fbpx

Buku Kedokteran : Edukasi Pasien Diabetes Mellitus

strategi manajemen edukasi pasien diabetes

Buku Kedokteran : Edukasi Pasien Diabetes Mellitus – Diabetes mellitus (Dm) siapa yang tidak kenal dengan penyakit satu ini? diabetes bisa dikatakan sebagai penyakit kronis. Ironisnya, penderita diabetes mellitus ini terbilang banyak. Dari laporan statistik international diabetes federation (IDF) tahun 2010, jumlah penderita Diabetes Melitus tipe 2 terus meningkat. Ada sekitar 230 juta penderita di dunia. Setiap tahun angka kejaian naik 3% (7 juta orang).

Angka pasien diabetes mellitus dari data di atas terbilang besar. Sedihnya, Indonesia berada di urutan ke tujuh sebagai Negara yang banyak menderita Diabetes Melitus. WHO memprediksi bahwa angka kematian akibat diabetes mellitus tahun 2006 meningkat du akli lipat dari tahun sebelumnya.

Rerata, penderita Diabets mellitus tidak pandang usia. Hanya saja, sebagian besar orang dewasa terkena diabetes lebih tinggi dan memiliki risiko kematian dua kali lipat. Hasil riset Kesehatan Dasar (Depkes RI, 2008) menunjukkan prevalensi penderita diabetes mellitus di Indonesia mencapai 5,7%. Itu berarti ada 12 juta orang yang menderita penyakit satu ini.

Nian Afrian Nuari, penulis buku strategi manajemen edukasi pasien diabetes mellitus salah satu buku kedokteran yang direkomendasikan buat kamu nih. terutama yang memiliki saudara dan keluarga yang mengidap diabetes. Penasaran bukan, di buku ini akan mengulas apa saja? Langsung saja, yuk ulas ulasannya sebagai berikut.

Ulasan Buku Kedokteran : Strategi Manajemen Edukasi Pasien Diabetes Mellitus

Cakupan Diabetes Mellitus

Nah, di bab ini kamu akan mempelajari ilmu dasar apa itu diabetes mellitus. Karena selama ini banyak yang tidak tahu tentang penyakit satu ini. menurut American Diabetes Assosiation (ADA), diabetes mellitus salah satu penyakit metabolic dan kronik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin. Kerja insulin membutuhkan perawatan medis dan pendidikan pengelolaan mandiri untuk meminimalisir terjadinya komplikasi akut dan risiko komplikasi jangka panjang.

Diabetes mellitus tipe 2 terutama, disebut juga dengan penyakit yang ditimbulkan karena gaya hidup. misalnya pola makan, kelebihan gizi, obesitas, merokok, kelebihan gizi, stress, kurang latihan fisik dan masih banyak lagi. Semuanya akan di bahas di bab ini.

Di bab ini pula, kamu akan mempelajari kalsifikasi dan faktor risiko diabetes mellitus tipe dua. Tidak tanggung-tanggung, kamu pun juga akan mempelajari yang namannya patofisiologi, gejala klinis yang akan ditunjukan, yang mungkin banyak orang awam tidak tahu dan cara mendiagnosis itu sendiri. Termasuk pula ulasan lengkap tentang komplikasi diabetes mellitus.

Penatalaksanaan pasien diabetes mellitus

Bagi pasien yang terlanjur menderita diabetes mellitus, memang tidak bisa berbuat apa-apa. Bukan berarti putus harapan. Masih ada upaya minimalisir yang bisa dilakukan. Misalnya, membuat perencanaan makan atau diet, membiasakan diri latihan fisik. Nah, terkait latihan fisik ini pula, tidak semua latihan fisik bisa digunakan loh.

Olahraga untuk pasien diabetes mellitus, olahraga yang pas dan cocok adalah senam aerobic dan senam kaki diabetic. Kedua olahraga ini sangat efektif, jadi tidak sembarang olahraga bisa kamu lakoni. Penatalaksanaan pasien diabetes mellitus yang tidak kalah penting kamu kuasai dan pahami adalah masalah medikasi diabetes mellitus dan pemantauan kadar gula.
Sering mengecek kadar gula darah menjadi poin penting. Karena akan membantu pula dalam algoritma penatalaksanaan diabetes mellitus ke depannya.

Strategi edukasi pasien diabetes Mellitus

Selain keluarga yang memahami betul tentang diabetes mellitus. Penderita itu sendiri pun juga wajib tahu. Setidaknya mengetahui strategi edukasi. Nah di bab ini kamu akan diajak mendalami peranan diabetes self-management education dan peranan diabetes empowerment education pada pasien diabetes mellitus. Selain dua peranan di atas, masih ada satu lagi peranan yang tidak boleh kamu abaikan, dan perlu kamu pelajari. Yaitu peranan supportive-educative nursing system pada pasien diabetes mellitus.

Buku setebal 250 halaman ini pun baru akan mengajak kamu berkenalan dengan beberapa aplikasi strategi edukasi dengan menggunakan pendekatan teori model keperawatan. Nah, di sini akan lebih teoritis. Meskipun demikian, kamu pun jadi mengetahui ilmu dan pokok pembahasan tentang penyakit satu ini.

Diantara yang akan kamu pelajari adalah akan mempelajari aplikasi teori health promotion model pada pasien diabetes mellitus. Ada juga aplikasi teori self care dan teori adaptasi roy pada pasien diabetes mellitus. Ketiga teori tersebut tentu saja hanya akan kamu pelajari lebih lengkap di buku karya Nian Afrian. Ada juga pembahas yang tidak kalah penting, seperti modul edukasi pada pasien diabetes mellitus.

Nah, dari buku strategi manajemen edukasi pasien diabetes mellitus di atas diharapkan memberikan edukasi, pemahaman dan lebih bisa bijak dalam bertindak terhadap pasien atau penderita diabetes.

Bagaimanapun juga, penderita diabetes perlu pengawasan dari keluarga besar, yang tidak boleh dianggap remeh. Karena seringkali penderita itu sendiri tidaklah mudah mengontrol dirinya sediri, dan butuh kontrol orang-orang terdekat.

Detail Buku :

Edukasi Pasien Diabetes Mellitus

Pengarang Nian Afrian Nuari
ISBN 978-602-401-871-9
Halaman viii, 250 hlm
Tahun  2017

Buku Kesehatan lainnya :

Buku Potensi Tumbuhan Kanunang
Potensi Tumbuhan Kanunang (Cordia myxa L.) Sebagai Bahan Obat Antidiabetes

Buku Potensi Tumbuhan Kanunang (Cordia Myxa L.) Sebagai Bahan Obat Antidiabetes

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang