VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Hakikat Ilmu Kimia : Pengertian, Konsep dan Karakteristiknya

hakikat ilmu kimia 2
toko buku kuliah

Hakikat ilmu kimia adalah cabang ilmu yang mempelajari perubahan materi. Mencoba mengingat istilah kimia pertamakali digaungkan sudah sejak tahun 700-778 yang lalu. Siapa yang mengira jika ilmu kimia diambil dari bahasa arab, yaitu dari kata al – kimia yang bermakna perubahan materi.

Tokoh kimia pada waktu itu adalah Jabir ibnu Hayyan. Beliau merupakan ilmuwan muslim yang mengembangkan ilmu kimia. Dari beliaulah, kita mulai mengenal tentang perubahan materi, susunan, sifat, struktur, perubahan energi dan lain sebagainya. Akhirnya perubahan bentuk materi inilah yang akam membentuk komponen pembentuk materi dan membuat perbandingan baru.

Hakikat Ilmu Kimia

Menurut KBBI, kata hakikat memiliki arti intisari atau dasar, kenyataan yang sebenarnya. Sehingga jika dikaitkan dengan ilmu kimia, apa sih inti dari ilmu kimia itu?

Ilmu kimia merupakan ilmu yang mempelajari tentang perubahan materi. Sehingga hakikat ilmu kimia adalah benda dapat mengalami perubahan bentuk maupun susunan partikelnya menjadi bentuk lain yang berbeda dengan bentuk dan susunan partikel asalnya.

Agar lebih paham lagi, berikut adalah materi lebih lengkap tentang ilmu kimia :

1. Pengertian Ilmu Kimia

pengertian ilmu kimia

Seperti yang disinggung di atas bahwa secara bahasa kimia berasal dari bahasa arab “al – kimia” yang memiliki arti perubahan materi. Kimia juga berasal dari bahasa Yunan “khemia” dengan arti perubahan materi.

Secara istilah pengertian ilmu kimia adalah sebagai berikut :

Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dari skala atom hingga molekul  dan perubahan energi yang menyertai suatu perubahan materi atau zat.

Kemudian menurut Chang (2005: 3) ilmu kimia di definisikan sebagai ilmu yang mempelajari materi dan perubahannya. Zat-zat yang terlibat dalam perubahan kimia yaitu unsur dan senyawa. Untuk mengetahui ciri dari suatu unsur dan senyawa dapat diketahui dari sifat-sifat kimia dan fisis.

Sifat kimia adalah sifat yang dapat ditunjukan dengan melalui perubahan kimia sedangkan sifat fisis merupakan sifat yang dapat diamati tanpa mengubah susunan zatnya.

Jika dibiarkan terjadinya perubahan materi, akan menimbulkan perubahan materi baru dan perubahan energi baru. Apabila terjadi perubahan bentuk, maka akan berdampak terjadi perubahan letak susunan, mengubah deformasi dan sampai dapat mempengaruhi sifat yang berbeda dengan wujud semula.

Nah tahukah kamu jika dulu ilmu kimia dianggap pemikiran radikal. Karena para ilmuan beranggapan bahwa atom dan model atom secara bebas dan belum kelihatan wujudnya. Masih sebatas dugaan dan imajinasi.

Hingga pada akhirnya, seiring transformasi dan rasa ingin tahu manusia terhadap atom dan model atom yang sangat tinggi, akirnya ditemukanlah bahwa pemikiran ini benar-benar ada dan kini mulai di dalami. Memang di sini ilmu filsafat sangat bermain. Tanpa ilmu filsafat, pastinya tidak akan ditemukan pemikiran tentang atom yang dulu pun juga dianggap khayalan.

2. Konsep Kimia

konsep kimia

Pada hakikatnya ilmu kimia memiliki konsep dasar. Dimana di sana memiliki beberapa istilah yang akan sering dipahami dan dipelajari. Mulai dari Atom, Unsur, Senyawa, molekul, zat kimia. Lalu dari masing-masing ulasan di atas, apa sih? Berikut penjelasan singkatnya.

a. Atom, istilah atom dalam hakikat ilmu kimia adalah materi yang memiliki muatan positif. Atom terdiri dari proton dan neutron. Atom juga termasuk satu terkecil yang bisa mempertahankan sifat muatan positif meskipun ada di area sistem elektron.

b. Unsur, adalah satuan lebih kecil dari atom. Dimana unsur ini memiliki sekelompok atom yang memiliki proton dan inti proton. Sedangkan untuk inti proton itu sendiri disebut dengan atom unsur.

c. Ion, barangkali kamu pernah dengar dengan nama Ion. Ion merupakan spesies muatan atau molekul yang telah kehilangan dan mendapatkan lebih elektron. di dalam ion ada istilah kation yang memuat poisif dan memilini anion yang memuat negatif dan dapat menghasilkan garam netral.

d. Senyawa, Senyawa terbentuk oleh dua atau lebih dari dua unsur.

e. Molekul, molekul merupakan satuan terkecil yang tidak dapat terpecahkan. Meskipun demikian, senyawa kimia murni yang dimiliki masih konsisten mempertahakan sifat kimia dan sifat fisik yang uniknya loh.

f. Zat kimia, zat kimia terdiri dari campuran senyawa-senyawa dan unsur-unsur. Dimana bisa mudah kita temukan dalam banyak bentuk, diantarannya adalah air dan biomassa.

g. Wujud zat lebih menunjukan pada hasil. Dimana wujud zat ini terbentuk akibat perubahan kimia. Misal dari es batu berubah menjadi cair, dan berlaku sebaliknya.

h. Reaksi Kimia, yang termasuk dalam reaksi kimia adalah terjadinya perubahan atau terjadinya transformasi struktur molekul.

