fbpx
flash sale toko buku deepublish

7 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Paling Mudah Dilakukan

ide bisnis untuk mahasiswa
toko buku kuliah

7 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Paling Mudah Dilakukan – Bisnis untuk mahasiswa yang pas buat untuk nambah uang jajan memang ada banyak. Menjadi reseller mungkin sudah hal biasa. Barangkali kamu ingin menjadi seorang mahasiswa yang menjalankan bisnis sendiri atau ingin menjalan bisnis sesuai dengan keterampilan yang kamu miliki? Ehm, bisa banget. 

Nah pada kesempatan berikut, saya akan memberikan ide bisnis untuk mahasiswa yang cocok dan semoga ada yang pas dengan potensi dan skill kamu. Berikut ide bisnis untuk mahasiswa yang ciamik. 

7 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Paling Mudah Dilakukan

1. Desainer 

Nah buat kamu yang memiliki keterampilan dalam mendesain, maka bisnis untuk mahasiswa yang tepat adalah menjadi desianer. Nah, menjadi desainer dibagi menjadi desainer interior bisa juga menjadi desainer grafis. 

Desainer interior adalah seseorang yang desain yang telah disahkan lewat lembaga pendidikan dan telah bersertiviakasi. Tidak sembarang orang mampu mendesain, dan tidak desain bisa didesain begitu saja. Ia harus memperhatikan banyak aspek. Kerja seorang desainer interior pun tidak hanya bekerja dengan pemilik rumah, tetapi juga berhubungan dengan kebijakan pemerintah, pemilik bisnis dan seorang kontraktor.

Sedangkan desainer grafis adalah desain yang sarat akan seni dan artistic. Seorang desainer grafis bertugas menerjemahkan pesan ke dalam bentuk visual, baik di pegang, di rasakan dan dipegang dengan kemampuan imajinasi mereka. Dengan kata lain, kehadiran seorang desainer adalah media untuk menejermahkan. 

Ada juga usaha bisnis desainer web. Desainer web adalah orang yang memiliki kemampuan dan pengetahuan bagaimana menciptakan sebuah konten pada webite. Seorang desainer web membutukan ketrampilan dan disiplin ilmu. Desainer web dimanfaatkan dan dikembangkan untuk styling dan penyedia informasi yang dilengkapi dengan fitur hight-end. Ketrampilan dan disiplin ilmu ini kemudian membangun dan terciptalah sebuah website. 

2. Reseller atau Dropshipper

Bisnis untuk mahasiswa selanjutnya adalah menjadi reseller atau dropshipper. Bisnis ini cukup simple dan cocok bagi mahasiswa karena tidak perlu melakukan stock barang dan memproduksi barang sendiri.

Mahasiswa hanya tinggal mempromosikannya produk milik supplier, ketika terjadi penjualan maka mahasiswa tinggal menghubungi supplier dan menyampaikan detail pesanannya. Otomatis, supplier akan mengirimkan produknya ke pembeli dengan atas nama Anda.

Mudah bukan? Apalagi kamu juga bisa memanfaatkan teman-temanmu yang ada di kampus. Nah pertanyaannya kira-kira produk apa yang cocok dan pasti dibeli oleh mahasiswa?

Salah satu contoh yang paling mudah adalah buku. Anda bisa bergabung bersama kami menjadi reseller buku dan menjual buku-buku kuliah. Produk lain seperti baju, celana, jilbab, case hp dll.

3. Menjadi Penulis 

Bisnis untuk mahasiswa yang tpenting adalah menjadi penulis. Menjadi seorang penulis bukanlah bakat, bakat hanya menyumbang sebagian kecil saja. Menjadi seorang penulis itu sebuah proses pembelajaran dan ke keuletan. Karena banyak penulis berbakat tidak  banyak menghasilkan karya karena tidak memiliki keberanian dan tidak memiliki keuletan. Banyak seorang penulis berbakat akhirnya dikalahkan oleh penulis yang tidak berbakat, namun mereka memiliki daya juang dan memiliki semangat belajar tentang menulis. 

Kenapa menulis masuk ke daftar bisnis untuk mahasiswa? Pertama tidak membutuhkan modal besar. Cukup bermodalkan selembar kertas dan pensil/notebook. Di aspek lain, menjadi seorang penulis juga tidak memakan banyak tempat dan lebih efektif. Misalnya, ketika di kantor tidak ada kerjaan, kita bisa mengerjakan dan menulis di atas kertas. 

Menulis dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja kita mau. Menulis juga tidak mengharuskan kita harus duduk di ruang belajar atau ruang kerja seharian untuk menuliskannya. Menulis itu justru jauh lebih sederhana dan lebih fleksibel waktunya. Saat kita menungguh bis di halte bis, kita juga bisa menulis. Terlalu mudahnya usaha ini dilakukan.

4. Menjadi Fotografer 

Siapa sih yang tidak tahu dunia fotografer? Pasti kamu sudah tidak asing lagi bukan? Hobi memotret ini ternyata kini juga bisa dijadikan sebagai bisnis untuk mahasiswa. Menjadikan fotografi sebagai hobi sekaligus pekerjaan sampingan yang menghasilkan memang tidak tampak seperti bekerja. Lebih tepatnya, kamu lebih seperti orang yang jalan-jalan dan bersenang-senang. 

Tentu saja, untuk bisa merasakan hal seperti itu harus mampu menjadikan bisnis sampingan ini menjadi sebagai hobi yang menyenangkan terlebih dahulu. Bagaimana jika terkendala dengan keterbatasan kamera? Misalnya tidak memiliki kamera yang DSRL dan SRL? Alat bukan alasan untuk kita berhenti. Sebagai awal-awal bisa menggunakan kamera poket. Bisa juga menggunakan kamera ponsel. 

Jadi, tidak memiliki alat bukan alasan untuk tidak berkarya. Bagus tidaknya hasil foto tergantung dari metode yang kita gunakan saat memotret. Ingat, hasil foto yang bagus bukan karena alatnya, tapi karena metode dan engel kita dalam membidik. Kamera adalah sarana. Yang pandai itu kita sebagai operator, jadi bukan kamerannya yang pandai. Ingat itu, jadi. Sebagus apapun kamera, jika tidak mampu menggunakannya

5. Membuka Bisnis Dagangan 

Jika kamu memiliki jiwa berbisnis, ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa kamu coba adalah membuka bisnis dagangan. Prinsip dari bisnis dagang adalah cashflow. Cashflow adalah perputaran jumlah uang yang dimiliki oleh perusahaan. Tidak semua orang memiliki kemampuan memutar uang dengan baik. Oleh karena itu, kunci keberhasilan dari usaha bisnis sampingan adalah mampu menyederhana yang sulit menjadi mudah dan menjadi sederhana. 

Peluang usaha dagang semakin hari semakin banyak orang yang mendirikannya. Semakin banyak peminatnya, bukan berarti semakin tidak laku. Kembali lagi, metode pemasaran tergantung kita menawarkan dan membuat trobosan yang inovatif. Sehingga persaingan dagang sebanyak apapun, kita tetap woles saja.

Di dalam bisnis dagang itu sendiri terdapat beberapa ide bisnis untuk mahasiswa. Bisa dengan membuka usaha dagang warung makan ramesan, jajanan pasar, menjual pernak-pernik dan sampai menjual secara reseller. Bisa juga kamu membuka catring, di jamin peluang seperti ini akan laris manis. 

6. Menjalankan Bisnis Properti 

Memanfaatkan bisnis sampingan properti ide usaha yang mungkin bisa kita jalankan. Usaha ini memang membutuhkan tenaga ekstra. Namun, usaha bisnis ini sangat menjanjikan. Jika sukses menjalankan usaha bisnis ini juga memberikan keuntungan berlimpah. Sepadan dengan factor risiko. 

Bisnis properti merupakan salah satu bisnis yang paling banyak diminati investor. Sekalipun kita bukan investor, bergaya dan berani mengambil peluang ini. Alasan lain banyak orang memanfaatkan ide usaha bisnis propoerti karena tidak akan mengalami naik turun secara fluktuatif harga. Kenapa? Karena kecenderungan bisnis ini justru dari hari ke hari semakin naik. Yah, bisa hampir mirip investasi emaslah.

Salah satu pebisnis yang sukses di bidang properti adalah Elang, di usianya belum mencapai 30 tahun sudah memperoleh penghasilan milyaran per bulan. Elang menjadi developer sukses dengan strategi-strategi bisnis yang ia jalankan. Salah satu keberhasilannya berkat kegigihan melihat peluang dan melakukan riset, melakukan prediksi terhadap bisnis yang dijalankan. 

Melihat kasus di lapangan, banyaknya orang yang membutuhkan sewaan rumah dengan angsuran perbulan murah dan mendapatkan beberapa keuntungan, Elang pun akhirnya menangkap peluang ini. Hasilnya, mendapat reaksi dan respon yang sangat besar oleh masyarakat.

Tentu saja, sebelum mengeksekusi usaha bisnis ini ia melakukan business plan atau perencanaan bisnis. Misalnya, bagaimana menentukan target, memenajemen waktu, memenejemen keuangan dan modal. sebelum akhirnya ia berburu lahan.

Menyeriusi usaha bisnis sampingan tidak hanya berupa menyewakan rumah dan sebagainya. Ada beberapa ide usaha properti yang bisa kita produksi sendiri. Modal yang kita keluarkan pun terbilang terjangkau. 

7. Jadi Freelancer

Ada banyak pekerjaan dan bisnis freelance yang bisa mahasiswa coba untuk mendapatkan uang saku tambahan. Kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu di sela-sela kuliah untuk bekerja sebagai freelancer. Namun, Kamu harus memiliki kemampuan atau skills untuk bisa mendapatkan job freelance.

Skills yang paling banyak dicari seperti content writer, desain grafis, videographer, seo, digital marketing, dan masih banyak lagi.

Beberapa situs yang bisa kalian kunjungi untuk mencari pekerjaan freelance yaitu : freelancer.co.id, fastwork.id, sribulancer.com.

Kesimpulan :

Itulah beberapa bisnis untuk mahasiswa yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan, keterampilan dan modal kamu. Semoga ulasan ini bermanfaat. 

open reseller buku
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang