Himpunan Mahasiswa : Pengertian dan Visi Misi

pengertian himpunan mahasiswa
toko buku kuliah

Bagi mahasiswa baru dan mahasiswa lama, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya himpunan mahasiswa.  Barangkali kamu belum tahu detail tentang apa itu himpunan mahasiswa? Buat calon mahasiswa yang hendak masuk ke perkuliahan Perguruan Tinggi (PT) wajib tahu tentang himpunan mahasiswa. 

Ternyata, himpunan itu sendiri memiliki fungsi, tujuan, visi-misi, manfaat dan sisi-sisi lain. Dimana jika kamu memanfaat organisasi satu ini, kamu bisa meningkatkan kemampuan kamu secara hardskill ataupun softskill. 

Penasaran bukan? Sebelum mengulas lebih lanjut tentang fungsi, tujuan, alasan dan keterampilan yang dapat kamu pelajari di sini, tidak ada salahnya melihat apa itu himpunan mahasiswa berikut ini.

Pengertian Himpunan Mahasiswa (HIMA)

Apa itu himpunan mahasiswa? Himpunan Mahasiswa disingkat dengan HIMA. Jika diartikan sebagai sekumpulan mahasiswa dalam sebuah jurusan (program studi). Kumpulan mahasiswa yang tertampung di dalam HIMA tersebut bergabung memiliki tujuan yang sama dan pada jurusan/prodi yang sama. 

Himpunan mahasiswa dapat pula diartikan sebagai badan koordinasi pelaksanaan kegiatan mahasiswa. Peserta HIMA adalah mahasiswa yang terdaftar aktif. Sebagai organisasi, HIMA tetap memiliki susunan kepengurusan yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara dan beberapa departemen.

Organisasi Himpunan ini hanya ada di jenjang pendidikan Perguruan Tinggi saja. Hampir semua perguruan tinggi memiliki organisasi ini. Tahukah kamu, jika organisasi ini sebenarnya adalah kegiatan ekstrakurikuler dari jenjang Perguruan Tinggi loh. 

Di organisasi inilah kamu tidak hanya berkenalan dengan teman-teman baru. Tetapi dapat dijadikan sebagai sharing wawasan, belajar bersama dan masih banyak lagi yang akan kamu dapatkan di sini. 

Himpunan mahasiswa itu sendiri memiliki beberapa jenis. Ada himpunan mahasiswa islam (HMI), Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (HIKMAHBUDHI), HImpunan Mahasiswa Jurusan, dan tentu saja masih banyak kegiatan ekstrakulikuler semacam himpunan mahasiswa. 

Dari segi kegiatan, Himpunan sebagai tempat yang pas untuk mencurahkan gagasan, aspirasi, pendapat, bahkan dapat digunakan sebagai media mengembangkan bakat dan melatih kepemimpinan. Apakah kamu nanti setelah masuk di Perguruan Tinggi akan tertarik bergabung ke sini? Tidak ada buruknya bergabung kok.

Fungsi dan Pentingnya Himpunan Mahasiswa

Sebuah organisasi didirikan karena memiliki fungsi. Salah satu fungsi dari Himpunan Mahasiswa adalah sebagai pelaksana kegiatan yang masih ada kaitannya dengan kegiatan mahasiswa yang bersifat pengembangan, kreativitas mahasiswa.

Meskipun sebagai wadah atau sarana mahasiswa, ternyata tidak sembarang kegiatan. Secara umum, kegiatan tersebut yang masih ada kaitannya dengan pengembangan nalar, sikap profesi dibidang ilmu yang selaras dan berkaitan dengan keilmuan.

Adapun beberapa fungsi tentang himpunan mahasiswa, yaitu berfungsi menjalankan ketetapan-ketetapan MPM dan DPM dan aktif mengkoordinasi kegiatan dengan pihak BEM Fakultas dan BEM. Jadi, buat kamu yang ingin melatih jiwa kepemimpinan, tidak ada salahnya kamu menjadi salah satu pengurus inti dari organisasi Himpunan Mahasiswa. Karena disana kamu akan menjalankan fungsi dan peran banyak hal. 

Tentu saja kamu akan mendapatkan pengalaman baru, teman baru dan belajar bagaimana menjadi pemimpin, belajar mengkoordinasi, belajar tentang kerjasama dan masih banyak lagi tentu saja.

Tujuan Adanya Himpunan Mahasiswa 

Tujuan himpunan mahasiswa setiap perguruan tinggi memiliki tujuan yang berbeda-beda. Secara inti, bertujuan sebagai berikut. 

1. Sebagai Pemersatu 

Disadari atau tidak, himpunan mahasiswa hadir bukan sebatas ekstrakulikuler kampus, tetapi juga memiliki tujuan lain, yaitu sebagai pemersatu. Sebagai Negara kepulauan, sudah tidak asing lagi jika teman-teman seangkatan kita berasal dari macam-macam daerah. 

Secara otomatis akan banyak sudut pandang, perbedaan budaya, kebiasaan dan bersikap pun juga akan mengalami perbedaan. Maka tidak heran jika adanya HImpunan Mahasiswa diharapkan mampu menyatukan keberagaman yang ada sebagai kekuatan bukan justru sebagai pembeda atau pemecah. 

2. Menampung Aspirasi Mahasiswa 

Tujuan yang tidak kalah penting yang lain adalah sebagai tempat untuk menampung aspirasi mahasiswa. Ditempat ini kamu bisa menyampaikan pendapat dan pesan. Cocok juga loh buat kamu yang merasa kesulitan menyampaikan pendapat, belajar ditempat ini agar bisa menyampaikan aspirasi kamu. 

3. Penyalur Bakat

Karena lewat Himpunan Mahasiswa banyak bentuknya, maka tidak heran jika tujuan dari HIMA dapat kamu jadikan sebagai penyalur bakat. Misal kamu suka banget yang namanya menjalankan sebuah organisasi, kamu bisa menyalurkan bakat dengan bergabung disini, menjadi tim inti. 

Buat kamu yang suka dengan keterampilan tertentu, kamu juga bisa loh membuat komunitas yang mengajarkan dan menyampaikan tentang hal-hal yang kamu kuasai. Dan berbagi kepada mahasiswa yang lain yang memiliki hobi atau keinginan yang sama.  

4. Menjalankan Pedoman Program Kerja 

Menjalankan pedoman program kerja salah satu tugas atau tanggungjawab bagi pengurus inti dari Himpunan Mahasiswa. Setidaknya disini kamu bisa belajar menjalankan sebuah organisasi itu bagaimana. Tentu saja kamu akan belajar tentang bagaimana cara menjalankan program kerja. Secara tidak langsung, kamu pun akan belajar akan tanggungjawab. 

5. Menjaga Eksistensi Jurusan 

Tujuan yang tidak kalah penting dari himpunan mahasiswa adalah sebagai bentuk eksistensi jurusan. Tidak dapat dipungkiri jika HIMA bisa menjadi magnet bagi calon mahasiswa yang hendak mendaftarkan dirinya lo. 

Kenapa demikian? Alasannya memang bermacam-macam, salah satunya bisa karena HIMA memiliki popularitas lebih karena prestasi-prestasi yang ditorehkan. Bisa juga karena Himpunan Mahasiswa tersebut memiliki kredit poin yang lebih prestisius atau semacamnya. 

6. Menjalin Hubungan Baik Ke Mahasiswa Baru dan Lama

Tujuan yang tidak kalah penting yang terakhir adalah bertujuan sebagai pemersatu. Jadi himpunan mahasiswa memiliki andil untuk membangun hubungan yang baik bagi mahasiswa sejurusan. Terutama bagi mahasiswa baru dengan mahasiswa lama. 

Tidak dapat dipungkiri, terkadang ada gap antar angkatan, nah tugas dari HIMA sebenarnya menyatukan agar tetap rukun dan damai. Karena kuliah bukanlah tempat geng-geng-gan, melainkan sebagai tempat untuk menimba ilmu, mengoptimalisasikan kemampuan dan sebagai media untuk membangun relasi. 

Itulah tujuan adanya himpunan mahasiswa. Maka tidak heran jika organisasi ini banyak dikenal. Karena memang mereka sebagai sarana pemersatu.

Visi Misi Himpunan Mahasiswa

Setiap tahunnya pasti ada pemilihan ketua himpunan mahasiswa. Berikut ini contoh visi misi untuk mencalonkan menjadi ketua himpunan atau bahkan bisa dipakai untuk menjadi ketua BEM.

Contoh

Visi

Mewujudkan mahasiswa yang aktif, solutif, responsif dan proaktif untuk mendukung peran mahasiswa dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Misi

  • Menjaga solidaritas antar mahasiswa
  • Menjadi wadah untuk pengembangan diri setiap mahasiswa didalamnya
  • Menjalin kerjasama yang baik antara mahasiswa dan dosen-dosen
  • Mengawal kebijakan-kebijakan yang diterbitkan pihak fakultas dan jurusan.

Alasan dan Manfaat Mengikuti Himpunan Mahasiswa 

Mungkin ada diantara kamu yang masih bingung, apakah harus mengikuti Himpunan Mahasiswa di kampusnya nanti? Atau bertanya-tanya apa sih sebenarnya alasan dan manfaat dari mengikuti himpunan mahasiswa? 

Buat kamu yang penasaran dengan pertanyaan-pertanyaan di atas, berikut ada beberapa alasan kenapa mengikuti himpunan mahasiswa. 

1. Memberikan Pengalaman Baru 

Mengikuti Himpunan Mahasiswa memang tidak wajib, tergantung ketersediaan dari masing-masing. Karena ada tipe mahasiswa yang sambil bekerja, sehingga tidak banyak waktu luang untuk mengikuti kegiatan diluar kampus. 

Namun ada satu hal alasan kenapa kamu yang tidak sambil bekerja adalah kamu akan mendapatkan pengalaman baru. Setidaknya organisasi dapat dijadikan sebagai tempat untuk bereksperimen tentang hal-hal baru tentang kehidupan, organisasi dan belajar interaksi sosial. 

Jangan remehkan pengalaman, karena dengan pengalaman ada banyak pelajaran dan memperbaiki sikap kita terhadap banyak hal. Tidak heran jika lulus kuliah dan waktunya bekerja, akan ditanya pengalaman yang pernah kamu jalankan apa saja. 

Pondok Djawara Deepublish

2. Melatih Disiplin Terhadap Waktu 

Tidak semua orang memiliki dedikasi tinggi terhadap waktu. Apalagi Indonesia sudah dikenal dengan budaya “ngaret”, tentu ini tidak baik saat sudah masuk dalam dunia kerja. Nah, setidaknya lewat Himpunan Mahasiswa yang padat akan aktivitas, kamu bisa belajar membagi waktu. 

Setidaknya kamu akan belajar bagaimana memperkirakan waktu antara belajar, waktu berorganisasi dan kapan waktu saat mengerjakan tugas. Ingat, “time is money”, meskipun waktu tidak melulu tentang uang, setidaknya dengan ketepatan kita terhadap waktu menyadarkan betapa pentingnya menghargai waktu orang lain. 

Ingat artikel yang pernah saya tulis di website ini juga. Orang sukses menjadikan waktu luang untuk menghasilkan uang/karya atau apapun itu yang sifatnya positif. Orang yang biasa-biasa saja, waktu luang mereka hanya sia-sia. Kita lihat pekerja seni, seperti pembuat film bukan? 

Mereka membuat sebuah karya film, dan menghasilkan uang dari hasil karya mereka. Sementara kita? Sebagai penonton harus mengeluarkan uang selama 1-2 jam di bioskop untuk menonton mereka. Sedangkan kita hanya mendapatkan hiburan. Kecuali Anda orang bijak, menonton dan bisa mengambil hikmah, pelajaran yang mampu mendorong untuk membuat perubahan, maka uang yang dikeluarkan tidak sia-sia. 

3. Membangun Networking 

Disadari atau tidak, jika himpunan mahasiswa dapat dijadikan sebagai sarana untuk membangun relasi atau networking. Relasi tidak selalu dalam menjalankan sebuah bisnis loh. Membangun hubungan baik dengan teman dari angkatan muda dan angkatan lama juga bentuk relasi. 

Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi setelah lulus kuliah. Bisa jadi, teman yang kita jalin dengan baik selama di HIMA menjadi partner atau menjadi rekan bisnis yang saling menguntungkan. Atau menjadi jalan menuju kesuksesan karir kita di masa yang akan datang. 

4. Melatih Jiwa Kepemimpinan 

Tidaklah mudah memiliki jiwa kepemimpinan, apalagi di jaman yang serba instans seperti sekarang. Sementara jiwa kepemimpinan sesuatu hal yang tidak dapat dimiliki secara cepat. Butuh waktu, agar jiwa kepemimpinan lahir dari dalam. Salah satu caranya dengan mengikuti organisasi. 

5. Mengasah Kemampuan Komunikasi 

Alasan lain dan manfaat yang akan kamu dapatkan saat menjalankan himpunan mahasiswa adalah mengasah kemampuan komunikasi. Tidak heran jika kamu yang merasa memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi atau presentasi di depan banyak orang, justru Himpunan ini dapat kamu jadikan ajang berlatih keberanian. 

Pada dasarnya, ketidakmampuan berkomunikasi bukan karena kita tidak bisa. Hanya karena tidak dibiasakan. Semua orang yang tidak bisa berkomunikasi dengan baik, jika sering dilatih akan mahir juga. karena berkomunikasi itu bukan bakat, tetapi skill atau keterampilan yang dapat dipelajari oleh semua orang. 

6. Melatih Kepercayaan Diri

Manfaat dan alasan kenapa mengikuti himpunan yang terakhir adalah melatih kepercayaan diri. Bagi sebagian orang, percaya diri sesuatu hal yang berat dan sulit. Jadi buat kamu yang ingin keluar dari zona ini, maka harus berani membuat keputusan untuk memberanikan diri mengikuti ekstrakulikuler seperti HIMA, agar tidak lagi minder. 

7. Melatih Hard skill dan Soft skill 

Sebenarnya mengikuti organisasi selama kuliah, tidak ada salahnya. Justru baik, karena secara tidak langsung dan tanpa sadar, kamu sedang mengasah softskill dan hardskill. Tentu saja ini baik setelah kamu lulus dari kuliah. Tepatnya saat memasuki dunia kerja. 

Saat memasuki dunia kerja, kamu tidak lagi gagap, gugup dan bingung karena apa yang kamu kerjakan sudah pernah kamu kerjakan saat menjalankan organisasi. Umumnya, lulusan yang memiliki pengalaman berorganisasi lebih diprioritaskan untuk diterima kerja. 

Alasannya sederhana, karena mereka menganggap lulusan yang aktif dalam organisasi adalah orang yang aktif, sudah memiliki etos kerja. Pihak perusahaan pun tidak perlu menghabiskan waktu memberikan training kepada karyawan baru. 

Agar pihak perusahaan bisa langsung mengajak orang tersebut langsung terjun di lapangan, maka lulusan yang memiliki pengalaman organisasi dan pengalaman kerja seperti inilah yang lebih dicari bagi mereka.

