Jurusan Ilmu Gizi

Pengertian Jurusan Ilmu Gizi

Punya ketertarikan di bidang bahan pangan? Maka saat memasuki jenjang perkuliahan kamu bisa masuk ke jurusan ilmu gizi. Secara umum jurusan ini berada di bawah Fakultas Kedokteran, namun bisa juga di bawah Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Ekologi Manusia.

Sekilas Tentang Jurusan Ilmu Gizi

Sebelum mengambil jurusan ilmu gizi penting sekali untuk mengenal jurusan ini lebih dalam dan detail. Sehingga bisa menimbang apakah jurusan ini memang tepat sesuai minat, bakat, dan kemampuan yang dimiliki atau sebaliknya.

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah terkait definisi atau pengertian dari jurusan ilmu gizi itu sendiri.

Jadi, jurusan ilmu gizi adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari mengenai bahan pangan dan kandungan atau gizi di dalamnya.

Melalui jurusan ini mahasiswa bisa mengetahui pentingnya nutrisi bagi tubuh manusia.

Selain itu bisa memahami pula hubungan antara gizi dengan program diet dan gaya hidup sehat. Sekaligus punya pemahaman terkait asupan dan penyediaan informasi.

Mahasiswa di jurusan ilmu gizi tidak hanya dibekali teori mengenai bahan pangan dan kandungan nutrisinya. Melainkan juga mempelajari mengenai pemrosesan bahan makanan, penyimpanan bahan dan menu makanan, dan juga mengenai budaya makanan.

Secara lebih luas, ilmu gizi akan mempelajari hubungan antara asupan gizi seimbang dengan kesehatan, pertumbuhan tubuh, dan produktivitas. Selain itu juga hubungan ilmu gizi dengan sektor pertanian, ekonomi, sosial budaya, dan kualitas manusia.

Sehingga setelah lulus dari jurusan ilmu gizi kamu akan paham tubuh memerlukan zat gizi apa saja dan bisa diperoleh dari bahan makanan apa saja. Sekaligus takarannya bagaimana beserta cara pengolahan yang tepat agar nutrisi ini utuh seperti apa.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Gizi

Salah satu tujuan dari jurusan ini adala mencetak generasi muda yang paham mengenai bahan pangan beserta kandungan gizi di dalamnya. Sehingga mampu mencetak ahli gizi yang profesional.

Mahasiswa di jurusan ilmu kesehatan akan memperoleh sejumlah mata kuliah yang menarik, seperti:

Apa yang dipelajari di Jurusan Ilmu Gizi?

  1. Ilmu Bahan Pangan
    Mata kuliah pertama adalah ilmu bahan pangan, disini kamu akan mempelajari mengenai aneka jenis bahan pangan dan kandungan nutrisi sampai metode pengolahannya.
  2. Biokimia Gizi
    Berikutnya ada mata kuliah biokimia gizi dan disini kamu akan mempelajari reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh. Ketika ada asupan gizi tertentu yang masuk melalui makanan.
  3. Metabolisme Zat Gizi
    Sesuai namanya, mata kuliah ini akan mempelajari mengenai metabolisme zat gizi di dalam tubuh. Sehingga mengetahui bagaimana zat gizi dicerna oleh tubuh dan kemudian diserap tubuh itu sendiri.
  4. Prinsip-Prinsip Ilmu Gizi
    Mahasiswa di jurusan ilmu gizi juga akan mendapat mata kuliah prinsip-prinsip ilmu gizi. Melalui mata kuliah ini kamu bisa memperdalam pemahaman terkait gizi dari berbagai bahan pangan.
Masih ada banyak sekali mata kuliah yang akan didapatkan jika masuk ke jurusan ilmu gizi. Semuanya berhubungan dengan gizi dan kesehatan, sehingga memiliki bekal cukup di masyarakat sebagai konsultan gizi.

Alasan Memilih Jurusan Ilmu Gizi

  1. Jurusan yang Tersedia di Banyak Kampus
    Alasan pertama kenapa jurusan ilmu gizi ini tepat untuk kamu ambil setelah menginjak masa perkuliahan adalah karena mudah ditemukan salah satunya Universitas Indonesia. Pasalnya jurusan ini disediakan oleh banyak perguruan tinggi, kebanyakan adalah perguruan tinggi favorit. Sehingga tidak akan menghadapi kesulitan saat mencari kampus yang tepat, karena tersedia banyak pilihan. Memudahkan kamu untuk kuliah dekat dari rumah supaya tidak perlu membayar kost jika memang tersedia di kota tempat tinggal.
  2. Merupakan Jurusan di Bidang Kesehatan
    Jurusan ilmu gizi adalah satu diantara beberapa jurusan kuliah di bidang kesehatan. Kuliah di jurusan ini memberikan bekal untuk hidup sehat melalui pengaturan pola makan dan asupan bahan makanan harian. Sehingga kamu akan merasa sangat beruntung mendapatkan ilmu yang berhubungan langsung dengan kesehatan tubuh diri sendiri.Memberikan peluang besar untuk tetap sehat dan termasuk juga kesehatan orang terdekat, seperti keluarga.
  3. Memiliki Peluang Kerja yang Luas
    Setelah lulus dari jurusan ilmu gizi amu tidak akan kesulitan untuk mencari pekerjaan. Ada banyak bidang pekerjaan bisa ditekuni sehingga prospek kerjanya dikatakan sangat luas. Kamu bisa berpeluang menjadi wirausaha seperti pengusaha katering makanan sehat dan makanan diet. Selain itu bisa bekerja di rumah sakit, klinik, badan pemerintah seperti BPOM, menjadi konsultan gizi, dan lain sebagainya.
  4. Bisa Lanjut ke Jenjang Pascasarjana
    Kamu tentu perlu mempertimbangkan apakah jurusan kuliah yang diambil bisa dilanjutkan ke jenjang lebih tinggi atau tidak. Jika mempertimbangkan hal ini maka bisa memilih kuliah di jurusan ilmu gizi, sebab bisa lanjut ke jenjang pascasarjana.
  5. Bisa Berwirausaha
    Tidak hanya bisa berkarir di berbagai rumah sakit dan industri berkaitan obat dan bahan pangan. Setelah lulus dari jurusan ilmu gizi kamu juga bisa menekuni profesi pengusaha. Baik itu menjadi pengusaha katering untuk makanan sehat, makanan diet, dan makanan harian. Namun bisa pula menjadi penyedia jasa konsultasi gizi untuk membantu seseorang hidup sehat dan diet dari perbaikan pola makan.
  6. Cocok untuk Semua Gender
    Tidak perlu ragu untuk kuliah di jurusan ilmu gizi sebab di jurusan ini tidak memandang gender. Maksudnya disini adalah baik laki-laki maupun perempuan sama cocoknya untuk masuk ke jurusan ini.
    Sebab tidak hanya berisi kegiatan memasak namun mendapatkan materi perkuliahan yang kompleks. Sekaligus bidang pekerjaan setelah lulus sangat luas dan bisa ditekuni oleh laki-laki maupun perempuan.
  7. Mendapat Ilmu yang Sangat Bermanfaat
    Alasan berikutnya adalah karena di jurusan ini kamu bisa memperoleh ilmu yang bermanfaat untuk kesehatan diri sendiri dan orang lain. Dimana kesehatan merupakan harta paling mahal, dan kamu punya salah satu kunci untuk memilikinya. Yakni lewat ilmu gizi dan bahan pangan yang mumpuni.

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Ilmu Gizi

Kebihan : 

  1. Memiliki masa perkuliahan yang menyenangkan sebab mata kuliahnya unik dan membahas masalah gizi secara mendalam dan menarik.
  2. Memiliki prospek kerja yang luas dan jelas.
  3. Ilmu yang bermanfaat untuk kesehatan baik diri sendiri, keluarga, dan orang sekitar.

Kekurangan : 

  1. Waktu kuliah cukup lama. 
  2. Sering praktek sehingga biaya kuliah cukup tinggi dibanding jurusan lainnya. 
  3. Memiliki banyak saingan. 
  4. Prospek kerja luas namun dengan gaji yang bisa dikatakan minim.

8 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Gizi

Pada saat memilih jurusan kuliah tentunya akan sangat memperhatikan prospek kerjanya bagaimana pasca lulus. Kamu yang menjadikan jurusan ilmu gizi sebagai pilihan sepertinya tidak perlu khawatir.

Pasalnya lulusan dari jurusan satu ini memiliki prospek kerja yang cukup luas, dan bisa disesuaikan dengan passion maupun kondisi. Berikut informasi lengkapnya.

Setelah lulus dari jurusan ilmu gizi kamu bisa menekuni banyak sekali profesi, diantaranya adalah:

  1. Bekerja di Rumah Sakit
    Prospek pekerjaan yang pertama adalah menjadi staf di berbagai rumah sakit, di semua kota dan daerah. Setiap rumah sakit akan membutuhkan beberapa lulusan ilmu gizi. Sebab di rumah sakit memiliki unit instalasi gizi yang akan mengatur menu-menu bagi pasien. Tugas ahli gizi tidak hanya tentang penyiapan menu makanan para pasien saja. Namun juga menyediakan menu makanan dengan nutrisi seimbang dan bervariasi. Sekaligus menyiapkan menu makanan yang aman untuk kondisi kesehatan yang dialami setiap pasien.
  2. Bekerja di Instansi Pemerintah
    Lulusan dari ilmu gizi juga bisa bekerja di instansi atau institusi milik pemerintah. Tentunya yang memiliki hubungan dengan nutrisi atau kandungan gizi dari bahan pangan. Salah satu contohnya adalah di BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan). Ahli gizi yang bekerja di BPOM memiliki tugas untuk mengecek dan mengetahui bahan-bahan apa saja yang aman dikonsumsi dan tidak. Selain itu bisa pula berkarir di BKP atau Badan Ketahanan Pangan, yang juga memerlukan lulusan ilmu gizi yang paham mengenai bahan makanan. Gaji yang diterima di dua instansi pemerintah ini tentu dipastikan tinggi.
  3. Berkarir di Industri Makanan dan Minuman
    Seorang ahli gizi dari jurusan ilmu gizi juga bisa berkarir di berbagai industri bahan makanan dan minuman. Sebab memiliki tugas sebagai seorang quality control untuk memastikan keamanan dari makanan dan minuman yang diproduksi. Tugas paling familiar dari ahli gizi di industri makanan dan minuman adalah mengecek nutrition fact. Dimana tabel mengenai nutrition fact ini akan dicantumkan dalam kemasan makanan dan minuman di pasaran.
  4. Menjadi Konsultan Gizi
    Peluang karir juga datang dari klinik kesehatan dan juga pusat kebugaran yang jumlahnya terus meningkat. Industri ini memerlukan ahli gizi untuk membantu para member mendapatkan konsultan gizi profesional dan berpengalaman. Sebab mereka akan memastikan setiap member di klinik dan pusat kebugaran mendapatkan informasi penting terkait asupan gizi. Baik untuk diet menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, membentuk massa otot, dan tujuan lainnya.
  5. Bekerja di Lembaga Kesehatan Masyarakat
    Opsional berikutnya adalah bekerja di Lembaga Kesehatan Masyarakat, dan salah satu contohnya adalah di Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat). Puskesmas di semua daerah membutuhkan ahli gizi. Supaya memberi dampingan pada pasien yang berobat untuk paham bagaimana memperbaiki asupan gizi harian yang menunjang proses penyembuhan. Jumlah puskesmas yang belum memiliki ahli gizi sangat banyak, sehingga permintaannya cukup tinggi.
  6. Bekerja di Restoran dan Hotel
    Setelah lulus dari jurusan ilmu gizi kamu juga bisa bekerja di restoran, rumah makan, sampai di perhotelan. Tugas utama yang dimiliki adalah mengatur menu makanan, menjaga makanan tetap sehat, enak, dan awet.
  7. Menjadi Dosen
    Lulusan dari jurusan ilmu gizi juga bisa menekuni profesi akademik, yakni dengan menjadi dosen. Namun untuk menjadi dosen minimal harus S2 dan umumnya diwajibkan memiliki IPK yang tinggi, paling tidak 3.50.
  8. Menjadi Pengusaha di Bidang kuliner
    Selain bekerja untuk orang lain, lulusan ilmu gizi juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang dengan menjadi pengusaha. Yakni pengusaha di bidang kuliner baik itu restoran, katering, pabrik makanan dan minuman, dan lain sebagainya.

Fakta Jurusan Ilmu Gizi

Kamu yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk masuk ke jurusan ilmu gizi saat kuliah. Maka perlu mengenal detail mengenai jurusan ini, ibarat mencari pasangan sebab pemilihan jurusan kuliah akan sangat menentukan masa depan.

Ilmu gizi termasuk ke dalam jurusan di bidang kesehatan yang sangat favorit, karena peminatnya selalu tinggi. Setiap tahunnya jumlah pendaftar di jurusan ini ratusan kali lipat lebih banyak dibanding kuota yang tersedia di perguruan tinggi.