3. Karakteristik Kimia

Hakikat ilmu kimia yang tidak kalah penting adalah karakteristik kimia. Karakteristik secara mudah dapat kita sebut dengan sifat yang khas dan yang melekat dengan objek itu sendiri. Memang mengetahui ciri atau karakteristik dari ilmu kimiapun juga sulit. Itu sebabnya ilmu kimia menjadi mata pelajaran yang cukup memusingkan. Kecuali bagi kamu yang memang memiliki rasa senang dan ketertarikan ini.

Nah, hakikat ilmu kimia memiliki beberapa karakteristik menurut Kean dan Middlecamp (1985), yang menyebutkan bahwa ilmu kimia memiliki sifat abstrak, ilmu kimia juga penyederhaan dari yang sebenarnya, sifatnya berkembang, dsb. Jika poin-poin tersebut dipaparkan, tidak akan cukup saya tulis di sini.

Namun ada satu hal yang pasti. Kamu harus memetakan dan memfokuskan akan mempelajari kimia dari segi apanya terlebih dahulu. Adapun alasan ilmu kimia ini sulit dipalajari karena di sini kamu menemukan banyak istilah yang sulit dihafalkan dan sulit dipahami. Selain itu juga hakikat ilmu kimia memiliki banyak konsep dan materi yang sifatnya menguras konsentrasi. Belum lagi saat mempelajari molekul, atom, ion dan dan istilah lain. DI tambah proses perhitungan dan rumus-rumus yang begitu ribet.

Kesulitan Mempelajari Ilmu Kimia?

Buat kamu nih yang asyik dan senang belajar kimia, apa sih yang akan kamu temukan? Tentu saja jawabannya berbeda. Misal saat kamu melakukan proses kimia, kamu melakukan perubahan zat kimia seperti mengubah air menjadi beku. Perubahan tersebut dapat disebut sebagai konsep, sedangkan prinsip reaksi kimia itu sendiri dapat dilihat dari persamaan reaksi.

Dari hal ini ingin ditegaskan bahwa mempelajari kimia tidak selalu memahami rumus, tetapi memahami memahami konsepnya.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara memahami konsep kimia? Tentu saja kamu pun harus memahami konsep terlebih dahulu. Sebagai salah satu contoh adalah belajar konsep mol yang didasarkan pada keterkaitan mal dengan partikel, volume molar dan massa molar. Ada pun cara mempelajari memahami konsep hakikat ilmu kimia. Pertama, kamu setidaknya mengetahui ciri dan karakteristik pelajaran kimia itu sendiri.

Kedua, kamu mampu membedakan dasar fakta, prinsip, konsep dan hukum dalam ilmu kimia. Ketiga, kamu memahami hubungan antara fakta, prinsip, dan konsep yang dipelajari dalam ilmu kimia. Keempat, tentu saja kamu jangan terjebak pada rumus tanpa memahami konsepnya, terakhir adalah, buang anggapan rasa sulit dalam mempelajari ilmu satu ini.

Baca juga : 5 Rekomendasi Buku Kimia Dasar

Karakteristik Hakikat Ilmu Kimia

Karakteristik ilmu kimia setidaknya memiliki beberapa catatan. Diatnarannya sebagai ilmu pengetahuan alam. Dimana ilmu ini dibutuhkan contoh konkrit yang telah ada di sekitar kita. Tidak hanya itu, hakikat ilmu kimia memiliki karakteristik lain bahwa ilmu ini adalah metode ilmiah yang memiliki rangkaian proses ilmiah demi memperoleh konsep, hukum, aturan dan prinsip ilmiah.

Seperti yang telah kamu pahami bahwa saat mempelajari kimia, kamu akan menemukan bahan kajian kimia yang sifatnya abstrak bukan? Karena banyak sesuatu yang abstrak, maka seorang pendidik kimia pun dituntut untuk bisa menganalogikan secara tepat agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik.

Karakteristik buku kimia adalah dapat mengkaji hitungan yang erat kaitannya dengan fakta, hukum, dan aturan. Adapun karakteristik lain, missalnya ilmu kimia sebagai konsep ilmu yang memiliki urutan paling sederhana dan mendasar menjadi sangat kompleks. Jadi butuh dan perlu konsep agar bisa lebih bisa memahaminya.

Tadi beberapa ulasan tentang hakikat ilmu kimia semoga bermanfaat. Atau buat kamu justru ada yang belum memahami apa itu ilmu kimia? Jadi ilmu kimia adalah ilmu pengetahuan yang memaparkan fakta dan gejala alam. Nah, fakta dan gejala ini tentunya yang bisa dirasakan oleh panca indera manusia. Meskipun demikian, ada beberapa fakta yang sifatnya kontekstual dan disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari juga loh.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa setiap kali mempelajari hakikat ilmu kimia, sebagian besar akan terfokus dan terjebak pada rumus. Padahal rumus itu sendiri sebenarnya hanya gambaran kecil agar memudahkan dalam mengerjakannya.

Semoga dengan penyajian hakikat ilmu kimia ini bermanfaat, Buat kamu yang masih merasa kesulitan dan kebinggungan mempelajari ilmu kimia, kamu bisa membaca buku-buku kimia yang kami miliki di toko buku deepublish.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang