Logo Baru April

Contoh Deskripsi Diri Sendiri Mahasiswa untuk Beasiswa dan Magang

contoh deskripsi diri sendiri
toko buku kuliah
Bagikan

Untuk kamu mahasiswa yang ingin magang, mencari beasiswa dan kerja diperlukan deskripsi diri. Berikut contoh deskripsi diri mahasiswa yang pastinya harus unik, bisa memberikan informasi lengkap terkait kemampuan diri sendiri supaya bisa lolos seleksi yang diinginkan.

Sebelum lanjut, kenalan dulu yuk mengenai apa itu deskripsi diri?

Apa itu Deskripsi Diri Sendiri?

Secara umum, deskripsi diri sendiri merupakan sebuah susunan paragraf yang berisi mengenai biodata diri dan juga pengenalan mengenai diri kita sendiri yang harus orang lain pandang dan tau akan kemampuan kita.

Isi biodata diri bisa berupa nama, tanggal lahir, sekolah di mana dan minatnya apa. Namun, jika ingin lebih baik bisa kembangkan sesuai dengan artikel ini yang akan dikembangkan lebih jauh serta bisa memberikan peluang kelulusan beasiswa, kerja ataupun magang bagi mahasiswa.

Tips Membuat Deskripsi Diri

Supaya paragraf deskripsi dirimu lebih unik, beda dengan yang lain serta memiliki nilai tambah yang tinggi, maka tidak sebaiknya menggunakan hanya perkenalan biodata saja. Kenapa? Sebab, biodata sudah ada dalam form pendaftaran ataupun lamaran kerja kan. Terus diisi apa aja kalau begitu?

1. Cermati Kerjaan atau Beasiswa yang Ditawar

Hal pertama yang wajib diperhatikan pendaftar atau mahasiswa adalah mencermati kerjaan ataupun beasiswa yang dilamar. Hal ini penting untuk menyesuaikan apa saja yang diharapkan dan diinginkan oleh pencari kerja maupun pemberi beasiswa.

Supaya mudah dipahami, misalnya apabila kamu sedang mencari beasiswa yang fokusnya tentang pemberdayaan lingkungan, maka dalam membuat biodata diri sebaiknya ada kemampuan diri yang baik tentang pengalaman pemberdayaan, kepemimpinan ataupun hal-hal yang kreatif sebab ada hubungannya dengan pemberdayaan ini.

Jadi, sesuaikan dengan kualifikasi pekerjaan yang dilamar atau beasiswa yang dilamar ya.

2. Masukkan Skill yang Relevan

Pastinya kita kalau kuliah banyak sekali kan mengikuti organisasi, magang, ataupun prestasi-prestasi lainnya. Pertanyaannya, apakah semua prestasi dan pengalaman ini harus dimasukkan kedalam deskripsi diri sendiri? Jawabannya jelas, yaitu tidak.

Daftar Open Reseller

Pelamar yang baik adalah pelamar yang bisa memahami kemampuan diri sendiri dan juga bisa menyesuaikan dengan relevansi kualifikasi pekerjaan atau beasiswa. Misalnya kamu punya 10 prestasi dan ikut 2 organisasi. Maka, masukkan prestasi-prestasi yang sesuai dengan pemberi beasiswa atau kerjaan ya. Cari yang menurutmu paling relevan mana saja.

3. Jelaskan Kerjaanmu

Punya prestasi atau organisasi yang ditulis di dalam deskripsi diri? Pastikan kamu menulis secara singkat apa yang kamu lakukan di prestasi atau organisasi tersebut.

4. Tulis dengan Singkat dan Jelas

Langkah terakhir, selalu tulis dengan jelas, ringkas dan padat sebab rekruter atau orang yang menyeleksi beasiswa tidak ada waktu banyak untuk membaca deskrispi diri yang panjang. Biasanya hanya membaca secara skrining saja.

Contoh Deskripsi Diri Sendiri Mahasiswa

Berikut ini beberapa contoh deskripsi diri sendiri mahasiswa untuk mencari magang, kerjaan atau beasiswa.

1. Mencari Pekerjaan Sebagai QC dan RND Makanan

Saya, Yusuf Lulusan S1 Teknik Pangan di Universitas …. dengan pengalaman magang 3 bulan di PT … sebagai Quality Control. Kemampuan saya fokus dalam hal-hal detail, komunikatif dan juga selalu suka belajar perkembangan QC dan dunia pangan. Selama kuliah, saya aktif sebagai kepala divisi bagian kewirausahaan himpunan yang fokus pada pengembangan usaha kecil-kecilan dan pengembangan produk.

2. Deskripsi Diri untuk Mencari Beasiswa

Saya, Gadis dari Lulusan S1 Teknologi pangan yang sedang menjalani kuliah semester 4 dengan IPK 3.71. Selama ini, prestasi saya adalah sebagai perwakilan marching band di acara …., lomba PKM Penelitian tahun 2019 didanai dan aktif dalam organisasi kampus (UKM) sebagai kepala departemen edukasi dan pendidikan. Kemampuan saya adalah negosiasi, berbicara di depan umum serta berpikir kritis untuk pengembangan organisasi yang baik.

promo merdeka belanja

Baca Juga Artikel Terkait

Bagaimana penjelasan di atas? Semoga penjelasan dan contoh deskripsi diri sendiri mahasiswa untuk mencari kerjaan, beasiswa ataupun magang-magang bisa bermanfaat dan membantu dalam kelulusanmu masuk dan diterima ya. (Yusuf Abdhul).

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :

Promo Merdeka Reseller
Gratis Biaya Pendaftaran

Kerja sampingan mudah dan tidak memotong waktu, omset jutaan per bulan

hanya s.d. 17 Agustus 2022