Melihat beberapa alasan dan manfaat di atas, apakah kamu tertarik ingin bergabung dalam Himpunan Mahasiswa? sebenarnya masih banyak manfaat lain yang tidak bisa disebutkan di sini. Tentunya, setiap orang memiliki pengalaman dan manfaat yang berbeda-beda. Semoga setelah membaca ulasan di atas, membantu kamu membuat keputusan, apakah semakin yakin ikut ke HIMA atau masih ragu. Keputusan ada pada diri masing-masing.

Struktur Organisasi Himpunan Mahasiswa

Berikut contoh struktur organisasi yang umum ada, namun tidak terbatas itu kadang juga bisa lebih kompleks lagi.

Pertanyaan Umum Seleksi Anggota Himpunan 

Buat kamu yang sudah yakin ingin bergabung ke HIMA, pasti ada pertanyaan baru yang akan muncul bukan? Dari sekian banyak pertanyaan, pertanyaan yang paling banyak ditanyakan adalah, bagaimana proses seleksinya, dan apa saja pertanyaan yang akan ditanyakan oleh tim penyeleksi? Tenang, kamu tidak perlu khawatir. Karena di bab ini akan ada bocoran beberapa pertanyaan yang umum ditanyakan untuk calon anggota himpunan mahasiswa. Penasaran, apa saja? langsung saja simak ulasannya sebagai berikut. 

1. Memperkenalkan Diri

Pertanyaan umum saat seleksi menjadi anggota himpunan mahasiswa, kamu akan disuruh memperkenalkan diri. Di sinilah kesempatan untuk memberikan selling point tentang diri kamu yang bersemangat, memiliki kemauan keras dan berkomitmen. 

2. Apa alasan masuk ke HImpunan Mahasiswa

Pertanyaan umum yang lain, umumnya akan menanyakan alasan kamu ingin bergabung ke HIMA karena alasan apa. Jadi buat kamu yang memang tertarik, siapkan jawaban ini ya. 

3. Apa kelebihan dan kekurangan kamu?

Pertanyaan klise yang akan ditanyakan adalah kelebihan dan kekurangan kamu apa saja? kelihatannya pertanyaan ini sederhana, tetapi banyak yang mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan ini loh. 

4. Apakah Kamu benar-benar akan berkomitmen mengikuti organisasi ini?

Adapun pertanyaan yang sering ditanyakan, terkait tentang komitmen kamu mengikuti organisasi kampus satu ini. Jika jawaban kamu ragu-ragu, tentu saja tidak akan diterima. Jadi, sebelum masuk ke organisasi ini, pastikan terlebih dahulu jika kamu memang ada niat yang bulat. 

5. Apa alasan kamu masuk Himpunan ini? 

Pertanyaan yang sebenarnya sudah di bahas di sub bab sebelumnya adalah alasan kenapa kamu masuk ke himpunan mahasiswa apa. Nah, setidaknya kamu bisa menjawab berdasarkan isi hati kamu apa. karena jawaban yang diberikan lewat hati memiliki getaran yang berbeda. 

6. Apa yang kamu ketahui tentang Himpunan ini?

Pertanyaan terakhir yang sebenarnya bisa kamu persiapkan jawabannya sebelum diwawancara. Pastikan kamu sudah mengetahui tentang himpunan mahasiswa, karena pertanyaan ini biasanya akan ditanyakan. 

Itulah beberapa pertanyaan umum yang akan ditanyakan saat kamu ingin menjadi anggota hima. Pertanyaan tersebut bukan pertanyaan wajib, karena setiap Himpunan Mahasiswa dari masing-masing perguruan tinggi memiliki daftar pertanyaan yang berbeda-beda.

Semoga sedikit daftar pertanyaan ini memberikan gambaran dan membantu kamu dalam mempersiapkan jawaban. Semoga kamu lolos menjadi anggota maupun pengurus himpunan mahasiswa.

Baca artikel tentang “Mahasiswa” lainnya

Penulis : Irukawa Elisa

Editor : Yusuf Abdhul

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang