fbpx

Ingin Bekerja Di Bank? Kuasai Hitam Putih Hukum Perbankan

Ingin Bekerja Di Bank? Kuasai Hitam Putih Hukum Perbankan – Bercita-cita ingin terjun menyelami dunia hukum? Ini memang keputusan yang pas. Setidaknya dengan mempelajari hukum, menjadi melek hukum dan membantu orang yang tidak paham tentang melek hukum. Membicarakan tentang huku, buku karya Ronald Saija yang berjudul hitam putih hukum perbankan lebih fokus dalam hal perbankan.

Jadi penulis memiliki keingingan untuk menyusun buku yang modernitas dalam menguraikam hitam putih hukum perbankan secara menyeluruh. Setidaknya ada delapan bab yang akan diperkenalkan oleh pembaca. apa sajakah kedelapan tersebut? langsung saja, intip garis besar yang akan kamu pelajari nantinya.

Lembaga Keuangan Bank

Buku hitam putih hukum perbankan ini akan mengajak kamu terlebih dahulu tentang sejarah bank. Tentu saja, dengan memperkenalkan sejarah, akan memberikan pemahaman dan alur lahirnya lembaga keuangan perbankan. Seperti kata Bung Karno, Jas Merah (Jangan sekali-kali melupakan sejarah), begitupun ketika hendak mempelajari sejarah perbankan, sejarah menjadi dasar agar tahu ilmu dasarnya terlebih dahulu.

Setelah diperkenalkan sejarah singkat, barulah akan diperkenalkan definisi bank sebelum akhirnya mempelajari badan hukum, fungsi dan jenis-jenis bank. Mengingat ada banyak sekali jenis bank yang ada di Indonesia, yang ternyata tidak banyak orang yang tahu. Tidak ketinggalan juga, di bab lembaga keuangan bank, kamu akan mengetahui tentang sistem penghimpunan dan penyaluran dana juga loh.

Kredit Perbankan

Semua orang tahu bahwa dunia perbankan tidak selalu positif. Pasti ada hitam putih hukum perbankan. Anggapan masyarakat terhadap sisi negative dari perbankan adalah soal kredit, yang memberikan dua sisi. Satu sisi menguntungkan satu sisi juga merugikan. Nah, kategori dari keduanya seperti apa, pastinya kamu akan mempelajari tentang jenis-jenis kredit.

Di sini pulalah kamu akan mempelajari penanganan kredit macet bagaimana. Mengingat sekarang banyak oknum yang menawarkan jaminan kredit dengan bunga yang selangit. Alih-alih memberikan solusi, justru memberikan sisi negatif bagi pelakunya.

Paradigma Hukum Perbankan

Buku hitam putih hukum perbankan yang dikonsep menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami ini memang patut kamu baca. khususnya buat kamu seorang mahasiswa yang ingin fokus di dunia perbankan. Karena penting menguasai ilmu dunia perbankan, kamu pun juga perlu mempelajari tentang arsitek perbankan.

Selain memahami arsitek perbankan, kamu juga akan diperkenalkan tentang enam pilar arsitek perbankan Indonesia itu bagaimana dan seperti apa. Termasuk dalam program kegiatan arsitek untuk Indonesia. Jadi, buat kamu nih, akan lebih berwawasan setelah membaca buku ini.

Rahasia Bank

Tahukah kamu jika di dalam buku hitam putih hukum perbankan ini akan membongkar rahasia bank juga loh. Tentu saja konteksnya ini untuk calon pekerja di sana. Setidaknya di bab ini kamu tidak hanya memahami dan mempelajari sekilas rahasia bank saja, tetapi juga mengetahui defenisi rahasia bank itu sendiri. Termasuk mengetahui sanksi atas pelanggarahan rahasia bank.

Di dalam buku ini juga akan akan mempelajari tentang teori rahasia bank dan dasar hukum rahasia bank. Termasuk akan mengupas tentang perlindungan hukum bagi nasabah penyimpanan dana juga loh. Di jamin, setelah mempelajari ilmu ini, kamu akan memahami dunia perbankan.

Pembinaan dan Lembaga Keuangan Bukan Bank

Buku yang termasuk ke dalam lingkup buku hukum ini juga menekankan pentingnya pembinaan dan pengawasan bank bagi calon pekerja. Buat yang benar-benar menguasai ilmu ini, setidaknya akan memberikan wawasan dan keterampilan sebelum bekerja di dunia kerja.

Barangkali masih ada yang binggung dengan istilah lembaga keuangan tapi bukan bank. Tenang, karena di sini akan dipaparkan secara lengkap. Menyinggung tentang lembaga keuangan bukan bank, juga akan menyampaikan bahwa ada bentuk-bentuk lembaga keuangan bukan bank dan lembaga pembiayaan itu itu seperti apa dan bagiamana.

Perbankan Syariah

Hitam putih hukum perbankan syariah juga menjadi sorotan hangat. Karena banyak permasalahan yang justru sering timbul di bank syariah. Memang terjadi perbedaan dalam sistem bagi hasil dalam perbankan syariah, yang sering dilalaikan sebagian besar orang.

Perbankan syariah memiliki kegiatan usaha bank syariah yang cukup banyak. Nah, di buku ini akan diulas secara lugas dan tuntas di sini. Termasuk pula juga akan mempelajari jenis-jenis perbankan syariah. Fungsi dan usaha bank mualamat ternyata sering menjadi daya tarik, nah, di sinilah nantinya kamu juga akan mempelajarinya dan tentang manajemen kredit syariah.

Buku setebal 283 halaman ini juga akan mengulas tindakan pidana perbankan, khususnya bagi tindak pidana ekonomi maupun tindak pidana perbankan yang sekrang sedang marak. Banyak terjadi kejahatan untuk membobol bahkan melakukan penipuan nasabah di salah satu bank. Hal-hal semacam inilah juga akan ditindaklanjuti.

Baca juga : Pengertian Hukum Pidana Materiil dan Formil

Terkait tindak lanjut pidana tersebut hanya akan di kupas tuntas di buku hitam putih hukum perbankan.

Detail Buku :

Buku Hitam Putih Hukum

Judul Buku : “Hitam Putih Hukum Perbankan”

Pengarang Dr. Ronald Saija, SH., MH
Institusi Universitas Pattimura Ambon
Kategori Buku Ajar
Bidang Ilmu Hukum
ISBN 978-602-401-705-7
Ukuran 14×20 cm
Halaman x, 283 hlm
Harga Rp 90.500
 Tahun Terbit  2017

Nah, buat kamu yang tertarik dan ingin mempelajari lebih lanjut, bisa langsung dapatkan bukunya di Deepublish buku atau di marketplace juga loh. Dari segi harga, pastinya lebih ramah kantong. Semoga dengan ulasan ini bermanfaat ya.

Terimakasih sudah membaca artikel yang berjudul “Ingin Bekerja Di Bank? Kuasai Hitam Putih Hukum Perbankan”. Kamu bisa membaca artikel yang lain :

1. Review Buku Dasar Aspek Putusan Batal Demi Hukum
2. Kupas Hukum Perkawinan Siri dan Permasalahannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang