Jurusan FILSAFAT

Pengertian Jurusan Filsafat

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengenai darimana alam semesta diciptakan? Atau mungkin bertanya mengenai siapa kamu dan peran yang dimiliki di dunia ini? Jika pernah atau malah sering menanyakan hal-hal tersebut.

Maka kamu memiliki pemikiran bak seorang filsuf, dan bisa mendalami ilmunya. Salah satunya dengan masuk kuliah ke jurusan filsafat yang berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya ataupun Fakultas Ushuluddin .

Pengertian Jurusan Filsafat

Jurusan filsafat merupakan sebuah program studi yang mempelajari tentang cara berpikir, sehingga mahasiswa di jurusan ini dilatih untuk mempertanyakan suatu atau berbagai keadaan.
 

Pengertian filsafat sering disebut sebagai induk dari semua ilmu, sebab di program studi lain biasanya akan menekankan ilmu praktis dan bersifat pragmatis. Sedangkan di ilmu filsafat menekankan pada permasalahan mendasar manusia dan hubungannya dengan realita.

Ilmu filsafat juga cenderung memiliki sifat abstrak yang membutuhkan pemahaman mendalam. Misalnya mengenai tujuan hidup, moralitas, esensi keberadaan manusia, hati nurani, dan lain sebagainya.

Selain mempelajari sesuatu yang abstrak, mahasiswa jurusan ini juga akan berkenalan dengan para filsuf dunia dan juga teori yang dicetuskan. Mulai dari Socrates, Thales, Phytagoras, sampai ke filsuf tertua dan terkemuka lainnya di dunia.

Memutuskan untuk masuk ke jurusan filsafat akan membantu kamu yang penasaran dengan hal-hal mendasar dalam hidup untuk menemukan jawabannya. Apalagi dengan masuk ke jurusan ini kemampuan kamu dalam hal membaca, menulis, berpikir logis, dan berdiskusi akan sangat terasah

Mata Kuliah Jurusan Filsafat

Selama di perkuliahan, mahasiswa di jurusan ilmu filsafat akan mendapatkan beberapa mata kuliah berikut:

  1. Sejarah Filsafat Modern
    Mata kuliah pertama yang akan didapatkan adalah sejarah filsafat modern. Mempelajari tentang perkembangan filsafat di dalam kehidupan modern serta pengaruh dan hubungan dari perkembangan tersebut. Melalui mata kuliah ini kamu akan dituntut untuk membaca lebih banyak buku referensi. Sehingga kemampuan kamu dalam membaca benar-benar dimaksimalkan sejak awal semester. Bagi yang suka membaca, dijamin menikmati mata kuliah satu ini.
  2. Sejarah Filsafat Yunani
    Selain mempelajari perkembangan filsafat di dunia modern, mahasiswa di jurusan filsafat juga mendapat mata kuliah sejarah filsafat Yunani. Tokoh dari Yunani memang banyak yang dikenal dunia lewat teori-teorinya yang beberapa sampai sekarang belum terpecahkan. Kamu akan mengenal tokoh-tokoh filsuf legendaris tersebut di mata kuliah satu ini. Sebut saja seperti Plato, Aristoteles, Socrates, dan filsuf besar lainnya. Sehingga bisa mengenal berbagai pemikiran tentang kehidupan dari orang-orang jenius di ratusan tahun sebelum masehi.
  3. Etika
    Mahasiswa jurusan filsafat juga akan mendapat mata kuliah etika. Mata kuliah ini akan mempelajari mengenai standar dan kualitas dari penilaian moral. Sehingga bisa dikatakan disini akan belajar tentang cara menjaga etika di mana saja dan kapan saja.
  4. Logika
    Mahasiswa di jurusan filsafat akan diajak untuk berpikir kritis namun tepat, sehingga mendapatkan mata kuliah logika. Sehingga sebagai seorang filsuf kamu bisa berpikir secara logis atau bisa dinalar.

Alasan Memilih Jurusan Filsafat ?

