VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

HARGA KEBUTUHAN POKOK NAIK? SO, WHAT?

HARGA KEBUTUHAN POKOK NAIK? SO, WHAT?
toko buku kuliah

Harga BBM naik lagiii…! Dan biasanya, kenaikan harga BBM diikuti dengan biaya hidup yang semakin mahal karena harga kebutuhan pokok yang menjadi konsumsi sehari-hari menjadi naik. Padahal, bagi sebagian orang usia 20an tahun yang sedang baru-barunya merintis karier, biasanya kita memulai kariernya dengan mendapatkan gaji dengan nominal terbatas (baca: kecil) untuk standar hidup di wilayahnya. Yang perlu ditekankan dalam hal ini adalah seterbatas apapun keuangan pribadi, tetap harus disyukuri atas pendapatan pribadi tersebut dan diupayakan surplus di akhir bulan sebelum mendapatkan gaji selanjutnya pada bulan selanjutnya. Untuk itulah diperlukan perencanaan yang matang dalam mengelola keuangan pribadi agar tidak hanya cukup untuk kebutuhan perbulan, namun menjadi surplus.

Beberapa langkah yang perlu kita lakukan untuk merencanakan keuangan adalah dengan menggunakan cara:

  1. Menulis rencana pengeluaran selama sebulan

Dengan menulis rencana pengeluaran selama sebulan, kita dapat meminimalisir pembelian barang-barang yang tidak diperlukan dan tidak mendesak dibeli pada bulan ini juga. Usahakan mematuhi perencanaan tersebut agar pengeluaran tidak jebol di awal bulan dan menghindari kejadian “besar pasak daripada tiang”. Siapkan pula anggaran dana insidental untuk kebutuhan yang serba mendadak.

  1. Menyisihkan gaji kita untuk keperluan sedekah dan menabung dijadikan prioritas dalam perencanaan pengeluaran.

“Jangan lupa menabung, Nak”, begitu orang tua kita katakan untuk urusan gaji yang harus disisihkan sejak awal penerimaan.

Sedekah merupakan salah satu cara kita agar memperoleh keberkahan dalam hidup, juga agar sisa gaji kita mencukupi untuk menunaikan kebutuhan yang lainnya. Bukankah setiap harta yang disedekahkan akan mendapat balasan yang berkali lipat? Percayakan saja pada Yang Maha Menggenggam Rejeki.

  1. Belanjakan sisa gaji tersebut untuk barang-barang yang dibutuhkan saja

Mengatur keinginan untuk membelanjakan barang-barang yang diinginkan menjadi tantangan pada setiap bulannya untuk bisa lebih bijak lagi dalam membelanjakan gaji kita. Segera pasang kacamata kuda agar pandangan lurus hanya pada rak penyimpan barang-barang kebutuhan kita di supermarket terdekat.

  1. Biaya konsumsi bulanan tidak boleh lebih dari 40% dari gaji utuh

Lho, tapi kan sekarang harga kebutuhan pokok naik semua?! Tentu tidak menjadi persoalan apabila kita benar-benar bisa bijak untuk mengatur pola konsumsi dan mengatur menu apa saja yang sehat dan murah untuk kita makan. Mengurangi jajan di luar dan memasak makanan sendiri akan menghemat pengeluaran sampai sekitar 30%. Let’s prove it!

  1. Biaya transportasi (misal: pembelian bensin, maintenance kendaraan, ongkos kendaraan umum, dll) diminimalkan sesuai standar mobilisasi yang dilakukan tiap bulannya.

Sesekali, gunakanlah sepeda untuk bermobilisasi. Sehatnya dapet, hematnya dapet, mengurangi polusi udara pun dapet.

  1. Minimalkan agenda keluar rumah

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir biaya transportasi dan kemungkinan jajan diluar.

  1. Mencatat setiap pengeluaran dengan teliti

Segera mencatat setiap melakukan pengeluaran uang, jangan serta merta membuang struk pembelian dari supermarket setelah kita membelanjakan untuk kebutuhan pribadi.

  1. Jalankan sistem reward and punishment bagi diri sendiri seandainya keadaan keuangan kita mengalami surplus atau devisit tiap bulannya.
  2. Segera merencanakan investasi agar tabungan yang kita sisihkan berikut dengan surplus keuangan bulanan yang kita usahakan bisa bergerak, berputar, dan meningkat nilainya, serta menangkap peluang untuk meningkatkan pendapatan di luar gaji.

Kondisi perekonomian negara yang kemudian menyebabkan mereka mengambil kebijakan menaikkan harga BBM dan harga kebutuhan lainnya tidak perlu disikapi dengan protes keras dan selalu mengeluh. Cobalah trik ini, dan Anda akan buktikan bahwa kita bisa berhemat dalam kesyukuran atas nikmat yang lain di luar cobaan kenaikan harga bahan pokok. Semoga makin berkah yaa.. 🙂

By: Rizky Selvasari

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang