Etika Berdoa Agar Doa Cepat Terkabul

toko buku kuliah

Etika Berdoa Agar Doa Cepat Terkabul – Doa adalah permohonan kepada Allah yang disertai kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan yang berada di sisi-Nya.

Sedangkan sikap khusyu’ dan tadharru’ dalam menghadapkan diri kepada-Nya merupakan hakikat pernyataan seorang hamba yang sedang mengharapkan tercapainya sesuatu yang dimohonkan. Lalu, bagaimana etika berdoa agar doa kita cepat dikabulkan? Berikut beberapa etika berdoa yang sebaiknya Anda lakukan:

Etika Berdoa Agar Doa Cepat Terkabul

etika agar doa cepat terkabul

1. Memuji Allah terlebih dahulu

Dengan tahmid, takbir, tasbih, membaca asmaul husna atai doa apa saja yang isinya memuji kebesaran dan kemulian Allah. Disunahkan pula membaca Shalawat sebelum berdoa:

“Setiap do’a akan terhalangi sampai orang tersebut membaca shalawat kepada Nabi.” (HR. Thabarani. Al-Albani menghasankan)

2. Taubat terlebih dahulu – Etika berdoa agar doa cepat terkabul

Akui semua kesalahan yang pernah kita lakukan, Anjuran ini berdasarkan cerita dalam Al-Qur’an tentang Nabi Yunus as:

“Bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berbuat zalim.” (QS. Al-Anbiya: 90)

3. Rendahkan diri ketika berdoa

Padukan hati, akal dan sikap ketika berdoa sambil penuh khusuk, Kerendahan diri bisa kita gambarkan ketika kita memelas meminta sesuatu dengan sangat, Dan hatipun sambil menjerit agar dikabulkan. Allah Swt berfirman:

“Dan mereka berdo’a kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada Kami.” (QS. Al-Anbiya: 90)

4. Hadirkan hati ketika berdoa

Artinya ketika mulut berdoa, ikutkan hati sambil menyimak apa yang diutarakan mulut. Jangan sampai mulut dan hati tidak singkron. Hati terus dipaksa untuk menjerit dan memelas. Nabi Saw bersabda: “Berdo’alah kepada Allah dan kalian yakin akan dikabulkan. Ketahuilah!, sesungguhnya Allah tidak akan menerima satu do’a dari hati yang lalai lagi lengah.” (Hadist Sahih)

5. Jelas dan tegas ketika berdo’a – Etika berdoa agar doa cepat terkabul

Janganlah berdoa dengan main-main seperti anjuran Nabi Saw: “Janganlah seseorang mengatakan dalam do’anya: Ya Allah ampunilah aku jika Engkau menghendaki, Ya Allah berikanlah rahmat kepadaku jika Engkau menghendaki, hendaklah dia teguh dalam berdo’a sebab perbuatan tersebut tidak dibenci.: (HR. Abu Daud, Hadist Sahih)

6. Berdoalah dengan suara lembut

Dan cukup di dengarkan sendiri bila berdoa sendiri. “Berdo’alah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut.” (QS. Al’Araf: 55)

7. Mencari waktu mustajab ketika berdoa

Misalnya ketika sujud dalam sholat, di antara adzan dan iqamah, saat-saat terakhir pada hari jum’at, ketika sahur dll

8. Mengangkat tangan ketika berdo’a

Rasulullah Saw bersabda: “Sesungguhnya Tuhanmu-Yang Maha Suci dan Maha Tinggi bersifat malu dan mulia. Dia malu jika hambaNya mengangkat tangan saat berdo’a lalu menolaknya dengan tangan hampa dan kecewa”. (HR. Abu Daud, Al Albani mengatakan sanad nya Hasan)

9. Berwudhu sebelum berdo’a – Etika berdoa agar doa cepat terkabul

Sebagaimana dijelaskan di dalam hadits bahwa Nabi Saw setelah selesai perang Hunain:

”Beliau minta air lalu berwudhu, kemudian mengangkat kedua tangannya; dan aku melihat putih kulit ketiak beliau”. (Muttafaq’alaih).

10. Berdoa dengan maksud baik

Seseorang yang berdo’a harus baik dan bermanfaat seperti, disebutkan di dalam kisah Nabi Musa as: “Berkata Musa: “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku”. Dan mudahkanlah untukku urusanku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS. Tha ha: 25)

11. Ceritakan keluhan dan kebutuhan ketika berdoa

Keluhan dan banyak butuh ini yang diceritakan Qur’an tentang doa para Nabi. Diantaranya keluhan Nabi Ya’qub: “Ya’qub menjawab: Sesungguhnya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihan dan aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tidak mengetahuinya.” (QS. Yusuf: 86)

Begitu pula keluhan Nabi Ayyub: “Dan ingatlah kissah Ayyub, ketika dia meyeru Tuhannya: “(Ya Tuhanku), sesungguhya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua yang Penyayang.” (QS. Al-Anbiya: 83)

12. Berdo’alah untuk diri sendiri terlebih dahulu

Seperti “Ya Tuhan kami ampunilah kami dan saudara-saudara seiman yang telah mendahului kami. (QS. Al:-Hasyr: 5). Rasulullah Saw sendiri jika menyebut nama seseorang untuk didoakan, beliau memulainya untuk diri beliau sendiri (Hadist Sahih).

13. Berdo’alah pula untuk yang lain

Seperti berdoa untuk orang tua, keluarga, teman, tetangga dan saudara seiman. Seperti firman Allah Swt:

Dan mintalah ampunan bagi dosamu dan bagi dosa orang-orang mu’min, laki-laki dan perempuan.” (QS. Muhammad: 19)

Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa yang memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan maka Allah akan menulis baginya dengan setiap orang yang beriman tersebut kebaikan.” (Hadist Hasan)

14. Memohon semuanya kepada Allah

Baik masalah yang kecil sekalipun ataupun masalah yang berat dan besar: “Mintalah kepada Allah segala sesuatu sampai megadakan tali sendal sesungguhnya Allah Swt sendainya tidak memudahkan suatu urusan niscaya dia tidak akan menjadi mudah.”

Pada akhirnya doa merupakan senjata orang beriman, bekal sekaligus teman untuk menghadapi kesulitan hidupyang kita temui, karena Allah berjanji mengabulkan setiap doa hambanya di dunia dan di akhirat.

Semoga Etika Berdoa Agar Doa Cepat Terkabul di atas bermanfaat ya, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian. Beli juga buku Agama Islam agar pengetahuan kita lebih luas lagi.

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang