Logo Baru April

10+ Jurusan Tidak Ada Matematika, Ini Daftarnya!

Jurusan tidak ada matematika
toko buku kuliah
Bagikan

Jurusan yang tidak ada matematika lebih banyak diminati oleh calon mahasiswa sebab matematika jadi momok menakutkan di waktu SMA. Kenapa kok begitu?

Matematika merupakan ilmu mengenai bilangan sehingga mengedepankan penghitungan. Selain itu, ilmu ini memerlukan ketelitian, kesabaran dan pemahaman yang kuat dalam menyelesaikan soal perhitungan.

Oleh karena itulah, ilmu ini terkadang banyak dihindari oleh calon mahasiswa. Apabila kamu tipe orang yang suka dengan ilmu yang bersifat praktis atau teori, ada baiknya memilih jurusan yang lain sesuai dengan minat dan bakatmu. Hal ini supaya tidak terjadi masalah selama studi perkuliahan sehingga dapat lulus tepat waktu.    

Jurusan yang Tidak Ada Matematikanya

Saat mendaftar kuliah, tentu akan dihadapkan dengan berbagai jurusan. Apakah kamu termasuk orang yang ingin tetap kuliah, tetapi tidak ingin berada di jurusan yang ada matematikanya?

Nah, cocok. Yuk, coba simak dahulu ulasan 14 daftar jurusan kuliah berikut ini. Siapa tahu bisa jadi jurusan yang tanpa matematika ini bisa jadi rekomendasi pilihanmu. 

1. Jurusan Sastra 

Ilmu sastra mempelajari penggunaan bahasa secara estetis. Muatan jurusan sastra mulai dari perkembang sastra, tulisan kuno, karya sastra, dan sejarah sastra, bahasa, budaya hingga negara yang bersangkutan. Jurusan ini lebih banyak pada teori, bacaan, dan kepenulisan.

Contoh jurusan sastra, yaitu Sastra Indonesia, Sastra Rusia, Sastra Jerman, Sastra Jepang, Sastra Korea, Sastra Inggris, Sastra Jawa, Sastra Sunda, dan sebagainya.  

2. Jurusan Ilmu Komunikasi (Ilkom)

Fokus ilmu komunikasi mengenai bagaimana proses penyampaian pesan antara pemberi pesan dengan penerima pesan dapat berjalan efektif. Jurusan ini lebih banyak menggunakan teori sosial humaniora. Selain teori, jurusan ilkom juga banyak melakukan praktik seperti penulisan, penyiaran, jurnalistik, periklanan, dan sebagainya.

3. Jurusan Hukum

Jurusan hukum merupakan salah satu jurusan di bidang sosial humaniora dengan peminat terbanyak.Mahasiswa akan diajar mengenai teori, sistem, proses, hingga praktek hukum.

Daftar Open Reseller

Lingkup perkuliahan hukum, yaitu hukum perdata, pidana, tata usaha negara, ekonomi, nasional, tata negara, administrasi internasional, lingkungan dan tata ruang, hukum dan teknologi, hukum acara atau peradilan, serta hukum dan perkembangan masyarakat. Jadi, jurusan ini tidak berpusat pada penghitungan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Hukum

4. Jurusan Bahasa

Tidak jauh berbeda dengan sastra, jurusan bahasa juga mempelajari bahasa. Selain mempelajari penggunaan bahasa secara murni, jurusan ini juga berkaitan dengan penggunaan bahasa secara pasti dan formal seperti untuk lingkup pendidikan. Perkuliahan jurusan bahasa lebih banyak pada teori dibandingkan dengan hitungan.. 

5. Jurusan Sosiologi

Sosiologi merupakan ilmu tentang masyarakat dengan berfokus pada perilaku dan karakter masyarakat dari masa ke masa.

Mahasiswa dalam jurusan ini mempelajari apa itu masyarakat melalui mata kuliah seperti perkembangan teori sosiologi, tokoh-tokoh sosiologi, cabang ilmu sosiologi, kajian isu sosial, studi karakteristik masyarakat, dan riset SDM, metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Ilmu sosiologi berusaha menjelaskan perilaku masyarakat, bukan dari salah atau tidaknya, melainkan dari bagaimana perilaku masyarakat itu ada dalam kehidupan sosial, budaya, politik, agama, dan sebagainya.

promo 8.8

6. Jurusan Desain 

Jurusan desain berkaitan dengan pembuatan desain, fotografi, hingga marketing. Namun, ada juga perguruan tinggi yang memasukkan mata kuliah animasi dalam jurusan ini.

Contoh jurusan yang berfokus pada desain misalnya, desain grafis, desain interior, desain eksterior, desain komunikasi visual, fashion design, desain produk, dan sebagainya.  

7. Jurusan Animasi

Jurusan ini berkaitan dengan pembuatan gambar secara visual dengan teknologi sehingga bisa menampilkan gambar secara 2D atau 3D. Mahasiswa animasi diajari teori animasi, teknik animasi, pembuatan animasi untuk film, musik, video, atau game, penulisan skrip, storyboard hingga mengedit video. . 

8. Jurusan Antropologi

Antropologi merupakan ilmu tentang manusia dari sudut pandang sejarah dan perkembangan evolusi manusia, bentuk fisik manusia, seluk beluk manusia hingga hasil kebudayaan yang dihasilkan manusia dalam kehidupan pada masa tertentu.Jurusan ini berfokus pada perkembangan manusia itu sendiri yang berkaitan dengan sejarah pembentukan manusia di seluruh dunia yang membentuk masyarakat dan budaya.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Antropologi

9. Jurusan Filsafat

Bagi kamu yang suka dan memiliki bakat untuk memikirkan dan berdebat apapun secara kritis, logis, metafisika, dan falsafah, jurusan filsafat bisa menjadi pilihan yang cocok untukmu. Pada jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari fenomena yang terjadi pada kehidupan manusia yang dirumuskan dalam pemikiran kritis manusia. Filsafat merupakan dasar semua ilmu karena berisi pemikiran-pemikiran yang kritis dan abstrak sehingga memerlukan pemahaman yang mendalam. 

10. Jurusan Hubungan Internasional (HI)

Jurusan hubungan internasional mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pengadaan hubungan secara internasional. Fokus studi HI, yaitu organisasi internasional, kerja sama internasional, dinamika antar negara, pengaruh individu-individu terhadap dunia internasional, dan sebagainya. 

Mahasiswa dengan jurusan HI ada baiknya sudah memiliki keahlian bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Hal ini untuk menunjang prospek kerja lulusan HI misalnya diplomat, kedutaan, konsulat, menteri luar negeri, eksportir, jurnalis, konsultan pendidikan, dan sebagainya.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

11. Jurusan Ilmu Sejarah

Ilmu sejarah mengkaji peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lalu. Analisis peristiwa tersebut dapat dengan sudut pandang sosial, budaya, ekonomi, politik, geografi, dan sebagainya. Jurusan ini lebih banyak menggunakan bacaan untuk menjelaskan peristiwa masa lampau secara detail dan sesuai dengan apa yang terjadi. Jadi, mahasiswa ilmu sejarah lebih dituntut memiliki ingatan dan pemahaman yang kuat. 

12. Jurusan Kriminologi 

Kriminologi masuk ke dalam sosial humaniora. Fokus studinya adalah mempelajari kejahatan manusia beserta motif atau penyebabnya. Tindak kejahatan yang dipelajari tidak hanya yang terjadi dalam lingkup nasional, melainkan juga internasional.

Jurusan ini dapat berkaitan dengan bidang ilmu psikologi, sosiologi, antropologi, hukum. Selain itu, jurusan kriminologi juga belum banyak berkembang di Indonesia. Namun, kamu bisa menemukannya di Universitas Indonesia, Universitas Budi Luhur, dan Universitas Islam Riau. 

13. Jurusan Seni Tari 

Seni tari merupakan salah satu jurusan bidang sosial humaniora yang memiliki banyak praktikum. Jurusan ini mempelajari gerak tubuh manusia yang berirama, ekspresif, estetis, dan memiliki makna filosofis. Mulai dari materi tentang estetika tari, teori seni tari, metode penelitian seni tari, musik tari, gerakan tubuh, jenis tari, kostum dan desain busana tari, tata rias, panggung, perlengkapan tari, kritik tari, antropologi tari hingga mewujudkan pementasan dipelajari dalam jurusan seni tari. 

14. Jurusan Seni Musik

Jurusan seni musik mempelajari tentang musik mulai dari teknik vokal, instrumen, teori musik, sejarah dan perkembangan musik, aliran musik, kritik musik, manajemen industri musik, penciptaan atau produksi musik, hingga penyajian atau pertunjukkan musik. 

Pada intinya jurusan musik mempelajari bagaimana seni dapat diekspresikan melalui bunyi dan ritme. Melalui jurusan ini, mahasiswa pecinta musik tidak hanya diajarkan musik secara murni, melainkan juga diajari manfaat praktis dari musik, baik dalam pendidikan maupun industri kreatif.

Baca juga:

Rangkuman Singkat   

Nah, itulah 14 daftar jurusan yang tidak matematika. Semoga bermanfaat. Terus semangat belajar, ya!. Pastinya masih banyak lagi jurusan-jurusan yang sebenarnya tidak ada matematika, tetapi kadang setiap kampus pasti ada saja jurusan yang berbeda nama dan jurusan yang unik dan baru.

Yuk, mulai eksplorasi tentang jurusan supaya tidak salah jurusan masuk kuliah. Jika ingin melihat kumpulan tentang jurusan kuliah beserta prospek kerjanya, bisa kunjungi langsung halaman khusus Informasi Jurusan Kuliah.

Untuk bisa kuliah yang berpretasi, jangan lupa lengkapi dirimu dengan buku-buku referensi kuliah yang lengkap dan berkualitas semua jurusan ada. Silakan kunjungi Toko Buku Online Deepublish.

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :
Download Katalog

Ingin Kerja Sampingan dan Dapat Pendapatan Hingga Puluhan Juta per Bulan? Gabung Reseller Buku Deepublish Solusinya

hanya s.d. 17 Agustus 2022