….Mengapa bisa demikian?

Sebab, ilmu gizi memberi banyak keuntungan mulai dari prospek kerja sampai masalah kenyamanan selama kuliah dan ketika berkarir pasca lulus.

,,,,Namun, benarkah ilmu gizi selalu kaya kelebihan?

Fakta Menarik Seputar Jurusan Ilmu Gizi

Berikut adalah sejumlah fakta menarik berkaitan dengan jurusan ilmu gizi yang tentu wajib diketahui bagi para calon mahasiswa di jurusan ini:

  1. Tersedia di Banyak Universitas
    Fakta pertama dari jurusan ilmu gizi adalah disediakan oleh banyak sekali universitas atau perguruan tinggi. Tidak akan sulit menemukan universitas untuk mengambil jurusan ini, karena memang bukan jurusan langka.
    Hal ini membuka kesempatan untuk mengambil kuliah di kampus terdekat dengan rumah. Sehingga tidak perlu kost dan menghemat biaya selama perkuliahan, selain itu bisa dengan mudah beradaptasi. Sebab hanya beradaptasi dengan lingkungan kampus bukan dengan lingkungan tempat tinggal.
  2. Masuk Bidang Ilmu Kesehatan
    Harus diakui bahwa ilmu gizi juga menjadi salah satu dari bagian ilmu kesehatan. Justru asupan gizi inilah yang menjadi kunci utama dari kesehatan seseorang, sebab penyakit apapun pada dasarnya berawal dari perut.
    Lulus dari jurusan ini membuat kamu lebih paham bagaimana menjaga kesehatan dan mempercepat pemulihan, dengan mengatur asupan gizi seimbang. Selain itu, sebagaimana jurusan di kesehatan lainnya.
    Jurusan ini punya ilmu yang abadi pemanfaatan dan penggunaannya. Begitupun dengan prospek kerjanya, sehingga sudah mempelajari ilmu yang bermanfaat sampai akhir hayat dan untuk banyak orang.
  3. Membahas Ilmu Gizi Secara Kompleks
    Mata kuliah yang didapatkan selama mengambil jurusan ilmu gizi sangat banyak. Satu sama lain berhubungan erat dengan bahan pangan, kandungan nutrisi, dan juga metode pengolahannya.
    Hal ini memungkinkan kamu untuk mempelajari ilmu gizi dengan sangat detail. Sehingga bisa tahu makanan apa saja yang bergizi dan baik dimakan rutin, diatur porsinya, dan bagaimana mengolahnya agar tetap sehat dan kaya nutrisi.
  4. Mata Kuliah Banyak Namun Seru
    Mata kuliah yang didapatkan di jurusan ilmu gizi tidak hanya banyak namun juga sangat menarik. Kebanyakan merupakan ilmu khusus yang hanya didapatkan jika masuk ke ilmu gizi dan beberapa jurusan kesehatan lainnya.
    Sehingga memiliki masa kuliah yang seru dengan beragam mata kuliah baru dan menarik sekaligus eksklusif. Selain itu, mata kuliah di jurusan ini juga kebanyakan teori dan hafalan sehingga tidak perlu berkutat dengan angka.
  5. Tidak Hanya Teori Namun Juga Praktek Langsung
    Fakta berikutnya adalah bahwa mata kuliah yang didapatkan mahasiswa ilmu gizi bukan sekedar teori saja. Namun juga praktek, yakni praktek langsung di dapur untuk memahami cara mengolah bahan makanan dengan baik dan benar.
  6. Bisa Bekerja di Berbagai Bidang
    Lulus dari ilmu gizi tidak hanya sebatas bisa bekerja di dunia kesehatan seperti klinik, rumah sakit, puskesmas, dan sejenisnya. Melainkan bisa menjangkau lebih banyak bidang termasuk di luar bidang kesehatan. Misalnya saja menjadi dosen untuk jurusan ilmu gizi, sehingga memberikan pilihan yang sangat luas.

Artikel Tentang Ilmu Gizi

kebiasaan baik dan buruk mahasiswa
Penerbit Deepublish

Kebiasaan Baik vs Kebiasaan Buruk Mahasiswa

Kebiasaan Baik Mahasiswa Hidup berantakan yang lekat dengan mahasiswa selama ini sudah waktunya dihentikan. Kebiasaan-kebiasaan buruk harusnya diganti dengan kebiasaan baik. Mahasiswa perlu pelan-pelan mengubah