Tempat Cari Informasi Dan Inspirasi Bagi Pustakawan

Jenis Jenis Perpustakaan di Indonesia

jenis jenis perpustakaan

Jenis-Jenis Perpustakaan di Indonesia – Tahukah kamu jika di Indonesia memiliki jenis-jenis perpustakaan loh. Tidak tanggung-tanggung, lebih dari 7 jenis perpustakaan. Nah, apakah kamu tahu perpustakaan apa saja? Atau mungkin kamu sudah pernah mengunjungi salah satunya? Atau malah belum pernah sama sekali? Wah sangat disayangkan jika belum pernah mengunjunginya sama sekali.

Meskipun minat baca di Indonesia masih terbilang rendah. Tetap saja perpustakaan di Indonesia masih ada yang melirik. Hal bisa terlihat dari banyaknya jenis-jenis perpustakaan di Indonesia yang sampai sekarang masih tetap ada. Nah, penasaran bukan apa saja. Berikut ulasannya.
Perpusnas

Jenis-jenis perpustakaan yang pertama adalah perpusnas atau kepanjangan dari perpustakaan nasional republik Indonesia. Perpusnas sebagai perpustakaan pusat Indonesia. Namannya juga perpustakaan nasional, maka lokasinya pun ada di ibu kota Jakarta. Alasannya sederhana, karena mudah diakses dan memiliki jangkauan serta ruang lingkup yang lebih luas.

Tahukah kamu jika perpustakaan nasional ini termasuk lembaga pemerintan Non Departemen loh. Dimana perpustakaan ini bertanggung jawab kepada Presiden loh. Itu sebabnya perpustakaan Nasional memiliki koleksi bahan pustaka terlengkap di Indonesia. Jadi semua buku yang diterbitkan dari Sabang sampai Merauke koleksinya ada di sana.

Jadi bisa dibayangkan berapa koleksi buku yang ada di sana. Belum termasuk koleksi buku langka, menuscript dan bukti-bukti jaman buku jaman peperangan pun mungkin juga ada di sana. Menariknya dari perpustakaan nasioal, setiap penerbit buku di seluruh Indonesia yang menerbitkan buku, maka diwajibkan para penerbit untuk memasukan buku baru tersebut di perpustakaan nasioanl.

Kelebihannya, jelas data penulis terindeks dan tercatat di perpustakaan nasioanl. Dengna kata lain, perpustakaan satu ini sebagai arsip literature dari seluruh Indonesia. Nah, bagaimana? Apakah buku kamu sudah ada di perpusnas?

1. Perpustakaan Sekolah

perpustakaan-sekolah

Jenis perpustakaan yang satu ini pastinya kamu sudah pernah masuk. Jika ada yang belum pernah masuk di perpustakaan sekolah, sangat di sayangkan sekali. Dibandingkan perpustakaan nasional, tentu saja perpustakaan sekolah tidak memiliki koleksi selengkap di perpusnas. Meskipun demikian, koleksi yang ada di sana pasti tidak kalah keren juga.

Perpustakaan sekolah jumlahnya lebih banyak. Karena setiap sekolah memiliki perpustakaannya sendiri-sendiri. Mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) bahkan di perguruan tinggi pastinya ada perpustakaannya masing-masing.

Keberadaaan perpustakaan sekolah tidak lain dan tidak bukan sebagai sarana belajar mengejar, menyediakan bahan bacaan yang relevan dengan dunia pendidikan sekaligus sebagai tempat rekreasi juga loh.

2. Perpustakaan Perguruan Tinggi

Jenis-jenis perpustakaan yang sudah disinggung sebelumnya adalah perpustakaan perguruan tinggi. Jika di perpustakaan sekolah, satu sekolah hanya ada satu perpustakaan saja. Nah, sedikit berbeda dengan perpustakaan di perguruan tinggi.

Memang setiap perguruan tinggi memiliki kapasitas dan kemampuan berbeda-beda. Jika perguruan tinggi tersebut kecil, mungkin satu Perguruan Tinggi hanya ada satu perpustakaan. Tetapi jika perguruan tinggi besar, maka ada banyak sekali perpustakaan di perguruan tinggi. Salah satu contoh perpustakaan perguruan tinggi yang pernah saya kunjungi adalah di UGM.

Seperti di fakultas psikologi UGM, mereka memiliki perpustakaan khusus psikologi sendiri. Jadi perpustakaan tersebut spesialis perpustakaan psikologi. Belum lagi ketika saya masuk ke perpustakaan utama UGM, maka barulah di sana ada banyak sekali koleksi buku secara umum.

Baca juga : Pengadaan Bahan Pustaka Untuk Perpustakaan

Meskipun setiap masing-masing perguruan tinggi memiliki jenis perpustakaan yang berbeda Secara prinsipnya keberadaan perpustakaan di Perguruan tinggi sama. yaitu menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi penelitian, pengabdian masyarakat dan pendidikan.

3. Badan Perpustakaan Daerah

Jenis-jenis perpustakaan daerah ini selalu ada di daerah di seluruh Indonesia. Jumlahnya lebih sedikit dibandingkan perpustakaan sekolah atau perguruan tinggi. Sebagai perpustakaan daerah, maka perpustakaan ini diurus oleh masing-masing pemerintah daerah. Meskipun perpustakaan daerah, jangan bayangkan keterbatasan akses. Ada juga loh perpustakaan yang tetap kece badai dan keren.

Salah satu perpustakaan daerah yang tidak kalah keren adalah perpustakaan grhatama yang ada di Yogyakarta. Perpustakaan ini disebut-sebut perpustakaan terbesar di Asia Tenggara loh. Dari segi bangunannya pun tentu saja menarik. Ada banyak hiburan yang di tawarkan pula di sana.

4. Perpustakaan Umum

Perpustakaan umum ini adalah perpustakaan yang memang diperuntukan untuk umum. Sebenarnya perpustakaan daerah pun juga termasuk perpustakaan umum yang diperuntukan oleh umum. Hanya saja dari segi pengaturan di urus oleh pemerintah daerah.

Sedangkan perpustakaan umum dalam hal ini adalah perpustakaan yang diperuntukan sebagai lembaga pendidikan masyarakat umum. Karena ada juga loh perpustakaan yang bukan umum, memang tidak boleh semua orang mengaksesnya. Jadi hanya anggota tertentu saja.

5. Perpustakaan khusus

Jenis-jenis perpustakaan khusus salah satu jenis perpustakaan yang masih dikelola oleh lembaga pemerintahan dan swasta. Seperti yang disinggung di paragraph di atas, perpustakaan khusus hanya diperuntukan untuk orang-orang tertentu. misalnya hanya untuk instansi induknya saja atau semacamnya. Jadi jika bukan anggota, sulit bisa mengakses buku-buku yang ada di sana.

Sebagai tambahan informasi juga nih, perpustakan umum seperti grhatama pun juga sebenarnya ada perpustakaan khususnya juga. Jadi ada ruangan yang berisi koleksi bahan literature langka dan sedikit orang yang mencari.

6. Perpustakaan Lembaga Keagamaan

Jenis-jenis perpustakaan lembaga keagamaan sudah jelas fokus koleksinya tidak jauh dengan keagamaan. Dimana dari segi pengelolaannya pun diatur oleh lembaga agama. Nah, menyangkut agama, jangan selalu diartikan agama islam saja loh. Agama lain seperti agama Kristen, hindu, budha dan katholik pun juga ada. jadi buat kamu nih yang ingin mempelajari kitab keagamaan, bisa nih datang di perpustakaan lembaga keagamanaan.

7. Perpustakaan Internasional

Perpustakaan internasional jelas bahwa konteksnya untuk perpustakaan yang memiliki afiliasi dengan dunia luar. Terkait dengan lembaga yang mengelolanya juga dari lembaga internasional. Koleksi buku yang ada pun juga dari berbagai macam Negara.

Nah, karena konteksnya adalah perpustakaan nasional, jangan heran dengna jumlah koleksi buku yang tidak 20 atau 30 juta koleksi bahan pustaka. Bahkan jumlahnya ratusan juta koleksi loh. Bisa dibayangkan tuh betapa peningnya kepala untuk membuat katalog buku.

8. Perpustakaan Digital

Jenis perpustakaan yang tidak kalah kerena dalah perpustakaan digital. Mengingat sekarang digital sedang merajai dunia. Sesuai dengan namannya, perpustakaan ditital dianggap lebih praktis dan lebih bisa dinikmati dimana saja dan kapan saja. Itu sebabnya sekarang perpustakaan satu ini sedang banyak disenangi.

Dikatakan perpustakaan ditigal karena memang dikembangkan dalam sistem pengelolaan dan layanan perpustakaan. Jadi kamu tinggal klik-klik, buku yang kamu inginkan bisa keluar.

9. Perpustakaan Pribadi

Perpustakaan pribadi atau perpustakaan keluar salah stu jenis-jenis perpustakaan yang di Indonesia sekarang banyak yang punya loh. Sebagai perpustakaan pribadi, maka dari segi pengelolannya pun jelas dijalankan oleh masing-masing keluarga. Nah, apakah kamu salah satu yang memiliki perpustakaan keluarga? Atau suatu saat ingin memiliki perpustakaan pribadi?

Baca juga : Pentingnya Perawatan Bahan Pustaka di Perpustakaan

Kurang lebih itu 9 jenis-jenis perpustakaan, selanjutnya kamu bisa baca artikel kami yang lain :

1. 6 Pilihan Toko Buku Online Jogja Terbaik
2. 6 Cara Membaca Yang Baik, agar Ingatannya Tajam
3. Cara Menulis Buku Diary agar Menarik

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

butuh bahan pustaka?

mari kerjasama bersama kami, pengadaan mudah tanpa ribet !

teknik pengadaan buku perpustakaan