Membuat dan Contoh Slogan dan Deskripsi Toko Online

Contoh deskripsi toko online
toko buku kuliah
Bagikan

Saat belanja secara online, apakah kamu memperhatikan detail deskripsi toko online yang dituju? Kebanyakan orang akan melakukannya dan hal ini normal karena sebelum membeli sesuatu di sebuah toko. Maka pembeli wajib tahu siapa toko tersebut, apa yang disediakan, produknya apa saja, dan lain sebagainya. 

Deskripsi dari sebuah toko online memberi informasi yang beragam dan terletak di halaman utama. Pada marketplace, halaman utama dari setiap profil penjual atau seller akan diletakan di depan dan di posisi paling atas. 

Semakin menarik dan kaya informasi di bagian deskripsi toko maka semakin mudah bagi toko tersebut untuk menggaet minat pembeli. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan deskripsi toko dan bagaimana membuat deskripsi yang mampu menjadi magnet pembeli? 

Apa itu Deskripsi Toko Online

Bagi kamu yang punya keinginan membangun toko online tentunya wajib paham detail komponen apa saja yang perlu disiapkan. Sebab sejatinya toko online tidak berbeda jauh dengan toko offline dalam segi prinsip pemasaran. Harus didesain punya tampilan menarik dan terkesan profesional. 

Toko online membutuhkan sejumlah atribut untuk bisa tampil profesional di mata konsumen. Sebut saja atribut seperti nama toko online, logo, deskripsi toko, foto produk, deskripsi produk, dan lain sebagainya. 

Semua atribut ini akan menyempurnakan tampilan toko dan bahkan bisa berfungsi sebagai magnet yang mendatangkan pembeli potensial. Dari semua atribut tersebut, kali ini akan dibahas secara mendalam mengenai deskripsi toko online. Apa itu deskripsi pada toko online? 

Jadi, deskripsi pada toko online adalah atribut toko online yang memungkinkan atau membantu seorang penjual untuk menjelaskan tokonya seperti apa. Pada beberapa marketplace, bahkan tersedia fitur khusus untuk menambahkan deskripsi toko. 

Pada deskripsi ini, pihak penjual bisa menjelaskan kepada konsumen toko yang dimiliki namanya apa, menyediakan produk apa, brand produk yang tersedia apa saja, jam operasionalnya dari hari apa ke jam berapa, dan lain sebagainya. 

Belajar jualan online

Lewat deskripsi toko inilah seorang penjual online mempromosikan tokonya secara singkat kepada calon pembeli. Biasanya akan ditambahkan sedikit unsur promosi, misalnya menjelaskan toko merupakan reseller resmi dari sebuah brand produk atau perusahaan. 

Kemudian juga menjelaskan jam terbang toko tersebut sudah berapa lama dan menambahkan slogan yang khas. Sehingga semua bentuk informasi yang sekiranya bisa menggambarkan toko online dan bisa menarik minat pembeli untuk berbelanja. Maka informasi-informasi ini bisa dicantumkan di deskripsi. 

Hanya saja harus dibuat singkat, padat, dan jelas sebab deskripsi tidak mungkin menjabarkan keunggulan toko seperti menulis naskah buku sampai ratusan halaman. Lalu, bagaimana menuliskan deskripsi jika harus dibuat singkat namun bisa menarik minat pembeli? Disinilah seni sekaligus tantangannya.

Baca juga: Cara Pemasaran Jasa Efektif

Cara Membuat Slogan dan Deskripsi Toko Online

Deskripsi toko yang tepat dan menarik adalah yang mampu menjelaskan toko secara efektif sekaligus dibumbui dengan slogan yang khas. Jadi, kamu perlu menyusun slogan dan disusul dengan mencantumkan informasi lain di dalam deskripsi toko. 

Slogan bekerja efektif meningkatkan minat pengunjung profil toko untuk membaca keseluruhan isi deskripsi toko secara lengkap. Sekaligus membuat toko lebih mudah diingat karena punya slogan yang menarik dan menjual. 

Promo Belanja Buku

Supaya bisa membuat slogan dan deskripsi toko online dengan tepat supaya pembeli terus berdatangan. Maka ada banyak cara bisa dilakukan, beberapa diantaranya adalah: 

1. Kenali Target Pembeli 

Cara yang pertama adalah dengan mengenal target pembeli dengan baik. Hal ini penting untuk menentukan gaya bahasa yang tepat untuk digunakan. Gaya bahasa perlu mengikuti gaya bahasa dalam keseharian dari target pembeli. 

