Deprecated: Metoda constructor yang dipanggil WP_Widget di EpekenCekResi sudah terdepresiasi sejak versi 4.3.0! Harap gunakan __construct() sebagai gantinya. in /var/www/html/penerbitbukudeepublish.com/wp-includes/functions.php on line 4866
7 Hal Yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Saat Kuliah Dirumah
promo toko buku online

7 Hal Yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Saat Kuliah Dirumah

hal yang bisa dilakukan mahasiswa saat kuliah di rumah
toko buku kuliah

7 Hal Yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Saat Kuliah Dirumah – Adanya wabah di Indonesia membawa dampak yang sangat luas, tidak hanya dampak kesehatan saja tapi juga ekonomi, sosial, budaya hingga pendidikan.

Dalam sektor pendidikan misalnya, sekolah hingga kampus terpaksa memberlakukan belajar di rumah untuk siswa atau mahasiswanya..

Keputusan tersebut tentu membawa perubahan cara belajar bagi kalian para mahasiswa, yang semula harus pagi-pagi berangkat ke kampus, sekarang hanya di kamar streamingan sama dosen dan mahasiswa lain.

Yaa, kuliah online kita menyebutnya. Kamu harus siap sedia koneksi internet beserta listrik 220 volt dari PLN. Ketika paket internet habis atau mati listrik, tamatlah sudah kalian.

Selain kuliah di rumah, mahasiswa juga dituntut untuk tetap berada di rumah dan meminimalkan kegiatan di luar. Anjuran tersebut tentu bertentangan dengan kebiasaan mahasiswa yang senang keluar, jalan-jalan hingga traveling. Tapi, sebagai mahasiswa yang cinta Indonesia, kita harus taat dan patuh pada aturan pemerintah yaa ! Jadi stay at home and stay safe.

Ngomong-ngomong tentang wabah ini, kira-kira apa yang bisa dilakukan sebagai mahasiswa guna mengisi waktu luang ketika berada di rumah. Hmmm penasaran bukan? Berikut adalah ulasannya.

7 Hal Yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Saat Kuliah di Rumah

1. Tetap Maksimalkan Belajar di Kosan atau Rumah

Ilustrasi belajar di rumah
Ilustrasi belajar di rumah

Kewajiban dan tugas utama seorang mahasiswa adalah belajar, ketika tidak ada kegiatan perkuliahan di kampus pastinya kamu memiliki waktu luang yang lebih banyak. Gunakan waktu itu untuk belajar agar kamu semakin menguasai jurusan yang selama ini kamu pilih.

Kamu bisa belajar dengan cara membaca buku, mengerjakan kuis sampai menonton vide di YouTube. Setelah kamu masuk kuliah di kamus lagi, kamu akan menjadi mahasiswa yang jenius dan tahu banyak hal tentang jurusanmu.

2. Kartu Indonesia Pintar Untuk Mahasiswa Kurang Mampu Semester Awal

Kartu indonesia pintar kuliah
Kartu indonesia pintar kuliah – sumber : https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Sebagai mahasiswa yang belum meiliki penghasilan sendiri dan masih mengandalkan orangtua, tentu akan merasa membebani mereka berdua.

Apalagi jika mereka sudah bilang ke kita “tidak ada uang e nak”. Padahal kamu sebagai mahasiswa masih butuh banyak kebutuhan untuk kuliah seperti membayar UKT, membeli buku, membeli paket internet dan masih banyak lagi.

Dilansir dari kompas.com, pemerintah sekarang memberikan fasilitas berupa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP) yang dapat diajukan oleh setiap mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Tentu saja terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah mahasiswa yang baru masuk kuliah sampai dengan mahasiswa on going semester 3. Dengan KIP ini mahasiswa akan mendapat saku sebesar 1 juta rupiah setiap tahunnya.

Adanya progam ini adalah untuk menghindari mahasiswa baru putus kuliah akibat masalah biaya.

3. Jadi Relawan Penanganan

Mahasiswa rata-rata usianya masih muda, dari 18 – 25 tahun. Di usia tersebut umumnya imun tubuh lebih kuat dibandingkan usia 30 tahunan ke atas.

Kemendikbud juga sudah meminta bantuan Rektor/Direktur Politeknik Kesehatan untuk mengerahkan mahasiswanya untuk sukarela bergotong royong menjadi relawan kemanusiaan.

Mahasiswa yang diminta adalah mahasiswa tingkat akhir dari Fakultas Kedokteran/Keperawatan/Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Tidak hanya dari mahasiswa kedokteran saja, mahasiswa dari fakultas lain juga bisa turut berkontribusi kepada Indonesia sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Mahasiswa ekonomi misalnya, bisa membuat terobosan baru untuk membantu masyarakat yang mengalami kendala ekonomi. Mahasiswa IT bisa menciptakan teknologi baru yang memudahkan proses perkuliahan secara online dan lain sebagainya.

4. Mengerjakan Skripsi Bagi Mahasiswa Semester Akhir

skripsi
Ilustrasi mengerjakan skripsi

Kuliah di rumah jangan dijadikan sebagai alasan untuk tidak mengerjakan skripsi, mumpung kamu punya waktu luang di kos atau di rumah gunakanlah waktu itu untuk menyelesaikan skripsi.

Kalau kamu rajin, bukan tidak mungkin 2 minggu skripsimu bisa selesai. Andaikata itu terlalu berat, kamu bisa mentarget untuk menyelesaikan Bab 1, 2 dan 3 terlebih dahulu. Baru lanjut ke bab 4 yang lebih mengarah ke pembahasan dan memerlukan bahan penelitian.

Jika kamu membutuhkan survei dari masyarakat langsung, kamu bisa memanfaatkan teknologi sehingga tidak perlu bertemu secara langsung.

Jika ada kendala, kamu bisa langsung tanyakan ke dosen pembimbing melalui whatsapp atau aplikasi bimbingan yang sudah disediakan kampus.

Baca juga : Kata Bijak Mahasiswa Tingkat Akhir

5. Berkarya

Berkarya saat kuliah di rumah
Berkarya saat kuliah di rumah

Daripada mengerjakan hal-hal yang kurang berfaedah kamu bisa menyalurkan hobimu, misal saja jika kamu suka menulis. Kamu bisa membuat tulisan/karya yang kemudian di bukukan, selain berpotensi mendatangkan pundi-pundi rupiah siapa tahu membawamu menjadi penulis terkenal. Jika tidak ingin menulis di buku, kamu bisa menulis di blog/website pribadimu.

Tidak melulu tentang tulis menulis, masih banyak karya-karya yang bisa kamu ciptakan pada saat kuliah di rumah seperti desain gambar, desain kaos, melukis, buat animasi, dan masih banyak lagi.

6. Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa

Bisnis sampingan
Bisnis sampingan

Walaupun banyak sektor yang terkena imbas dari wabah ini, masih ada beberapa bisnis yang tidak begitu terpengaruh bahkan meningkat penjualannya.

Jika kamu bisa memanfaatkannya sebagai bisnis sampingan, tentu itu menjadi hal yang sangat menguntungkan bagi dirimu. Beberapa bisnis yang bisa mahasiswa lakukan saat kuliah di rumah antara lain :

  • Jualan online (masker, handsanitizer, jamu trandisional)
  • Freelance (contet creator, penulis)
  • Bisnis pulsa online
  • Jasa pengetikan
  • Jasa pembuatan website
  • Jasa desain
  • Reseller buku

7. Melatih Hardskill

Anda bisa melakukan memanfaatkan waktu luangmu untuk melatih hardskill, tentu saja kemampuanmu ini akan sangat berguna ketika akan melamar pekerjaan.

Berikut ini adalah beberapa hardskill yang bisa kamu pelajari ketika kuliah di rumah :

  • Desain
  • Menulis
  • Web Programming (Belajar CSS, HTML, dll)
  • Menyanyi dan bermain musik
  • Website
  • Sosial Media Ads
  • Google Ads
  • dll

Semoga dengan 7 hal yang bisa dilakukan mahasiswa ketika kuliah di rumah di atas bermanfaat, dan agar teman-teman kamu juga melakukan hal yang bermanfaat di atas jangan lupa share ya ke akun media sosial milik kalian.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2020 Toko Buku Deepublish – Gudang Buku Kuliah