Logo Baru April

Etik Keperawatan Dalam Pelayanan Kesehatan Primer

Modul Model Simple Integrasi Etik Keperawatan
toko buku kuliah
Bagikan

Keperawatan adalah profesi yang bergerak dalam pelayanan kesehatan yang berfungsi untuk memberikan bantuan kepada pasien. Banyak sekali etik keperawatan yang dilakukan. Ditinjau dari aspek dan cakupannya, perawatn memiliki banyak peran dan tanggung jawab.

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, perawat diatur oleh pengaturan eksternal dan pengaturan internal. Pengaturan eksternal adalah aspek legal yang berasal dari luar profesi dalam bentuk perundang-undangannya. Aspek legal mengatur pada hal yang berkaitan dengan praktik keperawatan itu sendiri. Pekerjaan perawat memiliki akuntabilitas terhadap keputusan dan tindakan profesional yang mereka lakukan. 

Berbicara tentang model simple integrasi etik dalam pelayanan kesehatan primer di rumah sakit, konsep etika keperawatan pastinya banyak dibutuhkan. Buat kamu yang mencari tahu tentang pelayanan kesehatan primer, buku karya Suharyati dkk ini lah jawabannya.

Etik Pelayanan Keperawatan

Buku ini akan mengulas tentang pemahaman kode etik keperawatan, moral, nilai dan prinsip tentang etika keperawatan profesional. ada beberapa etik yang mendasari pelayanan keperawatan, yaitu respect to other, compassion, advocacy dan justice. 

1. Respect to other 

Respect to other (menghormati orang lain) merupakan syarat mutlak untuk dapat melaksanakan caring dengan baik. menghormati orang lain diperlukan agar perawat dapat memberikan pelayanan keperawatan dengan baik dan berkualitas.  Di sini perawat berhak tahu tentang siapa klien kita dan apa yang menjadi kebutuhannya yang berarti klien wajib memberi tahu dengan benar tentang siapa dirinya dan apa yang terjadi pada dirinya, serta harapannya. Sehingga perawat akan dapat memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan klien. 

2. Compassion 

Sementara compassion (rasa iba) syarat mutlak untuk keberlangsungan caring dengan baik, karena tanpa rasa kasihan yang timbal balik antara perawat dengan klien dan semua pihak dalam pelayanan kesehatan klien, maka tata laku yang berlangsung adalah seperti robot yang hanya sekedar melaksanakan dan menyelesaikan pekerjaan tanpa menggunakan hati/perasaan. Tanpa rasa kasih tidak mungkin mencapai kepuasan yang berarti kesejahteraan tidak akan tercapai. 

3. Advocacy 

Adapun prinsip advocacy (melindungi) merupakan unsur utama ketiga yang harus dipenuhi dalam pelayanan keperawatan. Berdasarkan prinsip melindungi ini, perawat dan semua pihak yang terkait dalam pelayanan keperawatan akan selalu berupaya agar klien dan diri mereka mendapatkan manfaat yang baik dan terhindar dari hal-hal yang merugikan. Upaya mendapatkan kebaikan dan menghindari hal yang mencelakakan ini, menuntut adanya tanggung jawab dan tanggung gugat dari semua pihak yang terkait. 

4. Justice 

Justice atau rasa keadilan merupakan unsur penting dalam pelayanan keperawatan. Dimana kita tidak boleh membedakan layanan berdasarkan perbedaan status sosial ekonomi, agama, bangsa dan pilihan partai politik.

Nah, ada 4 prinsip lainnya lagi yang juga merukapan prinsip etik keperawatan. Untuk informasi selanjutnya bisa baca pada artikel: Prinsip Etika Keperawatan

Sebagai buku ajar keperawatan, buku ini wajib kamu miliki. di sini kamu juga akan belajar tentang prinsip etika seorang perawat itu apa saja. Kelihatannya mudah, ternyata menjadi perawat itu susah. Terkadang masalah yang menuntut perawat untuk mengambil keputusan. Nah, berbicara masalah pengambilan keputusan ada yang disebut dengan pengambilan keputusan sengketa etik. 

Daftar Open Reseller

Pengambilan keputusan etik merupakan salah satu proses dari pengambilan keputusan, yang di dalamnya terdapat ilmu, kedudukan, dan etika. Proses ini mencakup cara pemecahan masalah, situasi dari permasalahan dan dilema yang dapat dicapai.

Jadi, proses pengambilan keputusan merupakan hal yang sama dan ditemukan di berbagai situasi yang bermasalah, dengan demikian situasi sangat tergantung dari norma yang diacu masyarakat seperti etika, interaksi, sosial dan situasional kontekstual. 

Di bab ke lima, kamu juga akan mempelajari model penerapan etik terintegrasi di pelayanan primer dan di rumah sakit (model simple). Seperti yang kita tahu bahwa keamanan bagi pasien sebagai isu di seluruh Negara dalam memberikan pelayanan kesehatan. Baik pelayanan yang dimiliki oleh pemerintah maupun non pemerintah, akan tetapi keamanan terhadap pasien akan terjamin apabila pemberi pelayanan mampu menetapkan standar kualitas pelayanan yang baik dan memuaskan pasien.

Di si bab ini juga akan dijelaskan tentang keamanan pasien, keamanan perawat, cara menciptakan budaya aman dalam memberikan pelayanan keperawatan dan aplikasi etik dalam asuhan keperawatan.

Spesifikasi Buku

Judul BukuModul : Model Simple Integrasi Etik Dalam Pelayanan Kesehatan Primer dan di Rumah Sakit 
Penerbit BukuDeepublish 
PenulisSuharyati, dkk.
Jumlah Halamanx, 105 hlm 
Ukuran15,5 x 23 cm
ISBN978-623-02-1741-8
Cetakan keduaNovember 2021
Link Pembelian Buku Beli Buku Sekarang
Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :
Download Katalog

Ingin Kerja Sampingan dan Dapat Pendapatan Hingga Puluhan Juta per Bulan? Gabung Reseller Buku Deepublish Solusinya

hanya s.d. 17 Agustus 2022