Jurusan filsafat bagi sebagian calon mahasiswa baru merupakan jurusan yang monoton sehingga membosankan. Namun jika kamu sedang bingung memilih jurusan yang tepat kemudian punya pemikiran yang kritis.

Tidak ada salahnya mempertimbangkan jurusan filsafat, sebab ada banyak alasan yang membuatnya menjadi pilihan terbaik. Diantaranya adalah:

  1. Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis
    Salah satu hal menarik di dalam jurusan filsafat adalah membuat kamu sering mempertanyakan banyak hal. Hal ini sesuai dengan karakter filsuf dunia, yang menanyakan beberapa hal yang tidak pernah terpikirkan dan ditanyakan orang lain. Namun, bukan berarti masuk jurusan ini menjadi orang aneh dan mempertanyakan hal remeh. Justru ada sisi positifnya, yakni menjadi orang yang kritis sehingga lebih teliti dalam bertindak dan mengambil keputusan. Orang lain tidak akan berani melakukan aksi penipuan.
  2. Belajar Berpikir Rasional
    Mahasiswa di jurusan filsafat tentunya tidak hanya belajar untuk berpikir kritis dan mempertanyakan banyak hal. Namun juga akan memiliki kemampuan berpikir secara rasional, sehingga berguna saat berdiskusi dalam sebuah forum maupun dalam mencari solusi atas masalah yang dihadapi. Baik oleh diri sendiri maupun orang sekitar.
  3. Punya Pikiran Terbuka
    Menjadi mahasiswa di jurusan filsafat juga akan membuat kamu menjadi pribadi yang punya pikiran terbuka. Mampu menerima segala perbedaan di sekitar tanpa perlu melakukan perdebatan. Karakter ini terbentuk karena selama masa perkuliahan akan mengenal para filsuf dunia lengkap dengan hasil atau buah pikiran mereka. Sehingga sering mendapatkan teori dan pendapat yang bermacam-macam, dan membuat kamu lebih terbuka dalam mendengarkan banyak hal baru dan aneh.
  4. Merupakan Ilmu Inti
    Ilmu filsafat disebut sebagai ilmu ibu atau ilmu inti dari semua ilmu. Sehingga masuk ke jurusan ini membuat kamu mengenal banyak ilmu. Sebab akan memperoleh mata kuliah mengenai seni, psikologi, ekonomi, dan juga hukum sekalipun hanya ilmu dasar.
  5. Belajar Banyak Ilmu
    Berhubung masuk ke jurusan filsafat memberi kamu kesempatan untuk mempelajari ilmu di berbagai bidang. Maka kamu akan memahami banyak hal, yang tentunya bermanfaat di masa mendatang. Salah satunya bisa nyambung dengan segala topik pembahasan dan membuka kesempatan karir di banyak bidang. Hal ini tentunya akan berdampak baik dalam kehidupan sosial, dimana kamu bisa punya banyak teman dan jaringan yang luas.
  6. Pintar Menganalisa Masalah
    Sebagai mahasiswa di jurusan yang sering menanyakan banyak hal, maka selain mengajak berpikir kritis. Juga menjadikan kamu sebagai pribadi yang pintar dalam menganalisa sebuah masalah. Sekaligus paham bagaimana menemukan solusinya, sehingga menjadi bekal ilmu penting ketika memasuki dunia kerja agar tidak kesulitan menghadapi permasalahan apapun.
  7. Saingan Terbatas
    Jurusan filsafat bisa dikatakan sebagai jurusan eksklusif, sebab sampai saat ini hanya disediakan oleh dua universitas besar di Indonesia. Yakni Universitas Indonesia (UI) dan juga Universitas Gadjah Mada (UGM). Menariknya masing-masing universitas menyediakan daya tampung yang terbatas. Selain itu peminat di jurusan ini juga tidak begitu banyak, sehingga kamu punya saingan terbatas dan punya kesempatan besar untuk menorehkan prestasi akademik yang memuaskan.
  8. Prospek Kerja yang Bagus
    Meskipun sepi peminat dan juga hanya tersedia di dua universitas saja di Indonesia. Namun jurusan filsafat dikenal punya prospek kerja yang bagus, sehingga menarik untuk dijadikan sebagai pilihan. Lulusan dari jurusan ini bisa menekuni banyak profesi. Sebut saja seperti jurnalis, kurator, editor, penulis, dosen, konselor, dan lain sebagainya. Sehingga setelah lulus bisa menekuni banyak profesi di berbagai perusahaan, termasuk menjadi pegawai pemerintah.

Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Jurusan Filsafat

Kebihan : 

Tidak perlu ragu untuk masuk ke jurusan filsafat, sebab jurusan ini punya beberapa kelebihan berikut:

  1. Menjadi pribadi yang kritis.
  2. Bisa menjadi orang yang tekun.
  3. Rajin membaca dan punya kemampuan baik dalam menulis.
  4. Bisa dengan mudah menyampaikan isi pikiran dengan bahasa yang tepat, yakni sopan dan mudah dipahami.
  5. Setelah lulus bisa menjadi seseorang yang bijaksana, humanis, dan demokratis.
  6. Punya kesempatan besar melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.
    Punya pilihan profesi yang menyenangkan seperti menjadi staf perusahaan media, penulis, editor, psikoterapis, dan kurator seni.

Kekurangan

  1. Jurusan ilmu filsafat termasuk ke dalam jurusan yang materinya mayoritas hafalan, jadi kurang cocok untuk yang tidak suka membaca. Selain itu sebagian besar masa perkuliahan dilakukan di dalam kelas, sehingga untuk yang suka hal-hal baru tentu kurang tepat masuk ke jurusan ini.

9 Prospek Kerja Jurusan Filsafat

Meskipun jurusan filsafat menjadi jurusan yang belum begitu populer seperti jurusan hukum maupun kedokteran. Skaligus baru tersedia di dua universitas saja di Indonesia, namun jurusan satu ini dikenal punya prospek kerja yang menjanjikan.

Sehingga tidak semua jurusan yang kurang populer memberi peluang kerja yang terbatas. Hal ini terbukti dari jurusan filsafat, yang lulusannya bisa menekuni sejumlah profesi menarik berikut ini:

  1. Menjadi Staf Pemasaran
    Lulusan dari filsafat bisa menjadi staf pemasaran di berbagai perusahaan. Profesi ini tepat untuk ditekuni karena selama kuliah diajarkan bagaimana mempresentasikan apa yang dipikirkan dengan baik, sehingga bisa mempromosikan produk dengan baik pula. Selain itu masa kuliah juga memberi bekal untuk berpikir kritis dan logis, sehingga bisa digunakan untuk melakukan riset pasar. Supaya bisa mengetahui teknik pemasaran sesuai tren dan juga produk seperti apa yang bisa dilepas di pasaran.
  2. Konsultan untuk Rekrutmen Perusahaan
    Lulusan dari jurusan filsafat juga bisa menjadi konsultan untuk rekrutmen perusahaan. Yakni bertugas untuk membantu merekrut karyawan yang sesuai kebutuhan dan kriteria yang dimiliki sebuah perusahaan. Profesi ini cocok ditekuni karena mahasiswa jurusan filsafat dibekali keahlian menafsirkan, meringkas, dan memperjelas informasi. Sehingga bisa membantu perusahaan menemukan kandidat calon karyawan yang tepat dilihat dari latar belakang dan prestasi calon karyawan tersebut.
  3. Seorang Jurnalis
    Lulus dari jurusan filsafat juga bisa menekuni profesi sebagai jurnalis atau wartawan. Nantinya bisa meliput berita dan menyusun naskah atau artikel berita untuk di post e website surat kabar. Kemampuan untuk berpikir kritis dan menulis menjadikan lulusan ilmu filsafat sangat tepat mengisi posisi sebagai jurnalis. Adapun berita yang bisa dikerjakan bisa dari semua bidang baik itu berita politik, olahraga, hiburan, bisnis, dan lain-lain.
  4. Dosen dan Guru Filsafat
    Setelah lulus dari jurusan filsafat kamu juga bisa menjadi pendidik, baik itu menjadi guru maupun dosen. Filsafat yang merupakan ilmu induk menjadikan kamu cocok menjadi guru berbagai jenjang pendidikan. Selain itu juga bisa menjadis eorang dosen, khususnya dosen ilmu filsafat. Namun usahakan kuliah magister atau S2 dulu. Sebab salah satu syarat wajib menjadi dosen adalah lulusan S2.
  5. Psikoterapis
    Kesempatan berikutnya adalah dengan menjadi psikoterapis atau yang disebut pula sebagai konselor. Yakni membantu orang sekitar untuk mengatasi masalah psikis yang dialami. Sebab bisa memberikan masukan dan pemikiran yang lebih terbuka, rasional, dan sebagainya kepada orang yang membutuhkan bantuan psikis.
  6. Pejabat Pemerintah
    Peluang lainnya adalah menjadi pejabat pemerintah, sebab memiliki kemampuan analisa dan menyelesaikan masalah yang baik. Sehingga cocok untuk menjadi pejabat di pemerintahan. Kamu juga bisa mengikuti seleksi CPNS dan memilih formasi yang sesuai jurusan untuk menjadi pegawai pemerintah.
  7. Tokoh Agama
    Salah satu ilmu yang didapat selama kuliah adalah filsafat agama, sehingga bisa lebih paham mengenai hal-hal yang berkaitan dengan agama. Setelah lulus bisa menjadi tokoh agama, yang menyampaikan pesan kebaikan sebuah agama dan mendapat pemasukan darinya.
  8. Penulis
    Lulusan filsafat juga cocok menjadi penulis termasuk juga menjadi editor. Sebab menjadi lulusan filsafat membuat kamu lebih mudah menyampaikan buah pikiran. Sehingga bisa dituangkan ke dalam tulisan, dan mengenai gaji nantinya disesuaikan dari jumlah buku yang laku terjual.
  9. Auditor Keuangan
    Mahasiswa yang lulus dari jurusan ilmu filsafat juga memiliki kesempatan untuk menjadi ahli keuangan, yakni dengan menekuni profesi auditor keuangan. Sebab selama kuliah mendapatkan ilmu terkait keuangan, sekaligus bisa berpikir kritis sehingga teliti saat melakukan audit laporan keuangan.

8 Fakta Jurusan Filsafat

Tertarik untuk menjadi seorang filsafat atau mungkin sukses di berbagai bidang? Maka saat kuliah bisa masuk ke jurusan ilmu filsafat yang dikenal sebagai induk segala ilmu. Jurusan ini memang tidak terlalu populer namun terlepas dari kepopulerannya, jurusan ini punya banyak fakta menarik.

Kamu yang ingin masuk ke jurusan filsafat sebaiknya mengetahui fakta-fakta tersebut. Berikut ini Deepublish rangkum Beberapa diantaranya adalah:

  1. Punya Kemampuan Berpikir Kritis
    Fakta pertama terkait jurusan filsafat adalah mahasiswa disini akan diajarkan bagaimana berpikir kritis. Yakni dalam menanggapi berbagai hal sehingga tidak gegabah dan penuh pertimbangan. Baik dalam menentukan keputusan maupun menilai suatu masalah dan menilai seseorang.
  2. Membangun Naluri Bisnis
    Punya kemampuan berpikir kritis dan menanyakan banyak hal membuat jurusan filsafat mampu mencetak generasi dengan naluri bisnis yang tinggi. Sebab bisa menyaring dan mengolah informasi dengan teliti, sebagai modal tepat untuk sukses menjadi pelaku bisnis.
  3. Lulusannya Banyak yang Sukses di Bidang Teknologi
    Lulusan dari ilmu filsafat ternyata banyak yang sukses di bidang teknologi. Sebut saja seperti Reid Hoffman yang saat ini menjabat sebagai co-founder Linkedin. Hoffman mengaku dibanding mempelajari teknologi dirinya tertarik mempelajari filsafat. Supaya bisa tahu investasi terbaik di teknologi mana dan di perusahan startup mana saja.
  4. Punya Peran Penting Mengatasi Masalah Generasi Muda
    Lulusan filsafat ternyata memiliki kontribusi besar dalam mendukung perkembangan negara. Sebab memiliki peran penting dalam mencetak generasi muda yang paham bagaimana menyikapi hidup. Sebab lulusan dari jurusan ini memiliki kemampuan yang baik dalam menyelesaikan permasalahan. Sekaligus mencari solusi atas segala masalah, termasuk pula memahami bagaimana mengatasi masalah psikis. Sehingga bisa memberi dukungan bagi generasi muda untuk terus maju dan menjadi pribadi yang optimis dan berpikir positif.
  5. Diajak untuk Berani Mengambil Resiko
    Selama masa perkuliahan akan berkenalan dengan banyak filsuf besar di seluruh dunia. Kebanyakan filsuf memiliki keberanian dalam mengambil resiko, salah satunya dalam menyampaikan apa yang dipikirkan dan berani menerapkan solusi yang dianggap paling tepat untuk sebuah permasalahan. Sehingga dengan masuk ke jurusan ini maka kamu bisa lebih berani dalam mengambil resiko. Selain itu lebih bijak dalam mengambil keputusan agar meminimalkan masalah di kemudian hari.
  6. Menjadi Sosok yang Karismatik
    Anak filsafat dikenal memiliki kepribadian yang cool dan cenderung karismatik. Sebab lebih memilih banyak berpikir dibandingkan banyak bicara dan melakukan obrolan yang kurang bermanfaat. Sehingga sosoknya dikenal selalu berusaha melakukan hal-hal yang bermanfaat besar.
  7. Baru Tersedia di Dua Universitas
    Jurusan filsafat memang bukan termasuk jurusan yang populer, namun bukan berarti lulusannya tidak punya masa depan. Sebab prospek kerjanya bagus dan bisa masuk ke banyak bidang. Kepopulerannya tidak begitu tinggi bisa karena jumlah penyedia jurusan ini masih terbatas. Yakni hanya dua universitas, yaitu UI dan UGM. Selain itu kuota di masing-masing universitas juga masih terbatas, tidak heran jika pamor jurusan ini kurang.
  8. Masih Sepi Peminat
    Meskipun baru tersedia di dua universitas saja, perlu diakui jurusan filsafat masih sepi peminat. Umumnya orang tua mencegah anak-anaknya masuk ke jurusan ini dengan jurus pamungkas “mau jadi apa?”.
  9. Sampai saat ini masih banyak orang yang mempertanyakan lulusan jurusan filsafat bisa menjadi apa. Selain itu selama kuliah mempelajari apa, sehinga memberi tantangan tersendiri.
  10. Meskipun sepi peminat, namun kondisi ini memberi sejumlah keuntungan. Misalnya persaingan menjadi longgar, dan bisa bertemu dengan teman kuliah yang satu visi dan misi.

Artikel Tentang Filsafat

cabang cabang filsafat
admin

4 Cabang Cabang Filsafat dan Macam-macamnya

Cabang cabang filsafat memiliki beberapa perspektif. Ditinjau dari bidang induknya, filsfat dibagi menjadi filsafat pengetahuan, filsafat keseluruhan kesnyataan, filsafat tindakan dan dan filsafat sejarah. Dari

pengertian filsafat pendidikan
admin

7 Pengertian Filsafat Pendidikan Menurut Pakar

Pengertian Filsafat Pendidikan Menurut Pakar – Pengertian filsafat Pendidikan dapat diartikan sebagai ilmu yang menalaah pertanyaan yang muncul, kemudian dicari jawabannya, solusi dan hikmah. Dipandang

Pondok Djawara Deepublish