25 Jurusan Kuliah IPA Dan Prospek Kerjanya

Jurusan IPA Prospek Kerja Banyak
toko buku kuliah

Saat melanjutkan pendidikan tinggi maka selain perlu memilih kampus yang tepat juga perlu memilih jurusan kuliah IPA yang tidak kalah tepat. Lulusan dari jurusan IPA memang memiliki peluang untuk memilih lebih banyak jurusan kuliah. Tak hanya bisa masuk ke jurusan yang spesifik untuk lulusan IPA, bisa juga ke jurusan anak IPS. 

Hal ini kemudian memberikan pilihan yang lebih kompleks. Satu sisi akan terasa menyenangkan, karena bisa jadi akan membuka peluang untuk masuk ke jurusan yang benar-benar sesuai. Baik itu sesuai dengan minat dan bakat maupun sesuai dengan kondisi ekonomi. 

Namun, di sisi lain banyaknya pilihan jurusan yang bisa diambil juga membuat kepala pusing. Perlu menyaring setiap jurusan kuliah yang terbilang paling potensial dan tentunya akan mengutamakan jurusan dengan prospek masa depan yang terjamin. 

Pilihan Jurusan Kuliah IPA 

Supaya tidak lagi bingung, maka perlu mengetahui dulu berbagai pilihan jurusan kuliah IPA. Sehingga bisa menemukan jurusan yang memang sesuai dengan kata hati atau impian karir sejak kecil. Berikut adalah beberapa pilihan jurusan tersebut: 

1. Pendidikan Kedokteran 

Sejak kecil memiliki impian menjadi dokter dan menjadi penyelamat bagi banyak orang? Maka setelah lulus dari bangku SMA, kamu yang masuk jurusan IPA bisa memilih masuk ke jurusan pendidikan kedokteran. Setelah lulus kamu akan mendapatkan gelar dokter dan bisa praktek baik di rumah maupun rumah sakit. 

Pendidikan kedokteran secara umum mempelajari dua hal. pertama mempelajari tentang penyakit dan bagaimana cara perawatan maupun penyembuhannya. Kedua, mempelajari mengenai tata cara menjaga kesehatan. Kuliah di jurusan ini memang membutuhkan dompet yang tebal. 

Namun, setelah lulus kamu bisa menerima penghasilan besar atas jasa membantu banyak pasien sembuh dari penyakitnya. Selain itu bisa menjadi penyelamat bagi banyak nyawa orang. Setelah lulus kamu juga bisa melanjutkan pendidikan dokter spesialis sehingga mempelajari penyakit dan perawatannya secara spesifik. 

2. Farmasi 

Masih seputar dunia kesehatan, pilihan kedua untuk daftar jurusan kuliah IPA adalah farmasi. Jurusan ini mempelajari mengenai segala hal terkait obat-obatan dan ilmu pendukungnya. Lulusan dari jurusan farmasi akan memiliki keahlian untuk menciptakan obat yang sesuai dengan standar kualitas dan kelayakan. 

Jurusan ini juga dikenal mahal, apalagi untuk menempuh jurusan profesi yang membantu kamu menjadi ahli farmasi atau apoteker. Setelah lulus kamu bisa bekerja di berbagai apotek termasuk mendirikan apotek sendiri, selain itu bisa menjadi apoteker penanggung jawab atau APJ di industri obat-obatan, makanan, dan minuman. 

3. Kesehatan dan Keselamatan Kerja 

Dunia kesehatan memang dekat dengan lulusan IPA, opsional jurusan kuliah berikutnya masih di bidang ini. Yakni jurusan kesehatan dan keselamatan kerja yang mempelajari mengenai berbagai bahaya dan resiko di lingkungan tempat kerja. Setelah lulus kamu bisa menekuni profesi sebagai ahli kesehatan dan keselamatn kerja. 

4. Ilmu Gizi 

Apakah selama ini kamu dibuat penasaran dengan alasan kenapa manusia dan makhluk hidup lain perlu makan secara teratur? Kamu bisa menemukan jawabannya dengan masuk ke jurusan ilmu gizi. Jurusan ini membantu kamu mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan, produktivitas, dan kualitas manusia. 

Sehingga di jurusan ini kamu bisa lebih pintar dalam mengenal bahan makanan yang sehat dan tepat. Baik untuk anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Termasuk juga menu-menu makanan untuk orang yang sehat dan yang sedang sakit agar cepat pulih. Pasca lulus kamu bisa menjadi ahli diet, ahli nutrisi, dan praktisi keluarga. 

5.Astronomi 

Khusus untuk kamu yang menyukai hal-hal berbau benda langit, maka salah satu pilihan jurusan kuliah IPA yang bisa diambil adalah jurusan astronomi. Jurusan ini mempelajari mengenai ilmu fisika yang secara spesifik berkaitan dengan objek di langit dan antariksa. 

Jurusan astronomi juga diketahui dibagi menjadi tiga keahlian dimulai dari ahli tata surya, fisika bintang dan galaksi, dan juga kosmologi. Setelah lulus kamu bisa menekuni profesi sesuai dengan bidang keahlian yang dipilih. Misalnya menjadi astronom, peneliti atmosfer, peneliti angkasa, dan lain sebagainya. 

6. Teknologi Pangan

Rekomendasi jurusan kuliah IPA berikutnya yang sangat menarik adalah jurusan teknologi pangan. Mungkin kamu akan mengira kalau jurusan ini sama dengan ilmu gizi. Namun, keduanya berbeda sebab ilmu gizi mempelajari hubungan makanan dengan kesehatan dan pertumbuhan. 

Sementara di jurusan teknologi pangan akan mempelajari proses dalam memproduksi makanan. Sehingga kamu akan mempelajari komponen kimiawi dan biologis dalam makanan. Setelah dinyatakan lulus bisa menekuni profesi Quality Control, peneliti bahan pangan, dan ahli teknologi pangan. 

7. Bioteknologi 

Berikutnya ada jurusan bioteknologi yang merupakan salah satu cabang dari jurusan biologi. Melalui jurusan ini akan dipelajari mengenai pemanfaatan makhluk hidup secara lebih luas. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan manusia maupun untuk tujuan lainnya. 

Jurusan ini dikenal sebagai jurusan yang beberapa tahun belakangan mengalami perkembangan pesat, sebab berpotensi menyediakan produk-produk bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya produk hasil fermentasi maupun rekayasa genetika. Setelah lulus bisa menjadi ahli biomedis, teknisi pembangkit biomassa, dan peneliti. 

8. Statistika 

Pilihan  jurusan kuliah IPA yang juga menarik adalah jurusan statistika. Jurusan ini akan mempelajari mengenai proses pengolahan data, pengumpulan, analisis, dan mempresentasikan data tersebut. Ilmu di dalam statistika akan berguna untuk membantu mengambil keputusan. 

Jurusan ini sangat cocok untuk lulusan IPA yang menyukai matematika dan bermain dengan logika. Sekalipun dikenal sebagai jurusan kuliah yang rumit atau susah, namun peminatnya banyak. Setelah lulus bisa membuka kesempatan menjadi ahli statistika, aktuaria, peneliti survei, dan lain sebagainya. 

9. Biokimia 

Opsional berikutnya adalah jurusan biokimia yang mempelajari tentang peranan berbagai molekul di dalam reaksi kimia dan proses terbentuknya suatu makhluk hidup. Ilmu yang dipelajari di jurusan ini terbilang luas karena tidak hanya mempelajari proses di dalam tubuh manusia namun juga proses di organisme lainnya. 

Masuk ke jurusan ini akan memperdalam ilmu tentang pelajaran biologi dan kimia. Jadi, jika selama di bangku SMA menyukai keduanya maka sangat cocok untuk masuk ke jurusan biokimia. Setelah lulus bisa menekuni profesi sebagai ahli biologi dan molekul, peneliti bioinformatika, ahli biokimia, ahli biofisika, dan lain-lain. 

10. Teknik Lingkungan

Pilihan jurusan kuliah IPA selanjutnya adalah jurusan teknik lingkungan. Jurusan ini akan mempelajari tentang cara menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari penyakit menggunakan ilmu teknik dan juga teknologi. Jurusan ini ideal untuk penyuka biologi dan kimia. Setelah lulus bisa menjadi ahli ekologi industri, konsultan lingkungan, dan lain-lain. 

11. Akuakultur 

Rekomendasi selanjutnya adalah jurusan akuakultur yang disebut juga dengan nama jurusan budidaya perairan. Sebab di jurusan ini akan dipelajari mengenai cara pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar. Lulusannya bisa menjadi ahli peternakan, ahli pengembangbakan hewan, ahli konservasi tanah, dan lain-lain. 

12. Agroekoteknologi 

Pilihan lain yang menyukai pelajaran biologi adalah masuk ke jurusan agroekoteknologi. Jurusan ini mungkin masih terdengar asing, karena memang masih terbilang baru. Merupakan jurusan kuliah gabungan dari ilmu agronomi, ilmu tanah, ilmu hama, dan penyakit tumbuhan. Jurusan ini bisa ditemukan di Fakultas Pertanian. 

Melalui jurusan ini kamu bisa menjadi seorang ahli dalam menyelesaikan berbagai masalah di lingkungan pertanian. Selain itu bisa mendapatkan lebih banyak ilmu terkait tanah, air, tumbuhan, dan lain sebagainya. Lulusannya bisa menjadi manajer pertanian dan peternakan, manajer pembibitan dan rumah kaca, dan lain-lain. 

13. Rekayasa Pertanian 

Pernah mendengar jurusan rekayasa pertanian? Jurusan ini tersedia di berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan masuk daftar jurusan kuliah IPA yang menarik untuk dipertimbangkan. Sesuai dengan namanya, di jurusan ini mempelajari tentang segala hal terkait pertanian dan penerapan teknologi di dalamnya. 

Sehingga bisa menyediakan produk pangan atau pertanian yang berkualitas dan lebih bervariasi. Tujuan dari dimunculkannya jurusan ini adalah untuk meningkatkan swasembada pangan dan kesejahteraan masyarakat. Setelah lulus bisa menjadi ahli teknik pertanian, peneliti tanah dan tumbuhan, dan lain sebagainya. 

14. Arsitektur 

Khusus untuk yang memiliki kecenderungan menyukai dunia desain, maka bisa masuk ke jurusan arsitektur. Jurusan ini tidak hanya direkomendasikan untuk lulusan IPS namun juga lulusan IPA. Nantinya akan mempelajari tentang segala hal mengenai proses mendesain suatu bangunan dan merancang konstruksinya. 

Jurusan ini sangat direkomendasikan untuk penyuka matematika dan seni budaya. Sebab dibutuhkan keterampilan dua pelajaran tersebut untuk menjadi calon arsitek yang mumpuni. Setelah lulus bisa menjadi arsitek profesional, manajer konstruksi, desain interior, dan lain sebagainya. 

15. Kehutanan 

Merasa tertarik dengan segala hal terkait hutan? Maka salah satu rekomendasi  jurusan kuliah IPA yang bisa dipilih adalah jurusan kehutanan. Jurusan ini membantu mempelajari tentang segala hal mengenai hutan. Mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, dan lain sebagainya. Lulusannya bisa menjadi konsultan lingkungan, ahli konservasi hutan, dan lain-lain. 

16. Teknik Industri 

Berikutnya ada jurusan teknik industri yang mempelajari mengenai proses industri dimulai dari manajemen industri sampai hal-hal berkaitan dengan teknik mesin. Jurusan ini sendiri diketahui merupakan turunan dari jurusan teknik mesin. Lulusannya bisa menjadi ahli teknik industri, ahli teknik manufaktur, dan lain-lain. 

17. Oseanografi 

Jika selama ini menyukai fisika dan matematika maka bisa mempertimbangkan jurusan oseanografi. Jurusan ini mempelajari mengenai segala fenomena laut dan kemudian diaplikasikan ke berbagai bidang. Sehingga fenomena laut pada dasarnya bisa diolah untuk dimanfaatkan ke berbagai tujuan. 

Misalnya untuk diaplikasi di penanganan bencana laut, lingkungan, rekayasa, perikanan, dan lain sebagainya. Jurusan ini sangat tepat untuk dipertimbangkan juga bagi penyuka laut. Lulusannya bisa menjadi teknik kelautan, pengajar ilmu atmosfer, ilmu bumi, ilmu kelautan, dan lain-lain. 

Pondok Djawara Deepublish

18. Planologi 

Pilihan jurusan kuliah IPA menarik lainnya adalah planologi atau jurusan teknik perencanaan wilayah dan kota. Sekilas nama jurusan ini terdengar sama dengan jurusan arsitektur lanskap. Meskipun keduanya mempelajari mengenai teknik penataan kota. 

Namun, di arsitektur lebih menitikberatkan pada aspek estetika sehingga tidak hanya menata suatu kota menjadi baik dan bermanfaat namun juga memanjakan mata. Sedangkan di planologi lebih condong memperhatikan aspek sosial, ekonomi, dan politik. Setelah lulus bisa menjadi perencana kota dan bangunan maupun surveyor bangunan. 

19. Teknik Pertambangan 

Satu lagi cabang ilmu teknik yang ideal dipilih oleh lulusan IPA, yakni jurusan teknik pertambangan. Sesuai namanya di jurusan ini akan dipelajari tentang ilmu pertambangan. Fokus utamanya adalah ilmu mengenai eksplorasi dan eksploitasi kekayaan alam. Lulusannya bisa menjadi ahli tambang, ahli pengeboran bumi, ahli teknik energi, dan lain-lain. 

