jurusan-hubungan-internasional

Jurusan Hubungan Internasional

Program studi atau jurusan hubungan internasional sepertinya masih menjadi salah satu jurusan yang masih menjadi pribadona untuk anak IPS. Ya, iming-iming menjadi diplomat atau menjadi seseorang yang bisa memiliki relasi ke luar negeri menjadi salah satu daya tarik dari jurusan ini.  Memang perlu diakui menjadi jurusan hubungan internasional adalah jurusan favorit yang tak lekang oleh waktu. 

Lalu, apakah kamu tertarik untuk masuk ke jurusan tersebut?

Sebelum mengambil keputusan, ada baiknya mengetahui segala hal tentang program jurusan hubungan internasional. 

Pengertian Jurusan Hubungan Internasional 

Secara sederhana jurusan yang mempelajari bagaimana upaya suatu negara berinteraksi secara global. Interaksi di sini merupakan interaksi internasional baik itu melibatkan suatu negara, instansi atau organisasi pemerintah maupun swasta. 

Pengertian lainnya menurut Wikipedia hubungan internasional adalah jurusan  yang mempelajari hubungan antarnegara, termasuk peran sejumlah negara, organisasi antarpemerintah, organisasi nonpemerintah internasional, organisasi non-pemerintah, dan perusahaan multinasional.

Selama kuliah di jurusan Jurusan ini nanti kamu akan mengintegrasikan banyak disiplin ilmu seperti ekonomi, sejarah, hukum internasional, filsafat, geografi, sosiologi, antropologi, kriminologi, psikologi, dan ilmu budaya.

Selain itu kamu juga akan memiliki keahlian untuk berkomunikasi dan strategi relasi antar bangsa. Mahasiswa jurusan ini rata-rata ingin menjadi seorang diplomat. 

Masuk ke jurusan ini, kamu juga akan diajarkan tentang cara membangun komunikasi yang baik dengan negara-negara di dunia. 

Seorang lulusan Hubungan Internasional tak jarang memiliki peluang untuk bergabung dengan lembaga internasional seperti PBB, terlebih jika kamu memiliki kemampuan berbahasa Arab, Tionghoa, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol. Kemampuan bahasa ini menjadi peluang untuk bergabung dengan lembaga internasional.

Meski begitu, tidak hanya menjadi diplomat saja. Ada banyak peluang saat kamu memutuskan untuk kuliah di jurusan hubungan internasional.

Baca juga: Makna Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Mata Kuliah

Adapun beberapa jenis mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan hubungan internasional, antara lain: 

1. Pengantar hubungan internasional , Pada mata kuliah ini mahasiswa akan dijelaskan secara umum apa saja cakupan dari hubungan internasional.

2. Bahasan mengenai diplomasidimensi hukumkebijakan luar negeri hingga kerangka pemikiran mengenai institusi internasional adalah fondasi penting dalam memahami percaturan politik dunia. 

3. Mahasiswa jurusan hubungan internasional juga akan disuguhkan pendekatan isu yang mencakup studi keamanan dan strategis (perang, resolusi konflik, sistem pertahanan hingga terorisme), 

4. Mahasiswa jurusan ini juga akan mempelajari ilmu ekonomi-politik internasional yang mencangkup soal produksi, perdagangan, pembangunan, dan keuangan global.

5. mahasiswa juga akan diajak untuk mempelajari  kajian sosial-budaya secara transnasional (HAM, gender, identitas, migrasi hingga lingkungan). 

6. Pada umumnya mahasiswa/i HI mendapatkan materi perkuliahan yang berfokus pada kajian kawasan/region dalam suatu benua melalui perspektif politik sebagai dasar seperti kajian Asia Tenggara, Asia Timur, Eropa Barat, Afrika, Australia, Amerika Latin dan masih banyak lagi tergantung dari kebijakan departemen di universitas tersebut.

Kemampuan yang Harus Dimiliki

Agar dapat menjadi mahasiswa jurusan hubungan internasional yang berprestasi, sebelum mendaftar jurusan ini setidaknya kamu telah memahami kemampuan apa saja yang harus dimiliki. 

Kemampuan yang perlu dimiliki saat menjadi mahasiswa jurusan hubungan internasional, antara lain: 

1. Kemampuan Komunikasi

Pada dasarnya jurusan hubungan internasional mempelajari pola komunikasi antar negara di dunia. Maka kemampuan dasar yang harus kamu miliki adalah komunikasi yang baik. 

Jika kamu adalah pribadi yang gemar berbicara, berdiskusi, dan tampil di depan umum maka jurusan ini tepat untukmu. 

2. Minat Pembahasan Politik

Mahasiswa jurusan ini tidak akan lepas dari pembahasan soal politik. Sebab politik menjadi dasar dari kerangka HI sebagai suatu disiplin ilmu. Jadi, kalo kamu suka politik (baik lokal maupun global) tentunya akan memudahkanmu dalam kuliah jurusan hubungan internasional ebih dalam. 

3. Kemampuan Bahasa 

Karena lingkup kerjanya global, maka kemampuan Bahasa untuk mahasiswa jurusan hubungan internasional sangat penting. Sebab nantinya kamu akan berkomunikasi dengan banyak orang dari negara lain. Maka sambil kuliah, sebaiknya kamu juga memperdalam ilmu Bahasa Inggris dan Bahasa-bahasa asing lainnya sesuai yang dibutuhkan. 

4. Kritis Terhadap Isu Global 

Meski kemampuan Bahasa menjadi nilai penting dalam jurusan ini, namun menjadi mahasiswa hubungan internasional bukan yang wajib harus cas-cis-cus menggunakan bahas popular kemudian mencampurnya dengan istilah-istilah asing seperti “which is” a la “anak Jaksel”. Mahasiswa hubungan internasional adalah mahasiswa yang akan dilatih untuk lebih kritis terhadap suatu isu politik global yang dibahas secara meluas dan komprehensif.

5. Kemampuan Analisis

Di jurusan ini juga dibutuhkan kemampuan analisis untuk melihat suatu isu global. Kamu akan banyak diberikan contoh kasus global untuk dianalisis akar permasalahan hingga cara penyelesaiannya. 

6. Kemampuan Negosiasi dan Persuasi

Komunikasi menjadi poin penting dalam mata kuliah hubungan internasional. Sebab, tidak hanya baik berbicara di depan umum saja, namun nantinya kamu harus bisa negosiasi dan persuasi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Baca juga: 9 Rekomendasi Buku Hubungan Internasional Yang Wajib Dibaca Mahasiswa

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Hubungan Internasional

mahasiswa-hubungan-internasional

Kelebihan

Jurusan ini memiliki banyak kelebihan yang bisa menjadi alasan kamu memilih berkuliah, Berikut alasannya: 

 1. Jurusan Yang Keren

Jika kamu berkuliah di Jurusan Hubungan Internasional, kamu akan mendapatkan image yang keren. Kamu akan mendapatkan nilai yang positif dari masyarakat dan bisa membuat orang tuamu merasa bangga.

2. Peluang Karir yang Bagus

Setelah lulus dari jurusan Hubungan Internasional nanti Kamu bisa mendapatkan peluang kerja yang beragam. Kamu juga berpeluang besar untuk mendapatkan karir yang bagus.

3. Peluang Besar Untuk Melanjutkan Pascasarjana

Kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang pascasarjana setelah lulus dari jurusan Hubungan Internasional. Peluang pascasarjana terbuka lebar baik di universitas dalam negeri maupun luar negeri.

4. Bisa bekerja di Luar Negeri

Bagi kamu yang mendambakan kuliah atau bekerja di luar negeri, kamu bisa mendapatkan kesempatan itu jika berada di jurusan ini. Sebagai lulusan jurusan Hubungan Internasional, Kamu memiliki peluang besar untuk bekerja di luar negeri. 

5. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Belajar di jurusan Hubungan Internasional bisa membantu meningkatkan kemampuanmu dalam berbahasa asing. Tidak hanya bahasa Inggris, Kamu juga akan dituntut untuk paling tidak menguasai dasar-dasar bahasa asing lainnya.

6. Gaji yang Tinggi 

Setelah lulus dari jurusan Hubungan Internasional, Kamu bisa berpeluang mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar. Kamu bisa bekerja di kementerian luar negeri atau bekerja sebagai diplomat dan mendapatkan gaji besar.

7. Relasi yang Luas

Dengan berkuliah di jurusan ini, Kamu bisa mendapatkan koneksi yang luas. Kamu bisa bertemu dengan orang-orang baru dari dalam negeri maupun luar negeri dan memperluas koneksimu.

8. Berkontribusi Untuk Negara

Sebagai lulusan jurusan Hubungan Internasional, kamu juga memiliki peluang besar berkontribusi untuk negara. Kamu bisa terjun ke dunia politik dan membawa perubahan yang lebih baik bagi Indonesia.

Kekurangan

Beberapa kekurangan dari jurusan hubungan internasional ini yang mungkin belum kamu ketahui:

1. Biaya kuliah yang cukup tinggi.

Mungkin bagi sebagian dari sudah tau bahwasanya biaya kuliah di jurusan hubungan internasional ini cukup menguras biaya. Dikarenakan tidak semua kampus menyediakan jurusan ini dan prospek kerja di masa depan cukup baik.

2. Mata kuliah yang berbeda dari jurusan yang lainnya

Karena ingin mempelajari hubungan internasional, kamu diharuskan untuk memahami apa saja kejadian atau isu tertentu dari negara lainnya.

3. Kamu harus menguasai bahasa Inggris dengan lancar sebagai salah satu bahasa asing.

Jika memungkinkan untuk menguasai bahasa lain seperti Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, dan yang lain, tentu hal itu akan menjadi nilai plus bagi kamu.

Alasan Masuk Jurusan Hubungan Internasional 

Masuk ke jurusan hubungan hubungan internasional adalah keputusan yang tepat untukmu, ini alasannya: 

  1. Seorang lulusan Hubungan Internasional tak jarang memiliki peluang untuk bergabung dengan lembaga internasional seperti PBB, terlebih jika kamu memiliki kemampuan berbahasa Arab, Tionghoa, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol. Kemampuan bahasa yang kamu miliki dapat menjadi peluang untuk bergabung dengan lembaga internasional.
  2. Lulusan Hubungan Internasional menjadi salah satu prioritas bagi Kementerian Luar Negeri dalam merekrut calon Diplomat.
  3. Selama belajar di jurusan ini kamu akan dibentuk untuk menjadi seorang yang siap untuk go international dengan kurikulum yang sudah disusun. 
  4. Dengan semakin banyaknya perusahaan multinasional, pilihan lapangan kerja bagi lulusan jurusan Hubungan Internasional semakin bervariasi.
  5. Dengan kemampuan analisis akan masalah-masalah di dunia Internasional, industri media juga membutuhkan lulusan Hubungan Internasional baik di depan maupun di belakang layar.
  6. Lulusan jurusan hubungan internasional memiliki prospek gaji yang tinggi. Sebab mereka akan bekerja dengan global yang mana gaji bisa lebih tinggi daripada di Indonesia. Gaji yang ditawarkan untuk entry level terbilang sangat kompetitif, tergantung area bekerja, serta kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki. 

Bayangkan saja dengan menjadi lulusan jurusan hubungan internasional, kamu akan menjadi seorang diplomat handal yang bisa ke luar negeri untuk tugas negara. Menarik bukan? 

Buku Pegangan Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional

Prospek Kerja

Lulusan dari Jurusan Hubungan Internasional dikenal tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Meski begitu hal ini perlu menjadi catatan juga. Kamu harus memiliki kemampuan yang sudah disebutkan di atas. 

Adapun beberapa pilihan profesi yang bisa ditekuni oleh hubungan internasional antara lain adalah:

1. Duta Besar

Profesi paling bergengsi dari lulusan Hubungan Internasional adalah duta besar. Duta besar adalah pejabat diplomatik yang ditugaskan untuk merepresentasikan negara asalnya pada negara berdaulat lain atau suatu organisasi internasional. Biasanya kantor duta besar terletak di ibu kota negara tujuan.

Fungsi diplomatik duta besar sendiri bisa dibagi dalam 3 poin. Pertama, melindungi warga negara asalnya yang sedang bepergian atau bekerja di negara tujuan.

Kemudian, duta besar juga menjaga hubungan internasional antarnegara dalam hal ekonomi, misalnya kerjasama perdagangan antar negara.

2. Staf Kedutaan 

Selain menjadi duta besar, ada pula prospek pekerjaan lulusan Hubungan Internasional di kedutaan. Lapangan pekerjaan pertama adalah staf ekonomi, yang bekerja untuk mengatasi masalah ekonomi antara negara asal dan tujuan, misalnya negosiasi mengenai pajak. Lulusan Hubungan Internasional juga bisa bekerja di kedutaan sebagai staf politik.