Jika menyediakan produk untuk para ibu yang sibuk merawat bayi baru lahir, maka umumnya akan memakai panggilan mommies, mommy, bunda, dan lain sebagainya. Kemudian dipadukan dengan kosakata yang sifatnya formal atau semi formal. 

Sementara jika toko online yang kamu rintis menyasar anak muda dari usia remaja sampai menginjak usia kepala tiga. Maka bisa menggunakan gaya bahasa santai, sedikit menggunakan kosakata slang bisa dipertimbangkan. 

Jika gaya bahasa di dalam deskripsi toko sesuai dengan gaya bahasa dalam keseharian target pasar. Maka toko yang kamu miliki akan dinilai bisa mengikuti dan memenuhi selera target pasar tersebut. 

2. Fokus pada Manfaat dari Produk

Deskripsi toko online perlu menjelaskan tentang produk, dan tidak harus menjelaskan produk secara khusus ke satu jenis atau satu brand. Bisa dibuat umum dan kemudian fokus pada manfaat atau keunggulan dari produk yang dijual. 

Misalnya, kamu menjual buku pendidikan maka bisa fokus menjelaskan tentang kelebihan dari buku pendidikan yang kamu jual. Bisa dituliskan mengenai buku resmi atau asli sehingga bukan buku bajakan, jelaskan pula bahwa toko kamu adalah reseller resmi dan bisa menyebut penerbit tempat kamu menjadi reseller.

Ebook Gratis: Download Ebook Jadi Reseller Tangguh

Ada kelebihan lain? Maka tinggal dicantumkan agar deskripsi toko dan slogan yang disusun bisa meningkatkan minat pembeli untuk melakukan order. Namun, usahakan jangan sampai over klaim atau klaim yang berlebihan. Sebab jika buku yang diterima pembeli tidak sesuai klaim maka resiko rating toko menjadi jeblok. 

3. Beri Sentuhan Emosional dalam Story Telling

Dalam membuat slogan dan deskripsi toko ada baiknya memberi sentuhan emosional, yakni dengan menggunakan teknik story telling. Hal ini penting karena jika mampu menyentuh sisi emosional pembeli maka akan lebih mudah menari keinginan mereka untuk berbelanja. 

Misalnya saja ingin menjelaskan bahwa toko online yang dimiliki menjual buku-buku pendidikan karya dosen kebanggaan Indonesia. Tidak harus ditulis to the point seperti: 

Toko kami menjual buku pendidikan berkualitas dan semua ready stock.

Melainkan bisa ditulis seperti ini: 

Anita Bookstore (nama toko online) merupakan reseller resmi dari penerbit deepublish yang berbasis di Yogyakarta. Menyediakan buku-buku pendidikan dan buku umum ber-ISBN dengan kategori lengkap. Mayoritas adalah karya dosen kebanggaan Indonesia, sehingga Anita Bookstore ingin menjadi jembatan yang menghubungkan masyarakat kepada karya para dosen unggulan tersebut untuk memudahkan akses ilmu pengetahuan semudah menjentikan jari.”

4. Bahasa Interaksi (Ngobrol)

Cara atau tips berikutnya dalam membuat slogan dan deskripsi toko online adalah menggunakan bahasa interaksi. Artinya, kamu perlu menyusun kalimat di deskripsi toko yang memungkinkan terbentuknya interaksi. 

Saat menyusun kalimatnya kamu bisa menganggap bahwa calon pembeli sedang duduk di satu meja dan ingin kamu ajak bicara. Tentunya membahas tentang profil toko dan keunggulan produk yang dimiliki agar mereka melakukan pembelian. 

Kalimat dengan bahasa interaksi ini bagaimana? Bisa dengan menambahkan kalimat tanya, kemudian menyinggung masalah yang dihadapi oleh pembeli secara umum, dan bisa juga fokus untuk menjelaskan toko online yang kamu miliki bisa memenuhi kebutuhan mereka. Contohnya: 

Anita Bookstore merupakan reseller resmi penerbit deepublish. Menghadirkan buku-buku pendidikan dan buku umum berkualitas sekaligus ber-ISBN. Jika selama ini kamu kesulitan menemukan buku pendidikan bagus dengan harga rasional, maka toko kami siap sedia memberikan solusinya.

5. Kosa Kata yang Bervariatif

Cara kelima dalam membuat slogan dan deskripsi toko online adalah dengan menggunakan kosa kata yang bervariatif. Hindari menggunakan kalimat yang terlalu monoton dan bahkan mengulang-ngulang kata atau kalimat yang sama. 

Hal ini bisa membuat deskripsi toko menggunakan susunan kalimat kurang dan tidak efektif. Sehingga bisa membuat pembeli yang mengunjungi profil toko menjadi bingung karena susah untuk paham maksud di dalam deskripsi tersebut. 

Buatlah kalimat yang menarik, gunakan kosakata yang variatif misalnya untuk kata yang sama agar tidak ditulis berulang bisa menggunakan sinonim. Menambahkan majas atau bahasa kiasan di dalam deskripsi toko juga bisa dipertimbangkan. 

Jika sudah disusun, jangan lupa untuk dibaca dulu pelan-pelan. Pastikan kamu suka dan maksud dari deskripsi bisa dipahami dengan baik. Langkah lain, adalah meminta tolong orang sekitar untuk membaca deskripsi tersebut dan minta penilaian mereka. 

6. Kata Kunci Produkmu

Dalam membuat deskripsi toko usahakan menggunakan teknik SEO, atau teknik Search Engine Optimize. Sebab slogan dan deskripsi toko yang dimiliki nantinya akan mengarah ke mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan lain-lain. 

Apalagi jika kamu membangun toko online di marketplace, maka menambahkan unsur SEO di dalamnya sangat penting. Salah satunya adalah menambahkan kata kunci produk. Jika menjual buku, maka bisa menggunakan kata kunci seputar buku. 

Apabila kesulitan dan kebingungan menambahkan kata kunci yang tepat dan relevan. Maka bisa menggunakan alat bantu, contohnya Google Keyword Planner, Keyword Generator Tools, dan lain sebagainya. 

7. Pastikan Mudah Dibaca Cepat

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, deskripsi toko online memang menjelaskan toko online yang dimiliki. Hanya saja perlu dibuat singkat, padat, dan juga jelas karena atribut ini bukan naskah buku. Jadi jangan terlalu panjang. 

Usahakan singkat namun mampu mendeskripsikan toko online yang dimiliki dengan baik, fokus utamanya adalah pada produk. Jadi, buat deskripsi toko yang mudah dibaca dengan cepat. 

Bisa hanya terdiri dari satu paragraf saja, bisa juga lebih sedikit tergantung pada kebutuhan. Semakin kompleks informasi yang ingin dicantumkan maka bisa dibuat lebih dari satu paragraf. 

8. Paragraf Pertamamu Menentukan Pembeli Lanjut Membaca Atau Tidak

Paragraf pertama adalah paragraf yang perlu dibuat semenarik mungkin, sebab menjadi penentu apakah pembeli akan membaca deskripsi sampai tuntas atau tidak. Sekaligus menentukan apakah pembeli akan order produk atau sebaliknya. 

Jadi, buatlah kalimat pembuka yang menarik dengan memperkenalkan diri dan menjelaskan sekilas mengenai keunggulan toko yang dimiliki. Misalnya ada penggunaan kata “reseller resmi”, “produsen terbesar di Jakarta”, dan sejenisnya. 

Sampaikan bahwa toko online yang dimiliki merupakan tempat terbaik untuk berbelanja dibanding dengan toko lain yang menyediakan produk sejenis. Jelaskan pula mengenai keunggulan produk pada paragraf pertama. 

Gunakan gaya bahasa yang sesuai target pasar dan variasikan penggunaan kosakata sebagaimana yang dijelaskan di poin-poin sebelumnya. Oleh sebab itu, susun deskripsi toko online dengan teliti agar sangat menarik sejak kalimat pertama di paragraf pertama. 

9.Masukkan Layanan yang Baik

Toko online yang kamu miliki tentunya akan menyediakan layanan, sampaikan kualitas layanan yang bisa kamu sediakan. Misalnya memberi janji akan merespon dengan cepat chat atau pertanyaan yang dikirimkan oleh calon pembeli. 

Kemudian, cantumkan juga jam operasional toko online. Sebab meskipun toko online bisa dikunjungi pembeli 24 jam 7 hari dalam seminggu. Kamu selaku pengelola tentunya tetap manusia biasa yang punya kehidupan di dunia nyata. 

Jadi, jangan sampai waktu yang dimiliki habis untuk mengelola toko online. Cantumkan jam operasional toko dari hari apa saja sampai hari apa saja, dan dari jam berapa sampai jam berapa tutup tokonya. 