20. Teknik Elektro 

Pilihan jurusan kuliah IPA berikutnya untuk penyuka fisika adalah teknik elektro. Jurusan ini mempelajari tentang sifat-sifat elektron yang lebih dikenal sebagai listrik. Sehingga bisa memahami listrik dan menaklukannya dengan baik. 

Cakupan dari jurusan ini juga terbilang luas seperti sumber pembangkit tenaga listrik sampai elektronika. Setelah lulus bisa menekuni profesi sebagai ahli robotika, ahli teknik elektronik, dan lain sebagainya. 

21. Teknik Penerbangan 

Memiliki ketertarikan dengan dunia kedirgantaraan? Maka bisa masuk ke jurusan teknik penerbangan yang juga dikenal dengan istilah aeronautika dan astronautika. Jurusan ini membantu mempelajari tentang perancangan, pembuatan, dan pengoperasian pesawat. 

Teknik penerbangan akan fokus mempelajari mengenai teknik pesawat. Tidak tertutup kemungkinan setelah lulus bisa menciptakan pesawat terbang sendiri. Profesi yang bisa ditekuni pasca lulus ada ahli aerospace, teknisi penerbanga, teknisi servis pesawat, dan lain sebagainya. 

22. Teknik Informatika 

Opsional untuk yang menyukai komputer adalah masuk ke jurusan teknik informatika yang dikenal dengan istilah TI atau IT. Lulusannya dikenal bisa menjadi ahli pemrograman, dan sangat cocok untuk menjadi jurusan kuliah IPA yang diprioritaskan. 

Melalui jurusan ini kamu bisa mendalami tentang ilmu komputer yang mencakup perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komputer, dan implementasinya. Lulusannya bisa menjadi programer komputer, pengembang aplikasi, pengembang software, analisa riset operasional, dan lain sebagainya. 

23. Ekonomi Pembangunan 

Pilihan menarik lainnya adalah jurusan ekonomi pembangunan yang merupakan cabang dari jurusan ilmu ekonomi. Jurusan ini secara spesifik mempelajari mengenai persoalan pembangunan baik yang sedang, akan, maupun sudah berjalan. Dikenal juga sebagai jurusan yang masih termasuk bagian ilmu ekonomi. 

Meskipun memiliki nama “ekonomi” namun jurusan ini kental dengan pelajaran berhitung alias matematika. Jadi, kurang cocok untuk siapa saja yang berniat hijrah dari IPA yang kebanyakan berhitung ke jurusan IPS yang hafalan. Sebab disini kamu butuh keterampilan matematika yang mumpuni. 

Setelah lulus bisa memilih banyak profesi menarik. Dimulai dari menjadi seorang ekonom, konselor peminjaman, analis keuangan, dan lain sebagainya. Sehingga profesi dari lulusan ekonomi juga bisa dimasuki. 

24. Cyber Security 

Pilihan jurusan kuliah IPA yang diketahui cocok untuk era digital adalah jurusan cyber crime. Dilihat dari nama jurusannya tentu sudah bisa ditebak kalau jurusan ini mempelajari tentang tindak kejahatan di dunia maya atau internet. Namun fokus utamanya adalah mengatasi dan mengantisipasi kejahatan dunia maya tersebut. 

Jurusan ini cocok untuk yang menyukai komputer dan pemrograman. Sebab sesuai untuk yang menyukai pelajaran TIK maupun matematika. Sebab menjadi ahli cyber crime butuh logika yang kuat, dan termasuk dalam keterampilan matematika. Lulusannya bisa menjadi spesialis forensik komputer dan ahli cyber crime

25. Teknik Perminyakan 

Berikutnya adalah jurusan teknik perminyakan yang disebut-sebut sebagai jurusan yang mencetak lulusan paling banyak dibutuhkan di lima tahun mendatang. Jurusan ini mempelajari mengenai segala hal terkait perminyakan, misalnya pengolahan dan pencarian sumber daya untuk diolah menjadi minyak. Lulusannya bisa menjadi ahli perminyakan yang bekerja di perusahaan kelistrikan, seperti PLN.

Baca juga : 25 Jurusan Kuliah IPS Terbaik Serta Prospek Kerjanya

Pilihan jurusan kuliah IPA di atas tentu tepat untuk dipertimbangkan, silahkan memilih sesuai dengan minat maupun bakat. Sebab jurusan kuliah yang diambil akan dipelajari dengan mendalam selama empat tahun, bahkan bisa lebih. Jadi, pastikan memilih jurusan yang tepat agar masa kuliah menjadi masa yang seru dan menyenangkan.

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang