VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

25 Jurusan Kuliah IPS Terbaik Serta Prospek Kerjanya

jurusan-kuliah-ips
toko buku kuliah

Pilihan jurusan kuliah IPS ternyata tidak kalah banyak dengan jurusan untuk lulusan anak IPA. Meskipun anak IPA bisa masuk ke jurusan kuliah dari anak IPS. Namun anak IPS juga memiliki pilihan jurusan kuliah yang sangat banyak. Saking banyaknya, dibutuhkan persiapan yang matang dalam menentukan pilihan. 

Beberapa pilihan jurusan ini ternyata masuk jurusan favorit yang membuat persaingan untuk menembusnya sangat ketat. Beberapa lagi dikenal sebagai jurusan dengan peminat masih minim namun tetap menjanjikan masa depan yang cerah, karena memiliki prospek karir yang sangat bagus. 

Pilihan Jurusan Kuliah IPS Terbaik 

Berikut adalah daftar jurusan kuliah untuk Anak SMA, MA dan SMK yang mengambil konsentrasi IPS yang memiliki prospek karir yang cerah, dan bisa jadi salah satunya cocok dengan bakat maupun minat kamu: 

1. Hubungan Internasional 

Hubungan internasional adalah rekomendasi pertama untuk anak IPS, karena termasuk jurusan kuliah yang sangat bergengsi. Jurusan ini mempelajari interaksi yang melibatkan banyak negara, sehingga hal-hal yang berhubungan dengan hubungan internasional dikupas tuntas di jurusan ini.

Prospek kerja :

Setelah dinyatakan lulus ada banyak profesi prestisius bisa ditekuni. Misalnya menjadi diplomat, konsultan politik, wartawan internasional, dan juga konsultan imigrasi. 

2. Ilmu Komunikasi 

Jurusan menarik berikutnya adalah jurusan ilmu komunikasi yang tidak hanya mempelajari tentang tata cara berkomunikasi saja. Melainkan juga mempelajari tentang public speaking, teknik dan keterampilan menulis, fotografi, desain maupun animasi, proses pembuatan iklan, dan lain sebagainya. 

Jurusan ini cukup populer dan banyak diminati, sebab menawarkan masa perkuliahan yang menyenangkan dengan banyaknya mata kuliah seru.

Prospek kerja :

Pasca lulus kamu bisa menekuni profesi public relation, hubungan masyarakat, manajer layanan sosial, reporter, dan lain sebagainya. 

3. Administrasi Bisnis 

Suka dengan kegiatan administrasi? Maka bisa masuk ke jurusan administrasi bisnis yang dikenal juga dengan nama administrasi niaga. Jurusan ini mempelajari kegiatan administrasi secara umum.

Prospek kerja :

Setelah lulus kamu bisa menekuni profesi sebagai administrasi, sekretaris, manajer produksi, dan juga agen pembelian. 

4. Psikologi 

Jurusan psikologi juga menjadi jurusan kuliah IPS yang banyak direkomendasikan, apalagi termasuk jurusan yang difavoritkan banyak orang. Oleh sebab itu jurusan ini perlu diraih dengan belajar ekstra agar bisa lolos tes seleksi masuk. Melalui jurusan psikologi kamu akan mempelajari tentang mental, pikiran, dan perilaku manusia. 

Jurusan ini kamu akan diajak untuk meneliti dan mengetahui alur pemikiran manusia sehingga membentuk perilaku dari manusia itu sendiri.

Prospek kerja :

Setelah lulus kamu bisa menekuni profesi sebagai psikolog klinis, psikolog konseling, psikolog organisasi industri, dan lain sebagainya. 

5. Ekonomi Pembangunan 

Rekomendasi berikutnya untuk jurusan kuliah IPS yang menarik dan prospeknya menjanjikan adalah ekonomi pembangunan. Melalui jurusan ini kamu bisa belajar tentang persoalan pembangunan. Baik yang sedang maupun akan terjadi di suatu negara.

Prospek kerja :

Setelah lulus kamu bisa menekuni profesi sebagai pembuat kebijakan pemerintah, ekonom, perencana keuangan, dan berkarir sebagai pengajar seperti dosen ekonomi. 

6. Administrasi Fiskal 

Tertarik dengan segala hal yang berkaitan dengan keuangan negara dan tata kelolanya? Maka saat kuliah kamu bisa mengambil jurusan administrasi fiskal yang mempelajari seluk beluk pengelolaan keuangan negara. Terutama dari pajak yang masuk ke dalam kas negara. 

Menariknya, di jurusan ini kamu bisa menemukan banyak spesialisasi studi. Dimulai dari dasar perpajakan, pajak penghasilan, kebijakan fiskal, sampai keuangan negara.

Prospek kerja :

Setelah lulus kamu bisa berprofesi sebagai ahli perencanaan pajak, pengawas imigrasi dan bea cukai, dan juga pegawai perpajakan. 

7. Akuntansi 

Siapa yang tidak mengenal jurusan akuntansi? Jurusan ini merupakan jurusan kuliah IPS yang banyak diminati dan dikenal punya prospek yang menjanjikan. Akuntansi kemudian dikenal juga sebagai salah satu ilmu tertua di dunia yang mempelajari mengenai hal-hal yang berhubungan dengan keuangan. 

Melalui jurusan ini kamu akan paham bagaimana mengelola keuangan dengan baik dan benar sekaligus menyusun berbagai laporan keuangan.

Prospek kerja :

Setelah berhasil lulus kamu bisa menekuni banyak profesi bergengsi. Misalnya sebagai akuntan, pemeriksa keuangan, dan juga sebagai manajer keuangan. 

8. Manajemen Perhotelan 

Pernah dibuat penasaran dengan manajemen sebuah hotel yang mampu menyediakan layanan terbaik pada para tamunya? Jika iya, maka kamu bisa mempelajari manajemen perhotelan di jurusan manajemen perhotelan. Melalui jurusan ini kamu bisa belajar tentang perencanaan, memproduksi, dan mengawasi bisnis perhotelan. 

Sehingga kamu memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam hal tata kelola bisnis hotel atau hospitality.

Prospek kerja :

Setelah lulus kamu bisa menekuni berbagai profesi menarik. Misalnya manajer penginapan, chef dan juga kepala koki, perencana meeting, dan profesi lain yang berhubungan dengan dunia perhotelan. 

9. Perpajakan 

Meskipun jurusan IPS dikenal sebagai jurusan dengan hafalan yang sangat tinggi, namun ada banyak pelajaran yang masih membutuhkan ketelitian dalam berhitung. Jika kamu termasuk yang menikmati ketelitian berhitung tersebut maka salah satu jurusan kuliah yang ideal diambil adalah perpajakan. 

Jurusan perpajakan akan mempelajari mengenai segala hal terkait pajak dari berbagai perspektif. Misalnya dari sisi hukum, ekonomi, dan juga akuntansi.

Prospek kerja :

Setelah menyelesaikan studi kamu bisa menekuni profesi penilai pajak dan keuangan, ahli perencanaan pajak, dan juga konsultan bea cukai. 

10. Manajemen Perbankan 

Tertarik untuk berkarir di dunia perbankan? Maka salah satu rekomendasi jurusan kuliah IPS yang cocok untuk mewujudkan mimpi tersebut adalah manajemen perbankan. Sesuai dengan namanya, di jurusan ini kamu bisa memperdalam ilmu mengenai dunia perbankan.

Prospek kerja :

Sehingga setelah lulus bisa menjadi pegawai di berbagai perbankan dan lembaga keuangan lainnya. Misalnya menjadi teller bank, analisis kredit, analisis keuangan, dan profesi lain yang tersedia di dunia perbankan. 

11. Manajemen Pariwisata 

Pilihan menarik berikutnya datang dari jurusan manajemen pariwisata yang lewat jurusan ini kamu bisa mempelajari konsep penawaran dan permintaan di bidang pariwisata. Selama kuliah kamu akan mengetahui teknik pembangunan dan pengembangan pariwisata sekaligus cara meningkatkan kualitas pariwisata.

Prospek kerja :

Kebanyakan mahasiswa yang masuk ke jurusan ini adalah mereka yang tinggal di daerah atau kawasan pariwisata. Sehingga setelah lulus bisa membantu mengembangkan pariwisata di daerah masing-masing. Pilihan profesi setelah lulus meliputi pemandu wisata, pemandu tur, agen perjalanan, dan pemilik tempat wisata. 

12. Fashion Bisnis 

Berikutnya adalah jurusan fashion bisnis dan berbeda dengan jurusan tata busana yang nanti akan dibahas di bawah. Melalui jurusan ini kamu akan mempelajari dunia fashion dari kacamata seorang pebisnis. Sehingga bisa belajar berbagai teknik menjalankan bisnis fashion, baik di dalam maupun luar negeri. 

Jika tertarik dengan dunia fashion dan ingin menekuni bisnis di dalamnya maka jurusan kuliah IPS yang sangat diminati ini bisa dipertimbangkan.

Prospek kerja :

Adapun pilihan profesi yang bisa ditekuni setelah lulus adalah dari wirausaha, fashion stylish, sampai visual merchandiser. 

13. Sastra Inggris 

Tertarik dengan dunia sastra? Maka memasuki jenjang perkuliahan kamu bisa masuk ke jurusan sastra Inggris. Melalui jurusan ini kamu bisa mempelajari segala hal terkait kesusastraan dari bahasa Inggris. Disini kamu bisa mempelajari tentang isi, ciri, estetika, keaslian, dan keindahan dari karya sastra Inggris.

Prospek kerja :

Setelah lulus kamu bisa menyukai banyak profesi menarik. Misalnya menjadi novelis, content writer, wartawan, dan bisa juga menekuni profesi sebagai editor di sebuah penerbitan. Kemampuan bahasa Inggris kamu yang terasah juga membuka kesempatan menjadi penerjemah profesional. 

14. Kesejahteraan Sosial 

Rekomendasi jurusan kuliah IPS berikutnya adalah kesejahteraan sosial dimana akan mengajak kamu mempelajari segala hal yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jurusan ini tentunya sangat cocok untuk kamu yang memiliki jiwa sosial cukup tinggi dan ingin membantu masyarakat sukses dan sejahtera. 

Melalui jurusan ini kamu akan memahami teknik dan metode apa saja yang bisa diterapkan agar kesejahteraan masyarakat meningkat. Sehingga bisa membuat kehidupan masyarakat luas menjadi lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan negara.

Prospek kerja :

Profesi yang bisa ditekuni adalah CSR, ahli kesehatan, dan manajer layanan sosial. 

15. Tata Rias dan Kecantikan 

Suka dengan kegiatan merias wajah ata menata rambut? Maka lulus dari SMA atau SMK, bisa masuk ke jurusan tata rias dan kecantikan. Sesuai dengan namanya, melalui jurusan ini kamu akan memperdalam ilmu dan keterampilan dalam hal merias wajah dan menata rambut. 

Mahasiswa di jurusan ini kemudian mempelajari teknik dalam merias wajah, baik riasan tradisional khas Indonesia maupun riasan internasional. Selain itu kamu juga belajar teknik menyanggul rambut dan memotong rambut.

Prospek kerja :

Pasca menjadi Sarjana kamu bisa menjadi juru rias pengantin, makeup artist, dan konsultan kecantikan. 

16. Desain Komunikasi Visual 

DKV atau Desain Komunikasi Visual menjadi salah satu jurusan kuliah IPS yang paling banyak direkomendasikan dan diminati. Sebab jurusan yang masih tergolong baru ini menawarkan suatu materi yang menarik. Yakni mempelajari mengenai proses berkomunikasi lewat karya seni atau desain yang dibuat. 

Tak hanya belajar mengenai seni, kamu juga akan mempelajari mengenai komputer. Sehingga cocok juga untuk kamu yang selama sekolah menyukai pelajaran TIK.

Prospek kerja :

Adapun profesi yang bisa ditekuni setelah lulus adalah desain grafis, animator, desainer untuk produk komersial, dan lain sebagainya. 

17. Penyiaran 

Mengasah kemampuan komunikasi maupun public speaking maka lulus dari jurusan IPS di bangku sekolah bisa masuk jurusan penyiaran di perkuliahan. Jurusan penyiaran juga familiar disebut sebagai jurusan broadcasting. Jurusan ini merupakan salah satu cabang dari ilmu komunikasi yang juga jurusan ideal bagi lulusan IPS. 

Selama perkuliahan kamu akan belajar bagaimana menciptakan suatu ide dan mengemasnya sedemikian rupa agar menjadi program yang menarik. Jika program ini dianggap menarik maka akan diproduksi dan disiarkan kepada masyarakat.

Prospek kerja :

Lulusannya bisa bekerja sebagai sutradara, penyiar berita, dan presenter. 

18. Tata Busana

Pilihan jurusan kuliah IPS yang sangat menarik berikutnya adalah jurusan tata busana yang di beberapa perguruan tinggi disebut juga dengan jurusan fashion design. Sebab selama masa perkuliahan kamu akan akrab dengan kegiatan membuat desain busana. 

Mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari mengenai proses produksi pakaian, proses desain, belajar cara membuat pola pakaian, cara menjahit, dan juga mengenal segala hal tentang kain.

Prospek kerja :

Setelah lulus kamu bisa menekuni profesi sebagai desainer dan juga menjadi penata busana, misalnya untuk kalangan artis. 

19. Hukum 

Jika selama di bangku sekolah cenderung menyukai pelajaran PKN atau PPKN, maka bisa masuk ke jurusan hukum saat memasuki perkuliahan. Melalui jurusan ini kamu akan mempelajari segala aspek hukum, baik itu teori maupun praktek. Jurusan hukum dikenal sebagai jurusan favorit yang banyak diminati.

Prospek kerja :

Setelah lulus kamu bisa menekuni profesi yang sangat strategis dan berpeluang bergaji besar sekaligus menjadi terkenal. Misalnya menjadi pengacara, asisten legal, sekretaris legal, dan menjadi notaris. 

20. Kriminologi 

Segala tindakan kriminal mungkin menarik perhatian dan minat kamu, sekaligus memunculkan rasa keprihatinan. Oleh sebab itu bisa mempertimbangkan jurusan kriminologi yang termasuk pilihan jurusan kuliah IPS yang cukup potensial. Melalui jurusan ini kamu bisa mempelajari mengenai segala seluk beluk tindakan kriminal.

Prospek kerja :

Sesuai dengan nama jurusannya, pasca menjadi Sarjana kamu bisa menekuni profesi yang berhubungan dengan tindakan kriminal. Misalnya menjadi analisis intelijen, pegawai di kepolisian, dan juga menjadi detektif atau investigator swasta. 

21. Sosiologi 

Jika selama ini kamu memiliki ketertarikan terhadap hubungan sosial antara satu individu dengan individu lainnya. Maka salah satu rekomendasi  jurusan kuliah IPS bisa kamu pilih adalah jurusan sosiologi. Melalui jurusan ini kamu bisa mempelajari segala hal terkait hubungan sosial masyarakat. 

Kamu bisa mengetahui berbagai bentuk interaksi sosial dan bagaimana pengaruhnya pada kehidupan masyarakat maupun kehidupan individu. Meskipun kuliah di jurusan ini dihadapkan pada banyak teori dan hafalan, namun terasa seru dan menyenangkan.

Prospek kerja :

Pasca lulus bisa menjadi sosiolog dan juga spesialis media sosial. 

22. Manajemen Pemasaran 

Pilihan menarik berikutnya adalah jurusan manajemen pemasaran, sehingga di jurusan ini kamu akan mempelajari mengenai cara mengelola segala kegiatan pemasaran suatu perusahaan. Baik untuk memasarkan produk berupa barang maupun jasa, secara efektif dan efisien. 

Melalui jurusan ini kamu tidak hanya mempelajari berbagai teknik memasarkan produk perusahaan. Namun juga mempelajari karakter masyarakat selaku konsumen dan merupakan target pemasaran.

Prospek kerja :

Setelah lulus kamu bisa menekuni profesi sebagai analisis pemasaran, analisis riset pemasaran, dan menjadi konsultan pemasaran. 

23. Ilmu Politik 

Khusus untuk siapa saja yang menyukai dunia politik dan ingin ikut berjuang memperbaiki masa depan bangsa. Maka bisa terjun ke jurusan ilmu politik dan termasuk jurusan kuliah IPS yang banyak diminati. Melalui jurusan ini kamu akan mempelajari ilmu politik baik secara teori maupun praktek. 

Selama perkuliahan kamu akan sering berkunjung ke berbagai tempat yang memiliki aspek politik. Misalnya di kantor partai politik di Indonesia atau mungkin mengunjungi parlemen di Indonesia. Sehingga mahasiswa di jurusan ini dikenal punya koneksi yang luas di kalangan politikus kenamaan tanah air.

Prospek kerja :

Sebagaimana dengan nama jurusannya, prospek karir mengarah pada dunia politik. Pasca lulus kamu bisa menekuni profesi sebagai politikus, opsional lain adalah menjadi konsultan politik maupun menjadi anggota parlemen. 

24. Manajemen Pendidikan 

Kamu yang memiliki ketertarikan di dunia pendidikan dan berniat untuk menjadikan sistem pendidikan di Indonesia lebih baik dan maju. Maka bisa memilih jurusan kuliah IPS yang disebut dengan istilah manajemen pendidikan. Sesuai dengan namanya, disini akan mempelajari mengenai proses manajemen sistem pendidikan. 

Lulusan dari jurusan ini akan menguasai proses perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan sistem pendidikan. Sehingga selama kuliah kamu akan mempelajari mengenai kebijakan pendidikan, teknologi informasi, pengembangan kurikulum, dan lain sebagainya.

Prospek kerja :

Pasca lulus, kamu bisa menekuni berbagai profesi di dunia pendidikan. Misalnya menjadi dosen, atau mungkin menjadi konselor pendidikan. Prospek lainnya adalah menekuni profesi sebagai pegawai di sekolah maupun perguruan tinggi. 

25. Jurusan Filsafat 

Berikutnya adalah jurusan filsafat yang tentu menjadi jenis jurusan kuliah yang banyak memanen decak kagum banyak orang. Pasalnya, jurusan filsafat dikenal rumit atau sangat sulit karena mempelajari sifat dasar manusia. Namun, ilmu filsafat tidak begitu mengerikan apalagi jika kamu menyukainya sejak awal. 

Melalui jurusan ini kamu akan mempelajari secara mendalam mengenai HAM (Hak Asasi Manusia), teologis, paradigma feminisme, dan lain sebagainya. Sehingga kamu akan mengenal manusia beserta karakter atau sifat dasarnya yang ternyata menarik untuk dipelajari.

Prospek kerja :

Lulus dari jurusan filsafat kamu berkesempatan untuk menekuni profesi yang menarik dan berkesempatan menerima gaji tinggi. Misalnya menjadi pengamat, konselor, psikoterapis, maupun menjadi pejabat pemerintahan. Sehingga prospek karirnya jelas dan luas.

Baca juga: Daftar Lengkap Jurusan Kuliah IPS

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang