari keahlian khusus di bidang jasmani, terapi rehabilitasi fisik, aktivitas jasmani, dan juga manajemen olahraga.

Meskipun dilihat dari nama jurusannya hanya mengedepankan kata “olahraga”. Aktualnya mahasiswa disini mempelajari lebih banyak materi, tidak hanya tentang kegiatan olahraga saja. Misalnya mempelajari ilmu kedokteran dasar seperti anatomi, fisiologi, fisioterapi olahraga, biokimia, dan mata kuliah di bidang kesehatan lainnya.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Keolahragaan

  1. Kimia. 
  2. Biologi.  
  3. Atletik dasar. 
  4. Fisika.
  5. Biokimia. 
  6. Filsafat olahraga. 
  7. Matematika. 
  8. Renang dasar. 
  9. Kesehatan mental. 
  10. Antropologi. 
  11. Message. 
  12. Histologi. 
  13. Psikologi olahraga. 
  14. Sistem energi. Fisiologi umum. 
  15. Ilmu gizi olahraga. 
  16. Fisioterapi olahraga. 
  17. Doping. 
  18. Kesehatan olahraga. 
  19. Olahraga lansia. 
  20. Manajemen kebugaran. 
  21. Analisis mekanika cabor. 
  22. Olahraga dan lingkungan hidup.

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Ilmu Keperawatan

Kelebihan

  1. Memiliki pemahaman mengenai ilmu kesehatan, sehingga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh sendiri maupun orang sekitar.
  2. Memiliki pemahaman terkait kegiatan olahraga, sebab yang namanya olahraga tidak bisa asal dilakukan. Jika benar maka bermanfaat dan jika salah malah akan menyebabkan gangguan kesehatan. Ilmu terkait hal ini dipelajari secara mendalam di jurusan ilmu keolahragaan.
  3. Memiliki kemampuan analisis dan evaluasi yang baik untuk menentukan jenis dan gerakan olahraga seperti apa yang cocok untuk kondisi tubuh tertentu.
  4. Memiliki keterampilan di bidang terapi seperti message dan fisioterapi untuk membantu mengatasi cedera pada atlet atau olahragawan.
  5. Memiliki prospek kerja yang luas dan terjamin, mulai dari menjadi guru, PNS, sampai konsultan olahraga dan tenaga ahli di bidang olahraga.
  6. Memiliki fisik dan mental yang baik karena dipelajari di jurusan ini dan bisa diterapkan secara langsung.

Kekurangan

  1. Kurang cocok untuk yang tidak suka kegiatan olahraga atau takut bola, karena di jurusan ini tidak hanya belajar teori keolahragaan namun juga praktek di lapangan.
  2. Profesi beragam namun lapangan pekerjaannya masih terbatas, sehingga setelah lulus memiliki pesaing yang banyak dan sulit. Kecuali jika membuka usaha sendiri misalnya membuka tempat gym, sanggar senam, dan lain sebagainya.
  3. Tes masuk ada tes fisik sehingga ditimbang berat badan, diukur tinggi badan, indeks massa tubuh, dan lain sebagainya. Sehingga lolos tes tertulis saja tidak cukup harus ditunjang fisik yang sehat dan dalam kondisi prima agar bisa lolos di jurusan satu ini

8 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Keolahragaan

Kamu menyukai kegiatan olahraga yang tertarik untuk memperdalam ilmu tentang kegiatan ini? Maka ketika memasuki jenjang perkuliahan, bisa mengambil jurusan ilmu keolahragaan. Jurusan ini menarik untuk dipilih karena banyak hal.

Alasan Kenapa Memilih Jurusan Ilmu Keolahragaan

Berikut adalah beberapa alasan yang membuat jurusan ilmu keolahragaan menjadi pilihan terbaik untuk diambil:

  1. Prospek Karir yang Beragam
    Alasan pertama kenapa jurusan ilmu keolahragaan tepat dan menarik untuk diambil adalah karena prospek karir atau kerjanya yang bagus . Jadi, setelah lulus kamu bisa menekuni banyak pilihan profesi dengan gaji yang memang menarik bahkan cenderung tinggi.
    Mulai dari menjadi atlet, guru olahraga, instruktur olahraga, dan menjadi PNS maupun pegawai di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Sehingga peluang kerjanya luas, dan jika berprestasi kesempatan untuk sukses setelah lulus terbuka lebih lebar.
  2. Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh
    Masuk ke jurusan ilmu keolahragaan akan terbantu untuk memiliki tubuh yang sehat. Sebab selama perkuliahan tidak hanya mempelajari olahraga secara teori namun juga sering praktek secara langsung.
    Sehingga selama perkuliahan sering berolahraga dan tentunya menjadikan fisik dan mental lebih kuat. Selain itu memiliki ilmu yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.
  3. Punya Pekerjaan yang Menyenangkan
    Selain memiliki prospek pekerjaan yang luas dan beragam, lulusan dari jurusan ilmu keolahragaan juga memiliki pekerjaan yang menyenangkan. Sebab umumnya akan lebih banyak terjun langsung di lapangan dan berhubungan dengan kegiatan olahraga.
  4. Materi Perkuliahan yang Menyenangkan
    Jika selama di SMA maupun SMK sering belajar di dalam kelas dan bosan dengan materi teori. Maka sangat tepat untuk masuk ke jurusan ilmu keolahragaan, sebab lebih banyak praktek di lapangan.
    Selain itu banyak praktek olahraga sehingga materi perkuliahan benar-benar seru, menyenangkan, dan tidak membosankan sama sekali.
  5. Memiliki Jaringan yang Luas
    Pekerjaan yang bisa ditekuni oleh lulusan ilmu keolahragaan adalah pekerjaan yang menuntut kamu bertemu banyak orang. Sehingga memiliki pekerjaan yang punya jaringan yang luas, dan berdampak baik pada karir yang dimiliki.
  6. Punya Pengetahuan Lebih di Bidang Kesehatan
    Meskipun secara umum mempelajari materi-materi perkuliahan di bidang olahraga. Nyatanya di jurusan ini kamu juga akan mempelajari ilmu dasar di bidang kesehatan. Sehingga setelah lulus kamu memiliki pengetahuan luas di dua bidang sekaligus, yakni olahraga dan kesehatan itu sendiri.
  7. Mengasah kemampuan Komunikasi
    Selama masa perkuliahan kamu juga akan diajari keterampilan dalam berkomunikasi atau berbicara. Sebab setelah lulus akan menjalani profesi yang menuntut kamu bertemu banyak orang.
    Sehingga lewat jurusan ini kamu bisa mengasah keterampilan komunikasi dengan sangat baik. Nantinya tidak hanya bermanfaat untuk karir namun juga di dalam aspek kehidupan lainnya.
  8. Merupakan Jurusan yang Keren
    Perlu diakui bahwa dengan masuk ke jurusan ilmu keolahragaan maka kamu akan diberi label mahasiswa “keren” dari jurusan dan fakultas lain. Mengapa? Sebab sejak masuk kuliah sudah ada tes fisik yang memastikan fisik kamu benar-benar sehat.
    Setelah itu, selama perkuliahan akan banyak melakukan kegiatan olahraga yangs emain memaksimalkan penampilan fisik. Tidak heran jika mahasiswa di jurusan ini dikenal punya fisik bagus dan rupawan. Terutama jika sudah menorehkan prestasi di bidang olahraga selama masa perkuliahan.

Masuk ke jurusan ilmu keolahragaan memang pilihan terbaik, dan ada banyak alasan kenapa jurusan ini tepat untuk diambil. Yakni sesuai dengan penjelasan di atas dan tentunya bisa membantu kamu untuk tetap sehat melalui ilmu teori dan praktek olahraga yang dijalankan.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Keolahragaan

Saat memilih jurusan kuliah dijamin akan mempertimbangkan prospek kerjanya seperti apa. Sebab semua orang memiliki mimpi untuk sukses berkarir maupun menjadi pengusaha setelah lulus kuliah.

Salah satu jurusan perkuliahan yang memiliki prospek kerja menjanjikan dan menarik adalah ilmu keolahragaan. Berikut penjelasannya.

Prospek Kerja Setelah Lulus

Ilmu keolahragaan sendiri masuk ke dalam fakultas olahraga dan memberikan prospek kerja yang tidak berbeda jauh dengan jurusan lain di fakultas ini. Beberapa prospek kerjanya antara lain:

  1. Guru Olahraga
    Prospek pertama dari lulusan ilmu keolahragaan adalah menjadi guru olahraga. Jika masuk ke jurusan non-kependidikan ini maka perlu mengambil ujian kesetaraan terlebih dahulu. Selain itu bisa juga menjadi dosen di berbagai universitas setelah menempuh jenjang S2 di bidang olahraga pula.
  2. Menjadi Atlet
    Apabila selama sekolah dan kuliah memiliki kemampuan yang baik di bidang olahraga tertentu. Maka kamu bisa menjadi atlet pasca lulus, sebab jika memiliki prestasi di lapangan maka bisa sukses menjadi atlet dan mengharumkan nama Indonesia melalui pertandingan tingkat Asean dan dunia.
  3. Pelatih Olahraga
    Opsional karir berikutnya adalah menjadi pelatih olahraga, umumnya menjadi pelatih dilakukan oleh pensiunan atlet. Namun tidak selalu demikian, karena setelah lulus ilmu keolahragaan pun kamu bisa langsung menjadi pelatih. Terutama di bidang olahraga yang disukai dan dikuasai dengan baik.
  4. Menjadi Personal Trainer
    Setelah lulus kamu juga bisa menjadi personal training yang membantu mendampingi siapa saja untuk melakukan olahraga rutin. Semakin kesini semakin banyak orang yang menyadari pentingnya kegiatan olahraga.
    Selain itu kesadaran untuk berolahraga di bawah dampingan trainer juga semakin meningkat. Sehingga kebutuhan personal trainer dari waktu ke waktu terus bertambah. Gaji yang diterima pun sampai puluhan juta, bahkan lebih jika melatih lebih banyak orang.
  5. Instruktur Senam
    Lulusan dari ilmu keolahragaan juga bisa menekuni profesi sebagai instruktur senam. Terutama untuk mahasiswi yang memang menyukai kegiatan senam seperti aerobik, yoga, pilates, zumba, dan sejenisnya. Silahkan memilih jenis olahraga yang disukai dan menjadi instruktur profesional.
  6. Jurnalis Olahraga
    Setelah lulus dari jurusan ilmu keolahragaan juga bisa menjadi seorang jurnalis di bidang olahraga. Menjadi jurnalis di bidang ini tidak mudah karena harus paham olahraga secara umum, dan kamu cocok menjadi penguat tim jurnalis tersebut.
    Sebab pengetahuan seputar olahraga dan kesehatan yang dimiliki akan membuat artikel yang ditulis lebih hidup dan berkualitas. Sehingga bisa sukses menyajikan artikel berita olahraga yang enak dibaca dan sangat informatif.
  7. Pegawai Negeri Sipil
    Lulusan dari ilmu keolahragaan juga memiliki kesempatan besar untuk menjadi PNS atau Pegawai Negeri Sipil. Khususnya di kantor pemerintahan yang memang berhubungan dengan bidang olahraga maupun kesehatan. Salah satunya adalah di Kementerian Pemuda dan Olahraga.
  8. Menjadi Terapis
    Selama masa kuliah kamu akan mendapat mata kuliah yang berkaitan dengan terapi, seperti terapi refleksologi. Sehingga setelah lulus kamu bisa menjadi terapis refleksologi yang saat ini banyak dicari dan dibutuhkan.
  9. Pengusaha
    Lulusan dari ilmu keolahragaan juga bisa menjadi pengusaha atau wirausaha, yakni untuk usaha yang berhubungan dengan dunia olahraga juga. Misalnya mendirikan fitnes center, toko peralatan olahraga, dan lain sebagainya.
  10. Content Creator
    Selama kuliah kamu akan dibekali ilmu terkait olahraga, baik secara teori dan praktek. Lulus dari jurusan ini bisa membantumu menjadi content creator yang sukses, misalnya di Youtube.
    Sebab bisa menyajikan tutorial gerakan olahraga tertentu dengan manfaat tertentu pula. Konten semacam ini sangat diminati di Youtube dan kesempatan untuk sukses dan mendapat gaji besar terbuka lebar.

6 Fakta Jurusan Ilmu Keolahragaan

Memiliki otak yang encer dan fisik yang kuat adalah idaman semua orang, dan untuk mendapatkannya ternyata bisa dengan masuk ke jurusan ilmu keolahragaan. Sebab di jurusan ini kamu belajar teori olahraga dan kesehatan dengan detail, sekaligus memiliki fisik yang terlatih sepanjang masa perkuliahan.

Fakta Kuliah di Jurusan Ilmu Keolahragaan
Tidak heran jika lulusan dari jurusan ini diberi label pasangan idaman. Namun, terlepas dari fakta tersebut, jurusan ilmu keolahragaan juga memiliki fakta menarik lainnya. Berikut adalah fakta-fakta tersebut:

  1. Tidak Hanya Belajar Ilmu Olahraga
    Jika kamu berpikir di jurusan ilmu keolahragaan hanya akan mendapat ilmu olahraga saja, maka sebenarnya tidak demikian. Sebab jurusan satu ini juga akan membekali mahasiswanya dengan ilmu kesehatan.
    Sehingga di masa perkuliahan akan memperoleh ilmu dasar di bidang kedokteran dan kesehatan.Jadi, tidak perlu kaget jika mendapat mata kuliah seperti anatomi, biokimia, obat-obatan, dan semacamnya.
  2. Ada Tes Fisik untuk Ujian Masuk
    Di jurusan lain mungkin kamu hanya perlu mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk tertulis. Namun di jurusan ilmu keolahragaan dan jurusan lain di bawah fakultas olahraga akan ada ujian fisik.
    Sehingga calon mahasiswa baru di jurusan ini akan di cek tinggi badan, berat badan, indeks massa tubuh, dan lain sebagainya. Apabila berniat masuk ke jurusan ilmu keolahragaan maka perlu mempersiapkan fisik jauh-jauh hari agar lolos tes.
  3. Prospek Pekerjaan Luas dan Lebih Spesifik
    Setelah lulus dari jurusan ilmu keolahragaan kamu tidak perlu khawatir dengan kemungkinan susah mencari pekerjaan. Sebab prospek kerjanya luas, beragam, dan juga ada kesempatan besar menjadi pengusaha.
    Kisaran gaji yang diterima bervariasi, dan akan lebih tepat jika pemilihan profesi disesuaikan dengan minat dan keahlian atau keterampilan. Sehingga menikmati proses jatuh bangun dalam menekuni profesi tersebut.
  4. Masa Kuliah Lebih Seru dan Menyenangkan
    Masuk ke jurusan ilmu keolahragaan memberi kesempatan bagi kamu untuk lebih banyak praktek di lapangan. Bukan untuk melakukan pembedahan dan memasang selang infus sebagaimana jurusan di bidang kesehatan, melainkan untuk praktek olahraga jenis tertentu.
    Sehingga untuk kamu yang memang sejak lama menyukai kegiatan olahraga dan berprestasi di bidang ini, dijamin akan menikmati masa perkuliahan. Sebab dibanding teori, mata kuliah praktek lebih banyak.
  5. Punya Fisik yang Bagus
    Masuk ke jurusan ilmu keolahragaan dijamin memiliki fisik yang bagus, sebab salah satu tes masuknya adalah tes fisik. Selain itu sepanjang masa kuliah kamu akan lebih banyak berolahraga sehingga dijamin fisik terbentuk dengan baik.
    Sehingga untuk kamu yang punya impian punya fisik yang bagus dan postur tubuh yang tidak mengecewakan. Maka memilih masuk ke jurusan ilmu keolahragaan adalah pilihan yang tepat.
  6. Bisa Menjadi Atlet
    Impian menjadi atlet memang harus punya prestasi yang membanggakan di bidang olahraga. Meraih mimpi ini semakin mudah jika kamu memilih jurusan ilmu keolahragaan dan jurusan di fakultas olahraga lainnya.
    Sebab disini kamu akan mempelajari olahraga di semua bidang dan beberapa diantaranya bisa jadi merupakan keahlian kamu. Sehingga setelah lulus bisa menjadi atlet untuk jenis olahraga tersebut.

Jurusan ilmu keolahragaan memang memiliki banyak sekali fakta yang menarik, sesuai penjelasan di atas. Kamu yang ingin masuk ke jurusan ini sebaiknya perlu memahami fakta-fakta tersebut, sehingga bisa mempersiapkan diri dengan baik.

Artikel Tentang Ilmu Keolahragaan

Pondok Djawara Deepublish