Jika sedang mengadakan promo maka bisa dicantumkan juga di deskripsi toko. Selagi deskripsi toko belum sampai 3 paragraf maka bisa ditambahkan keterangan tambahan. Jika promo dicantumkan maka akan lebih meningkatkan keinginan pembeli untuk langsung berbelanja. 

Dengan sejumlah cara-cara yang dijelaskan tersebut, maka harapannya proses membuat slogan dan deskripsi toko tidak lagi terasa sulit. Bisa dibuat dulu dan kemudian meminta penilaian orang terdekat. Posisikan teman atau keluarga yang membaca sebagai pembeli dan kemudian memberi komentar untuk memperbaiki deskripsi tersebut. 

Contoh Slogan Toko Online

Supaya lebih mudah lagi dalam menyusun slogan toko online, maka bisa mengamati beberapa contoh berikut sebagai inspirasi ide: 

  • blibli,com dengan slogan “Big Choice. Big Deals” 
  • alfaonline.com dengan slogan “Solusi Belanja Online Mudah dan Hemat” 
  • depuppy dengan slogan “Pet STore Online Indonesia” 
  • dinomarket.com dengan slogan “Belanja Online Bebas Resiko” 
  • belanjakomputer.com dengan slogan “The IT WebStore of Indonesia” 
  • berrybenka.com dengan slogan “Fashion Is Just Click Away” 
  • bukalapak.com dengan slogan “Situs Jual Beli Online Mudah dan Terpercaya”
  • belowcepek.com dengan slogan “Online Shopping Indonesia” 
  • blanja.com dengan slogan “Jual Beli dan Belanja Online Aman & Menguntungkan” 

Jika diperhatikan dari sejumlah contoh slogan toko online di atas maka bisa disimpulkan slogan dibuat pendek hanya satu kalimat. Rata-rata menggunakan 4 kata, yang memiliki makna dasar sampai yang cukup mendalam. 

Kamu bisa membuat slogan dengan mencontek dan memodifikasi contoh-contoh di atas. Sehingga bisa menyusun slogan menggunakan bahasa Indonesia, bahasa Inggris, maupun campuran keduanya. 

Contoh Deskripsi Toko Online

Sedangkan untuk deskripsi toko online, berikut adalah beberapa contoh dari sejumlah toko online yang sudah dikenal luas di Indonesia: 

  • Unilever Indonesia Official Shop 

Unilever Indonesia Official Shop merupakan akun resmi Unilever Indonesia. 

Unilever Indonesia membantu konsumen nyaman dan lebih menikmati hidup dengan menghadirkan beragam produk berkualitas seperti Pond’s, Dove, TRESemme, Pepsodent, Clear, Vaseline, Rexona, Sunsilk, Lux, Lifebuoy, Bango, Lipton, Sariwangi. 

Selamat berbelanja di toko kami! 

Operated 24 Hours! 

  • Maybelline Indonesia Official Store 

Maybelline Indonesia Official Store merupakan akun resmi dari Maybelline New York. 

Maybelline New York adalah merek makeup nomor satu di dunia tersedia di lebih dari 100 negara. Maybelline New York memberi kesempatan bagi seluruh wanita untuk menghadirkan energi dan gaya kota New York ke dalam tampilan mereka sehari-hari sehingga semakin percaya diri. Terinspirasi dari perempuan modern. 

Selamat berbelanja di toko kami! 

Operated 24 Hours! 

  • Erigo Official Shop 

ERIGO Official Shop adalah akun resmi dari Erigo Store di Platform Shopee. 

Erigo adalah salah satu brand fashion asal Indonesia yang mengedepankan kualitas dan desain produknya yang cocok dan baik untuk kegiatan sehari-hari maupun traveling. 

Deskripsi toko yang dibuat idealnya memang disusun dengan gaya yang khas dan menarik. Beberapa contoh di atas tentu memberi gambaran penyusunan deskripsi toko online yang baik seperti apa. Sehingga bisa membuat deskripsi yang khas dan mampu menonjolkan keunggulan toko sekaligus keunggulan produk yang disediakan.

Daftar Reseller Buku

Nah, mumpung sudah tau bagaimana optimasi slogan dan deskripsi toko online, untuk kalian yang ingin sekali mendapatkan pendapatan sampingan melebihi pendapatan utama, join reseller buku Deepublish sekarang. Apakah Gratis dan Bagaimana sistemnya? Yuk, baca pada : Open Reseller Buku Deepublish (Promo)

Download Ebook Gratis!

Panduan Jualan dan Bisnis dengan Omset Ratusan Juta Rupiah. 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang