Jurusan Administrasi Perkantoran

Pengertian Jurusan Administrasi Perkantoran

Saat memutuskan untuk melanjutkan kuliah pasca lulus dari bangku SMA atau SMK dan sederajat. Tentu akan mulai mencari jurusan yang tepat, kamu bisa mempertimbangkan jurusan administrasi perkantoran. Kenapa? Berikut penjelasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Jurusan Administrasi Perkantoran

Jurusan administrasi perkantoran merupakan salah satu program studi atau jurusan di tingkat universitas yang mempelajari mengenai perencanaan anggaran keuangan dan juga mengenai pembayaran dan pendapatan dari sebuah kantor atau perusahaan.

Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan dibekali keterampilan dalam menyelesaikan pekerjaan organisasi dan membantu menangani tugas-tugas dari pimpinan.

Sejalan dengan ilmu tersebut mahasiswa juga dibekali keterampilan seperti korespondensi, mengetik menggunakan 10 jari, manajemen kearsipan, manajemen perkantoran, bahasa Inggris, teknologi informasi dan internet, dan lain sebagainya.

Jurusan administrasi perkantoran juga dikenal sebagai jurusan yang sangat populer, dan bisa dikatakan sebagai jurusan favorit di berbagai universitas di Indonesia dan juga dunia. DIkatakan demikian karena setiap tahunnya jurusan ini banyak peminat.

Mata Kuliah di Jurusan Administrasi Perkantoran

administrasi-perkantoran

Membantu memberikan gambaran lebih mendetail terkait jurusan administrasi perkantoran. Berikut adalah sejumlah mata kuliah yang akan didapatkan:

Apa yang dipelajari di Jurusan Administrasi Perkantoran?

  1. Azas Manajemen
    Mata kuliah pertama yang akan didapatkan adalah azas manajemen dan disini mempelajari mengenai keseluruhan kegiatan penataan yang berkaitan dengan pelaksanaan tata usaha sebuah kantor, perusahaan, maupun organisasi.
  2. Manajemen Perkantoran
    Mahasiswa jurusan administrasi perkantoran juga akan mendapat mata kuliah manajemen perkantoran. Mata kuliah ini membahas mengenai fasilitas atau perlengkapan kantor, tata ruang kantor, dan juga lokasi dari gedung kantor.
  3. Mengetik Elektronik
    Mata kuliah mengetik juga didapatkan mahasiswa administrasi perkantoran, dan salah satunya mata kuliah mengetik elektronik. Melalui mata kuliah ini mahasiswa akan mengetahui penggunaan shortkey dengan fungsinya, autocorrect naskah, dan mengetik naskah tanpa melakukan proses editing agar efisien.
  4. Manajemen Kearsipan
    Mata kuliah berikutnya adalah manajemen kearsipan dan mempelajari segala hal terkait proses mengarsip dokumen atau data. Keahlian yang didapat dan dipelajari disini meliputi menemukan arsip dengan cepat, menyusun isi surat, dan kualifikasi surat menyurat.
  5. Bahasa Inggris
    Mahasiswa jurusan administrasi perkantoran juga mendapat mata kuliah bahasa Inggris. Selain memberikan ilmu mengenai bahasa Inggris baik secara tulisan maupun lisan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah mencetak lulusan yang bisa berbahasa Inggris dengan baik. Sebab banyak perusahaan kini menjalin kerjasama dengan pihak luar negeri.

Alasan Memilih Jurusan Administrasi Perkantoran ?

Memilih jurusan di jenjang perkuliahan bisa jadi sangat memusingkan, karena memang dihadapkan pada banyak sekali pilihan. Namun, jika kamu saat SMA maupun SMK mengambil jurusan yang berhubungan dengan IPS. Maka bisa menimbang jurusan administrasi perkantoran.