Staf politik berfungsi mengamati dan melaporkan iklim politik negara tujuan pada pemerintah negara asalnya dan para warga negara asal yang sedang bepergian ke negara tujuan. Masalah-masalah yang diamati antara lain adalah pertikaian, terorisme, dan kekerasan yang dilakukan kelompok politik atau demonstrasi massa.

Selain staf politik, pekerjaan hubungan internasional di kedutaan juga bisa menjadi staf konsulat. Staf konsulat bertugas menjadi perantara negara asal dengan warga negara tujuan. Staf konsulat bertugas menerbitkan visa dan dokumen-dokumen terkait. 

Selain itu, staf konsulat juga mengunjungi para warga negara asal yang ditahan di negara tuan rumah.

3. Jurnalis

Siapa yang tidak tahu pekerjaan jurnalis? Ya, jurnalis bekerja mengumpulkan, menulis, atau mendistribusikan berita atau informasi terkini pada masyarakat.

Reporter juga masuk dalam cakupan jurnalis, yaitu orang yang melakukan riset dan wawancara untuk mengumpulkan informasi mengenai kejadian tertentu.

Lulusan Hubungan Internasional sendiri bisa bekerja sebagai seorang jurnalis yang ditugaskan di luar negeri. Tentu sebelum bisa dikirim ke kancah internasional, seorang jurnalis harus memiliki pengalaman yang mumpuni di dalam negeri terlebih dahulu.

Kemampuan berpikir kritis seorang lulusan Hubungan Internasional dalam memandang suatu isu sangat dibutuhkan untuk melakukan investigasi dan reportasi agar masyarakat mendapatkan fakta yang akurat.

4. Government relation officer

Lulusan Hubungan Internasional dibutuhkan untuk bekerja sebagai government relations officer di perusahaan-perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia. Pekerjaan ini menghubungkan antara klien tempat government relations officer bekerja dengan pemerintah.

Government relations officer berdiskusi dengan para politisi di berbagai tingkatan pemerintahan dengan tujuan mempengaruhi legislatif dalam membuat kebijakan yang terkait dengan bisnis klien tersebut atau meminta dana dari pemerintah.

Government relations officer juga bisa mengajari para karyawan di perusahaan tempatnya bekerja untuk dapat melakukan lobi. Kemampuan diplomasi juga mutlak diperlukan agar lobi yang dilakukan berhasil.

5. Pegawai Organisasi Internasional

Lulusan HI juga memiliki kesempatan untuk berkarir di organisasi internasional seperti ASEAN atau PBB. PBB sendiri juga memiliki banyak lembaga internasional lainnya dalam bidang tertentu seperti UNESCO dan UNICEF. Peluang karir ini dapat kamu temukan di website masing-masing organisasi. 

6. Politikus

Seorang lulusan jurusan hubungan internasional juga dapat berkarier sebagai politikus. Ilmu Analisa dan komunikasi yang dimiliki menjadi nilai plus untuk berkarir di bidang ini. Mengingat suatu negara tidak pernah lepas dari isu-isu politik yang dapat mengakibatkan kesejahteraan atau bahkan kehancuran bagi negara lain. 

Berbekal ilmu diplomasi, lulusan HI tahu betul apa yang harus dilakukannya. Apalagi mereka juga sudah ahli untuk berbicara dengan orang lain.

Jika kamu bercita-cita menjadi politikus handal, aktiflah dalam organisasi di kampus. Di sini, kamu dapat meluapkan pendapatmu mengenai politik yang ada di suatu negara. Selain itu, kemampuan public speaking kamu juga akan terasah dengan baik.

8. Dosen

Siapa bilang lulusan jurusan hubungan internasional tidak dapat masuk ke dunia Pendidikan? Jika kamu mahir menjalin relasi, menyampaikan opini, dan menguasai seluk beluk diplomasi serta politik dengan baik, kamu juga mempunyai peluang besar menjadi seorang dosen.

Baca juga: Sistematika Penulisan Skripsi Dari Bab 1 sampai Bab 5

Akan tetapi, menyandang gelar sarjana saja tidak cukup karena kamu harus melanjutkan studi untuk mendapat gelar master dan doctor untuk menjadi seorang dosen.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn