fbpx

Tidak Banyak Yang Tahu, Ini 4 Jenis Buku Kuliah Untuk Mahasiswa

jenis buku kuliah
toko buku kuliah

Tidak Banyak Yang Tahu, Ini 4 Jenis Buku Kuliah Untuk Mahasiswa – Masih duduk di bangku kuliah? Jika iya, pasti sudah tidak asing lagi dengan buku pegangan yang digunakan di kelas bukan? Memang jika dijabarkan satu persatu, macam buku kuliah itu ada banyak sekali. Belum lagi di sana juga akan banyak cabang ilmu yang lainnya.

Padahal kita tahu ada banyak sekali cabang ilmu pendidikan. Tidak sekedar cabang ilmu psikologi, bahasa, statistik, pertanian dan masih banyak lagi. Menyinggung tentang buku kuliah, menurut Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi, Sistem pendidikan di Indonesia ada empat jenis buku kuliah.

RISTEKDIKTI memberlakukan standar buku kuliah tidak lain dan tidak bukan untuk menyelaraskan dalam transformasi ilmu kepada peserta didik. Mengingat Indonesia terdiri dari berbagai pulau dari Sabang sampai Merauke. Tentu saja dari segi isi harus distandarkan agar hasil pencapaian pembelajaran mahasiswa pun tidak melenceng.

4 Jenis Buku Pegangan Kuliah Untuk Mahasiswa

Nah, apa saja sih jenis buku kuliah yang terstandar menurut RISTEKDIKTI? Akan kita bahas satu-satu di bawah ini.

1. Buku Ajar

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan buku ajar bukan. Dimana buku ajar ini sering kamu gunakan dalam proses pembelajaran di kampus. Tahukah kamu jika keberadaan buku ajar tidak lain dan tidak bukan sebagai media komunikasi antara peserta didik (mahasiswa) dan dosen.

Tanpa kehadiran buku ajar, sepertinya terasa hambar dan seperti ada yang kurang. Itu sebabnya dibutuhkan yang namannya media. Bentuk buku ajar ini sendiri pun ada yang akrab menyebutnya dengan buku teks, buku paket, buku materi dan buku panduan belajar.

Sebagai buku pendidikan sekaligus buku pegangan, sudah tidak heran lagi dari segi penyampaian bahasa yang digunakan pun lebih formal. Sehingga untuk ukuran mahasiswa yang jiwa muda dan jiwa gaul, terkesan lebih kaku dan banyak juga yang merasa monoton atau membosankan. Meskipun demikian, memang seperti itulah standar bakunya. Tidak mungkin bukan buku ajar menggunakan bahasa daerah, nanti daerah lain tidak paham apa maksud yang disampaikan.

Menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) jenis buku kuliah buku ajar harus mengikuti standar. Apa sajakah standar buku ajar? Diantarannya, buku ajar ditulis membentuk alur logika sesuai dengan rencana pembelajaran, mindful dan informative, membangun motivasi belajar, media transformasi belajar agar lebih mandiri, disampaikan menggunakan bahasa yang relevan – jelas – tegas – mudah di pahami dan tentu saja buku ajar disusun berdasarkan dengan kurikulum.

2. Buku Referensi

Buku referensi salah satu jenis buku kuliah yang juga disebutkan oleh RISTEKDIKTI. Secara isi memang intinya sebagai media untuk mentransformasikan ilmu juga. Buku yang termasuk buku referensi ada buku atlas, kamus, ensiklopedia dan masih banyak lagi.

Ciri-ciri buku referensi itu sendiri memiliki beberapa identifikasi. Diantarannya, buku tersebut ditulis berdasarkan dari hasil penelitian, buku tersebut lebih banyak digunakan untuk peneliti dan dosen mengajar, memiliki studi case dan terdapat ilustrasi. Adapun ciri lain, dari segi konten, alur logika keilmuannya ditulis secara ilmiah. Sehingga bagi mahasiswa sering merasa membosankan jika membaca buku model begini.

Sebenarnyat idak jauh berbeda dengan buku ajar. Pada jenis buku kuliah referensi, dari segi penggunaan bahasa yang digunakan menggunakan kaidah penulisah ilmiah. Karena ini jenis buku pendidikan, maka buku tersebut wajib di publikasikan dan memiliki International Standart Books Number (ISBN) dan diedarkan.

Baca juga : 10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik Untuk Mahasiswa

3. Buku Diktat

Jenis buku kuliah yang ketiga adalah buku diktat. Dimana buku diktat ini sendiri merupakan buku yang jarang digunakan oleh mahasiswa dalam proses belajar mengajar di kelas. Buku diktat ditulis juga berdasarkan pada ilmu pengetahuan, kajian dan peneiltian. Penulis buku diktat itu sendiri pun di tulis oleh penulis spesialis atau dosen spesialis.

Misalnya, dosen lulusan matematika, maka ialah yang menulis buku itu. dengan kata lain, buku diktat tidak bisa di tulis oleh dosen/penulis yang diluar kemampuannya. Ciri-ciri buku diktat itu sendiri dapat dilihat dan diajarkan untuk satu mata kuliah. Dari segi penggunaan bahasa yang disampaikan, sudah pasti menggunakan bahasa formal dan ilmiah.

Adapun ciri dari jenis buku kuliah diktat satu ini, biasannya hanya disebarluaskan oleh mahasiswa saja, kemudian aka nada juga review. Termasuk juga di bagian dalam tulisan tertuang sumber-sumber referensi yang digunakan untuk membuat diktat.

4. Modul

Barangkali kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah modul! Jadi jenis buku kuliah modul ini merupakan materi yang dikemas dan ditulis oleh dosen pengajar sebagai bahan pembelajaran mahasiswa di kelas. Sifat buku modul itu sendiri dapat digunakan untuk pembelajaran secara perorangan ataupun kelompok.

Secara umum, teknis dan pengemasan buku modul dikemas secara lebih sistematis dan menarik. dibuat menarik tentu saja agar mahasiswa tidak bosan. Agar mahasiswa cepat tanggap terhadap materi yang disampaikan, juga dibutuhkan yang namanannya penulisan yang tersistematis dan cakupannya lengkap.

Prinsip pesan yang disampaikan di dalam modul berisi materi metode, evaluasi dan masih banyak lagi tentu saja. Adapun ciri dari jenis buku kuliah satu ini. Diantarannya, dapat dipahami oleh mahasiswa, memiliki tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan oleh penyusun, mengembangkan sikap asertif mahasiswa dan mengembangkan kemampuan dan potensi dari mahasiswa itu sendiri.

Adapun ciri lain dari modul yaitu dari segi isi memiliki cakupan informasi yang memiliki unsur asosiasi, strktur agar mahasiswa menikmati saat belajar. Terakhir, tentu saja memberikan mahasiswa ruang untuk mengeksplorasi dalam kemampuan berfikir dan kofnitif mereka dalam belajar.

Memang dari keempat jenis buku kuliah di atas rata-rata buku pelajaran yang sebenarnya tidak semenarik ketika kamu membaca novel ataupun membaca buku keseukaan kamu. Tetapi dari segi isi ang disampaikan wajib kamu pahami dan kuasai, jika kamu ingin lulus kuliah dengan cepat.

Karena bagaimanakan juga, buku kuliah memang hadir untuk memberikan perspektif pengetahuan yang lebih bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Padahal kita tahu bahwa karakter Indonesia paling tidak tertarik jika dihadapkan pada hal-hal yang sebenarnya berbobot, bermanfaat dan kritis. Lebih banyak yang tertarik melihat dan membaca sesuatu yang sifatnya hiburan.

Terlepas dari itu semua, sebenarnya jenis buku kuliah tidak selamanya monoton dan menjengkelkan loh. Banyak buku-buku kuliah yang insipiratif, dan dibaca tetap menyenangkan. Tentu saja untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan keterampilan mencari buku kuliah dari penulis siapa.

Nah, semoga dengan penjelasan dan pemaparan tentang jenis buku kuliah di atas memberikan pengetahuan baru, dan semoga bermanfaat banak. Nah, buat kamu yang tertarik mendapatkan koleksi buku-buku kuliah, kamu juga bisa lo mendapatkan koleksi buku-buku tersebut di Toko Buku Deepublish. Diamin semua buku ada, karena fokus dari penerbit tersebut sebagai penerbit buku pendidikan.

Terimakasih sudah membaca artikel berjudul 4 Jenis Buku Kuliah, selanjutnya bisa baca artikel di bawah ini :

1. 10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik Untuk Mahasiswa
2. 4 Rekomendasi Buku Biologi Untuk Perguruan Tinggi Terpopuler
3. 5 Rekomendasi Buku Bisnis Terbaik Untuk Entreprenuer Sukses

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2020 Toko Buku Deepublish – Gudang Buku Kuliah