Jurusan administrasi perkantoran menjadi satu diantara sekian jurusan favorit di tanah air. Lulusannya kebanyakan bekerja di pemerintahan dan juga perkantoran yang dikelola oleh swasta. Kondisi ini membuatnya memiliki banyak alasan yang membuat jurusan ini layak untuk kamu pilih, diantaranya adalah:

  1. Punya Pekerjaan Nyaman
    Setelah lulus dari jurusan administrasi perkantoran kamu dipastikan akan bekerja di dalam kantor. Mayoritas orang menganggap bisa bekerja di dalam ruangan adalah sebuah keberuntungan. Sebab tidak perlu panas-panasan, duduk seharian, tidak membutuhkan banyak tenaga, dan menerima gaji besar.
  2. Punya Kemampuan Menggunakan Komputer
    Lulusan dari administrasi perkantoran juga memiliki kemampuan baik dalam menggunakan komputer. Sebab sejak awal kuliah sampai masuk dunia kerja memang aktif menggunakan berbagai aplikasi di dalam komputer.
  3. Jago Mengetik
    Kemampuan mengetik menjadi kemampuan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan, milik pemerintah dan swasta. Keahlian ini bisa kamu miliki jika masuk ke jurusan administrasi perkantoran. Apalagi ditunjang mata kuliah mengetik 10 jari secara manual dan elektronik.
  4. Jago Korespondensi
    Keterampilan lainnya yang berhubungan dengan kemampuan mengetik cepat dengan 10 jari adalah korespondensi atau surat menyurat. Lulusan administrasi perkantoran biasanya memang diperuntukan di kegiatan korespondensi, dan kamu akan menjadi ahli di bidang ini.
  5. Punya Keterampilan Bahasa Asing
    Sebagai nilai tambah bagi lulusan administrasi perkantoran, biasanya akan dibekali sejumlah kemampuan bahasa asing. Salah satunya adalah bahasa Inggris sehingga bisa fasih dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing tersebut, yang tentu bermanfaat bagi kantor tempatnya bekerja.
  6. Terbiasa Tampil Modis
    Lulusan administrasi perkantoran memang akan banyak bekerja di dalam kantor, sehingga sejak awal kuliah dituntut dan diberi arahan pentingnya menjaga penampilan. Sebab akan bertemu banyak orang, terutama jika menempati posisi sebagai resepsionis. Oleh sebab itu mahasiswa dan lulusan jurusan ini selalu terbiasa tampil modis.
  7. Ramah pada Siapapun
    Mayoritas lulusan dari administrasi perkantoran akan bekerja di bidang pelayanan. Selain itu dipastikan akan bertemu banyak orang terutama dengan kemampuan bahasa asingnya, sehingga sering diajak pejabat penting di kantor bertemu klien dan partner luar negeri. Sehingga tidak mengherankan jika mahasiswa di jurusan ini dikenal paling ramah di antara jurusan lainnya. Sebab memang dituntut untuk komunikatif dan informatif setiap saat, supaya menjadi budaya ketika masuk dunia kerja.
  8. Prospek Kerja Luas dan Menjanjikan
    Pertimbangan penting dalam memilih jurusan kuliah adalah mengenai prospek kerjanya. Sebab tidak ada seorangpun yang ingin menganggur lama pasca lulus karena mengambil jurusan dengan prospek kerja sangat minim.  Kabar baik di jurusan administrasi perkantoran, disini prospek kerjanya memang sudah menjadi rahasia umum sangat bagus. Sebab bisa bekerja di banyak atau malah nyaris semua perusahaan, karena keahliannya sangat dibutuhkan. Selain itu bisa mengisi banyak posisi juga, mulai dari resepsionis untuk kantor jasa seperti asuransi, hotel, dan sebagainya. Kemudian bisa pula menjadi staf administrasi, staf personalia, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Administrasi Perkantoran

Kebihan : 

  1. Memiliki prospek kerja yang bagus, sebab bisa diterima di perusahaan yang bergerak di banyak bidang. Posisi yang bisa ditempati juga beragam dimulai dari staf admin, resepsionis, sampai staf personalia.
  2. Mendapatkan ilmu yang bermanfaat di banyak hal, tidak hanya di dunia kerja namun juga di rumah. Yakni keahlian untuk menata arsip apapun di rumah dengan baik dan benar.
  3. Bisa fasih berbahasa Inggris, yang tentu membantu kamu saat berkarir di dalam maupun luar negeri termasuk juga saat melanjutkan studi ke negara lain.
  4. Mendapatkan atmosfir belajar yang menyenangkan, karena mayoritas ilmunya adalah teori yang bisa dipelajari secara santai di kelas maupun di luar kelas.

Kekurangan : 

  1. Prospek kerja di lapangan bisa dimasuki lulusan dari jurusan lain, sehingga persaingannya lebih ketat.

  2. Jumlah lulusan administrasi perkantoran setiap tahunnya sangat banyak dan mereka semua adalah kompetitor sengit saat mencari kerja.

  3. Kemampuan mengetik 10 jari bisa dipelajari siapapun tanpa harus masuk ke jurusan administrasi perkantoran.

    Meskipun jurusan administrasi perkantoran memiliki sejumlah kekurangan, namun hal ini lumrah dan bisa ditemui di jurusan lainnya. Oleh sebab itu, perlu dianggap sebagai tantangan yang perlu ditaklukan. Jadi, tidak perlu ragu mempertimbangkan pemilihan jurusan ini.

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Perkantoran

Memilih jurusan kuliah memang penting sekali untuk melihat prospek kerjanya, semakin banyak profesi bisa ditekuni pasca lulus maka semakin baik. Ada banyak kebutuhan di lingkungan perusahaan, misalnya keahlian keuangan dan administrasi.

Jika kamu kesulitan atau tidak suka dengan kegiatan akuntansi maka bisa memilih jurusan administrasi. Sehingga setelah lulus bisa bekerja di nyaris semua perusahaan dan salah satunya adalah jurusan administrasi perkantoran.

Masuk ke jurusan administrasi perkantoran bisa dipastikan menjadi karyawan kantoran yang bekerja di dalam ruangan bersih, rapi, dan ber-AC serta menghadap layar komputer. Suatu pekerjaan yang umumnya menjadi impian banyak orang.

Tidak keliru memang, karena pasca lulus dari jurusan ini kamu bisa menekuni banyak profesi yang berkutat di dalam gedung perkantoran. Diantaranya adalah:

  1. Resepsionis
    Profesi pertama yang bisa dan cocok ditekuni oleh lulusan administrasi perkantoran adalah resepsionis atau staf front office. Kemampuan komunikasi yang baik dan keramahan sekaligus penampilan modis yang didapat selama kuliah. Sangat mendukung lulusan jurusan ini untuk mengisi posisi resepsionis. Tidak hanya bisa bekerja di sebuah hotel namun juga di perusahaan lain di segala bidang, karena dijamin akan membutuhkan staf di bagian depan alias front office.
  2. Staf Administrasi
    Profesi berikutnya tentu saja menjadi staf administrasi yang bertugas mengurus segala kegiatan administrasi di kantor untuk mendukung kegiatan operasional sebuah perusahaan. Semua perusahaan membutuhkan staf administrasi dan gaji yang diterima umumnya bagus terutama di perusahaan besar.
  3. Sekretaris
    Lulusan administrasi perkantoran juga bisa mengisi posisi sebagai sekretaris, terutama yang memiliki penampilan menarik. Tugas utama seorang sekretaris adalah menjadi media perekam, penyimpan, dan juga pengingat dari segala kegiatan pimpinan perusahaan.
  4. Asisten Sekretaris
    Selain menjadi seorang sekretaris lulusan administrasi perkantoran juga bisa menjadi asisten sekretaris. Semua perusahaan membutuhkan posisi ini sehingga prospek kerjanya sangat luas. Adapun tugas utama dari asisten sekretaris meliputi menerima panggilan telepon, mengatur jadwal kegiatan pimpinan, mengatur jadwal pertemuan, konferensi, dan mengatur perjalanan dinas para staf di kantor.
  5. Staf Personalia
    Setelah lulus kamu juga bisa melamar di posisi staf personalia dan tugasnya sendiri berbeda dengan HRD. Tugas yang dimiliki berkaitan dengan pengaturan data karyawan, payrol, dan juga pembayaran gaji semua karyawan di perusahaan.
  6. Hal-hal atau pekerjaan yang dikelola staf personalia umumnya adalah mengatur absensi karyawan, pinjaman yang diajukan karyawan, permohonan cuti karyawan, dan hal-hal lain berkaitan dengan karyawan.
  7. Staf Event Organiser
    Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi staf atau bahkan pemilik perusahaan event organizer. Keahlian dalam melakukan kegiatan administrasi sangat dibutuhkan untuk memastikan sebuah acara yang di-handle EO berjalan lancar. Kamu punya keahlian ini dan didapatkan selama kuliah.
  8. Personal Assistant
    Lulusan dari jurusan ini juga bisa menekuni profesi sebagai seorang personal assistant. Profesi ini sangat dibutuhkan oleh siapa saja yang memiliki kesibukan tinggi untuk dibantu mengatur pekerjaan dan kegiatan mereka.
  9. Seksi Hubungan Massa
    Profesi lainnya adalah menjadi seksi hubungan massa dan biasanya menjadi posisi yang dibuka oleh perusahaan yang aktif berhubungan dengan banyak pihak luar. Baik itu di dalam maupun luar negeri, dan biasanya seksi hubungan massa akan menjadi media komunikasi antara perusahaan dengan pihak luar tersebut.

Prospek kerja dari jurusan administrasi perkantoran memang luas dan menyentuh semua bidang perusahaan. Selain itu dipastikan menempati posisi dengan Karir yang memang nyaman.

Fakta Jurusan Administrasi Perkantoran

Mencoba menguak fakta terkait jurusan administrasi perkantoran tentu penting untuk kamu lakukan. Khususnya jika mencoba menjadikan jurusan di Fakultas Ekonomi ini sebagai pilihan saat melanjutkan ke jenjang perkuliahan.

Sudah menjadi hal lumrah untuk dilakukan, jika sebelum memilih jurusan harus kenal luar dalam. Kamu yang memilih jurusan administrasi perkantoran juga perlu melakukan hal serupa. Supaya bisa lebih yakin apakah jurusan ini sesuai untuk kamu atau sebaliknya.

Fakta Menarik di Jurusan Administrasi Perkantoran

Sama halnya dengan jurusan kuliah lainnya, administrasi perkantoran memiliki stempel tersendiri di mata masyarakat dan calon mahasiswa baru. Namun, stempel tersebut tentu tidak 100 persen benar.

Cara mengetahuinya tentu saja dengan mencari fakta valid terkait jurusan administrasi perkantoran. Jadi, simak fakta-fakta administrasi perkantoran di bawah ini dulu:

  1. Harus Teliti
    Fakta pertama mengenai jurusan administrasi perkantoran adalah tuntutan untuk menjadi pribadi yang teliti. Memang ketelitian sangat penting disini sebab akan mempelajari mengenai teknik pengelolaan arsip, mengatur jadwal kegiatan pimpinan, dan sebagainya. Setiap profesi yang bisa ditekuni lulusan administrasi perkantoran memang sangat membutuhkan ketelitian. Hanya saja keliru jika mengatakan bahwa hanya di administrasi perkantoran bisa teliti. Sebab aktualnya ada banyak jurusan lain yang menuntut mahasiswanya untuk membudayakan bekerja dengan sangat teliti.
  2. Bisa Dimasuki Semua Gender
    Masyarakat kebanyakan menganggap bahwa mahasiswa di jurusan administrasi perkantoran hanya untuk kaum Hawa alias wanita. Namun, aktualnya tidaklah demikian. Sebab staf administrasi, staf personalia, resepsionis, dan profesi khas lulusan jurusan ini juga diisi oleh kaum Adam.
  3. Selalu Modis
    Mahasiswa dari jurusan administrasi perkantoran memang dikenal modis dalam hal berpenampilan. Selain itu juga dikenal rapi, hal ini sejalan dengan berbagai profesi yang sangat mungkin ditekuni saat lulus. Yakni bertemu dengan banyak orang sehingga muncul tuntutan untuk selalu rapi dan berpenampilan sesuai tren atau modis. Sehingga bisa selalu memberi kesan positif, hanya saja mahasiswa di jurusan lain juga bisa terlihat selalu modis.
  4. Tidak Memandang Fisik
    Kebanyakan orang menilai bahwa orang-orang yang sukses di jurusan administrasi perkantoran adalah mereka yang punya fisik menawan, atau cantik dan tampan. Pada dasarnya siapa saja punya kesempatan untuk sukses. Sebab kembali lagi kepada kriteria yang diminta perusahaan saat membuka lowongan pekerjaan. Tidak semua perusahaan menuntut karyawannya untuk punya paras cantik dan tampan. Jadi, siapa saja bisa masuk ke jurusan ini dan sukses setelah lulus.
  5. Berbeda dengan Jurusan Sekretaris
    Beberapa orang menganggap jika jurusan administrasi perkantoran sama dengan jurusan sekretaris, padahal aktualnya berbeda. Sebab lulusan administrasi perkantoran dibekali keahlian lebih kompleks. Lulusannya bisa menempati posisi lebih luas dibanding lulusan di jurusan sekretaris yang hanya bisa menjadi sekretaris saja.
  6. Kebanyakan Bekerja Kantoran Setelah Lulus
    Salah satu keuntungan memilih jurusan administrasi perkantoran memang akan aktif bekerja di dalam ruangan atau kantor. Namun, pada dasarnya tidak selalu demikian karena lulusannya bisa mencoba pekerjaan selain di dalam ruangan. Misalnya memutuskan untuk menjadi marketing yang bisa ditempati oleh lulusan dari segala jurusan.

Mengupas mengenai segala bentuk fakta dari jurusan administrasi perkantoran adalah hal penting. Sehingga kamu bisa mengenal jurusan ini dengan baik supaya lebih yakin sudah memilih jurusan yang tepat. Selain itu bisa untuk mengubah mindset yang keliru terkait jurusan ini agar tidak dengan mudah terkena mitos-mitos yang tidak jelas.

Artikel Tentang Administrasi Perkantoran

daftar jurusan kuliah ips
Penerbit Deepublish

Daftar Lengkap dan Macam Jurusan Kuliah IPS

Mengenal Macam-macam Jurusan Kuliah IPS dan Listnya – Ada beragam macam jurusan kuliah ips yang bisa kamu pilih saat masuk perguruan tinggi. Kamu tidak hanya

cara cek akreditas kampus
Penerbit Deepublish

Cara Cek Akreditasi Kampus dan Program Studi

Cara Cek Akreditasi Kampus dengan Mudah – Sekarang masih dalam nuansa proses masuk perguruan tinggi. Beberapa hari silam, calon mahasiswa tengah menunggu pengumuman tes masuk

rekomendasi buku bahasa inggris
Penerbit Deepublish

7 Rekomendasi Buku Untuk Belajar Bahasa Inggris

Sedang bingung mencari rekomendasi buku untuk belajar bahasa inggris? Membicarakan tentang belajar bahasa inggris, tidak dapat dipungkiri jika menguasai bahasa asing sejak kecil itu penting