Bagikan

Jurusan Geografi

Pengertian Jurusan Geografi

Bagi yang sedang bingung menentukan jurusan kuliah, sebaiknya mencoba mencari minat maupun bakat yang dimiliki. Bisa pula berkonsultasi dengan orang tua dan kakak atau saudara yang lebih dulu masuk ke perguruan tinggi, agar mendapat saran terbaik.

Opsional lainnya adalah mencari tahu jurusan kuliah yang menarik, sebab siapa tahu merasa tertarik untuk masuk ke dalamnya. Salah satu rekomendasi jurusan kuliah yang cukup potensial adalah jurusan geografi. Berikut info lengkapnya.

Pengertian Jurusan Geografi

Geografi adalah salah satu ilmu di dalam bidang IPS yang secara khusus mempelajari mengenai bentang lahan dan segala hal yang berhubungan dengan fisik bumi. Pelajaran geografi sudah sangat familiar bagi siapa saja, karena didapatkan pertama kali di jenjang SMP atau MTs dan sederajat.

Apabila memiliki ketertarikan dengan kemampuan akademis yang baik di pelajaran ini. Maka memasuki dunia perkuliahan bisa masuk ke jurusan geografi. Masuk ke jurusan geografi akan dibekali pemahaman mengenai iklim, topografi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan geografi.

Jurusan ini tidak hanya memberi bekal ilmu mengenai fisik bumi saja, melainkan juga kemampuan untuk memahami perspektif regional. Yakni ilmu yang berhubungan dengan pengelolaan dan pengembangan wilayah. Seperti pengembangan sebuah wilayah untuk mendorong pembangunan dan perbaikan perekonomian masyarakat setempat.

Mata Kuliah Jurusan Geografi

Selama masa perkuliahan, mahasiswa di jurusan geografi akan memperoleh beberapa mata kuliah menarik. Diantaranya adalah:

  1. Pengantar Geografi
    Mata kuliah pertama yang akan didapatkan adalah pengantar geografi. Melalui mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari mengenai proses pembentukan bumi, masa lampaunya, perkembangan bumi, dan perkiraan kondisi bumi di masa mendatang.
  2. Klimatologi
    Jurusan geografi juga akan mendapatkan mata kuliah klimatologi, yakni mempelajari mengenai kondisi iklim dan segala faktor yang mempengaruhinya. Iklim sendiri mempengaruhi kondisi bumi dan kehidupan makhluk hidup di dalamnya.
  3. Geografi Tanah
    Mata kuliah geografi tanah akan mempelajari mengenai proses pelapukan batuan, sifat tanah, ciri-ciri tanah, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kondisi tanah secara umum.
  4. Oseanografi
    Jurusan geografi juga memberi mata kuliah oseanografi. Sesuai namanya matakuliah ini akan mempelajari mengenai laut dan segala fenomena yang terjadi di dalamnya. Seperti karakteristik laut, biota, iklim di bawah laut, dan sebagainya.
  5. Biogeografi
    Mata kuliah berikutnya adalah biogeografi yang mempelajari mengenai dinamika ekosistem, baik itu proses sosial maupun proses biofisik. Melalui mata kuliah ini kamu akan lebih memahami tentang flora dan juga fauna di muka bumi.

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Geografi

Kelebihan

Masuk ke jurusan geografi akan memberi pengalaman seru dan menyenangkan, sebab jurusan ini punya kelebihan sebagai berikut:

  1. Memiliki pengetahuan yang sangat luas karena akan belajar segala hal terkait bumi seperti proses pembentukan bumi, iklim, flora, fauna, dan lain sebagainya.
  2. Bisa berkarir di berbagai bidang berkat banyaknya ilmu pengetahuan yang berhasil didapatkan selama masa perkuliahan.
  3. Mahir dalam menyajikan data spasial geografi baik itu dalam bentuk citra, peta, gambar, tabel, dan lain sebagainya.
  4. Punya kemampuan untuk menyusun pembangunan sektoral maupun yang berorientasi pada wilayah.
  5. Berpeluang untuk bekerja di instansi pemerintah seperti Bakosurtanal, Badan Pertanahan Negara, dan sebagainya.
  6. Lebih paham bagaimana menjaga lingkungan karena mempelajari mengenai ekosistem, kondisi bumi, iklim, dan sebagainya sehingga memiliki kecintaan lebih terhadap lingkungan.

Kekurangan

  1. Mata kuliah yang didapat umumnya adalah hafalan, sehingga setiap hari akan ada banyak materi perlu dihafal.
  2. Kurang cocok untuk yang kurang teliti karena selama kuliah akan belajar bagaimana menggambar peta dengan beberapa peralatan pendukung.

Alasan Memilih Jurusan Geografi

Bagi siswa jurusan IPS memasuki masa akhir sekolah tentu akan sibuk mencari jurusan dan universitas yang sesuai. Ada banyak hal perlu dipertimbangkan saat memilih jurusan karena akan berkutat dengan jurusan tersebut selama empat tahun bahkan bisa lebih.

Membantu memilih jurusan dengan benar maka perlu mengutamakan jurusan potensial dengan masa depan yang diketahui gemilang. Selain itu perlu mengetahui pula apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh jurusan tersebut.

Jika masih dalam masa memilih silakan mempertimbangkan jurusan geografi, yang tentu cocok untuk siswa SMA di jurusan IPS. Ada banyak alasan yang membuat jurusan geografi menarik untuk dijadikan pilihan.

Mengapa Harus Memilih Jurusan Geografi?

Berikut adalah sejumlah alasan yang membuat jurusan geografi perlu dipertimbangkan oleh calon mahasiswa baru:

  1. Berkesempatan Keliling Dunia
    Alasan pertama yang membuat jurusan geografi menarik untuk dipilih adalah membuka kesempatan untuk keliling dunia. Keuntungan ini akan dirasakan mahasiswanya setelah lulus dan berkarir.
    Sebab kebanyakan profesi yang diemban lulusan geografi akan berhubungan dengan proses mempelajari efek polusi dan pola yang terjadi di seluruh dunia. Sehingga memiliki profesi yang mengantarkan kamu untuk keliling dunia.
  2. Punya Potensi Kuliah Keluar Negeri
    Jurusan geografi merupakan program studi yang mempelajari mengenai bumi dan segala aspek yang mempengaruhinya. Sehingga untuk bisa belajar dengan maksimal diharuskan terjun langsung ke lapangan untuk pengamatan langsung.
    Berhubung Indonesia merupakan negara dengan dua musim, maka dipastikan mahasiswa jurusan ini akan melakukan penelitian di negara dengan empat musim. Soal biaya tidak perlu khawatir karena bisa mendapatkan beasiswa di jurusan ini.
  3. Menjadi Panutan dalam Menjaga Lingkungan
    Mahasiswa di jurusan geografi juga sering menjadi panutan untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan ekosistem di lingkungan. Sebab selain mempelajari bumi juga mempelajari dunia flora dan fauna sekaligus faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sehingga lebih paham bagaimana menjaga keseimbangan ekosistem agar menciptakan tempat yang aman juga bagi manusia.
  4. Punya Pilihan Karir yang Luas
    Masuk ke jurusan geografi akan memberi kesempatan untuk punya pilihan karir yang lebih beragam. Sebab dengan bekal ilmu mengenai fenomena alam maka bisa berkarir di jurnalistik, militer, pariwisata, dan juga pemasaran.
  5. Punya Banyak Kemampuan yang Aplikatif
    Mahasiswa di jurusan geografi akan menerima tugas berbasis tim, dan terbilang nyaris setiap mata kuliah memberi tugas demikian. Sehingga sejak awal mahasiswa di jurusan ini bisa paham bagaimana bekerja di dalam sebuah tim.
    Selain itu juga sering turun langsung ke lapangan untuk melakukan pengamatan, baik kehidupan di alam maupun budaya dan perilaku masyarakat. Semua keahlian yang didapat menjadi kemampuan yang aplikatif, alias mudah diaplikasikan di berbagai bidang kehidupan.
  6. Bisa Mempelajari Kehidupan Sosial
    Perlu diketahui bahwa di jurusan geografi tidak melulu hanya mempelajari mengenai fenomena alam. Namun juga mempelajari kehidupan sosial di masyarakat, misalnya politik, budaya, pembangunan, transportasi, dan lain sebagainya.
    Sehingga mahasiswa di jurusan ini memiliki banyak ilmu pengetahuan dan juga keterampilan berbasis masyarakat. Keahlian yang dimiliki secara praktis dibutuhkan masyarakat luas, sehingga menjadi sosok yang paham kehidupan sosial dengan sangat baik.
  7. Bisa Mengembangkan Peta Digital
    Saat ini kamu pasti sering memanfaatkan peta digital atau yang sering disebut dengan maps, misalnya Google Maps saat mencari alamat atau jalan pulang ketika mendadak tersesat.
    Maps atau peta digital ternyata perlu terus dikembangkan dan membutuhkan ahli geografi di dalamnya. Sehingga kamu yang masuk jurusan geografi punya kemampuan dan keahlian untuk mengembangkan peta digital, sehingga bisa dimanfaatkan oleh lebih banyak orang.

Prospek Kerja Jurusan Geografi

Pada saat memilih jurusan kuliah dipastikan kamu dan keluarga akan mempertimbangkan masalah prospek kerja. Dipastikan pula akan mengutamakan jurusan dengan prospek kerja yang terjamin. Sehingga memperkecil kemungkinan susah mencari kerja pasca lulus.

Apabila saat ini sedang mempertimbangkan jurusan geografi, maka bisa mengetahui prospek kerjanya apa saja. Berikut informasinya.

Prospek Kerja untuk Lulusan Geografi

Berikut adalah sejumlah prospek kerja maupun profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan dari jurusan geografi:

  1. Perencana Tata Kota
    Prospek kerja yang pertama adalah menjadi ahli perencana tata kota. Sebab lulusan dari geografi memiliki keahlian yang berkaitan erat dengan perencanaan wilayah atau tata kota.
    Kamu yang ingin menekuni profesi ini bisa bekerja di instansi milik pemerintah yang berhubungan dengan perencanaan tata kota. Selain itu bisa juga bekerja di perusahaan pengembang properti, menjadi pengusaha tata kota, dan lain sejenisnya.
  2. Staf BMKG
    Lulus dari jurusan geografi juga bisa masuk menjadi staf di BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika). BMKG sendiri merupakan instansi yang dikelola oleh pemerintah, dan memberikan peluang menerima gaji tinggi.
  3. Ahli Transportasi
    Kondisi di lapangan dan juga peta menjadi dua keahlian yang dijamin dimiliki oleh lulusan geografi. Sehingga kamu bisa menekuni profesi sebagai ahli transportasi. Sebab akan memiliki kemampuan untuk mengatur manajemen lingkungan dalam pengembangan moda transportasi dan tata ruang lalu lintas.
  4. Kartografer
    Berikutnya adalah menekuni profesi sebagai kartografer, yakni orang yang bertugas dalam membuat peta. Profesi ini dikenal sebagai salah satu profesi minim stres namun memberi gaji yang tinggi.
    Kebutuhan kartografer pun meningkat seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi. Dimana saat ini mulai dikembangkan teknologi peta digital, dan proses pembuatannya dilakukan oleh kartografer.
  5. Peneliti
    Lulus dari jurusan geografi juga bisa menekuni profesi menjadi peneliti. Profesi ini cocok untuk kamu yang punya minat melakukan berbagai kegiatan penelitian dan menulis hasilnya dalam jurnal ilmiah.
    Menjadi peneliti memberi kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan yang nyaman dan minim interaksi dengan manusia. Sehingga cocok pula untuk kamu yang cenderung introvert namun ingin punya gaji besar setelah lulus kuliah.
  6. Manajemen Lingkungan
    Kamu yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan wajib masuk ke jurusan geografi. Sebab setelah lulus memiliki ilmu untuk manajemen lingkungan, sehingga bisa memiliki profesi yang mampu menjaga lingkungan.
    Ahli manajemen lingkungan sangat dibutuhkan oleh perusahaan milik pemerintah maupun swasta. Gaji yang diberikan perusahaan juga umumnya tinggi, karena peran ahli manajemen lingkungan yang krusial terhadap kesuksesan sebuah proyek pembangunan dan jenis lainnya.
  7. Manajemen Bencana
    Pemahaman kamu mengenai kondisi bumi, iklim, dan sebagainya memberi keahlian untuk mengenal titik wilayah mana saja yang rawan bencana. Sekaligus paham bagaimana meminimalisir dampak ketika bencana terjadi.
    Sehingga lulusan geografi berkesempatan menekuni profesi sebagai manajemen bencana. Keahlian yang dimiliki sangat dibutuhkan oleh perusahaan pemerintah yakni di lembaga mitigasi bencana nasional.
  8. Pemandu Wisata
    Ingin punya pekerjaan yang lebih santai namun seru setelah lulus dari jurusan geografi? Maka bisa mempertimbangkan profesi sebagai pemandu wisata, yang biasanya banyak dicari baik turis lokal maupun mancanegara di sebuah tempat wisata.
    Pemahaman kamu di bidang geografi akan membantu wisatawan menikmati kunjungan di tempat wisata. Sekaligus bisa memberi penjelasan yang lebih kompleks, tidak hanya sejarah tempat wisata namun meningkatkan keamanan mereka menjelajahi tempat wisata tersebut.
  9. Pendidik
    Opsional karir selanjutnya adalah menjadi tenaga pendidik, sangat cocok untuk kamu yang ingin menjadi pengajar baik itu guru maupun dosen. Ada jurusan Pendidikan Geografi yang lulusannya otomatis bisa menjadi guru. Jika ingin menjadi dosen maka perlu melanjutkan dulu ke jenjang magister atau S2.

Fakta Jurusan Geografi

Mengenal jurusan kuliah dengan baik adalah hal penting dan utama sebelum benar-benar masuk ke dalamnya. Sebab selama empat tahun dan bahkan bisa lebih kamu akan berkutat dengan ilmu dari jurusan tersebut.

Sehingga teliti menentukan pilihan akan membuat masa empat tahun perkuliahan lebih menyenangkan, minim stres, dan tentunya mendorong peningkatan prestasi akademik. Apabila kamu punya ketertarikan masuk jurusan geografi, cek info mengenai fakta-faktanya di bawah ini.

Fakta Terkait Jurusan Geografi

Berikut adalah sejumlah fakta menarik di dalam jurusan geografi yang tentu calon mahasiswanya perlu tahu:

  1. Paham dan Bisa Membuat Peta
    Pernah mendengar kartografer? Bisa dikatakan sebagai salah satu profesi prestisius yang diisi oleh lulusan dari ilmu geografi. Profesi ini memiliki tugas utama untuk menggambar atau membuat peta.
    Kamu kalangan milenial tentu tepat masuk ke jurusan geografi, sebab akan sangat dekat dengan peralatan komunikasi canggih dalam menyusun peta digital. Jadi, kalau kamu penasaran bagaimana seseorang bisa membuat peta yang detail dan rumit.
    Wajib sekali masuk jurusan geografi, supaya mendapatkan ilmu yang sesuai untuk mampu menggambar peta dengan baik. Mulai dari menggambar peta secara manual maupun secara digital dengan bantuan peralatan terkini.
  2. Tidak Hanya Belajar Alam Namun Juga Kehidupan Sosial
    Jika kamu beranggapan geografi adalah jurusan yang fokus mempelajari ilmu IPS, maka kamu keliru. Justru di jurusan ini ada pembelajaran ganda di dua bidang ilmu, yakni IPS sekaligus IPA.
    Dikatakan demikian karena tidak hanya belajar mengenai kehidupan sosial dan segala sesuatu yang berhubungan dengan tata wilayah seperti pelajaran geografi. Namun juga berbagai fenomena di alam, seperti proses terbentuknya bumi, fenomena di laut (mata kuliah oseanografi), belajar iklim, dan sebagainya.
  3. Bisa Keliling Banyak Tempat Bahkan Dunia
    Sudah menjadi rahasia umum bahwa jurusan geografi merupakan satu diantara beberapa jurusan kuliah yang mengajak mahasiswanya untuk keliling banyak tempat. Sehingga saat kuliah banyak memiliki momen piknik ke banyak tempat menarik.
    Sebab selama masa perkuliahan mahasiswa jurusan ini akan terjun langsung ke lapangan melakukan pengamatan. Menariknya tidak hanya piknik sambil belajar di dekat area kampus namun bisa keluar daerah bahkan keluar negeri, jika mempelajari fenomena iklim dan dijamin mengunjungi negara dengan empat musim.
  4. Berisi Mahasiswa Pecinta Alam
    Jurusan geografi dikenal sebagai tempatnya mahasiswa pecinta alam, tidak salah memang. Sebab kebanyakan mata kuliah mengharuskan mahasiswa di jurusan ini untuk terjun ke lapangan dan menjelajahi alam.
    Sehingga kebanyakan memiliki keahlian yang baik untuk mendaki gunung, sebab sejak awal perkuliahan sudah akrab dengan kegiatan di alam. Tujuannya selain untuk mengamati kondisi alam, flora, fauna, dan sebagainya. Juga untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan.
  5. Masih Sepi Peminat
    Jurusan geografi perlu diakui masih sepi peminat, padahal ada banyak keuntungan bisa dikantongi saat memasukinya. Namun dengan fakta ini juga memberi kabar bagus, yakni membuat persaingan lebih longgar. Kamu pun bisa lebih mudah masuk ke jurusan ini tanpa mengkhawatirkan prestasi akademik atau malah hasil tes ujian masuk.
  6. Peluang Kerjanya Luas
    Meskipun jurusan geografi dikenal punya peminat yang masih terbatas, siapa sangka prospek kerjanya luas dan menjanjikan. Ilmu ganda yang diterima selama perkuliahan membuat lulusannya bisa berkarir di banyak bidang. Sehingga menjadi jurusan yang potensial untuk meraih masa depan lebih baik.
    Jurusan geografi dengan segala faktanya memang menjadi pilihan menarik untuk menikmati masa perkuliahan. Jadi, silahkan dipertimbangkan khususnya yang punya ketertarikan di bidang geografi atau yang punya hobi jalan-jalan.

Artikel Tentang Jurusan Geografi

rekomendasi buku geografi
Penerbit Deepublish

6 Rekomendasi Buku Geografi Yang Wajib Dimiliki

Bagikan

Sedang mencari rekomendasi buku geografi untuk koleksi buku kamu? Tentang, hari gini masih dipusingkan dengan hal-hal beginian? Pada kesempatan kali ini, ada beberapa rekomendasi buku

Pondok Djawara Deepublish