9 Jurusan S2 yang Paling Dibutuhkan dan Banyak Dicari

Jurusan s2 paling dibutuhkan
toko buku kuliah
Bagikan

9 Jurusan S2 yang Paling Dibutuhkan dan Banyak Dicari – Salah satu pilihan setelah lulus kuliah S1 adalah melanjutkan kuliah S2. Apakah kamu juga ingin mengambil pendidikan S2 setelah lulus nanti? Bila iya, kamu wajib baca jurusan S2 yang paling dibutuhkan dan semakin banyak dicari saat ini.

Apabila kamu sudah membulatkan niat dan tekad untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya maka langkah selanjutnya adalah memilih jurusan S2. Memilih jurusan ini sedikit tricky jika tidak dilakukan dengan penuh pertimbangan. Apalagi ini berkaitan dengan masa depan. Memilih jurusan kuliah yang tepat dan sesuai tentunya akan berdampak positif terhadap kelancaran studi.

Bayangkan! Apa jadinya bila ternyata kamu memilih jurusan yang sesuai? Rasanya pasti sangat berat menjalani studi yang tidak cocok dengan minat selama ini.

Selain itu memilih jurusan secara sembarangan tanpa mempertimbangkan bagaimana prospek ke depannya juga cukup sembrono. Bisa jadi kamu akan kesulitan untuk memulai karir atau cukup lama untuk membangun karir

Coba perhatikan 10 jurusan S2 yang paling dibutuhkan di tahun 2020 ini. Daftar ini bisa dijadikan bahan untuk menambah insight-mu dalam mengambil keputusan. Deretan nama jurusan S2 yang paling dibutuhkan ini dikutip dari Accredited Online Schools.

9 Jurusan S2 Paling Dibutuhkan

jurusan kuliah s2

1. Akuntansi

Melansir edukasi.kompas.com, permintaan tenaga kerja profesional di bidang akuntansi meningkat drastis. Selama ini permintaan sekitar 44% dan diperkirakan tahun 2020 meningkat sebanyak 20%.

Untuk itu jurusan S2 Akuntansi paling dibutuhkan sekarang. Banyak tempat kerja membutuhkan kemampuan para akuntan untuk mengelola keuangan dan keperluan administrasi. Bidang keuangan memang cukup krusial dalam kegiatan operasional perusahaan.

Fakta ini tak mengherankan bila jurusan Akuntasi kian dibutuhkan. Apalagi mereka yang lulusan S2. Mengapa? Seorang Akuntan lulusan S2 mempelajari teori secara aplikatif dan umumnya tugas akhirnya lebih kontributif karena menggunakan analisis terapan.

Keunggulan inilah yang dimiliki lulusan S2 Akuntansi ketimbang lulusan S1 Akuntansi. Keunggulan mereka semakin bertambah bila mempunyai CPA (Sertifikat Kompetensi Akuntasi). Dalam laporan NACE rahun 2017 silam, peluang Master Akuntasi mendapatkan pekerjaan enam bulan setelah lulus adalah 90.1%. 

2. Ilmu Komputer

Sadar nggak bahwa beberapa tahun terakhir jurusan di bidang ini semakin banyak dicari? Peluang semakin terbuka lebar tidak bisa dilepaskan dari faktor perkembangan zaman. Teknologi dan ilmu pengetahuan terus berkembang dan maju.

Mempengaruhi lini kehidupan termasuk di dunia kerja. Semakin banyak perusahaan yang membutuhkan kemampuan para lulusan Ilmu Komputer. Lulusan Ilmu Komputer biasanya akan mengurusi tentang pemrograman, sistem komputer, sistem operasi, dan sebagainya.

Di era serba digital seperti sekarang, lulusan ini akan semakin dicari. Perusahaan rintisan atau start-up di bidang teknologi kian bermunculan dan kebutuhan akan pekerja dengan background pendidikan Ilmu Komputer kian tinggi. Apalagi lulusan tersebut adalah magister Ilmu Komputer. Lulusan tersebut dinilai telah mempelajari Ilmu Komputer lebih mendalam.

Baca juga : Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Passion

3. Ilmu Gizi

Ahli Diet dan Gizi mungkin belum familiar di Indonesia. Saat ini masyarakat lebih mengenal Ahli Gizi. Bila diperhatikan jurusan ini semakin diminati tiga tahun belakangan.

Peminat yang bertambah dipengaruhi pula dengan permintaan akan jasa Ahli Gizi di bidang kesehatan. Di Indonesia, makin mudah menemukan Ahli Gizi di rumah sakit dan puskesmas. Bandingkan dengan beberapa tahun lalu. Bahkaan sebutan Ahli Gizi masih terdengar asing.

Lulusan S2 Ilmu Gizi akan menjadi Ahli Gizi yang menerima konsultasi pasien atau klien. Mempromosikan makanan dan gaya hidup sehat. Menyarankan pola makan dan pola hidup yang baik untuk mendapatkan tubuh sehat dan ideal.

Ketika menjalani masa kuliah, mahasiswa Ilmu Gizi mempelajari anatomi, fisiologi, ilmu olahraga, dan nutrisi. Semua ilmu itu dipelajari dan menjadi bekal mereka untuk menangani pasien nantinya.

HR atau Human Resource adalah bagian yang menangani sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan. Peran HR sangat krusial di sini. Tanpa HR, perusahaan akan kesulitan untuk merekrut karyawan dengan tepat. Ilmu manajemen sumber daya manusia yang dimiliki oleh HR sangat diperlukan.

HR tidak hanya mengerjakan pekerjaan administratif. Lebih dari itu, HR mengelola sumber daya manusia yang ada mulai dari melakukan perekrutan karyawan, memberikan pelatihan, membangun budaya perusahaan, mentransfer nilai-nilai perusahaan, sebagai mediator konflik, hingga mengatur tunjangan, kompensasi dan gaji. 

4. Ilmu Perpustakaan

Pekerjaan sebagai pustakawan banyak dibutuhkan. Untuk menjadi pustakawan, kamu harus mengantongi ijazah kuliah Ilmu Perpustakaan. Apalagi bila kamu punya ijazah S2, semakin banyak tempat kerja yang tertarik merekrut.

Lulusan Ilmu Perpustakaan biasanya bekerja di pergurun tinggi, kantor hukum, maupun perusahaan. Lulusan dibutuhkan untuk mengatur klasifikasi buku, majalah, bahan referensi, dan publikasi lainnya.

Jangan dianggap enteng, ya. Pekerjaan ini juga membutuhkan metode penelitian, sistem referensi berbasis web, dan lainnya. Bahkan pustakawan di beberapa negara harus punya sertifikasi.

5. Matematika dan Statistik

Jurusan S2 yang paling dibutuhkan selanjutnya adalah Matematika dan Statistik. Mahasiswa jurusan ini mempelajari tentang aljabar, kalkulus, dan matematika tingkat lanjut.

Ilmu dan kemampuan lulusan jurusan ini dibutuhkan karena semakin banyak program modern yang menggunakan ilmu matematika dan statistika. Lulusan ini sangat dibutuhkan dalam beberapa bidang industri.

Baca juga : 4 Tips Memilih Jurusan STAN Agar Tidak Salah Pilih

6. Teknik Mesin

Jurusan yang kerap diincar oleh calon mahasiswa karena mempunyai prospek yang bagus setelah lulus kuliah. Anggapan ini memang benar karena rata-rata lulusan Teknik Mesin mendapatkan pekerjaan dengan cepat dan gajinya besar.

Lulusan jurusan semakin dicari karena semakin banyak industri yang membutuhkan bidang transportasi, pertambangan, dan sebagainya.

7. Kesehatan Masyarakat

Bidang kesehatan juga semakin banyak membutuhkan tenaga kerja. Selain Ahli Gizi, tenaga kerja dengan latar belakang pendidikan Kesehatan Masyarakat juga dibutuhkan.

Semakin meningkatnya pemahaman akan pentingnya kesehatan dan munculnya kebijkana-kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, para ahli Kesma banyak diperlukan entah itu pemerintah atau perusahaan swasta.

Pondok Djawara Deepublish

Ditambah lagi meningkatnya populasi manusia sehingga masalah kesehatan menjadi prioritas.

8. Keperawatan

Tenaga kesehatan lain yang dibutuhkan adalah perawat. Pertumbuhan populasi manusia akan berpengaruh terhadap kehidupan. Bidang kesehatan salah satunya. Kebutuhan dan kemudahan akses kesehatan untuk masyarakat makin dibutuhkan. Hal ini juga berarti bidang kesehatan perlu semakin banyak tenaga kesehatan seperti perawat.

Kondisi sekarang menjadi buktinya. Pandemi memberikan dampak luar biasa terhadap bidang kesehatan. Bila bidang ini begitu lemah dan tidak didukung dengan tenaga kesehatan yang banyak dan profesional maka kesehatan masyarakat akan terganggu.

9. Insinyur Perangkat Lunak (Software Engineering)

Di era kecanggihan teknologi seperti sekarang, kemampuan di bidang perancangan perangkat lunak semakin diperlukan. Bisa dilihat semakin banyak startup teknologi yang menawarkan inovasi teknologi yang memudahkan kegiatan manusia. Tentunya inovasi ini tidak akan ada bila tidak ada ahli di bidang perekayasaan perangkat lunak. Untuk itu lulusan jurusan Software Engineering makin diincar. 

Secara garis besar, jurusan S2 yang paling dibutuhkan kebanyakan berkaitan dengan bidang komputer, teknik, matematika, pengelolaan sumber daya manusia, dan kesehatan. 

Kontributor: Ana Widiawati

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang